5 Cara Menghargai Usaha Anak dalam Memperoleh Pendidikan

Ringgana Wandy Wiguna Des 15, 2020 • 5 min read



P_-_5_Cara_Menghargai_anak-01

Artikel ini membahas tentang lima cara menghargai dan menghadapai anak dalam memperoleh pendidikan mereka di sekolah.

---

Hello parents, bagaimana pendidikan anak selama pandemi ini, apakah mengalami kesulitan? Mungkin sebagian dari anda akan menjawab sulit mengatur anak untuk belajar, tapi ada juga yang bilang mudah untuk mengaturnya.

Perlu kita sadari kalau kecerdasan dari anak itu memiliki banyak variasi loh. Kecerdasan anak juga bukan hanya berasal dari faktor genetik semata, tapi berasal dari faktor lingkungan juga. Dimulai dari bagaimana kita mengasuh mereka dirumah, melakukan latihan-latihan dalam bersikap, memberikan nutrisi yang baik, hingga pemberian stimulus kepada anak-anak kita.

Nah, parents pernah nggak melihat anak sedih ketika mendapat nilai yang kurang baik di sekolah, atau tidak semangat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya di sekolah? Hal tersebut mungkin terjadi kepada anak dikarenakan keseimbangan emosi yang mereka miliki masih belum pada tahap sempurna.

Sebenarnya yang harus dilakukan ketika menghadapi anak-anak tersebut adalah dengan memberikan mereka ruang untuk bercerita atau dengan menghargai segala upaya yang telah mereka lakukan. Kecerdasan secara sosial dan emosional serta kecerdasan secara keilmuan juga perlu kita latih dan apresiasi di setiap perkembangannya. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghargai anak-anak ketika mereka melakukan sesuatu dalam proses pembelajaran formal.

 

1. Memberikan ruang sendiri kepada anak

Anak dengan ruang sendiriAnak sedang menggunakan waktu sendiri (Sumber: www.solopos.com)

Pemberian ruang untuk sendiri ini berguna untuk menstabilkan perasaan anak terlebih dahulu atas apa yang mereka dapatkan di sekolah atau di tempat belajar lainnya. Mungkin anak akan merasa kesal, emosi, dan marah pada apa yang mereka dapatkan karena anggapan mereka yang buruk terhadap respon kita selaku orang tua. Pikiran-pikiran negatif mungkin akan muncul karena mereka merasa tidak enak atau takut kepada kita. Dengan ruang sendiri tersebut anak-anak akan berpikir bagaimana caranya menyampaikan kepada kita hasil dari kerja mereka di sekolah.

 

2. Merangkul mereka ketika mereka sedang dalam keadaan terpuruk akibat pelajaran di sekolah.

Orangtua merangkul anaknya

Orangtua merangkul anaknya (Sumber: www.hipwee.com)

Dalam kondisi anak yang kurang stabil emosinya kita perlu merangkul mereka agar mereka lebih tenang dan lebih nyaman. Dalam keadaan tersebut setelah melalui masa sendiri mereka mereka mungkin belum secara sepenuhnya menyelesaikan permasalahan mereka. Adanya kita di sana adalah usaha untuk menyempurnakan penyelesaian permasalahan yang dialami oleh anak kita. Semisal pada anak yang murung akibat mendapat nilai yang kurang baik di sekolah kita selaku orang tua seharusnya menampilkan raut muka dan gestur "menolong" dan "menemani" ya kan mereka tidak merasa sedih dan takut kepada kita.

Baca Juga: Mencegah Anak Stress dengan Self Talk

 

3. Membantu meningkatkan semangat mereka kembali.

Orangtua yang membantu meningkatkan semangat anakOrangtua yang membantu meningkatkan semangat anak (Sumber:www.ici.net.au)

Tugas kita selaku orang tua adalah menjaga dan membantu tumbuh kembang anak. Dalam permasalahan ini apapun yang dilakukan oleh anak kita adalah hasil kerja keras mereka, maka dari itu kita harus tetap menjaga semangat dan kerja keras mereka.

 

4. Selalu menghargai usaha anak

Orang tua yang mengapresiasi pekerjaan anaknya

Orang tua yang mengapresiasi pekerjaan anaknya (Sumber: steemit.com)

Saat dirinya sudah mulai memikirkan rasa tanggung jawab dan rasa inisiatif menyelesaikan permasalahannya itu adalah sebuah prestasi yang dilakukan oleh anak kita terlepas dia mendapatkan nilai yang jelek ataupun kurang memuaskan kan itu adalah hasil usaha mereka juga. Kita selaku orang tua tidak perlu marah dan bersikap tidak menghargai mereka ketika mereka belum bisa melakukan tugasnya dengan sempurna. Menghargai usahanya itu bukan semata-mata melihat hasil akhirnya saja. Ada baiknya juga untuk tetap berusaha menghargai apa yang sudah dilakukan oleh anak kita, anggap saja itu semua adalah bagian dari proses tumbuh dan kembangnya.

 

5. Tetap melakukan cara-cara sebelumnya dengan konsisten.

Kebersamaan KeluargaKebersamaan Keluarga (Sumber: thedeliberatemom.com)

Penerapan dalam menghargai dan melatih anak agar bersikap tanggung jawab adalah sesuatu hal yang harus konsisten dilakukan oleh kita selaku orang tua. Kita jangan memberikan respon yang berbeda-beda ada ketika berhadapan dengan anak yang sedang dalam kondisi tersebut. Namun hal ini bukan secara keseluruhan untuk terus mengikuti keinginan mereka, nilai dan norma yang baik juga harus tetap terus diberikan terhadap anak kita agar anak kita terarah dan tumbuh sesuai dengan apa yang mereka harapkan dan dan kita harapkan juga.

Parents, sudah tahukan bagaimana caranya menghadapi anak yang sedang belajar. Kita tak perlu khawatir dengan apa yang anak-anak kita capai dan dapatkan di sekolah. Karena, apapun hasilnya yang didapat oleh anak kita itu semua adalah hasil kerja keras mereka di sekolah.

Untuk menambah pengetahuan anak terkait pelajaran di sekolah parents juga dapat berlangganan ruang belajar di aplikasi ruangguru. Fasilitas ruangbelajar ini menjadi salah satu fasilitas pembelajaran yang mampu memenuhi kebutuhan akademik anak dengan pembelajaran yang sangat menarik melalui video dan berbagai latihan soal yang tentunya langsung dipandu oleh Master Teacher professional.

New call-to-action

 

Referensi:

Septariani, I. H. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI (Studi Kasus di PAUD Mawar I SKB Ogan Ilir). Sumatra Selatan: Universitas Sriwijaya.

Sinaga, J. D. (2018). TINGKAT DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP BELAJAR SISWA. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL COUNSELING.

 

Sumber Gambar:

Ruang sendiri untuk anak, https://www.solopos.com/orang-tua-bertengkar-di-depan-anak-ini-bahayanya-1083056

Orangtua merangkul anaknya yang sedang belajar, https://www.hipwee.com/opini/pentingnya-orang-tua-dalam-pendidikan-anak/

Orangtua membantu meningkatkan, http://www.ici.net.au/blog/skills-needed-to-become-a-teachers-aide/ 

Orang tua yang mengapresiasi pekerjaan anaknya, https://steemit.com/steemeducation/@mull/how-to-generate-a-tough-generation-13-shape-the-child-into-a-high-spirired-person-134cc297f66de 

Kebersamaan Keluarga, https://thedeliberatemom.com/children-cleaning-house/ 

Beri Komentar