10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik 2021 Versi Webometrics

Perguruan tinggi swasta terbaik versi Webometrics 2021

Artikel ini membahas tentang daftar 10 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia 2021 versi Webometrics.

--

Hai, gengs! Tentu kamu tahu dong kalau jalan menuju jurusan impianmu tidak hanya dapat diraih dengan menjadi mahasiswa di kampus PTN? Universitas swasta di Indonesia juga tidak kalah baik dalam memberikan kesempatan belajar untuk putra putri bangsa, seperti kamu. Pas dengan momen diumumkannya ranking universitas oleh Webometrics, berikut daftar 10 perguruan tinggi swasta terbaik 2021 yang dapat menjadi jalan ninja kamu meraih cita-cita. 

Sekilas Tentang Webometrics

Mungkin kamu pernah mendengar tentang ranking atau peringkat universitas versi lainnya, seperti dari Times Higher Education dan QS Quacquarelli Symonds. Peringkat universitas versi Webometrics dinilai dari sumber data terbuka atau open sources yang terpercaya. Maksudnya, penilaian Webometrics ini mengandalkan informasi yang beredar di internet. Namun, sumber-sumber tersebut tetap disaring lagi nih, mana yang kredibel, mana yang tidak.

Baca juga: Perhatikan 9 Tips Cerdas dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Pemeringkatan dari Webometrics ini dilakukan oleh para peneliti dari The Spanish National Research Council, yang merupakan lembaga penelitian ilmiah independen. Sejak tahun 2004, Webometrics secara aktif melakukan penelitian pemeringkatan perguruan tinggi di seluruh dunia. Hingga saat ini, setidaknya sebanyak 31.000 perguruan tinggi dari lebih dari 200 negara termasuk ke dalam data pemeringkatan Webometrics.

Kategori penilaian peringkat perguruan tinggi versi Webometrics

Webometrics menggunakan tiga faktor penilaian dalam menentukan peringkat perguruan tinggi di dunia. 

Visibilitas (visibility)

Visibilitas atau kejelasan ini berhubungan dengan pengaruh atau dampak konten website perguruan tinggi yang bersangkutan. Hal ini dinilai dari jumlah pranata luar (external links) yang mengarah pada laman perguruan tinggi tersebut. Pengumpulan data ini menggunakan alat bantu Ahrefs dan Majestic. Bobot nilai dari kategori visibilitas mencapai 50%.

Keterbukaan (transparency/openness)

Faktor transparansi dilihat dari jumlah kutipan yang menyebutkan 210 profil akademisi maupun peneliti teratas dari suatu perguruan tinggi atau universitas. Sumber data ini diambil dari Google Scholar Profiles. Bobot nilai yang diberikan untuk penilaian transparansi informasi dan penelitian mencapai 10%,

Keunggulan

Penilaian keunggulan dilihat dari jumlah artikel ilmiah yang dipublikasikan dan terindeks pada jurnal internasional yang kredibel. Data ini dihimpun dari Scimago. Bobot nilai untuk kategori keunggulan mencapai 40%.

10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Versi Webometrics Tahun 2021

perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics 2021

Daftar 10 perguruan tinggi swasta terbaik versi Webometrics ini diambil dari data bulan Januari, 2021.

1. Telkom University

Di peringkat ke-1376 dunia

2. Universitas Bina Nusantara

Di peringkat ke-1912 dunia

3. 2349 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Di peringkat ke-2349 dunia

4. Universitas Gunadarma

Di peringkat ke-2988 dunia

5. 3160 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Di peringkat ke-3160 dunia

6. Universitas Dian Nuswantoro

Di peringkat ke-3188 dunia

7. Universitas Narotama UNNAR Surabaya

Di peringkat ke-3203 dunia

8. Universitas Kristen Satya Wacana

Di peringkat ke-3324 dunia

9. Universitas Islam Indonesia

Di peringkat ke-3523 dunia

10. Universitas Mercu Buana

Di peringkat ke-3654 dunia

Kalau dilihat dari daftar di atas, perguruan tinggi swasta di Indonesia sudah dikenal oleh dunia internasional berarti, kan? Di manapun kamu akan melanjutkan pendidikan nanti, berikanlah yang terbaik di setiap perjalanan dan perjuanganmu dalam meraih cita-cita, ya! 

Saat satu pintu tertutup, yakinlah bahwa ada pintu lainnya yang terbuka lebar untukmu. Tidak lulus SBMPTN, bukan berarti masa depan kamu berakhir lho, ya. Tetap semangat belajar! Sini ditemani ruangbelajar biar materi-materi pelajarannya lebih nempel, hehe.

New call-to-action

Referensi:

Ranking Web of Universities. Webometrics. [daring]. Tautan: https://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20 (Diakses: 29 Juni 2021)

Methodology Webometrics. [daring]. Tautan: https://www.webometrics.info/en/Methodology (Diakses: 29 Juni 2021)

History CSIC [daring]. Tautan: https://www.csic.es/en/csic/about-csic/history (Diakses: 29 Juni 2021)

Beri Komentar