Pilihan Perguruan Tinggi Ikatan Dinas untuk Anak IPS

Salsabila Nanda Feb 12, 2021 • 6 min read


daftar sekolah ikatan dinas untuk anak ips

Artikel ini membahas pilihan perguruan tinggi ikatan dinas yang dapat diambil siswa jurusan IPS

---

Adakah di antara kamu yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi ikatan dinas? Perguruan ikatan dinas adalah perkuliahan yang diselenggarakan oleh negara untuk mencetak alumni terbaik di bidangnya. Nantinya, para alumni bekerja di kementerian atau departemen yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jika lulus dari ikatan dinas, kamu akan memperoleh gelar sekaligus ditempatkan langsung di unit kerja pemerintahan. Artinya, kamu gak perlu lagi capek cari lowongan karena sudah disediakan oleh pemerintah. Wih, keren ya.

Baca Juga: 5 Hal Penting Penerimaan Mahasiswa Baru di UNBRAW

Ada banyak sekolah dinas di Indonesia. Khusus siswa jurusan IPS, berikut pilihan sekolah dinas yang dapat kamu pertimbangkan sebagai tempat melanjutkan studi:

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

STANSTAN (Sumber: kabarbisnis24.com)

PKN STAN merupakan sekolah dinas di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Alumninya memperoleh gelar Ahli Pratama (D-I), Ahli Madya (D-IV), dan Sarjana Terapan (S.Tr). STAN memiliki 4 jurusan dan 10 program studi sebagai berikut:

1. Jurusan Akuntansi:
  •  D-IV Akuntansi
  •  D-III Akuntansi
2. Jurusan Pajak:
  • D-III Pajak
  • D-III PBB/Penilai
  • D-I  Pajak

3. Jurusan Kepabeanan dan Cukai:

  • D-III Kepabeanan dan Cukai
  • D-I Kepabeanan dan Cukai

4. Jurusan Manajemen Keuangan

  • D-III Kebendaharaan
  • D-III Manajemen Aset
  • D-I Kebendaharaan Negara

FYI, guys, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) STAN 2021 menggunakan nilai UTBK TPS dan TKA Soshum. Jadi, jangan mager belajar ya. Selama masa studi, para siswa diharuskan memakai seragam dan tidak diperkenankan berbuat kecurangan sedikit pun. Kalau ketahuan curang, siap-siap di Drop Out alias DO. Serem!

Politeknik Imigrasi (Poltekim)

taruna poltekimTaruna Poltekim (Sumber: tiraskita.com)

Yang satu ini juga gak kalah populer dari STAN. Bahkan, jumlah peminatnya cukup tinggi. Kampusnya berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM. Kalau STAN cocok buat penggemar mapel Ekonomi, Poltekim jadi pilihan buat kamu yang lebih senang menghafal daripada itung-itungan. Jurusannya ada apa aja? Ini dia:

  1. D4 Hukum Keimigrasian 
  2. D4 Administrasi Keimigrasian 
  3. D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian
  4. D3 Keimigrasian

Taruna-taruni Poltekim memperoleh fasilitas berupa pembebasan biaya kuliah, atribut, seragam, dan makanan 4 sehat 5 sempurna setiap hari secara gratis. Bye -bye perut keroncongan~

Kalau udah lulus, taruna dan taruni memperoleh kesempatan untuk menjadi calon ASN Kemenkumham yang akan ditempatkan di seluruh unit pelayanan imigrasi di Indonesia. Oh iya, ASN merupakan kepanjangan dari Aparatur Sipil Negara, yaitu pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah yang bekerja pada instansi pemerintahan.

Politeknik Ilmu Kemasyarakatan (Poltekip)

taruna poltekipTaruna Poltekip (Sumber: indonesiacollege.co.id)

Selain Poltekim, ada juga kampus ikatan dinas yang berada di bawah naungan Kemenkumham, yaitu Politeknik Ilmu Kemasyarakatan. Setelah lulus, taruna taruni Poltekip akan ditempatkan dalam Jabatan Penelaah Status Warga Binaan Pemasyarakatan atau Analis Pemasyarakatan. Alumninya akan diberi gelar Sarjana Terapan Pemasyarakatan (S.Tr.Pras.). Poltekip memiliki 3 jurusan Diploma IV sebagai berikut:

  1. Teknik Pemasyarakatan
  2. Manajemen Pemasyarakatan
  3. Bimbingan Pemasyarakatan

Terdapat 4 formasi pendaftaran yang dibuka bagi calon taruna (catar), yaitu: formasi umum, formasi putra putri Papua & Papua Barat, formasi pegawai, dan formasi pegawai putra putri Papua & Papua Barat. Formasi ini juga berlaku di penerimaan Polteknik Imigrasi ya, karena berada di naungan Kementerian yang sama. 

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDNSeragam siswa IPDN (Sumber: tiraskita.com)

Merupakan gabungan dari Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) dan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Nah, pertanyaannya: belajar apa sih di sini? Berikut jurusan yang akan kamu pilih pada tahap seleksi IPDN:

Fakultas Politik Pemerintahan: 

  • S1 Program Studi Kebijakan Pemerintahan,

  • D4 Program Studi Politik Pemerintahan

  • D4 Program Studi Pembangunan dan Pemberdayaan

Fakultas Manajemen Pemerintahan

  • S1 Program Studi Manajemen Pemerintahan
  • S1 Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia
  • S1 Program Studi Manajemen Keuangan
  • S1 Program Studi Manajemen Pembangunan
  • D4 Program Studi Keuangan Daerah
  • D4 Program Studi Adm. Kependudukan dan Catatan Sipil
  • D4 Program Studi Manajemen Sumber Daya Aparatur
Fakultas Hukum Tata Pemerintahan
  • D4 Program Studi Kependudukan dan Catatan Sipil
  • D4 Program Studi Praktik Perpolisian Tata Pamong
  • D4 Program Studi Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik

Banyak ‘kan? Setelah lulus, praja IPDN akan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.IP) untuk prodi Strata 1 dan Sarjana Sains Terapan (S.STP) untuk prodi Diploma IV.

Ternyata peluang anak IPS luas juga ya? Makanya, kamu gak boleh minder sama kemampuan diri sendiri, karena setiap orang memiliki jalan kesuksesan yang berbeda-beda. Buktikan kalau kamu bisa dan layak jadi bagian dari sekolah ikatan dinas. Supaya makin jago menjawab soal tes nanti, tingkatkan pemahaman materi melalui ribuan soal dan video beranimasi di ruangbelajar. Perbanyak olahraga dan jangan lupa minta restu sama Mama & Papa. You can do it!

New call-to-action

Sumber Gambar:

PKN STAN [Daring]. Tautan:

https://kabar24.bisnis.com/read/20190731/79/1131024/psikotes-dan-ujian-kesehatan-dan-kebugaran-pkn-stan-diundur (diakses 11 Februari 2021)

Poltekim [Daring]. Tautan:

https://www.tiraskita.com/read-12-1020-2020-06-01-penerimaan-calon-taruna-imigrasi-dan-taruna-lapas-segera-di-buka-ini-linknya.html (diakses 11 Februari 2021)

Poltekip [Daring]. Tautan:

https://www.indonesiacollege.co.id/%EF%BB%BFsemua-informasi-tentang-poltekip-yang-wajib-anda-ketahui/ (diakses 11 Februari 2021)

IPDN [Daring]. Tautan:

https://tiraskita.com/read-12-1064-2020-06-05-penerimaan-calon-praja-ipdn-2020-ketahui-alur-pendaftaran-dan-kuota-tiap-provinsi.html (diakses 11 Februari 2021)

Beri Komentar