Demonstrative Determiner (This, That, These, dan Those) | Bahasa Inggris Kelas 7

Penggunaan Demonstrative Determiner

Artikel ini akan membahas tentang penggunaan demonstrative determiner (this, that, these, dan those) untuk menyebutkan suatu benda dan mengenal vocabularies benda-benda yang ada di lingkungan sekitar.

--

Hi! Main tebak- tebakan dulu, yuk! Tapi, dalam bahasa Inggris, ya. It is an object. It has some papers inside. You usually write your homework on it. In the morning, your teacher ask you to collect it. Hayo tebak benda apa itu? Benda itu digunakan untuk menuliskan PR kamu. Yap benar, itu adalah sebuah pulpen. Terus, bagaimana ya cara menyebut sebuah benda menggunakan bahasa Inggris? Pakai kata this, these, that, atau those, ya?

Nah, supaya kamu enggak bingung dan salah lagi menunjuk suatu benda menggunakan bahasa Inggris, yuk belajar penggunaan this, that, these, dan those!

Baca juga: Perbedaan Many dan Much beserta Contohnya

 

Demonstrative Determiner (This, That, These, dan Those)

Kamu pasti sering banget kan mendengar kata this, that, these, dan those dalam bahasa Inggris? Semua kata itu merupakan demonstrative determiner yang digunakan untuk merujuk suatu benda. Tapi, apa sih perbedaaannya? 

Demonstrative determiner adalah kata bantu yang digunakan untuk menunjukkan objek (kata benda) di suatu titik. Di dalam penggunaannya, demonstrative determiner dibagi seperti berikut:

perbedaan penggunaan this, that, these, dan those

 

1. This dan That

This (ini) dan that (itu) sama-sama digunakan untuk objek tunggal atau yang berjumlah satu. Bedanya, kita gunakan this ketika objek yang dibicarakan dekat dengan pembicara, dan that ketika objeknya jauh dari pembicara. Contohnya:

Contoh kalimat this dan that

 

2. These dan Those

Sedangkan penggunaan these (ini) dan those (itu) juga hampir serupa dengan this dan that. Bedanya, these dan those digunakan untuk objek yang berjumlah lebih dari satu atau plural. Contohnya:

Contoh penggunaan these dan those

Baca juga: Mempelajari Countable Noun dan Uncountable Noun

Nah, supaya lebih jelas perbedaannya, coba lihat poin-poin berikut ini!

1. This (digunakan untuk menunjuk objek tunggal yang dekat dengan pembicara). Contoh:

  • This is a pen.
  • This is not a globe.
  • Is this your rubber?

2. That (digunakan untuk menunjuk objek tunggal yang jauh dengan pembicara). Contoh:

  • That is my pencil case.
  • That is not your bag.
  • Is that a correction fluid?

3. These (digunakan untuk menunjuk objek jamak yang dekat dengan pembicara). Contoh:

  • These are our lunch boxes.
  • These are not her pens.
  • Are these his rubbers?

4. Those (digunakan untuk menunjuk objek jamak yang jauh dengan pembicara). Contoh:

  • Those are my chairs.
  • Those are not my rullers.
  • Are those our drinking bottles?

Nah, jadi begitu penjelasannya. Kata this, that, these, dan those digunakan untuk menunjuk benda. Kalau begitu, sekarang kita belajar kosakata benda-benda dalam bahasa Inggris, yuk, atau yang lebih dikenal dengan vocabularies. Kita mulai dulu dari vocabularies benda-benda yang ada di sekitar kita, dimulai dari perlengkapan sekolahmu, ya.

things inside the bag

Gimana, sudah paham dengan materi demonstrative determiner? Supaya makin jago, yuk belajar bersama tutor terbaikmu di ruanglesonline. Kamu tinggal foto soalmu yang susah, lalu kamu bisa tanya deh, ke kakak tutor yang nggak hanya oke, tapi juga asik banget ngejelasinnya! Yuk, belajar pakai ruanglesonline sekarang!

New Call-to-action

Artikel ini diperbarui pada 5 Januari 2022.

Profile

Thalitha Ariesti Widhia