Part of Speech: Pengertian, Jenis & Contohnya | Bahasa Inggris Kelas 10

materi part of speech bahasa inggris

Yuk, belajar bersama mengenai Part of Speech! Apa itu Part of Speech, apa saja jenis, dan contohnya? Simak di artikel Bahasa Inggris kelas 10 ini, ya!

 

Ketika kita mempelajari sebuah bahasa, maka kita akan belajar juga bagaimana cara menyusun kalimat dalam bahasa tersebut, ya. Kalau dalam bahasa Indonesia, kita mengenalnya dengan istilah SPOK, yang terdiri dari Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan.

Nah, begitu pula saat mempelajari bahasa Inggris, nih. Kita juga perlu mengetahui cara menyusun kalimat dalam bahasa Inggris agar kita bisa berkomunikasi dengan lancar. Dalam bahasa Inggris, terdapat istilah Part of Speech yang mencakup bagian-bagian yang menyusun sebuah kalimat agar padu dan sesuai dengan grammar. Kita coba kupas lebih dalam, ya!

 

Pengertian Part of Speech (Part of Speech Definition)

Part of Speech can be defined as words that perform different roles in a sentence. Atau dalam bahasa Indonesianya, Part of Speech adalah klasifikasi kata-kata dalam bahasa Inggris yang dibagi menjadi beberapa kategori, berdasarkan peran dan fungsinya dalam struktur kalimat. Part of Speech terdiri atas 10 jenis yang perlu kamu tahu, loh. Apa saja ya jenisnya?

gif - part of speech

Let’s have a talk in English! (Sumber: giphy.com)

 

Jenis-Jenis Part of Speech (The Types of Part of Speech)

Ada 10 jenis Part of Speech dalam Bahasa Inggris, yaitu:

  • Verb
  • Noun
  • Adjective
  • Pronoun
  • Adverb
  • Preposition
  • Conjunction
  • Interjection
  • Determiner
  • Article

 

Kita bahas satu per satu untuk mengetahui masing-masing fungsinya dalam kalimat, ya!

jenis-jenis part of speech

 

1. Verb (Kata Kerja)

Verb adalah kata kerja yang digunakan untuk menggambarkan hal apa yang dilakukan oleh subjek dalam kalimat, baik berupa tindakan atau keadaan secara langsung, tidak langsung, terlihat, maupun tidak terlihat. Contoh verb: do, cook, type, eat, cry.

Baca Juga: Transitive dan Intransitive Verb, Apa Bedanya?

2. Noun (Kata Benda)

Noun adalah kata benda yang digunakan untuk menentukan nama benda, orang, tempat, ide, atau tindakan. Noun bisa berbentuk tunggal atau disebut sebagai singular noun, maupun jamak atau disebut plural noun. Fungsi noun adalah sebagai subjek, objek, serta pelengkap subjek atau objek dari suatu preposisi. Contoh noun: cat, table, human, excitement, smartphone.

3. Adjective (Kata Sifat)

Adjective adalah kata sifat yang berperan sebagai pengubah kalimat untuk menjelaskan kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun) agar lebih spesifik. Adjective umumnya diletakkan setelah kata benda. Contoh adjective: beautiful, short, red, long, tall.

4. Pronoun (Kata Ganti)

Pronoun adalah kata ganti yang digunakan untuk menggantikan kata benda (noun) dalam kalimat agar tidak terjadi pengulangan atau repetisi. Contoh pronoun: he, she, it, they, them.

5. Adverb (Kata Keterangan)

Adverb adalah kata keterangan yang digunakan untuk memberi informasi tambahan atau menjelaskan kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan lain dalam kalimat, kecuali kata benda. Jadi, adverb tidak digunakan untuk menjelaskan kata benda, ya. Contoh adverb: softly, gently, loudly, quickly, surely.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Adverb dalam Bahasa Inggris

6. Preposition (Kata Depan)

Preposition adalah kata depan yang digunakan untuk menunjukkan hubungan ruang atau waktu antara kata benda atau kata ganti dengan kata lain dalam kalimat. Preposition berfungsi untuk menghubungkan noun dengan pronoun, sehingga membentuk frasa yang memodifikasi kata lainnya. Contoh preposition: about, until, with, by.

7. Conjunction (Kata Hubung atau Konjungsi)

Conjunction adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan unit-unit bahasa yang setara, seperti kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, serta kalimat dengan kalimat. Contoh conjunction: and, but, or, while, since.

Baca Juga: Mengenal Conjunction of Goals & Contohnya

8. Interjection (Kata Seru)

Interjection adalah kata seru independen yang ditambahkan ke dalam suatu kalimat untuk mengekspresikan emosi seseorang. Contoh interjection: wow, oh, ah, oops, alas.

9. Determiner dan Article (Kata Penjelas)

Determiner dan article sama-sama digunakan sebagai kata penjelas untuk menjelaskan, mengidentifikasi, atau memodifikasi kata benda (noun). 

  • Contoh articles: a, an, the
  • Contoh determiners: this, that, these, those, enough, much, few, what, which

 

Manfaat Memahami Part of Speech

Nah, kenapa sih kita harus belajar dan mengerti tentang materi Part of Speech ini? Dengan memahami Part of Speech dalam bahasa Inggris, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat, antara lain sebagai berikut:

  • Mengetahui setiap kategori vocabulary dalam bahasa Inggris.
  • Memudahkan penerapan grammar dan tenses.
  • Memahami cara menempatkan kata dalam susunan kalimat yang tepat.
  • Memandu untuk menentukan tanda baca punctuation yang sesuai.
  • Mengerti dua pola kalimat utama dalam bahasa Inggris.

 

Oke, itulah penjelasan mengenai Part of Speech, meliputi pengertian, jenis-jenis, hingga manfaat mempelajari dan memahami Part of Speech. Kalau kamu butuh belajar bahasa Inggris secara lebih terperinci dan mendalam, yuk ikutan Ruangguru Privat Bahasa Inggris! Dijamin bahasa Inggris kamu makin cas cis cus!

cta ruangguru privat

Referensi:

https://www.english-academy.id/blog/part-of-speech (Diakses pada 22 Aril 2023)

https://www.gramedia.com/literasi/part-of-speech/ (Diakses pada 22 Aril 2023)

https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/8-macam-parts-of-speech-dalam-bahasa-inggris/ (Diakses pada 22 Aril 2023)

Kenya Swawikanti