Teori Permintaan dan Penawaran Uang | Ekonomi Kelas 11

Ekonomi_11

 Artikel ini Ekonomi kelas 11 ini akan membahas tentang teori permintaan dan penawaran uang. 

Sst… disini siapa yang tidak ingin memiliki banyak uang? Bisa membeli apa saja dari barang hingga jasa, membayar utang-utang dan menimbun kekayaan tentunya. Uang hampir tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Apa-apa butuh uang. Dalam perekonomian, uang diibaratkan sebagai bahan bakar yang diperlukan untuk menggerakkan mesin perekonomian. Tapi tahukah kamu pergerakan uang dalam perekonomian dipengaruhi oleh adanya teori permintaan dan penawaran uang lho. Penasaran apa itu teori permintaan dan penawaran uang? Keep scrolling! 

 

Teori Permintaan dan Penawaran UangSenang banyak uang (Sumber: giphy.com)

Kita bahas satu-satu ya, dimulai dari:

Teori permintaan uang

Squad, permintaan uang disini diartikan sebagai suatu kebutuhan masyarakat akan uang tunai. Jadi kalau masyarakat butuh uang bearti muncul permintaan uang. Nah, berdasarkan teorinya permintaan uang dibagi menjadi dua bagian yaitu:

1. Teori Liquidity Preference Keynes

Menurut Teori Keynes ada tiga motivasi orang memegang uang, yaitu untuk transaksi, berjaga-jaga, dan memperoleh keuntungan. Nah, berikut penjelasannya:

a) Motif Transaksi 

Masyarakat memegang uang dengan tujuan untuk mempermudah kegiatan transaksi sehari-hari. Contohnya, kalau kamu ingin membeli pensil di koperasi bayarnya harus dengan uang cash  (transaksi jual beli).

b) Motif Berjaga-jaga 

Squad, arti dari berjaga-jaga disini adalah untuk persiapan menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan atau yang tidak terduga. Misalnya, sakit atau mengalami kecelakaan kalau tidak punya tabungan, bagaimana bayarnya hayo?

c) Motif Mendapatkan Keuntungan

Nama lain dari motif ini adalah motivasi spekulasi. Misalnya, kamu membeli emas saat harga emas sedang rendah dan menjualnya kembali saat harga emas tersebut naik. Nah, disinilah maksud dari sepkulan, selisih harga beli dan jual dapat menghasilkan keuntungan.

Baca Juga: Perbedaan Pembangunan dengan Pertumbuhan Ekonomi

 2. Teori Kuantitas (Klasik)

Teori klasik ini membahas tentang hubungan antara penawaran dan permintaan, menitikberatkan uang dari sudut pandang kuantitas. Eits, ternyata dalam teori ini muncul dua pandangan dari dua tokoh besar yaitu David Ricardo dan Irving Fisher. 

Ekonomi_Kelas_11_Teori_Permintaan_dan_Penawaran_Uang-03

Nah, itu dia sekilas mengenai teori permintaan uang. Sekarang kita lanjut yang berikutnya ya. 

Teori penawaran uang

Selanjutnya adalah penawaran uang yang merupakan jumlah uang yang beredar di masyarakat. Jangan sedih, penawaran uang juga ada teorinya, yakni: 

a. Teori Penawaran Uang Tanpa Bank

Teori ini merupakan gambaran dari sistem standar emas, ketika emas menjadi satu-satunya alat pembayaran. Jumlah uang beredar atau uang yang ditawarkan di masyarakat naik atau turun sesuai dengan tersedianya emas di masyarakat.

b. Teori Penawaran Uang Modern

Dalam sistem standar kertas dengan otoritas moneter yakni Bank Sentral yang memproduksi uang primer. Lembaga keuangan (perbankan) merupakan produsen uang sekunder bagi masyarakat. Keduanya berhubungan sangat erat karena uang sekunder (uang giral) hanya bisa tumbuh karena ada uang primer

Nah, itu tadi sedikit pembahasan tentang bagaimana teori-teori permintaan dan penawaran uang. Ternyata, tidak cuma sosiologi dan sejarah saja yang memiliki teori, ekonomi juga lho. Nah, kalau kamu pengen tanya-tanya lebih jelas lagi dengan tutor yang dapat diandalkan langsung aja tanya lewat ruanglesonline!

ruanglesonline

Referensi
Alam S. 2014. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga

https://id.wikipedia.org/wiki/David_Ricardo

Hayati, Deni Sri dkk. 2014. ANALISIS INFLASI PRA DAN PASCA KRISIS MONETER DALAM
PEREKONOMIAN INDONESIA (daring). Tautan: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edaj/article/view/3848/3478

Artikel diperbarui 14 Desember 2020

Aulia Annaisabiru E