Yuk, Belajar Pola Kalimat Simple Past Tense dan Contohnya | Bahasa Inggris Kelas 10

Simple Past Tense

Yuk, kita belajar tentang Simple Past Tense! Seperti apa sih, pola dan contoh kalimatnya? Langsung simak pembahasan lengkapnya di artikel berikut, ya!

--

 

Tasya: Hello, Bagus!

Bagus: Hi, Tasya!

Tasya: You sang beautifully on the competition yesterday. The teacher must be so proud of you!

Bagus: Oh, thank you, Tasya! That's so kind of you.

Tasya: Don't mention it. By the way, if you mind, could you teach me some singing techniques? I'm afraid I can't get good grades on the upcoming music course test because my voice keeps cracking while singing...

Bagus: Don't worry, Tasya, I can give you some tips! Let's learn some singing techniques together with our classmates this weekend!

Tasya: Sounds really great! Thank you so much, Bagus.

Bagus: You're welcome!

Coba kamu perhatikan contoh percakapan di atas! Menurut kamu, tenses apa yang digunakan pada kalimat yang di-bold dalam percakapan tersebut?

Yup! Tenses yang digunakan pada kalimat tersebut adalah Simple Past Tense!

 

Apa itu Simple Past Tense?

Simple Past Tense adalah tenses yang digunakan untuk mengungkapkan suatu tindakan atau kejadian yang terjadi di masa lalu. Jadi, kejadian yang diceritakan, dimulai dan berakhir di masa lalu.

Seperti pada contoh percakapan tadi, kalimat yang di-bold pada percakapan tersebut adalah:

"You sang beautifully on the competition yesterday."

Dalam kalimat tersebut, "you" yang dimaksud adalah Bagus. Seperti yang kita tahu dari percakapan antara Tasya dan Bagus di atas, Bagus mengikuti kompetisi menyanyi kemarin, dan dalam kompetisi tersebut, Bagus menyanyi dengan indah. Nah, kejadian Bagus menyanyi ini, terjadi di masa lalu dan telah berakhir pula di masa lalu, sehingga Tasya menggunakan Simple Past Tense pada kalimatnya.

 

Kegunaan Simple Past Tense

Tenses ini memang biasa digunakan dalam percakapan, ketika pembicara menceritakan kejadian yang sudah berlalu. Bisa juga digunakan ketika kita menulis cerita tentang pengalaman di masa lalu. Selain itu, kamu juga bisa menemui penggunaan tenses ini dalam buku-buku dongeng yang bercerita tentang kisah-kisah di masa lalu.

 

Pola Kalimat Simple Past Tense

Untuk memahami lebih jauh tentang Simple Past Tense, kamu bisa memperhatikan pola beserta contoh kalimatnya. Pada tenses ini, verb yang digunakan adalah verb 2 (untuk kalimat verbal) dan be yang digunakan adalah be bentuk past (untuk kalimat nominal).

Baca juga: Belajar Present Perfect Tense, Kegunaan, dan Contoh Kalimatnya

Eits, sebentar, sebentar. Kalimat verbal dan kalimat nominal tuh, maksudnya gimana, ya?

Jadi, kalimat verbal adalah kalimat yang predikatnya menggunakan kata kerja (verba/verb). Sedangkan kalimat nominal adalah kalimat yang predikatnya menggunakan kata benda (nomina). Nah, dalam Bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan be untuk menyatakan predikat bentuk nomina.

Contoh kalimat verbal dan kalimat nominal menggunakan Simple Past Tense adalah sebagai berikut:

Kalimat Verbal

  • I ate rice.
  • It snowed yesterday.

Kalimat Nominal

  • She was a student.
  • We were so happy last summer.

Sudah paham bedanya kalimat verbal dan kalimat nominal? Biar lebih paham, kita pelajari pola Simple Past Tense dan contoh kalimatnya secara lebih detail, ya!

 

Pola Simple Past Tense untuk Kalimat Verbal beserta Contoh

Untuk pola atau rumus Simple Past Tense pada kalimat verbal beserta contohnya, kamu bisa lihat selengkapnya pada infografik berikut.

Rumus Past Tense untuk Kalimat Verbal

 

Jadi, untuk kalimat verbal, jika kalimatnya adalah bentuk kalimat positif (positive), pastikan bahwa verb yang kamu gunakan adalah verb 2.

Tapi, jika kalimatnya adalah bentuk kalimat negatif (negative) atau bentuk kalimat tanya (interrogative), verb yang digunakan adalah verb 1 karena bentuk lampaunya sudah diwakilkan oleh did.

 

Pola Simple Past Tense untuk Kalimat Nominal beserta Contoh

Next, untuk pola atau rumus Simple Past Tense pada kalimat nominal beserta contohnya, kamu bisa lihat pada infografik berikut.

Rumus Past Tense untuk Kalimat Nominal

 

Jadi, untuk kalimat nominal, baik bentuk kalimat positif (positive), bentuk kalimat negatif (negative), maupun bentuk kalimat tanya (interrogative), pastikan bahwa be yang kamu gunakan adalah be bentuk past (lampau).

Eits, jangan lupa juga, bahwa be yang digunakan harus sesuai dengan subject-nya, ya! Kamu bisa perhatikan tabel berikut untuk membantu kamu mengingat be yang sesuai untuk masing-masing subject.

 

Subject

be

I

He

She

It

Singular Noun

was

You

They

We

Plural Noun

were

 

Ingat! Menggunakan Simple Past Tense, artinya kejadian yang dibicarakan berlangsung dan berakhir di masa lalu. So, the event was already over when the conversation or the storytelling takes place. Kalau kejadiannya masih berlangsung hingga saat ini, maka kamu tidak bisa menggunakan Simple Past Tense, ya.

Itu tadi penjelasan tentang Simple Past Tense secara lengkap, mulai dari fungsi, pola, hingga contoh kalimatnya. Semoga kamu semakin paham, ya. Kalau kamu masih membutuhkan bantuan dari guru privat Bahasa Inggris berkualitas, daftar aja di ruangles! Kamu bisa mencari guru yang sesuai dengan kriteria dan daerah asalmu, lho. Yuk, temukan gurumu sekarang!

ruangles

Referensi:

Widiati, Utami. 2017. Bahasa Inggris Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Shabrina Alfari dan telah diperbarui oleh Kenya Swawikanti pada 22 Desember 2021.

Profile

Kenya Swawikanti

A full-time cat person who likes spicy food a bit more than Oreo cheesecake and chocolate ice cream. You can call me Kenya or Kay. Nice to meet you!