Cara Menghitung Bilangan Bulat Negatif | Matematika Kelas 6

Hani Ammariah Okt 29, 2019 • 5 min read


bilangan bulat negatif

Minggu pagi kali ini, Roro dan Guntur berencana untuk lari pagi di taman dekat rumah mereka. Kira-kira, hal menarik apa ya yang akan terjadi? Yuk, kita cari tahu!

--

Sekitar pukul 06.30 pagi, Roro dan Guntur sudah sampai di taman. Di sana, sudah banyak orang yang juga sedang berolahraga dan pedagang yang menjual jajanan di pinggiran taman.

Waaahhh… Udara pagi emang seger banget, ya. Kalau kayak gini sih setiap Minggu aja kita lari pagi,” Roro menarik napas dalam-dalam sambil meregangkan badannya.

Guntur hanya tersenyum sambil melakukan pemanasan di samping Roro. Setelah itu, Roro dan Guntur mulai berlari mengitari taman.

bilangan bulat negatif 1

 

Setelah berlari beberapa putaran, Roro dan Guntur beristirahat sebentar sebelum pulang. Tiba-tiba saja, mereka melihat Kanguru sedang membeli sosis bakar di pinggir taman.

“Guntur, lihat deh, itu kan Kanguru. Kita samperin, yuk!” Roro dan Guntur berlari menghampiri Kanguru.

Saat sudah di samping Kanguru, mereka melihat ia sedang memberikan lembaran uang 5.000-an dan 2.000-an kepada pedagang sosis bakar tersebut.

Wuiiiih, kelihatannya enak. Aku jadi pengen. Tapi, uangku cuma 5.000,” ucap Guntur menunjukkan ekspresi murung.

Yaaahh… Uang kamu kurang 2.000, tuh. Harga sosisnya kan 7.000,” kata Kanguru sambil menunjuk ke arah stiker harga sosis bakar.

“Eh, aku juga bawa uang 5.000, nih. Kamu bisa pinjam kok sama aku,” Roro menawarkan solusi.

(Revisi) 06MAT - Bilangan Bulat Negatif-03

 

Mendengar jawaban Roro, Guntur merasa senang. Ia langsung memesan satu sosis bakar dengan semangat. Sambil menunggu sosis bakar matang, tiba-tiba saja, Kanguru teringat akan sesuatu.

“Guntur, kamu tahu nggak sih, kalau kamu mau sosis bakar seharga 7.000, sedangkan kamu cuma punya uang 5.000, artinya uang kamu kurang 2.000 atau negatif 2.000. Nah, negatif 2.000 itu contoh dari bilangan bulat negatif, lho!” Kanguru mencoba menjelaskan tentang bilangan bulat negatif ke kedua temannya itu.

“Soalnya, 2.000 itu bilangan bulat. Kalau di depannya ada tanda negatif, jadinya bilangan bulat negatif,” Roro menambahkan penjelasan Kanguru.

Ooooohhh… Begitu,” Guntur menganggukkan kepalanya.

(Revisi) 06MAT - Bilangan Bulat Negatif-04

 

Baca juga: Ciri Pubertas Pada Laki-laki

Tak lama kemudian, sosis bakar itu matang. Setelah membayarnya, Guntur mengambil sosis bakar itu sambil beberapa kali meniupnya agar bisa segera dimakan.

“Ro, kamu mau nggak nih? Kamu kan udah baik mau minjamin uang ke aku,” Guntur memotong sosis bakarnya dan memberikan salah satu potongannya kepada Roro.

Roro mencoba sedikit sosis bakar itu.

Wah, sosisnya enak!” Roro mengacungkan jempol ke arah Guntur.

“Eh, tapi kalian sudah tahu kan cara menghitung bilangan bulat negatif?” Kanguru mencoba bertanya lebih lanjut tentang bilangan bulat negatif kepada Roro dan Guntur.

“Sudah tahu, dong! Pada bilangan bulat negatif, juga ada operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, sama seperti bilangan bulat positif. Nah, cara menghitung penjumlahan dan pengurangannya begini teman-teman,

bilangan bulat negatif

 

Kanguru tersenyum sambil mengangguk mendengar penjelasan Roro.

“Nah, kita juga bisa loh menghitung bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan supaya jauh lebih mudah. Pada garis bilangan, letak bilangan bulat negatif ada di sisi sebelah kiri, sedangkan letak bilangan bulat positif ada di sisi sebelah kanan,” jelas Kanguru.

operasi bilangan bulat negatif pada garis bilangan

“Sekarang, coba kita selesaikan contoh soal di atas menggunakan garis bilangan, ya. Kita coba pada operasi penjumlahan bilangan bulat negatifnya dulu. Perhatikan langkah-langkahnya ya, teman-teman.”

penjumlahan bilangan bulat negatif dengan garis bilangan

"Selanjutnya, operasi pengurangan bilangan bulat negatifnya, nih. Langkah-langkahnya hampir sama, kok! Kita hanya perlu teliti aja, ya. Ingat! Kalo dia operasi pengurangan, berarti awalnya kita menghadap ke kiri. Terus, langkah maju dan mundurnya tinggal menyesuaikan dengan jenis bilangannya."

pengurangan bilangan bulat negatif dengan garis bilangan

"Gimana, temen-temen, kalian paham nggak?" Kanguru bertanya kepada Roro dan Guntur. Keduanya pun mengangguk.

Tapi, tiba-tiba dahi Guntur mengerut, ia lalu bertanya kepada Roro dan Kanguru, “itu kan kalau bilangan bulatnya dijumlahkan atau dikurang. Tapi, bagaimana jika bilangan bulatnya itu dikali atau dibagi?”

Nah, kalau itu, cara menyelesaikannya akan seperti ini,

bilangan bulat negatif

 

Roro dan Guntur mendengarkan dengan serius penjelasan dari Kanguru.   

“Aku ngerti sekarang! Ro, nggak nyangka ya, awalnya kan kita cuma mau lari pagi, eh malah sekalian belajar Matematika, deh. Hahahaha,” Guntur merasa senang karena hari minggunya diisi dengan kegiatan yang bermanfaat.

“Iya. Jadi kayak kata pepatah, sambil menyelam minum air,” sahut Roro.

Hari sudah semakin siang, Roro mengajak Kanguru dan Guntur untuk pulang ke rumah. Mereka tidak menyangka kalau akan mendapat ilmu baru tentang bilangan bulat negatif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Siapa di sini yang mau pintar seperti mereka? Bisa banget, lho! Caranya, kamu tinggal download aplikasi ruangguru dan mulai berlangganan ruangbelajar. Di sana, kamu bisa belajar dari video animasi yang menarik. Terus, ada latihan soalnya lagi. Pokoknya seru, deh. Yuk, download aplikasinya!

ruangbelajar

 

Artikel diperbarui pada 15 Juli 2021.

Profile

Hani Ammariah

Anaknya seneng ngitung, tapi nggak perhitungan. Dulu pernah kuliah di Institut Pertanian Bogor jurusan Matematika. Sekarang jadi tukang nulis a.k.a Content Writer di Ruangguru.

Beri Komentar