Fakta Jurusan Desain Grafis: Mata Kuliah, Kampus Terbaik & Prospek Kerja

Jurusan Desain Grafis

Jurusan Desain Grafis sering dilihat sebelah mata. Padahal, prospek kerjanya cerah, mengingat industri kreatif yang tak ada matinya.

Banyak orang tua bilang, Jurusan Desain Grafis tidak jelas juntrungannya. Alih-alih mendukung, tidak sedikit anak yang merelakan mimpinya jadi desainer gambar, lantaran dianggap memiliki masa depan tidak jelas. Padahal, segala gambar yang kita temukan di kehidupan sehari-hari adalah hasil produksi para desainer gambar. Yup, mereka yang masuk ke jurusan design grafis. Mulai dari kemasan produk kopi kesukaan kamu, iklan di berbagai media, bahkan gambar di tas yang sedang kamu pakai.

Punya kreativitas tinggi? Jurusan design grafis bisa jadi pilihan buat kamu. Kuliah di jurusan ini akan mengajarimu cara menuangkan kreativitas dalam bentuk gambar. Eitsnggak cuma itu saja, ternyata mahasiswa Jurusan Desain Grafis juga diajari komunikasi visual dalam bentuk video, lho! Memang pada dasar konsepnya, desain grafis akan mengeksplor kemampuan komunikasi visual, termasuk gambar, video, dan sebagainya.

Baca Juga: Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), Cocok untuk yang Jago Gambar!

 

Seperti Apa sih Kuliah Jurusan Desain Grafis?

Kemampuan komunikasi visual menjadi kunci para mahasiswa jurusan design grafis. Seperti yang sudah dijelaskan, desainer grafis bisa disebut sebagai penyampai suatu pesan melalui sebuah gambar atau video. Nah, saat berkuliah, kamu akan membutuhkan beberapa aplikasi atau software yang akan membantu kamu mengeksplorasi kreativitas gambar dan desain, seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Flash, CorelDraw, dan lain-lain. Menggunakan aplikasi tersebut, kamu akan mengombinasikan elemen foto, font, warna, hingga ilustrasi untuk menyampaikan pesan melalui sebuah gambar desain. Oleh karena itulah, jika kamu seseorang penyuka seni dan keindahan, cocok dengan jurusan ini!

Baca juga: Mengenal Jurusan Teknik Nuklir, Kerja Apa Nantinya?

 

Mata Kuliah Jurusan Desain Grafis

Mahasiswa Jurusan Desain Grafis akan mempelajari dasar-dasar desain grafis terlebih dahulu saat baru masuk perkuliahan. Dasar-dasar desain grafis disebut dengan design fundamentals, salah satunya elemen dan prinsip desain, termasuk titik, garis, tekstur, ruang, dan warna. Selain itu, prinsip desain, seperti keseimbangan, kesatuan, ritme, penekanan, proporsi, kontras, repetisi, hingga kesatuan juga akan dipelajari dalam gambar.

Tapi, nggak hanya soal gambar menggambar lho, teman-teman. Di jurusan ini, kamu juga akan mempelajari fotografi, tipografi, sejarah gambar dan seni, User Interface (UI) Design, Communication & Presentation, Desktop Publishing, Single Page Design, dan lain-lain.

Baca Juga: Mempelajari Unsur dan Prinsip Dasar Desain Grafis

Mata Kuliah Jurusan Desain Grafis

 

Di Mana Bisa Kuliah Desain Grafis di Indonesia?

Bagi kamu yang tertarik kuliah jurusan design grafis, berikut ini beberapa rekomendasi kampus yang bisa dipertimbangkan. Bahkan, beberapa di antaranya terakreditasi A oleh BAN-PT, lho!

  1. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Institut Teknologi Bandung (ITB)

  2. Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

  3. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Universitas Trisakti

  4. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Pelita Harapan (UPH)

  5. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

  6. Jurusan Desain Grafis, Universitas Kristen Petra (UK Petra)

  7. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

  8. Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar

  9. Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo

  10. Universitas Negeri Malang (UM), Malang

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan 7 Institut Seni Negeri di Indonesia!

 

Ketrampilan para desainer grafis

 

Prospek Kerja Lulusan Desain Grafis

Pada era modern seperti saat ini, desain grafis sangat dibutuhkan di semua aspek. Semua bentuk usaha membutuhkan gambar yang menarik agar orang-orang menggunakan jasa mereka. Di saat-saat seperti ini lah, para desainer grafis dibutuhkan. Yup, untuk membantu mengkomunikasikan maksud produk usaha kepada calon pembeli melalui gambar atau video yang mereka buat. Mulai dari logo usaha, kartu nama, packaging produk, hingga produk itu sendiri tak jarang membutuhkan sentuhan artistik si jago design. Apalagi ditambah kemajuan teknologi dan media sosial, design grafis sangat membantu untuk membuat feeds sosial media tetap keren.

Prospek kerja para lulusan Jurusan Desain Grafis pun luas, lho. Kamu bisa masuk ke semua bidang perusahaan, mengingat kebutuhan komunikasi visual sangat dibutuhkan di era modern sekarang. Nggak hanya itu, kalau kamu ingin bebas tanpa ikatan kerja, kamu juga bisa jadi pekerja lepas waktu atau freelancer yang memiliki banyak projek hingga ke luar negeri.

Nah, sudah terbukti kan jurusan Desain Grafis sangat dibutuhkan!

Baca terus untuk tahu prospek kerja para desainer grafis berikut ini, yuk.

  • Branding consultant. Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk melakukan branding sebuah perusahaan baru atau brand baru, mulai dari pembuatan desain logo, packaging, maskot, company profile, dan kebutuhan branding lainnya.

  • Perusahaan game. Bekerja di perusahaan game menjadi salah satu prospek di mana desainer grafis bertugas sebagai penyedia gambar untuk kebutuhan game, mulai dari asset game, UI, gambar ilustrasi untuk marketing, logo, icon, hingga karakter, sesuai dengan kebutuhan di dalam game.

  • Agensi periklanan. Di bidang ini, kamu akan memberikan kemampuan kreatif dalam memproduksi iklan dengan tampilan visual menggoda para calon pelanggan sebuah produk.

  • Branding agency. Bekerja di bidang branding agency akan banyak mendesain logo, membuat marketing kit, brand identity, manual guide, dan tampilan visual lainnya.

  • Software house. Desainer grafis di software house pada umumnya akan menangani tampilan aplikasi ataupun website.

Apakah kamu masih tertarik mengembangkan passion di dunia kuliah Jurusan Desain Grafis? Semoga ulasan ini membantu kamu, ya! Yuk, fokus belajar agar diterima di kampus Desain Grafis favorit kamu di Ruangbelajar!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Sumber artikel:

Jurusan Design Grafis [daring]. Tautan: Jurusan Desain Grafis (Mata Kuliah & Prospek Kerja) (gramedia.com)

Rekomendasi 6 Universitas dengan Jurusan Design Grafis Terbaik di Indonesia [daring]. Tautan: 6 Universitas Jurusan Desain Grafis Terbaik di Indonesia – Glints Blog

Dinda Silviana Dewi