Yuk, Kenalan dengan STIS atau Politeknik Statistika

STIS

Politeknik Statistika atau STIS merupakan salah satu sekolah kedinasan di Indonesia.

Pernahkah kamu dengar soal Politeknik Statistika atau STIS? Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS) merupakan salah satu sekolah kedinasan yang dikelola pemerintah. Bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di Badan Pusat Statistik (BPS), sangat cocok untuk simak artikel ini. Yuk, kenalan lebih jauh dengan STIS!

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) adalah perguruan tinggi yang berada di lingkungan Badan Pusat Statistik (BPS) dan pembinaannya dilaksanakan oleh Kepala BPS. Sementara itu, pelaksanaan urusan pendidikan tinggi berada di bawah Kemenristek Dikti. Perguruan tinggi ini memiliki output sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), seperti sekolah dinas lainnya.

 

Sejarah STIS

Tahukah kamu ternyata STIS memiliki sejarah panjang dalam pembentukannya? Pada awalnya, sekolah dinas ini bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS). AIS dibentuk pada tanggal 11 Agustus 1958 melalui Surat Keputusan No. 377/PM/1958 yang dikeluarkan oleh Perdana Menteri Republik Indonesia Ir. H. Djuanda. Pada mulanya, pelaksanaan pendidikan di AIS mendapatkan bantuan dana dan tenaga ahli dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bantuan ini disalurkan melalui Statistical Research and Development Centre, yaitu lembaga yang didirikan oleh Pemerintah Indonesia c.q. Biro Pusat Statistik (BPS) bekerjasama dengan badan PBB, United Nations Development Programme (UNDP).

Selanjutnya, Badan Pusat Statistik (BPS) bersama mahasiswa lulusan AIS dan dosen dari PBB membuka Perguruan Tinggi Ilmu Statistik (PTIS) pada tahun 1964. Pembentukan PTIS ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan bagi lulusan AIS. Namun, bantuan ini terhenti akibat Indonesia yang keluar dari PBB pada 1965. Sejak itu lah PTIS tutup meskipun AIS masih melaksanakan proses akademi.

Dengan persetujuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) melalui Surat No. 295/D/T/97 tanggal 24 Februari 1997 tentang diizinkannya Badan Pusat Statistik (BPS) menyelenggarakan Program Pendidikan Diploma IV. Selanjutnya, Keppres No. 163 Tahun 1998 terbit sebagai tanda berdirinya STIS dengan dua jurusan, yaitu Statistika dan jurusan Komputasi Statistik.

Dengan berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, STIS pun mengubah bentuk kelembagaannya menjadi Politeknik. Perubahan ini membuat STIS menjadi perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan.

Selanjutnya pada 3 Oktober 2016, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia menerbitkan Surat keputusan Nomor 429/KPT/I/2016 tentang Pembukaan Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma Empat, Program Studi Statistika Program Diploma Empat, dan Program Studi Statistika Program Diploma Tiga  dalam rangka perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik menjadi Politeknik Statistika STIS di Jakarta yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik. 

Hal ini pun disusul dengan Surat Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia kepada Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 179/M/IX/2016 tanggal 9 September 2016 tentang Rekomendasi Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik menjadi Politeknik Statistika STIS. 

Selanjutnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia juga mengeluarkan Surat Nomor B/479/M.KT.01 2017 pada tanggal 19 September 2017 yang menyetujui perubahan status Sekolah Tinggi Ilmu Statistik menjadi Politeknik Statistika STIS. Kemudian, pada tanggal 17 Oktober 2017 diterbitkan Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik No 87 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Statistika STIS. Pada akhirnya, Politeknik Statistika STIS resmi di-launching pada tanggal 28 Maret 2018.

 

STIS

Baca Juga: 15 Sekolah Kedinasan di Indonesia yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan!

 

Lokasi STIS

Pasti sekarang kamu bertanya-tanya kan, dimana sih lokasi kampus STIS ini? Berdasarkan laman resminya, kampus statistika ini hanya ada satu saja di DKI Jakarta. Tepatnya, di Jl. Otto Iskandardinata No. 64C Jakarta 13330. Saat jalan-jalan ke Jakarta, bisa nih kamu sengaja lewat untuk tahu seperti apa kampus Politeknik Statistika STIS tersebut.

 

Jurusan di STIS

Ada tiga jurusan yang dapat kamu pilih jika kamu berminat untuk masuk ke STIS, yaitu DIII Statistika, DIV Statistika, dan DIV Komputasi Statistik. Nantinya, kamu akan mendapat gelar Ahli Madya Statistik (A.Md.Stat) untuk jenjang DIII, dan Sarjana Terapan Statistik (S.Tr.Stat) untuk jenjang DIV.

  • Jurusan Statistika

STIS

  • Jurusan Komputasi Statistik

STIS

 

Syarat dan Pendaftaran STIS 2022

Untuk masuk ke kampus ini, tentu saja ada syarat yang diberlakukan. For your information, pendaftaran masuk ke STIS dilaksanakan berbarengan dengan pendaftaran sekolah kedinasan lainnya, seperti STAN, IPDN, dan lain-lain. Kamu pun hanya bisa memilih satu sekolah kedinasan di antara beberapa sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran.

Pada pendaftaran STIS 2022, hanya ada 500 mahasiswa yang akan diterima dengan rincian sebagai berikut:

  • Program Studi DIII Statistika: 100 mahasiswa
  • Program Studi DIV Statistika: 250 mahasiswa
  • Program Studi DIV Komputasi Statistik: 150 mahasiswa

Sementara itu, syarat untuk daftar ke STIS bisa kamu baca berikut ini.

  1. Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), dan bebas narkoba;
  2. Tidak buta warna (baik total maupun parsial), untuk pengguna kaca mata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dapat diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri; 
  3. Lulusan atau siswa kelas 12 SMA/MA Peminatan MIPA/IPS atau SMK/MAK Peminatan Teknik Komputer dan Informatika; 
  4. Nilai Matematika (Kelompok A/Umum) dan Bahasa Inggris minimal 80,00 (skala 1-100) atau 3,20 (skala 1,00-4,00) pada Ijazah atau nilai raport semester gasal kelas 12; 
  5. Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September 2022; 
  6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS; 
  7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain; Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS; 
  8. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS; 
  9. Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik sesuai pilihan formasi provinsi pada saat pendaftaran di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten/Kota; 
  10. Tidak akan mengajukan pindah antar unit kerja Eselon II di lingkungan BPS maupun pindah instansi dengan alasan apapun sekurang-kurangnya 7 (tujuh) tahun sejak terhitung mulai tanggal PNS, kecuali terdapat kebutuhan organisasi; 
  11. Program afirmasi ditujukan untuk Orang Asli Papua yaitu orang yang berasal dari Rumpun Ras Melanesia yang terdiri dari suku-suku asli di Provinsi Papua/Papua Barat dan atau orang yang diterima dan diakui sebagai orang asli Papua oleh masyarakat adat Papua dibuktikan dengan Surat Keterangan Orang Asli Papua dari Pemerintah Daerah setempat.

Tak hanya itu, para pelamar juga diwajibkan melampirkan sejumlah dokumen berikut ini.

  1. Pas Foto Kartu Identitas (KTP/KIA) 
  2. Kartu Keluarga 
  3. Akta Kelahiran 
  4. Ijazah dan Transkrip Nilai/Rapor Kelas 12 Semester Ganjil untuk siswa kelas 12 
  5. Surat Keterangan Orang Asli Papua dari Pemerintah Daerah setempat untuk pendaftar program afirmasi

Untuk informasi pendaftaran STIS lebih lanjut, kamu bisa akses laman resminya melalui alamat https://spmb.stis.ac.id/.

 

Prospek Kerja Lulusan STIS

Sama seperti lulusan sekolah kedinasan lainnya, usai selesai menempuh pendidikan di Politeknik Statistika STIS ini kamu akan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hingga diangkat secara resmi sebagai PNS. 

Hal ini tertulis di laman resmi STIS bahwa lulusan Politeknik Statistika STIS akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten/Kota. Sementara itu, calon mahasiswa berdomisili di manapun dapat bebas memilih formasi penempatan CPNS mulai Tahun Akademik 2022/2023.

Lulusan Program Studi Statistika Program Diploma III akan diangkat sebagai Statistisi Terampil dengan golongan II/c, Program Studi Statistika Program Diploma IV diangkat sebagai Statistisi Ahli Pertama dengan golongan III/a, dan Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV diangkat sebagai Pranata Komputer Ahli Pertama dengan golongan III/a.

Baca Juga: Perbedaan 8 Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia

 

Itulah teman-teman, informasi rinci soal sekolah kedinasan Politeknik Statistika STIS. Untuk masuk ke perguruan tinggi ini, kamu harus jago matematika dan Bahasa Inggris. Yuk, perdalam materi kedua mata pelajaran tersebut di ruangbelajar bareng Ruangguru. Semoga kamu dapat lolos seleksi ya!

 

Referensi

Laman resmi Politeknik Statistika STIS [daring]. Tautan: https://stis.ac.id/ diakses pada 27 April 2022.

Pendaftaran STIS 2022 Buka Mulai 9-30 April, Berikut Link, Syarat, Biaya, dan Kuotanya [daring]. Tautan: https://tekno.kompas.com/read/2022/04/12/12150067/pendaftaran-stis-2022-buka-mulai-9-30-april-berikut-link-syarat-biaya-dan diakses pada 27 April 2022.

Laman Seleksi Masuk STIS 2022 [daring]. Tautan: https://spmb.stis.ac.id/ diakses pada 27 April 2022.

Profile

Dinda Silviana Dewi