Perbedaan Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, dan Akademi di Indonesia

Anggraeni Puspitasari Okt 24, 2021 • 7 min read


Perbedaan Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, dan Akademi di Indonesia

Macam-macam bentuk perguruan tinggi di Indonesia, apa perbedaan institut, perguruan tinggi, universitas, sekolah tinggi, institut, dan akademi?

--

Sebagai anak kelas 12 SMA yang sudah didesak-desak oleh realita mau apa sehabis lulus sekolah nanti, suka bingung nggak, sih, gengs? Mau lanjut ke mana? Mau ngambil jurusan apa? Nah, dari beberapa pilihan yang tersedia, umumnya mungkin kamu lebih familiar dengan universitas, ya? Nyatanya, selain universitas, ada juga perguruan tinggi setara yang dapat kamu eksplor lebih dalam lagi, lho.

Baca juga: Pilihan Perguruan Tinggi Ikatan Dinas untuk Anak IPS

Berdasarkan UU No. 22 Tahun 1961 Tentang Perguruan Tinggi, pemerintah menetapkan bentuk perguruan tinggi menjadi beberapa kategori:

  • universitas
  • sekolah tinggi
  • institut
  • akademi,
  • dan bentuk lainnya.

Secara lebih jelas, perbedaan mengenai bentuk perguruan tinggi yang telah disebutkan tadi, dapat kamu simak di bawah ini, ya!

1. Universitas

Berdasarkan undang-undang yang sama, universitas biasanya mencakup beberapa bidang ilmu, seperti ilmu eksakta atau alam, ilmu sosial, atau ilmu budaya. Itulah mengapa ketika kamu mencari informasi mengenai jurusan di sebuah universitas, biasanya pilihan yang tersedia lebih banyak jika dibanding dengan bentuk perguruan tinggi lain. Dari pengelompokan bidang ilmu tersebut, nantinya akan terbentuk fakultas yang lebih spesifik. Nah, dalam memilih universitas, ada dua peluang, nih, yang bisa kamu pertimbangkan, yaitu universitas negeri atau swasta.

universitas airlanggaUniversitas Airlangga di Surabaya, Jawa Timur (Sumber: news.unair.ac.id/)

Salah satu universitas di Indonesia, Universitas Airlangga, memiliki beberapa fakultas, seperti Fakultas Kedokteran, Hukum, Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat, Perikanan dan Kelautan, dan lain sebagainya. Oh, ya, sebuah universitas juga dapat membuka program vokasi, pascasarjana (S2), hingga S3.

2.  Sekolah Tinggi

Definisi dari sekolah tinggi dalam UU No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, mencakup kegiatan pendidikan akademik atau profesi dalam satu bidang ilmu. Itu artinya, dalam bentuk perguruan tinggi ini, kamu hanya dapat mempelajari satu bidang secara spesifik. Sebagai contoh, Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) atau Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG).

Dua perguruan tinggi tersebut merupakan contoh sekolah tinggi yang dibawahi oleh instansi pemerintah tertentu yang berkaitan dengan bidang ilmu spesialisasinya. Di STIN sendiri, ada beberapa jurusan S1 yang tersedia, yaitu Jurusan Agen Intelijen, Teknologi Intelijen, Cyber Intelijen, dan Ekonomi Intelijen. Sedangkan, STMKG menyediakan empat prodi D4, antara lain Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi.

Sekolah tinggi juga sering diasosiasikan dengan sekolah kedinasan. Meski begitu, tidak semua sekolah tinggi berafiliasi dengan instansi pemerintah tertentu, ya, guys. Ada berbagai sekolah tinggi swasta yang dapat ditemukan di sekitarmu.

3. Institut

Serupa dengan definisi sekolah tinggi, institut adalah bentuk perguruan tinggi dengan pilihan bidang ilmu yang lebih spesifik jika dibanding dengan universitas. Misal, kamu suka banget sama hal-hal yang berkaitan dengan seni dan ingin mendalami bidang ilmu tersebut, maka institut seni dapat jadi pilihan untuk dipertimbangkan.

institut seni indonesia yogyakartaInstitut Seni Indonesia Yogyakarta (Sumber: hai.grid.id)

Selain Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), ada juga Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Jogja) dan juga Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Sebuah institut dapat menyelenggarakan program strata S1 atau pascasarjana (S2), maupun profesi. Sebagai gambaran, ISI Jogja membuka program S1 yang dibagi menjadi tiga fakultas: Seni Rupa, Rekam, dan Media Rekam. Selain itu, tersedia juga program pascasarjana (S2) untuk prodi Seni dan Tata Kelola Seni.

4. Akademi

Pernah dengar istilah Akmil atau Akademi Militer? Nah, guys, itu dia salah satu contohnya. Terlihat dari nama akademi itu sendiri, bidang ilmu yang dipelajari di institusi pendidikan ini sangat spesifik. Akademi Militer (Akmil) di Indonesia membuka beberapa program studi, seperti Teknik Sipil Pertahanan, Manajemen Pertahanan, Administrasi Pertahanan, Teknik Mesin Pertahanan, dan Teknik Elektro Pertahanan. Seseorang yang lulus dari Akmil akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan, diploma IV (D4) yang setara dengan S1.

5. Bentuk perguruan tinggi lain

Dalam UU No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, ada beberapa bentuk perguruan tinggi lain yang disebutkan, yaitu politeknik dan akademi komunitas. Politeknik yaitu institusi pendidikan yang menyelenggarakan kegiatan akademik vokasi setara D1 hingga D4 atau magister terapan dengan bertumpu pada kemampuan praktik. Sementara itu, akademi komunitas menyelenggarakan pendidikan vokasi setingkat diploma satu dan/atau diploma dua.

polban politeknik negeri bandungPoliteknik Negeri Bandung, Jawa Barat (Sumber: library.polban.ac.id)

Contohnya, nih, ada Politeknik Negeri Bandung (Polban) yang membuka beberapa prodi dengan tingkatan diploma I hingga IV, seperti Teknik Konversi Energi dan Akuntansi. Selain itu, Polban juga membuka program magister terapan S2 Rekayasa Infrastruktur. 

Lalu, bagaimana dengan akademi komunitas? Berdasarkan data Ristekdikti, terdapat 92 akademi komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Contohnya, Akademi Komunitas Negeri Padang Pariaman, Sumatera Barat, yang membuka dua prodi diploma II, yaitu Teknik Elektronika dan Perhotelan. 

Banyak juga, yhaaa. Makin jelas mau lanjut ke perguruan tinggi yang mana atau justru makin bingung? Pelan-pelan, ya, guys. Ambil napas dahulu, rileks, dan kenali dirimu lebih dalam lagi, “mau ku belajar apa, sih, habis lulus nanti?”. Tapi, yang pasti, jangan patah semangat, rajin belajar terus dan tuntut ilmu setinggi mungkin, guys! Jangan lupa dipakai ruangbelajar-nya, ya!

New call-to-action

Referensi:

Universitas Airlangga [daring]. Tautan: https://www.unair.ac.id/site/menu/show/129/faculties.html?lang=id (Diakses 23 Oktober 2021)

Sekolah Tinggi Ilmu Intelijen Negara [daring]. Tautan: https://stin.ac.id/akademik/ (Diakses 23 Oktober 2021)

Sekolah Kedinasan 2021 [daring]. Tautan: https://dikdin.bkn.go.id/informasi (Diakses 23 Oktober 2021)

Undang-Undang No. 12 Tahun 1961 Tentang Perguruan Tinggi. Kementerian Agama RI [daring]. Tautan: https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/uu_22_61.pdf (Diakses 23 Oktober 2021)

Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Kementerian Agama RI [daring]. Tautan: http://diktis.kemenag.go.id/prodi/dokumen/UU-Nomor-12-Tahun-2012-ttg-Pendidikan-Tinggi.pdf (Diakses 23 Oktober 2021)

Institut Seni Indonesia Yogyakarta [daring]. Tautan: https://isi.ac.id/program/ (Diakses 23 Oktober 2021)

Politeknik Negeri Bandung [daring]. Tautan: https://www.polban.ac.id/ (Diakses 23 Oktober 2021)

Kurikulum Pendidikan Akademi Militer [daring]. Tautan: http://www.akmil.ac.id/kurikulum (Diakses 23 Oktober 2021)

Akademi Komunitas Negeri Padang Pariaman. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi [daring]. Tauan:  http://akademikomunitas.ristekdikti.go.id/akademi/007058 (Diakses 23 Oktober 2021)

Sumber foto:

Alasan Kenapa Taman Kampus C Mengasyikkan. UNAIR News [daring]. Tautan: http://news.unair.ac.id/2015/12/26/alasan-kenapa-taman-kampus-c-mengasyikkan/ (Diakses 23 Oktober 2021)

Saputra, Ferry Budi. Mau Kuliah Kesenian? Cek Daya Tampung ISI Yogyakarta di SBMPTN 2021. Hai [daring]. Tautan: https://hai.grid.id/read/072603600/mau-kuliah-kesenian-cek-daya-tampung-isi-yogyakarta-di-sbmptn-2021?page=all (Diakses 23 Oktober 2021)

Gedung Baru Perpustakaan Polban. UPT Perpustakaan [daring]. Tautan: https://library.polban.ac.id/index.php/2017/03/11/519/ (Diakses 23 Oktober 2021)

Profile

Anggraeni Puspitasari

Beri Komentar