Penemu Komputer dan Sejarah Perkembangannya, Siapa yang Memulai?

Anggraeni Puspitasari Okt 31, 2021 • 6 min read


FS - Penemu Komputer-01

Charles Babbage memang sering kali disebut sebagai penemu komputer. Di balik itu, ada beberapa nama ilmuwan hebat lain yang berjasa terhadap sejarah perkembangan komputer.

--

Mulai dari komputer berukuran raksasa yang memenuhi satu ruangan hingga kini kita kenal gadget laptop, sejarah komputer memang cukup panjang, gengs. Kalau kamu mencari siapa penemu komputer pertama, Google akan memberikan beberapa nama ilmuwan hebat. Namun, yang menjadi sorotan utama nih, Charles Babbage, banyak disebut oleh beberapa sumber sebagai penemu komputer pertama. Siapa penemu yang sebenarnya dan bagaimana, sih, sejarah komputer dari masa ke masa? 

Baca juga: Oh Begini Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi!

Siapa Penemu Komputer?

Charles Babbage, Ada Lovelace, dan Alan Turing, masing-masing memiliki kontribusinya dalam sejarah komputer. Tiap penemuan berpengaruh terhadap perkembangan penemuan lain. Yuk, simak ceritanya berikut!

Charles Babbage

Merupakan seorang ilmuwan dan matematikawan Inggris, Charles Babbage memulai penemuannya dari rasa keingintahuan untuk memecahkan perhitungan matematika secara lebih cepat. Awalnya, Babbage membuat sebuah kalkulator kecil untuk hitungan matematika hingga delapan desimal. Lalu, pada 1823 pemerintah Inggris memberikan bantuan finansial untuk mengembangkan alat serupa, namun lebih canggih.

difference engine, mesin awal milik penemu komputer, charlaes babbage Difference Engine milik Charles Babbage (Sumber: npr.org)

Dari sini, Difference Engine pertama kali dikenal. Mesin ini mampu menghitung hingga 20 desimal untuk soal penambahan dan pengurangan matematika sederhana. Cara kerjanya bersifat manual, yaitu dengan menarik tuai angka 1-9. Digit-digit tersebut nantinya menghasilkan hitungan sesuai dengan persoalan yang diberikan.

Lanjut dari penemuan tersebut, Babbage mengembangkan Analytical Engine. Mesin ini dapat menyimpan data sebanyak 1.000 angka dalam 50 digit, yang menjadikannya sebagai komputer dengan kapasitas penyimpanan terbesar di era itu. Memiliki empat komponen penting, cara kerja mesin ini merupakan awal dari komputer digital saat ini. Di dalamnya mencakup mesin input, pemrosesan (serupa dengan CPU), memori penyimpanan data, dan konsep pencetakan data.

Ada Lovelace

Kontribusi Lovelace berkesempatan untuk menerjemahkan konsep Analytical Engine milik Babbage ke Bahasa Prancis bersama dengan insinyur dan matematikawan Italia, Luigi Federico Menabrea. Dari hasil pemikiran tersebut, Lovelace menjelaskan potensi mesin Babbage untuk mengerjakan perhitungan yang lebih rumit dengan konsep angka Bernoulli. Selain itu, ia juga menjelaskan tentang potensi mesin Babbage dalam memproses hal selain dalam bentuk angka, seperti huruf alfabet. 

Alan Turing

ilustrasi mesin alan turing di film the imitation gameIlustrasi mesin Alan Turing dalam film The Imitation Game (Sumber: wired.com)

Pada 1936, Alan Turin membuat sebuah konsep penelitian tentang sebuah mesin yang dapat menjawab semua pertanyaan, bahkan bukan yang berkaitan dengan hitungan aritmatika. “On Computable Numbers, with An Application to The Entscheidungsproblem”, menjabarkan konsep algoritma mutakhir kala itu beserta perhitungan mekanik untuk pemecahan masalah yang diberikan.

Mesin-mesin terdahulu, hanya mampu menjawab pertanyaan seputar angka dan matematika. Namun, The Universal Turing Machine dapat menerjemahkan berbagai persoalan ke dalam logika dan huruf. Mesin buatan Alan Turing ini berhasil menjawab kode Enigma sebagai simbol komunikasi militer Jerman saat Perang Dunia II. Sistem kerja mesin Turing mampu membaca strategi perang yang direncanakan. Pada akhirnya, hal ini berdampak pada keselamatan ribuan jiwa korban perang saat itu. 

*psst kalau kamu masih penasaran gimana cerita lengkap tentang Alan Turing, coba, deh, tonton The Imitation Game (2014) dengan pemeran utamanya, Benedict Cumberbatch (yes, the Doctor Strange from Marvel, he is).

Sejarah Perkembangan Komputer

Berlanjut dari penemuan Alan Turing, seorang ilmuwan Jerman, Konrad Zuse, membuat sebuah mesin yang terprogram secara lebih modern. Kontribusi Zuse “Plankalkül” (Plan Calculus) menjadi cikal bakal bahasa pemrograman. Dalam sistem ini, mesin dapat menerjemahkan konsep logika “dan, atau, tidak sama dengan”. 

mesin eniac awal sejarah perkembangan komputer di amerika serikatMesin ENIAC di Amerika Serikat (Sumber: spectrum.ieee.org)

Sejarah terus berkembang pesat di berbagai belahan dunia. Di Amerika Serikat tepatnya di  Moore School of Electrical Engineering, University of Pennsylvania,  ada yang disebut dengan ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Lalu, dilanjutkan dengan perkembangan EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer). Sementara itu, di era yang sama, di Inggris terdapat sebuah mesin yang disebut EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator).

Sebuah perjalanan panjang yang berasal dari rasa keingintahuan dan ilmu pengetahuan, ya, gengs. Kembali ke pertanyaan, “siapa penemu komputer”, semua ilmuwan hebat ini berkontribusi besar terhadap penemuan komputer dan kenyamanan hidup yang kita nikmati hari ini. 

Nah, kalau kamu ingin mengikuti kehebatan para ilmuwan yang telah disebutkan di atas, kunci utamanya, tuh, sebenarnya jangan berhenti untuk belajar, guys. Kupas tuntas PR dari bapak ibu guru, kalau ada nggak bisa dijawab atau sulit dipahami, tanya ke ruangles, ya! Biar nanti dibantu oleh guru privat terbaik!

ruangles

 

Sumber referensi:

Charles Babbage - British inventor and mathematician. Britannica [daring]. Tautan: https://www.britannica.com/biography/Charles-Babbage (Diakses 30 Oktober 2021)

Computer. Britannica [daring]. Tautan: https://www.britannica.com/technology/computer (Diakses 30 Oktober 2021)

Setiawan, Renalto. Sejarah Hidup Alan Turing: Tragedi Seorang Ilmuwan & Pahlawan PD II. Tirto [daring]. Tautan: https://tirto.id/sejarah-hidup-alan-turing-tragedi-seorang-ilmuwan-pahlawan-pd-ii-fFDt (Diakses 30 Oktober 2021)

A BRIEF HISTORY. Computer History Museum [daring]. Tautan: https://www.computerhistory.org/babbage/history/ (Diakses 30 Oktober 2021)

THE INVENTION OF THE COMPUTER. Heinz Nixdorf MuseumsForum [daring]. Tautan: https://www.hnf.de/en/permanent-exhibition/exhibition-areas/the-invention-of-the-computer.html (Diakses 30 Oktober 2021)

Who Invented the First Computer? OpenMind BBVA [daring]. Tautan: https://www.bbvaopenmind.com/en/technology/visionaries/who-invented-the-first-computer/ (Diakses 30 Oktober 2021)

Who was Charles Babbage? Charles Babbage Institute. University of Minnesota [daring]. Tautan: https://cse.umn.edu/cbi/who-was-charles-babbage (Diakses 30 Oktober 2021)

Ada Lovelace - British mathematician. Britannica [daring]. Tautan: https://www.britannica.com/biography/Ada-Lovelace (Diakses 30 Oktober 2021)

Sumber foto:

A 19th-Century Mathematician Finally Proves Himself. NPR [daring]. Tautan: https://www.npr.org/templates/story/story.php?storyId=121206408 (Diakses 31 Oktober 2021)

How Designers Recreated Alan Turing's Code-Breaking Computer for Imitation Game. Wired [daring]. Tautan: https://www.wired.com/2014/11/imitation-game-building-christopher/ (Diakses 31 Oktober 2021)

Schwartz, Oscar. Untold History of AI: Invisible Women Programmed America's First Electronic Computer. IEEE Spectrum [daring]. Tautan: https://spectrum.ieee.org/untold-history-of-ai-invisible-woman-programmed-americas-first-electronic-computer (Diakses 31 Oktober 2021)

Profile

Anggraeni Puspitasari

Beri Komentar