Mengenal Conjunction of Goals & Contohnya | Bahasa Inggris Kelas 9

Conjunction of Goals adalah

Saat kamu ingin mengungkapkan tujuan dalam bahasa Inggris, kamu perlu menggunakan conjunction of goals? Apa itu? Yuk, simak definisi, jenis, dan contohnya pada kalimat berikut ini.

Guys, kamu sudah merencakan tujuan selanjutnya setelah lulus SMP? Apakah kamu sudah tahu mau melanjutkan ke SMA mana? Atau justru mau melanjutkan ke SMK? Apapun itu tujuanmu, I wish you all the best!

Well, saat kamu ingin menyampaikan atau menuliskan tujuanmu dalam bahasa Inggris, itu ada caranya juga, lho. Kamu hanya perlu menambahkan beberapa kata hubung yang disebut dengan Conjunction of Goals. Apa tuh? Yuk, pahami bersama.

 

Definisi Conjunction of Goals

Kira-kira apa sih arti goals itu? Eits, nggak cuman disebut saat main bola saja ya. Goals dalam bahasa Inggris juga memiliki arti lain, yaitu tujuan, sasaran, atau cita-cita.

Sebagai manusia, kita pasti punya tujuan dan cita-cita. Setiap hal yang kita lakukan pasti ada tujuannya. Misalnya, kamu nabung untuk bisa membeli barang yang kamu idamkan. Atau, kamu rajin baca artikel Bahasa Inggris Kelas 9 di ruangbaca supaya kamu semakin paham dan bisa curi start di sekolah.

“Terus, gimana caranya kita ngungkapin tujuan itu di bahasa Inggris?”

Nah, kalau kamu ingin buat kalimat yang menyatakan tujuan di dalam bahasa Inggris dibutuhkan Conjunction of Goals.

Conjunction of goals is a conjunction that used to tell purpose. Dalam bahasa Indonesianya, conjunction of goals adalah kata hubung yang dipakai untuk memberi tahu tujuan. Conjunction ini digunakan untuk menjawab pertanyaan, “kenapa seseorang melakukan sesuatu?” Conjunction of goals juga punya nama lain lho, yaitu conjunction of purposes.

Pengertian Conjunction of Goals

 

Contoh Conjunction of Goals

Ada beberapa contoh conjunction of goals atau kata hubung yang bisa kamu gunakan untuk menyatakan tujuan dalam bahasa Inggris, antara lain seperti so, so that, so as, in order that, in order to. Yuk, cari tahu cara penggunaannya berikut ini.

 

1. So, so that, so as

So dalam conjunction of goals memiliki arti supaya. Kata hubung ini digunakan untuk menyatakan tujuan dari suatu kegiatan dengan menghubungkan dua buah klausa.

Coba lihat dua contoh kalimat berikut ini terlebih dahulu, yuk.

  • Tasya got a fever, so she does not go to school.(Tasya demam, sehingga dia tidak bisa pergi ke sekolah)
  • Tasya is eating well so she will stay healthy. (Tasya makan dengan baik supaya dia tetap sehat.)

Kedua kalimat di atas sama-sama memiliki kata so nih, guys. Tapi apa bedanya sih? So di kalimat pertama memiliki arti sehingga. Maka dari itu, kalimat pertama di atas termasuk ke dalam coordinating conjunction yang menunjukkan akibat. Sedangkan, so di kalimat kedua memiliki arti supaya. Nah, so di kalimat kedua inilah yang disebut dengan conjunction of goals yang menyatakan tujuan.

“Cara bedainnya gimana kak?”

Tenang, ada cara gampang untuk kamu membedakannya. Di kalimat pertama terdapat tanda komanya, sementara di kalimat kedua nggak ada. Artinya, saat kamu ingin menunjukkan hubungan sebab akibat, kamu menggunakan tanda koma. Sementara itu, saat ingin menyatakan tujuan kamu tidak perlu memasukkan koma.

Baca Juga: Memahami Contoh Konjungsi dalam Bahasa Inggris

Di conjunction of goals, so memiliki variasi lainnya yaitu so that dan so as. Keduanya memiliki arti yang sama yaitu supaya. Saat digunakan dalam satu kalimat, arti dari kalimat tersebut tidak berubah. Lihat contoh penggunaan so, so that, dan so as di bawah ini ya.

  • My mother turns off the fan so we will not feel cold.
  • My mother turns off the fan so that we will not feel cold.
  • My mother turns off the fan so as we will not feel cold.

Contoh Conjunction of Goals

 

 

2. In order that, in order to

Untuk menunjukkan suatu tujuan dalam bahasa Inggris, juga bisa menggunakan in order that dan in order to. Keduanya memiliki arti agar, supaya. Mirip seperti contoh sebelumnya, in order that dan in order to digunakan untuk menghubungkan dua klausa, yang klausa keduanya harus memiliki modal.

Baca Juga: Contoh Kalimat Modals dalam Percakapan

Lihat contoh kalimat conjunction of goals menggunakan in order that dan in order to berikut ini. 

  • We wear jumpers in order that we can keep warm.
  • We wear jumpers in order to keep warm.

Walaupun kedua kalimat di atas sekilas terlihat sama, ternyata ada bedanya juga, lho, guys. Apa tuh bedanya?

Coba perhatikan apa yang mengikuti conjunction-nya. In order that diikuti dengan “we can keep warm”. Sementara itu, in order to diikuti dengan “keep warm” saja. Artinya, in order that diikuti dengan pola kalimat subject + modal + verb. Sedangkan, in order to langsung diikuti dengan verb.

Contoh Conjunction of Goals

Baca Juga: Contoh Tipe Kalimat If Clause pada Conditional Sentence

 

Gimana, sekarang pasti kamu sudah lebih paham kan mengenai materi conjunction of goals? Masih belum? Tenang, kamu masih bisa lanjut belajar lagi dengan bantuan video beranimasi di ruangbelajar yang sudah dilengkapi dengan fitur Adapto yang super canggih!

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D