Jurusan Geografi: Jurusan Rumpun IPA dan IPS dengan Lingkup Studi Luas

Jurusan Geografi

Artikel ini membahas jurusan Geografi yang masuk ke dalam rumpun IPA dan IPS di beberapa kampus Indonesia

--

Suka membahas tentang kondisi bumi? Nah, jurusan Geografi pas banget nih buat kamu, gengs. Jurusan ini cocok untuk kamu yang ingin belajar ilmu terkait permukaan bumi, wilayah, serta iklim dan cuaca. Geografi juga mempelajari tentang lokasi serta keruangan yang mencakup fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. So, di jurusan ini kamu nggak hanya belajar tentang keadaan fisik bumi, tetapi kamu juga akan membahas bagaimana hubungan manusia dengan alam itu sendiri.

“Tapi kok aku liat, jurusan Geografi ada yang masuk rumpun IPA dan ada yang IPS sih kak?”

Yap, bener banget. Faktanya, jurusan Geografi di beberapa universitas memang ada yang masuk ke rumpun IPA dan IPS. Dilansir dari instagram masukkampus, luasnya bidang studi Ilmu Geografi menjadi salah satu alasan mengapa Ilmu Geografi masuk di rumpun Saintek dan Soshum. Alasan lainnya adalah karena beragamnya konsentrasi di Geografi yaitu Geografi Fisik, Geografi Manusia, dan Ilmu Pemetaan.

jurusan geografiJurusan Geografi (Sumber: smu.ca)

So, biar kamu nggak bingung dan bisa makan yakin untuk pilih jurusan ini. Yuk, simak info lengkap jurusan Geografi berikut ini.

Baca juga: Ada Nggak sih Istilah Salah Jurusan?

 

Mengenal Jurusan Geografi

“Jurusan ini belajarnya kayak pelajaran Geografi di sekolah nggak sih?”

Sebetulnya, pernyataan itu ada betulnya. Namun, di jurusan ini kamu akan lebih banyak mempelajari tentang proses fisik muka bumi serta relasinya dengan proses sosial ekonomi dan budaya manusia secara lebih mendalam.

Kamu akan diajak untuk mengkaji bentuk permukaan bumi dan proses perubahannya, mulai dari iklim, hidrologi, atmosfer, kualitas air, mineral, penyusun batuan, ilmu lingkungan, ilmu wilayah, ekologi, dan sebagainya. Selain itu, kamu akan mengeksplorasi hubungan antara manusia dan tempat.

Kamu juga akan belajar tentang cara menyajikan data spasial geografi, serta pemodelan spasial untuk pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup. Ada tiga konsentrasi yang bisa kamu pilih di jurusan Geografi, yaitu Geografi Fisik, Geografi Manusia, dan Sistem Informasi Geografis (SIG).

 

Mata Kuliah Jurusan Geografi

Sekarang sudah tahu ‘kan, kalau jurusan ini mendorong mahasiswanya untuk mencari solusi dari sebuah masalah melalui penemuan baru. Penemuan baru ini membuat manusia merasakan kepentingan Ilmu Geografi untuk mengenal bumi sebagai tempat mereka tinggal secara lebih baik.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan ini antara lain:

  • Geologi
  • Kartografi
  • Hidrologi
  • Oseanografi
  • Ekologi dan Lingkungan
  • Demografi
  • Biogeografi
  • Sistem Informasi Geografis
  • Geohidrologi
  • Pembangunan wilayah
  • Aplikasi SIG
  • Geografi Fisik
  • Geografi Tanah
  • Pemetaan GPS
  • Hidrogeografi
  • Erosi dan Sedimentasi
  • dan sebagainya

 

Keahlian Lulusan Jurusan Geografi

Dilansir dari ui.ac.id, lulusan dari program studi Geografi diharapkan dapat menghasilkan keahlian tertentu. Apa saja? Lihat berikut ini.

keahlian Jurusan Geografi

Prospek Kerja Jurusan Geografi

Lulusan dari jurusan ini biasanya memiliki kemampuan komputer, riset dan analisa yang baik. Selain itu, kamu juga mampu memecahkan masalah dengan baik, memberikan solusi pada penelitian, bisa memanfaatkan teknologi dan berpandangan luas.

Beberapa profesi yang bisa digeluti oleh lulusan Geografi antara lain ahli Sistem Informasi Geografis, peneliti dan ahli Teknologi Informasi Geospasial, pengajar Geografi, ahli peta Geografi, ahli tambang dan geologi, ahli teknik lingkungan, serta konsultan lingkungan untuk industri teknik dan manufaktur.

Kamu juga bisa bekerja sebagai ahli tata kota yang bekerja sama dengan pengembang properti, pengusaha dan lainnya. Psst, gaji seorang tata kota sangat menggiurkan, lho, bisa mencapai belasan juta rupiah. Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang ahli manajemen transportasi untuk menunjang pelayanan masyarakat.

 

Universitas dengan Jurusan Geografi

Di Universitas Indonesia (UI) misalnya, jurusan Geografi masuk ke dalam Fakultas Matematika dan IPA UI (FMIPA UI) yang termasuk ke dalam rumpun IPA. Seperti yang dikutip dari ui.ac.id, pendidikan Geografi pada program sarjana FMIPA UI ditujukan untuk memberikan bekal bagi mahasiswa agar dapat memahami penerapan persepektif regional dalam berbagai pengembangan wilayah, termasuk dalam hal penguasaan teknologi Sistem Informasi Geografi (SIG).

Bidang peminatan yang ditawarkan di jurusan Geografi UI sendiri terbagi menjadi empat yaitu geografi fisik, pengembangan wilayah, dan SIG serta Penginderaan Jauh.

Selain Universitas Indonesia, ada beberapa perguruan tinggi lain yang membuka jurusan Geografi. Apa saja? Berikut daftar kampus dengan Geografi Saintek dan Soshum.

Kampus dengan Jurusan Geografi

Psst, jangan lupa untuk mencari tahu info di masing-masing kampus ya, apakah jurusan Geografi di kampus tersebut masuk ke rumpun IPA atau IPS.

--

Ternyata luas banget ya ilmu yang dipelajari dalam Geografi. Kamu tertarik? Mau pilih Geografi yang masuk rumpun IPA atau IPS? Ayo, persiapkan dulu dirimu sebelum menghadapi ujian masuk perguruan tinggi bersama ruangbelajar.

ruangbelajar

Referensi:

Sarjana Geografi Universitas Indonesia [daring]. Tautan: https://www.sci.ui.ac.id/sarjana-geografi/ (Diakses: 29 November 2021)

Jurusan Geografi [daring]. Tautan: https://www.gramedia.com/pendidikan/jurusan-geografi/ (Diakses: 29 November 2021)

Universitas dengan Jurusan Geografi Terakreditasi A Menurut BAN-PT [daring]. Tautan: https://www.brilio.net/creator/12-universitas-jurusan-geografi-terbaik-terakreditasi-a-menurut-ban-pt-di-indonesia-061272.html (Diakses: 29 November 2021)

Profile

Shabrina Alfari

Content Writer at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two :)