Wajib Daftar! Beasiswa Kuliah di Bidang Ilmu Komputer Dapat Tunjangan $1.000 dari Google

Sofia Nur Fauziah Mar 23, 2021 • 5 min read


PK_-_Beasiswa_Generation_Google-01

Apakah kamu sedang berkuliah di bidang Ilmu Komputer? Yuk, daftar Generation Google Scholarship untuk mendapatkan tunjangan $1.000. Simak informasinya berikut ini.

---

Kalau mendengar gelar Sarjana Ilmu Komputer yang dimiliki laki-laki, sepertinya sudah biasa ya. Tapi, ada nggak sih diantara kamu yang perempuan dan sekarang sedang kuliah di Program Studi Ilmu Komputer? Wah, kamu beruntung banget! Tau nggak kenapa?

Jadi, Google saat ini sedang membuka pendaftaran Generation Google Scholarship untuk mahasiswa perempuan jurusan Ilmu Komputer. Beasiswa ini bertujuan untuk menjadikan kamu unggul dalam teknologi dan menjadi pemimpin di bidang Ilmu Komputer. Peserta yang terpilih akan mendapatkan tunjangan sebesar $1.000 atau sekitar Rp 14.394.950. 

Lalu, tunjangan tersebut diberikan dalam bentuk apa sih? Nah daripada penasaran, langsung saja yuk simak informasi selengkapnya mengenai Generation Google Scholarship berikut ini. 

Cakupan Beasiswa:

  1. Biaya kuliah.
  2. Biaya buku.
  3. Persediaan dan peralatan yang dibutuhkan untuk menunjang belajar di universitas utama.

Persyaratan Peserta Beasiswa:

  1. Terbuka khusus untuk perempuan.
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa di tahun akademik 2021-2022.
  3. Merupakan mahasiswa Sarjana tahun pertama atau kedua pada universitas terakreditasi di negara Asia Pasifik (India, Taiwan, Bangladesh, Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand dan Vietnam).
  4. Mengambil Program Studi Ilmu Komputer atau bidang teknis yang berkaitan.
  5. Memiliki catatan akademik yang baik.
  6. Memiliki jiwa kepemimpinan dan memiliki passion untuk meningkatkan partisipasi group yang kurang terwakili dalam ilmu dan teknologi komputer.
  7. Bukan karyawan Google.
  8. Bukan peserta dari negara yang diembargo.

Alur Pendaftaran Beasiswa (online):

1. Mengisi informasi umum (misal: informasi kontak dan detail mengenai universitas asal dan universitas yang dituju.)
2. Mengirimkan Resume/Curriculum Vitae.
3. Mengirimkan transkrip nilai dari universitas saat ini dan sebelumnya (jika sebelumnya sudah pernah memperoleh gelar).
4. Menjawab dua pertanyaan esai singkat, sebagai berikut:
  • Please give us one example of how you have exhibited leadership. Explain what you were trying to achieve, your role, how you influenced others, and the impact as a result of your actions. Think broadly and examine the many ways you are having an effect on the members of the different communities you are a part of. Keep in mind, the example you choose does not need to be a formal or traditional leadership role.
  • What is a significant challenge that you believe women in the tech industry face and how do you see yourself as being part of the solution(s) to this challenge? Keep in mind that impact can happen in many ways and at different scales.

5. Google Online Challenge (undangan untuk challenge akan dikirim 5-7 hari kerja setelah batas waktu pendaftaran).

6. Penerima beasiswa akan dipilih berdasarkan keunggulan keseluruhan esai dan materi pendaftaran yang dibandingkan dengan seluruh kelompok peserta atau rekan masing-masing (misalnya siswa tahun pertama dibandingkan dengan siswa tahun pertama lainnya). 

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan:

  1. Salinan PDF dari resume atau CV (jika berlaku, harap sertakan posisi kepemimpinan, kegiatan ekstrakurikuler, dan keragaman, kesetaraan, serta upaya inklusi di resume atau CV kamu).
  2. Salinan PDF dari transkrip nilai terakhir (apabila tidak resmi tetap dapat diterima).
  3. Salinan PDF dari dua jawaban esai singkat.

Catatan:

  1. Google Online Challenge hanya berfungsi sebagai tambahan nilai saat meninjau berkas pendaftaran kamu secara holistik.
  2. Dua pertanyaan esai jawaban singkat di bawah ini dimaksudkan untuk menilai kepemimpinan yang kamu tunjukkan, serta komitmen terhadap keragaman, kesetaraan, dan inklusi. 
  3. Gunakan satu dokumen untuk capture dua pertanyaan esai dan upload secara online dengan format PDF.
  4. Beri nama file kamu dengan ketentuan : "FirstName_LastName_essay" (Contoh : "Harry_Potter_essay").
  5. Copy dan Paste semua pertanyaan esai dan tuliskan jawabanmu dibawahnya.
  6. Setiap jawaban harus dituliskan dalam bahasa Inggris dalam jumlah maksimal 400 kata. 

penerima beasiswa googleGoogle Scholarship Recipients (Sumber: buildyourfuture.withgoogle.com)

Sebagai perusahaan raksasa di bidang teknologi, Google bertekad memfasilitasi pelajar dan mahasiswa dari seluruh dunia untuk berkembang. Program-programnya antara lain internship, associate, tips & trick, serta beasiswa di berbagai bidang. Selain negara Asia Pasifik, Generation Google Scholarship juga diselenggarakan untuk mahasiswa perempuan dari Eropa, Asia Timur, dan Afrika. 

Oleh sebab itu, persaingan untuk mendapatkan beasiswa ini sangat ketat. So, kamu sudah siap atau belum nih untuk mendaftar Generation Google Scholarship? Pendaftaran beasiswa ini akan ditutup pada tanggal 29 Maret 2021, lho. Berhubung sudah dekat, coba cek dulu kelengkapan berkas dokumen yang dibutuhkan ya. Kalau sudah yakin lengkap semua, cus deh daftar beasiswa ini melalui Link Pendaftaran Generation Google Scholarship

 

Informasi dan Kontak:

Email: generationgoogle-apac@google.com

Website: https://buildyourfuture.withgoogle.com/scholarships/generation-google-scholarship-apac/

Instagram: @googlestudents

Facebook: Google Students

Twitter: @googlestudents

Youtube: Google Students

Ngomong-ngomong, Generation Google Scholarship menarik banget ya. Kamu yang perempuan diberikan kesempatan untuk mengambil peran penting di bidang Ilmu Komputer. Kira-kira lulusan beasiswa ini bisa langsung kerja di Google nggak ya? Sebelum sampai kesitu, lebih baik saat ini kamu fokus dulu untuk meningkatkan skill yang nantinya bisa digunakan untuk bersaing dengan kandidat lain. 

Sebagai perusahaan multinasional, skill bahasa Inggris tentu menjadi sangat penting apabila ingin bekerja di Google. Selain untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, bahasa Inggris juga digunakan untuk berkomunikasi dan menjalin kerjasama dengan berbagai negara. Nah, saat ini kamu bisa lho belajar bahasa Inggris lebih mudah dengan Master Teacher Nasional dan Internasional di English Academy

New call-to-action

Profile

Sofia Nur Fauziah

Beri Komentar