Karakteristik Geografis dan Kondisi Sosial Budaya Asia Tenggara | IPS Terpadu Kelas 6

Karakteristik Geografis dan Kondisi Sosial Budaya Kawasan Asia Tenggara

Pada cerita kali ini, Lulu dan Bona akan belajar tentang karakteristik geografis dan kondisi sosial budaya kawasan Asia Tenggara. Wah, ada apa aja, ya? Yuk, kita simak!

Sore itu di markas, Bona sedang asik bermain game lewat handphone-nya.

“Ayo! Ayo! Harus menang!” seru Bona berbicara sendiri.

Tiba-tiba, muncul notifikasi berita berjudul “Fakta Mengejutkan tentang Indonesia: Salah Satu Pendiri ASEAN!” di layar handphone Bona yang membuatnya terdiam.

Lulu yang dari tadi memperhatikan Bona bermain jadi ikut penasaran, “Eh, kenapa, Bon?”

Nih, coba kamu lihat berita ini, Lu!” suruh Bona sambil mengarahkan handphone-nya ke Lulu.

“Oooh, ASEAN.” Lulu membaca beritanya sambil mengangguk-anggukan kepala.

Emangnya kamu tau tentang ASEAN?” tanya Bona.

Lulu langsung antusias menjelaskan kepada Bona, “Tau, dong! ASEAN itu singkatan dari Association of Southeast Asian Nations. Artinya, perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara, Bon.”

“Oh, berarti negara-negara yang tergabung dalam ASEAN cuma negara yang berada di kawasan Asia Tenggara aja, ya?” ucap Bona memastikan.

“Betul! Saat ini, anggota ASEAN ada 10 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Vietnam, Kamboja, Laos, dan Myanmar.” jelas Lulu.

“Oh, aku baru tau! Terus, apa sih fungsi dari ASEAN itu?” tanya Bona mulai penasaran.

Fungsi ASEAN itu untuk meningkatkan perdamaian dan stabilitas nasional, serta mempercepat tumbuhnya perekonomian antar negara-negara yang tergabung di dalamnya.” kata Lulu.

Fungsi ASEAN

“Nah, kamu tau nggak Bon, negara-negara yang bergabung di ASEAN ini punya beberapa persamaan yang bisa dilihat dari letak geografis dan pembagian wilayahnya, loh!” ujar Lulu makin antusias.

Eh, emang apa aja persamaannya?” tanya Bona makin penasaran.

“Gini Bon, berdasarkan letak geografisnya, Asia Tenggara berada di antara tiga perairan. Terus, kalau berdasarkan pembagian wilayahnya, Asia Tenggara dibagi menjadi dua daratan, yaitu daratan berbentuk semenanjung dan daratan berbentuk kepulauan.” jawab Lulu.

Kondisi Geografis Kawasan Asia Tenggara Infografis 2

Melihat Bona makin penasaran, Lulu pun makin bersemangat menjelaskan. “Nah, Bon, kondisi geografis di kawasan Asia Tenggara juga menyebabkan masyarakat di kawasan ini jadi punya beberapa kemiripan di kondisi sosial budayanya, loh! Seperti kemiripan arsitektur atau bentuk bangunan dan kemiripan bahasa.”

Kondisi Sosial Budaya Kawasan Asia Tenggara

Bona senang mendengar penjelasan Lulu karena mendapat ilmu baru, “Wah, makasih ya, Lu! Aku jadi tau tentang ASEAN serta karakteristik geografis dan kemiripan kondisi sosial budaya negara-negara di kawasan Asia Tenggara.”

“Sama-sama, Bon. Kamu makin penasaran nggak sama pembahasan kita kali ini? Daripada lanjut main game, mending belajar bareng aku, yuk!” ajak Lulu.

“Ayo, Lu!” Bona setuju dan mereka pun lanjut belajar bersama.

Hayo, siapa di antara kalian yang baru tau tentang ASEAN sama kayak Bona? Mau tau materinya lebih lanjut? Ayo, belajar bersama Dafa, Lulu, dan teman-teman lainnya di Ruangguru! Sampai jumpa di cerita selanjutnya, ya!

IDN CTA Blog Dafa Lulu Ruangguru 2022Materi oleh: Panjie Brahmantio

Disunting oleh: Levina Sandra Supadi

Hani Maulia