SIMAK UI: Cara Daftar, Biaya, hingga Materi Ujian

Info Simak UI

SIMAK UI merupakan jalur seleksi mandiri Universitas Indonesia yang memiliki peminat cukup banyak. Lihat info lengkap seputar SIMAK UI berikut ini.

--

Mau jadi mahasiswa jaket kuning? Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) favorit incaran siswa di Indonesia, UI selalu menerima puluhan ribu pendaftar setiap tahunnya. Ada beberapa jalur masuk yang bisa kamu coba untuk bisa diterima di UI, mulai dari SNMPTN, UTBK-SBMPTN, hingga SIMAK UI.

Jalur mandiri Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI, menjadi jalur yang selalu menjadi incaran karena membuka banyak peluang bagi calon mahasiswa baru. Nah, bagi kamu yang mau masuk UI, ketahui dulu informasi lengkap terkait SIMAK UI seperti yang dilansir dari laman resminya berikut ini.

Apa itu SIMAK UI?

SIMAK UI (Seleksi Masuk UI) adalah ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan oleh UI bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. Program pendidikan yang dibuka pada SIMAK UI mulai dari Program Vokasi (D3 dan D4), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Sarjana Ekstensi/Paralel untuk lulusan D3, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. Sedangkan ujian SIMAK Sarjana Kelas Internasional diselenggarakan pada waktu yang berbeda.

Baca juga: Contoh Soal SIMAK UI 2021 Kemampuan Dasar (KD) dan Pembahasannya

Cara Daftar SIMAK UI

Dilansir dari laman penerimaan.ui.ac.id, proses pendaftaran di Universitas Indonesia terdiri dari 9 tahap, yaitu:

  1. Membuat account di situs penerimaan UI. Klik link Buat Account di kanan atas lalu isi formulir yang muncul.
  2. Mengunggah foto berwarna ukuran 4x6 cm
  3. Membuat pendaftaran. Kamu bisa login menggunakan username dan password yang telah dibuat sebelumnya, kemudian pilih menu Buat Pendaftaran untuk membuat pendaftaran baru.
  4. Melakukan verifikasi pendaftaran. Verifikasi ini dilakukan untuk memastikan kamu telah mengecek bahwa isian formulir pendaftaran dan pilihan program studi telah terisi dengan data yang benar serta telah mengetahui biaya pendidikan untuk program studi yang dipilih.
  5. Meng-upload berkas persyaratan pendaftaran (khusus untuk pendaftar Program Pascasarjana S2, S3, Profesi, Spesialis, S1 Ekstensi dan yang memilih S1 Kelas Internasional)
  6. Membayar biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran hanya dapat dibayarkan setelah kamu menyelesaikan semua tahapan pendaftaran di atas. Formulir pendaftaran dan pilihan program studi tidak dapat diubah lagi setelah kamu membayar biaya pendaftaran.
  7. Men-download kartu ujian masuk. Kartu ini harus dibawa saat ujian SIMAK UI.
  8. Mengikuti ujian seleksi masuk pada waktu yang telah ditentukan.
  9. Setelah mengikuti ujian SIMAK UI, kamu dapat melihat hasil seleksi pada tanggal pengumuman.

kampus UIKampus UI (Sumber: indonesiacollege.co.id)

Biaya Pendaftaran SIMAK UI

  • SIMAK UI S3 dan Spesialis sebesar Rp1.500.000. Hanya dapat memilih 1 program studi.
  • SIMAK UI S2 dan Profesi sebesar Rp1.200.000. Hanya dapat memilih 1 program studi.
  • SIMAK UI S1 Ekstensi sebesar Rp750.000. Hanya dapat memilih 1 program studi.
  • SIMAK UI S1 Reguler/S1 Paralel/Vokasi sebesar Rp500.000 untuk 2 pilihan pertama kelompk ujian IPA saja atau IPS saja. Jika hanya memilih 1 prodi tetap membayar Rp500.000.
    • SIMAK UI S1 Reguler/S1 Paralel/Vokasi sebesar Rp600.000 untuk 3 pilihan pertama kelompok ujian IPA dan IPS sekaligus (IPC). Jika hanya memilih 2 prodi tetap membayar Rp500.000.
    • Setiap tambah prodi/jurusan selanjutnya dikenakan tambahan Rp100.000/prodi.
    • Ketentuan pemilihan prodi yakni S1 Reguler maksimal 3 pilihan, S1 Paralel maksimal 3 pilihan, Vokasi D3 maksimal 2 pilihan dan Vokasi D4 maksimal 2 pilihan. Total maksimal pilihan adalah 6 program studi. Jadi dalam satu formulir, pendaftar dapat memilih beberapa prodi dari program pendidikan yang berbeda sekaligus. Prodi yang dipilih dapat berupa kelompok IPA seluruhnya, atau prodi kelompok IPS seluruhnya, atau terdiri dari beberapa prodi kelompok IPA dan prodi kelompok IPS sekaligus (biasa dikenal kelompok IPC).
  • SIMAK UI S1 Kelas Internasional sebesar Rp1.500.000 untuk 1 pilihan.
    • Pendaftar S1 Kelas Internasional hanya dapat memilih 1 program studi.
    • Jika peserta mendaftar S1 Reguler, S1 Paralel, Vokasi (D3 dan D4), sekaligus mendaftar S1 Kelas Internasional, maka dalam 1 account peserta membuat 2 pendaftaran dan mendapat 2 nomer pendaftaran. Biaya pendaftaran dibayarkan ke masing-masing no.pendaftaran (sistem host to host). Panduan cara bayar dapat dilihat di sini.

Materi Ujian SIMAK UI

Materi Ujian SIMAK UI S1 Paralel dan Vokasi (D3)

  • Kemampuan Dasar (KD): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
  • Menulis Esai
  • Kemampuan IPA (KA): Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi
  • Kemampuan IPS (KS): Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi

Pilih Prodi IPA maka materi ujiannya mencakup : KD dan KA

Pilih Prodi IPS maka materi ujiannya mencakup : KD dan KS

Pilih Prodi IPA dan IPS sekaligus (IPC) maka materi ujiannya mencakup : KD dan KA dan KS

Materi Ujian SIMAK S1 Kelas International

  • Pilih Prodi IPA maka materi ujiannya mencakup: Mathematics for Natural Science, Biology, Physics, Chemistry
  • Pilih Prodi IPS maka materi ujiannya mencakup: Basic Mathematics, Economy, Sociology, Geography, Indonesia and The World

Materi Ujian SIMAK S1 Ekstensi, Profesi, Spesialis, S2, S3

  • Tes Pengukuran Kemampuan Akademik (biasa dikenal dengan TPA)
  • Bahasa Inggris

Sistem Penilaian SIMAK UI

Untuk sistem penilaian, hingga tahun 2021 SIMAK UI masih menggunakan Sistem Perhitungan Nilai Nasional. Jadi, prosesnya meliputi: jawaban benar +4, jawaban salah -1, dan kosong atau 0 untuk jawaban yang tidak diisi. Tentunya, peserta dengan nilai lebih baik akan menjadi prioritas untuk dialokasikan lebih dulu. Tipsnya, hitung dan analisis dengan benar. Jika kamu salah, maka poinmu akan dikurangi -1. Jadi kalau kamu ragu akan jawabanmu, lebih baik tidak usah diisi ya.

Nilai UTBK untuk SIMAK UI S1 Reguler

Untuk tahun 2021, data keikutsertaan kamu di UTBK diperlukan dalam pendaftaran SIMAK UI bagi pendaftar S1 Reguler. Pendaftar S1 Reguler SIMAK UI yang ingin memilih rumpun Saintek dan Soshum memerlukan nilai UTBK sesuai rumpun ilmu jurusan yang ingin dipilih. Selain nilai UTBK, kamu juga perlu mengikuti ujian SIMAK UI yang akan dilaksanakan secara online.

Ayo, untuk kamu para pejuang SIMAK UI, persiapkan dirimu untuk bisa diterima di kampus kuning ini dengan belajar lebih giat. Kamu bisa lho mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi SIMAK UI di ruangbelajar.

New call-to-action

Referensi:

Tentang SIMAK [daring]. Tautan: https://simak.ui.ac.id/tentang-simak.html (Diakses: 10 Juni 2021)

Sumber foto:

Kampus UI [daring]. Tautan: https://www.indonesiacollege.co.id/7-program-studi-dengan-pendaftar-terbanyak-di-universitas-indonesia/ (Diakses: 14 Juni 2021)

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru

Beri Komentar