Potensi Ekonomi Negara di Kawasan Asia Tenggara | IPS Terpadu Kelas 6

potensi ekonomi negara di asia tenggara

Dafa dan Dira baru selesai menonton berita yang membahas potensi ekonomi negara di kawasan Asia Tenggara. Ada apa aja, ya? Yuk, kita cari tau bersama Dafa dan Dira!

--

Dafa dan Dira baru saja selesai menonton berita yang berjudul “Potensi Ekonomi Asia Tenggara” di televisi.

Dira menyimpulkan, “Wah! Ternyata potensi ekonomi itu ada macam-macam, ya. Bisa dilihat berdasarkan Sumber Daya Alam (SDA) dan mata pencaharian masyarakatnya.”

“Aku baru tau, ternyata potensi ekonomi di negara Asia Tenggara ada yang sama dan berbeda, karena SDA dan mata pencaharian masyarakat tiap negaranya juga beragam.” lanjut Dira.

Hmmm… Tapi, aku masih belum ngerti, Dir. Emangnya SDA di negara Asia Tenggara itu apa aja, sih? Kamu tau nggak?” tanya Dafa.

“Gini, Daf… Negara-negara di Asia Tenggara itu memiliki sumber daya alam beragam, ada yang sama dan ada yang berbeda. Contoh sumber daya alamnya itu seperti minyak bumi, gas alam, timah, padi, jagung, kacang, kelapa sawit, berbagai macam kayu, dan berbagai macam ikan.” jelas Dira.

Dafa penasaran, “Kok bisa beragam gitu ya, Dir?”

“Bisa, karena ketampakan alamnya juga beragam. Misalnya, ada negara-negara yang memiliki hutan luas, maka SDA negara tersebut bisa menghasilkan banyak kayu.” jawab Dira.

Dafa mengingat sesuatu, “Ooh aku tau! Berarti, kalau negara-negara yang memiliki wilayah perairan luas, maka SDA negara tersebut bisa menghasilkan ikan yang banyak, ya.”

“Betul! Nah, SDA di suatu negara itu bisa mempengaruhi mata pencaharian masyarakatnya, loh. Contohnya, negara yang memiliki banyak SDA minyak bumi dan gas alam, maka mata pencaharian masyarakatnya akan banyak di bidang pertambangan.”

Dira lanjut menjelaskan, “Sedangkan, negara yang memiliki SDA padi dan jagung, maka  mata pencaharian masyarakatnya akan banyak di bidang pertanian.”

Dafa makin bersemangat mendengar penjelasan Dira, “Aah, kalau gitu pasti SDA dan mata pencaharian masing-masing negara di kawasan Asia Tenggara juga macam-macam ya, Dir!”

Bener banget, Daf! Nih, coba lihat, deh!!” jawab Dira percaya diri.

potensi ekonomi negara di asia tenggara

potensi ekonomi negara di asia tenggara

“Kalau dilihat dari tabelnya, mayoritas SDA di negara Asia Tenggara itu padi, ya. Makanya, mayoritas mata pencaharian masyarakat di Asia Tenggara bekerja di bidang pertanian.” kata Dafa menyimpulkan.

Dira mengangguk dan berkata, “Betul, Daf!”

“Terima kasih ya Dir, aku jadi tau tentang potensi ekonomi di negara Asia Tenggara. Ternyata setiap negara memiliki keunikan dan potensi ekonomi yang berbeda ya, tergantung dari sumber daya alam yang mempengaruhi mata pencaharian masyarakatnya.” ucap Dafa sambil tersenyum lebar.

“Iya, sama-sama, Dafa. Kita lihat berita yang lain, yuk! Ada apa lagi ya yang bisa kita pelajari?” ucap Dira sambil memindahkan saluran televisi .

Seru banget ya pembahasan Dafa dan Dira kali ini. Ceritanya nggak selesai sampai di sini, loh!  Kamu pasti penasaran juga, kan? Ikuti petualangan seru Dafa, Lulu, dan teman-teman lainnya di ruangbelajar, yuk!

New call-to-action

Materi oleh: Panjie Brahmantio

Disunting oleh: Levina Sandra Supadi

Profile

Hani Maulia