10 Universitas Terbaik di Dunia tahun 2023, Mana Kampus Impianmu?

daftar universitas terbaik di dunia

Siapa sih yang nggak pengen kuliah di universitas terbaik di dunia? Nah, untuk tahun 2023, kampus mana saja yang masuk ke dalam daftarnya? 

Buat kamu-kamu yang pengen kuliah di luar negeri, udah punya kampus impian yang pengen dituju belum? Bisa berkuliah di universitas terbaik di dunia pastinya jadi impian semua pelajar. Untuk menembusnya butuh usaha yang keras, lho. Selain itu, saat kamu ingin kuliah di luar negeri, kamu juga harus punya persiapan yang matang. Jangan sampai kamu salah langkah. 

Salah satu hal utama yang perlu disiapkan adalah universitas tujuan. Kamu harus memikirkan matang-matang di mana kamu akan melanjutkan kuliah. Nah, kalau kamu masih bingung menentukan universitas mana yang akan dituju, kamu bisa menyimak artikel tentang daftar universitas terbaik di dunia menurut World University Ranking 2023 ini. Kamu bisa membandingkan dan memilih universitas terbaik yang akan jadi destinasi belajar kamu!

Times Higher Education (THE) telah merilis daftar universitas terbaik di dunia melalui World University Ranking 2023 yang mencakup 1.799 universitas dari 104 negara. Beberapa universitas bahkan telah menduduki peringkat 10 besar universitas terbaik dunia sejak bertahun-tahun silam dan masih bertahan sampai sekarang. Artinya, mereka berhasil mempertahankan kualitasnya di kancah internasional sehingga banyak orang ingin melanjutkan pendidikan di sana. Wow banget gaksiiii.

Oke, jadi mana aja sih 10 universitas terbaik di dunia menurut World University Ranking 2023?

 

1. University of Oxford

university of oxford

University of Oxford (sumber: unsplash.com)

Kampus terbaik di dunia nomor 1 diduduki oleh University of Oxford. Siapa sih yang nggak tau pamor kampus almamater Maudy Ayunda yang satu ini? Oxford dikenal sebagai kampus tertua di dunia yang masih eksis sampai sekarang. Dalam daftar universitas terbaik yang dirilis oleh THE ini, University of Oxford sudah menduduki peringkat 1 sejak tahun 2017 hingga saat ini. Wah keren banget ya! 

Selain itu, Oxford juga terkenal sebagai kampus dengan sistem perpustakaan terbesar di Inggris. Untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa, akademisi, hingga komunitas penelitian internasional, Oxford menyediakan layanan sistem perpustakaan terbesar dengan jumlah lebih dari 100 perpustakaan.

oxford jadi lokasi syuting Harry Potter

 

Sebagai kampus terbaik sedunia, seleksi masuknya terkenal super ketat dan biaya kuliah di Oxford tentu nggak murah, guys. Pihak kampus juga membedakan besaran biaya kuliah antara mahasiswa asal Inggris dan Uni Eropa dengan mahasiswa luar Uni Eropa. Mahasiswa dari luar Uni Eropa harus membayar biaya lebih mahal.

Bagi program sarjana, biaya yang harus dibayarkan tiap tahunnya sekitar 187 juta rupiah. Eits, tapi itu hanya untuk mahasiswa asal Inggris dan Uni Eropa, yah. Untuk mahasiswa di luar Uni Eropa, biayanya bisa mencapai 2,5 kali lipat lebih mahal. Besaran biaya kuliah ini juga berbeda bergantung jurusan yang dipilih, ya.

2. Harvard University

harvard university-1

Harvard University (sumber: unsplash.com)

Nah, di posisi kedua daftar universitas terbaik di dunia ditempati oleh Harvard University. Harvard dikenal sebagai kampus tertua di Amerika Serikat. FYI nih, guys, penamaan Harvard University diambil dari nama John Harvard sebagai penghormatan telah menjadi penyumbang terbesar pada universitas tersebut. Terus, saat pertama kali berdiri, namanya itu Harvard College. Baru pada tahun 1780, namanya berubah jadi Harvard University deh. 

Harvard menerapkan sistem need-blind admission atau tidak melihat sumber pendanaan mahasiswa yang diterima untuk biaya pendidikannya. Biaya kuliah untuk jenjang sarjana di Harvard sendiri sekitar 738 juta rupiah per tahunnya. Sedangkan untuk jenjang magister per tahunnya sekitar 713 juta rupiah. Tapi, jangan khawatir, guys. Pasalnya, Harvard memberikan bantuan biaya pendidikan untuk 50 persen mahasiswanya. Bantuan ini didasarkan pada kebutuhan finansial mahasiswa dan besarnya penghasilan orang tua mereka.

Baca Juga: Negara Mana Saja yang Jadi Favorit Tujuan Studi Siswa Indonesia?

 

3. University of Cambridge

university of cambridge

University of Cambridge (sumber: unsplash.com)

Kamu tau nggak sih, guys, kampus yang satu ini sudah berusia lebih dari 800 tahun, lho! Kalau dilihat dari sejarahnya, University of Cambridge tidak bisa lepas dari University of Oxford. Pada tahun 1209, terjadi peristiwa kerusuhan antara beberapa sarjana Oxford dengan warga. Peristiwa ini dikenal dengan “town and gown” atau “kota dan gaun”. Nah, kerusuhan ini menyebabkan para sarjana pada kabur ke kota kecil bernama Cambridge.

Pemerintah Cambridge mengizinkan mereka untuk tinggal. Bahkan para sarjana Oxford tersebut juga diberikan tempat tinggal oleh penduduk Cambridge. Dari situlah akhirnya mereka mulai memberikan pengajaran lalu mendirikan perguruan tinggi yang akhirnya dikenal sebagai University of Cambridge sampai saat ini. Terus, University of Cambridge sudah mencetak 89 peraih nobel dari berbagai disiplin ilmu seperti fisika, kimia, perdamaian, kedokteran, dan psikologi. 

Biaya pendidikan di University of Cambridge tidak jauh berbeda dengan biaya pendidikan di University of Oxford. Untuk jenjang S1 dan S2 antara 381 juta rupiah hingga 996 juta rupiah per tahunnya. Bagi mahasiswa internasional, biaya kuliahnya jauh lebih tinggi dan cenderung fluktuatif. Tapi, kampus yang dibangun oleh Hugo de Balsham pada tahun 1284 ini menyediakan beasiswa internasional melalui pemerintah Inggris, organisasi internasional, bahkan juga ada beasiswa dari pemerintah negara asal. Jadi jangan khawatir kalau kamu ingin berkuliah di sini, guys! 

 

4. Stanford University

stanford university

Stanford University (sumber: unsplash.com)

Sebenarnya, University of Cambridge dan Stanford University menempati posisi yang sama dalam peringkat tahun ini, guys. Keduanya sama-sama menempati posisi ketiga. Stanford University merupakan salah satu kampus terbesar di Amerika Serikat. Kampus ini dibangun pada tahun 1885 dan baru dibuka 6 tahun setelahnya.  Di Stanford terdapat 700 gedung kampus utama yang menampung 40 departemen. FYI, kampus ini telah meluluskan orang-orang hebat dunia seperti Larry Page (salah satu CEO Google), Tiger Woods (pemain golf legendaris), hingga Peter Thiel (pendiri PayPal).

Stanford juga menawarkan need-blind admission. Tapi sayangnya, kebijakan ini hanya ditujukan bagi calon mahasiswa asal Amerika Serikat. Dengan kata lain, calon mahasiswa internasional harus mendapatkan pendanaan sendiri, baik dari uang pribadi, beasiswa, pinjaman pendidikan, dan bantuan lainnya.

Biaya pendidikan di kampus ini per tahunnya sekitar 824 juta rupiah bagi jenjang S1. Sementara untuk jenjang S2, biaya yang harus dikeluarkan sekitar 807 juta rupiah per tahunnya. 

Baca Juga: Kenalan dengan Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), Cocok Buat yang Jago Gambar!

 

5. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

massachusetts institute of technology

Massachusetts Institute of Technology (MIT) (sumber: mit.edu)

Kalau kampus yang satu ini, telah berdiri sejak 1861. Universitas yang awalnya terletak di Boston ini didirikan tepat 2 hari sebelum terjadinya Perang Sipil Amerika. Terus, pada tahun 1961, kampus yang mengedepankan sains dan teknologi ini pindah ke Cambridge sampai saat ini. 

Buat kamu-kamu yang fans Marvel, pasti sudah tau dong, kalau Tony Stark aka Iron Man dikisahkan sebagai seorang lulusan sarjana Electrical and Mechanical Engineering dari MIT. Setelah itu, Tony Stark juga diceritakan meraih gelar masternya di bidang Physics and Artificial Intelligence MIT saat usianya baru menginjak 19 tahun. Keren banget kannn? Ya namanya juga film ehehehe.

Selain itu, MIT juga dikenal sangat menunjung tinggi kesetaraan gender bagi mahasiswanya, loh! Dalam proses pendaftarannya, MIT memberlakukan blind policy. Maksudnya, MIT hanya melihat kemampuan dan kualifikasi mahasiswanya tanpa melihat gender si pendaftar.

Di Amerika Serikat, MIT menjadi salah satu dari lima universitas yang menawarkan bantuan pendanaan bagi mahasiswa internasional yang memiliki keterbatasan biaya. Bahkan pendanaan yang ditawarkan ini bisa mencapai 100 persen. Keren banget, kann?! Nah, untuk nominal biaya pendidikan di MIT per tahun yaitu sekitar 824 juta rupiah bagi jenjang sarjana dan 794 juta rupiah bagi senjang magister.

 

6. California Institute of Technology (Caltech)

California Institute of Technology

California Institute of Technology (Caltech) (sumber: caltech.edu)

Selanjutnya, di posisi keenam ditempati oleh California Institute of Technology atau biasa disingkat Caltech. Seperti namanya, akademik Caltech berfokus pada pengajaran dan penelitian sains dan teknologi. Selain itu, alumni Caltech telah dianugerahi 39 Nobel Prize, 1 Field Medal, 6 Touring Award, dan 71 US National Medal of Sciense or Technology, guys! 

Kampus yang terletak di Pasadena, California ini, menerapkan biaya yang sama untuk semua program studinya. Untuk semua program studi jenjang sarjana dikenakan biaya sekitar 776 juta rupiah dengan biaya tambahan sekitar 32 juta rupiah. Sedangkan untuk jenjang master dikenakan biaya 746 juta rupiah dengan biaya tambahan sekitar 28 juta rupiah. Selain itu, mahasiswa diminta untuk memiliki asuransi kesehatan sebesar kurang lebih 38,7 juta rupiah setiap tahunnya.

 

7. Princeton University

princeton university

Princeton University (sumber: unsplash.com)

Princeton University dikenal sebagai salah satu universitas tertua di Amerika Serikat. Salah satu universitas terbaik di dunia ini didirikan pada tahun 1746 dengan nama College of New Jersey. Lalu, pada tahun 1896, untuk menghormati daerah tempat berdirinya, kampus ini berganti nama menjadi Princeton University. 

Nah, universitas ini telah melahirkan 40 pemenang nobel, 17 pemenang National Medal of Science, dan masih banyak lagi. Selain itu, Princeton University termasuk perguruan tinggi di dunia, loh! Gimana nggak kaya, Princeton University mendapatkan sumbangan dana sekitar 2,2 triliun rupiah. 

Biaya pendidikan di Princeton University per tahunnya sekitar 920 juta rupiah. Wah mahal banget, ya :(. Tapi, biaya ini sudah termasuk fasilitas asrama, makan, buku, kegiatan mahasiswa, biaya pendaftaran, dan biaya nilai. 

Baca Juga: Jurusan Teknik Biomedis, Informasi Lengkap dan Prospek Kerja

 

8. University of California, Berkeley

university of california, berkeley

University of California, Berkeley (sumber: unsplash.com)

University of California, Berkeley masuk ke dalam Ivy League, loh. FYI, Ivy League itu sebutan untuk 8 jajaran perguruan tinggi paling bergengsi di Amerika Serikat. Kampus ini didirikan pada tahun 1868. Warna biru dan emas telah dipilih menjadi warna utama kampus ini sejak tahun 1873. Warna biru tidak hanya menyimbolkan warna langit California, tapi juga para alumni dari Yale University yang sudah membantu mendirikan University of California. Sementara warna emas melambangkan “Golden State” California. Oh iyaa, California ini kerap disebut “Golden State”, karena terkenal dengan bukit dan ladang emasnya. Termasuk juga karena adanya Hollywood.

Kampus yang dikenal dengan singkatan UCLA ini memiliki lebih dari 3.000 program sarjana dan pascasarjana di berbagai bidang. Untuk menuntut ilmu di sini, kamu setidaknya harus mengeluarkan biaya mulai dari 224 juta hingga 600 juta rupiah.

 

9. Yale University

yale university

Yale University (sumber: yale.edu)

Kalau kampus yang satu ini, termasuk kampus tertua ketiga di Amerika, guys. Selain itu, Yale University juga masuk dalam Ivy League. Yale University didirikan pada tahun 1701 dan telah melahirkan tokoh-tokoh berpengaruh di dunia seperti pasangan Bill Clinton dan Hillary Clinton. Kampus ini memiliki beberapa tempat yang ikonik untuk dikunjungi seperti Old Campus and Harkness Tower, Sterling Memorial Library, Evans Hall, Yale Farm, dan Yale University Art Gallery. 

Program akademiknya dibagi menjadi tiga, yaitu Yale College atau jenjang sarjana, Graduate School of Arts and Sciences atau jenjang pascasarjana, dan Professional School atau jenjang profesional. 

Bagi kamu yang ingin berkuliah di sini, biaya yang harus dibayarkan per tahunnya mencapai 1 miliar rupiah. Biaya tersebut termasuk uang kuliah, asrama, buku, dan biaya aktivitas mahasiswa. Pantesan masuk ke Ivy League hehehe. Tapi jangan khawatir, Yale memiliki program “full-need no-loans” yang artinya mereka akan membantu mahasiswa untuk membayar kuliah tanpa mengharuskan mahasiswa untuk meminjam uang kuliah (student loans). Selain itu, pihak kampus juga menyediakan beasiswa yang bernilai fantastis, yaitu hampir mencapai 741 juta rupiah. Gimana gengs, apakah Yale menjadi kampus impian kamu?

 

10. Imperial College London

imperial college london

Imperial College London (sumber: imperial.ac.uk)

Universitas terbaik dunia nomor 10 ditempati oleh Imperial College London. Perguruan tinggi yang berfokus pada bidang sains, perdagangan, dan seni ini didirikan oleh Pangeran Albert atau suami dari Ratu Victoria, kepala monarki Britania Raya yang berkuasa pada tahun 1837-1901. Awalnya, kampus ini merupakan salah satu bagian dari University of London.

Imperial College memiliki segudang prestasi, terutama dalam bidang sains. Hal ini terbukti dengan banyaknya penghargaan bidang sains yang dimenangkannya. Bahkan, Imperial College telah memenangkan 15 Nobel Prize.

For your information, pada awal pandemi Covid-19, tepatnya tahun 2020, pemerintah Indonesia telah menjalin kerja sama dengan Imperial College untuk mengembangkan vaksin Covid-19. Untuk berkuliah di sini, biaya yang harus dikeluarkan setara dengan 399 juta rupiah setiap tahunnya. 

 

Keren-keren banget ya, gengs, kampusnya. Dari 10 universitas terbaik di dunia menurut World University Ranking 2023 tadi, mana yang jadi kampus impianmu? Nah, untuk bisa lolos ke kampus-kampus itu, tentunya harus dibarengi dengan persiapan yang matang, ya. Kamu harus rajin belajar supaya bisa lolos. Untuk membantu mempersiapkan diri, kamu bisa banget langganan ruangbelajar sekarang juga. Di sana, kamu bisa belajar banyak materi pelajaran dengan metode yang mudah dipahami dan tentunya nggak bikin bosan. Yuk buruang langganan sekarang juga!

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Referensi:

The Higher Education. World University Rankings 2023. diakses dari https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings/2023/world-ranking pada 18 November 2022

Sumber gambar:

Foto ‘University of Oxford’. Fotografer: Ben Seymour [daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/nqBUTBsDQNM 

Foto ‘Harvard University’. Fotografer: Somesh Kesarla Suresh [daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/hWqrI3CyPuM 

Foto ‘University of Cambridge’. Fotografer: Tim Alex [daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/FC1uuekWoZc

Foto ‘Stanford University’. Fotografer: daybreakwithray [daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/AnzZzxc0y7E

Foto ‘Massachusetts Institute of Technology (MIT)’ [daring]. Tautan: https://www.mit.edu/about/

Foto ‘California Institute of Technology (Caltech)’ [daring]. Tautan: https://www.caltech.edu/

Foto ‘Princeton University’. Fotografer: Tim Alex. [daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/JYqLCa-rv7o

Foto ‘University of California, Berkeley’. Fotografer: Jeremy Huang [daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/zn7eped3vn0

Foto ‘Yale University’ [daring]. Tautan: https://admissions.yale.edu/

Foto ‘Imperial College London’ [daring]. Tautan: https://www.imperial.ac.uk/

Adya Rosyada Yonas