Strategi Hybrid Learning dalam Pembelajaran di Masa Pandemi

Sabtian Adiansyah Okt 29, 2021 • 3 min read


hybrid learning

Artikel ini adalah rangkuman acara NGUPAS (Ngumpul Asyik) Vol. 15 oleh tim ruangpengajar pada tanggal 1 Oktober 2021 melalui live streaming di Zoom dengan pembicara Destari Puspa Pertiwi, Master Teacher Education Consultant Ruangguru.

--

Apakah Bapak/Ibu Guru pernah mendengar tentang istilah hybrid learning? Metode hybrid learning ini memang masih cukup asing bagi masyarakat awam. Hybrid learning merupakan kombinasi antara metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan metode pembelajaran tatap muka (PTM). Di masa pandemi seperti saat ini, metode hybrid learning menjadi solusi dan antisipasi untuk meminimalisir dampak psikososial murid agar tetap bisa belajar seperti sebelum pandemi.

Ada yang menyebut metode hybrid learning ini sama dengan blended learning, yakni pembelajaran siswa dikombinasikan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran daring. 

Meski metode yang dilakukan hampir sama, tetapi ada perbedaan antara blended learning dan hybrid learning yang diterapkan pada model pembelajarannya. Hybrid learning mencoba untuk mencari kombinasi yang paling pas untuk guru dan murid dalam proses pembelajaran, baik itu online maupun offline. Dengan hybrid learning, siswa dan guru dapat melakukan pelaksanaan pembelajaran secara merata.

Evaluasi dari pelaksanaan pembelajaran jarak jauh akhirnya membuat pemerintah mengeluarkan aturan terkait rencana tatap muka terbatas melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri yang terbit pada Maret 2021 lalu. Hal inilah yang membuat konsep pelaksanaan model ‘Hybrid Learning’ muncul sebagai salah satu upaya memaksimalkan pembelajaran pada kondisi tersebut. 

Namun faktanya, masih banyak pengajar yang belum mengetahui apa itu hybrid learning dan bagaimana cara menerapkannya dalam kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu, dibutuhkan pengetahuan dan panduan pembelajaran yang tepat.

Ada beberapa strategi yang mungkin bisa membantu Bapak/Ibu Guru untuk menerapkan metode hybrid learning dalam pembelajaran. Untuk tahu lebih jelasnya, simak beberapa penjelasan di bawah ini yang disajikan dalam bentuk infografis.

blended learning vs hybrid learning

blended learning

penerapan hybrid learning

NGUPASVOL.15_MICROBLOG_1200x628_1.5

keterampilan abad 21

--

Demikian pembahasan tentang strategi metode hybrid learning dalam pembelajaran. Semoga pembahasan ini bisa membantu Anda dalam mengajar lebih efektif. Ruangguru mengajak Anda untuk menjadi Mitra Pengajar Ruangguru. Dapatkan penghasilan tambahan dan keuntungan lainnya menjadi Mitra Pengajar Ruangguru sekarang juga! Yuk, daftarkan diri Anda dan ajak rekan Anda untuk daftar di ruangpengajar

ruangpengajar

Profile

Sabtian Adiansyah

Beri Komentar