2 Beasiswa Untuk Kuliah di Universitas Wilayah Jawa Barat, Lulusan SMA/Sederajat Wajib Coba!

Sofia Nur Fauziah Jun 10, 2021 • 4 min read


PK_-_Info_Beasiswa_Kynesia_&_Pancakarsa-01

Kamu ingin kuliah di universitas wilayah Jawa Barat? Ada Kynesia Scholarship dan Beasiswa Pancakarsa nih untuk kamu. Simak informasi selengkapnya berikut. 

---

Siapa yang saat ini lagi deg-degan menunggu pengumuman SBMPTN? Berhubung tinggal menghitung hari, saatnya kamu banyak-banyak berdoa ya. Apapun hasilnya, terima dengan lapang dada karena itu pasti yang terbaik untuk kamu. Nah, sekarang ada lho hal yang bisa kamu lakukan menjelang pengumuman SBMPTN. Yups, kamu bisa nih mempersiapkan dana pendidikan untuk kuliah dengan mendaftar beasiswa. 

Kebetulan sekarang sedang ada dua beasiswa yang bertujuan untuk membantu biaya kuliah di universitas wilayah Jawa Barat. Namanya Kynesia Scholarship dan Beasiswa Pancakarsa. Wah, perguruan tinggi mana saja sih yang dicangkup oleh beasiswa tersebut? Baca informasi detailnya berikut ini yuk. 

1. Kynesia Scholarship 2021

Kynesia Scholarship

(Sumber: https://kynesia.id/scholarship/)

 

Kynesia Scholarship adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh Kynesia Foundation untuk lulusan SMA/Sederajat yang sudah diterima di Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), atau Universitas Padjadjaran (UNPAD). Kamu termasuk salah satunya? Berikut informasi cakupan dan persyaratan selengkapnya.

Cakupan Beasiswa:

  • Bantuan dana pendidikan dengan nilai maksimum Rp 5.000.000 - Rp 7.500.000.
  • Konselor pendidikan sesuai dengan latar belakang program studi.
  • Career mentoring dengan profesional sesuai dengan aspirasi karir penerima beasiswa.
  • Konseling psikolog profesional untuk membantu pengembangan diri penerima beasiswa pada setiap semesternya.

Persyaratan Peserta Beasiswa:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Diterima sebagai mahasiswa baru di Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, atau Universitas Padjajaran pada tahun akademik 2021/2022.
  • Motivation letter (maksimal 750 kata) yang menjawab pertanyaan dibawah ini :
    - Apa yang akan kamu lakukan 5 tahun kedepan?
    - Bagaimana kamu melihat diri kamu 10 tahun dari sekarang?
    - Perubahan apa yang ingin kamu buat di lingkungan kamu dan bagaimana studi yang kamu pilih dapat membantu kamu?

Kynesia Foundation adalah non-profit organization yang bergerak di bidang pendanaan jenjang pendidikan tinggi. Melalui Kynesia Scholarship, diharapkan banyak pelajar di Indonesia yang merasakan dampak yang bermanfaat untuk keberlangsungan pendidikannya. Periode pendaftaran Kynesia Scholarship dibuka pada 15-25 Juni 2021. Informasi alur, cara dan dokumen pendaftaran selengkapnya dapat kamu baca di Handbook Kynesia Scholarship.

 

2. Beasiswa Pancakarsa

Beasiswa Pancakarsa dari Pemkab Bogor

(Sumber: https://www.facebook.com/Beasiswa-Pancakarsa)

 

Masih di wilayah Jawa Barat, kali ini ada Program Beasiswa Pancakarsa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor. Beasiswa ini ditujukan untuk kamu yang ingin kuliah di PTN atau PTS wilayah Bogor. Beasiswa ini akan diberikan dalam bentuk bantuan pendidikan selama kuliah. Siapa nih yang tertarik? Simak informasi cakupan dan persyaratannya berikut ini, yuk.

Cakupan Beasiswa:

  • Biaya kuliah berdasarkan UKT perguruan tinggi masing-masing maksimum Rp 10.000.000 per semester.
  • Beasiswa diberikan hingga lulus kuliah selama maksimum 8 semester.

Persyaratan Peserta Beasiswa:

  • Berusia 16 tahun per 1 September 2021 atau maksimum 30 tahun pada saat menerima beasiswa di semester kedelapan.
  • Warga Kabupaten Bogor dibuktikan dengan Akta Kelahiran, KTP, dan Kartu Keluarga.
  • Lulus SMA/SMK/MA dan mengantongi tanda lulus SNMPTN/SBMPTN dari Perguruan Tinggi Negeri mitra atau berminat melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi Swasta yang menjadi mitra.
  • Atau, sedang berkuliah di perguruan tinggi mitra dengan tetap memenuhi poin 1 dan 2.
  • Memiliki prestasi akademik atau nonakademik.

Penerima Beasiswa Pancakarsa harus dapat mempertahankan prestasi akademik dengan IPK minimal 3.5 dan melaporkan seluruh penggunaan dana beasiswa secara rutin. Pendaftaran beasiswa ini ditutup pada 25 Juni 2021. Informasi selengkapnya mengenai dokumen, alur, dan jenis prestasi yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa ini dapat kamu lihat di https://beasiswapancakarsa.bogorkab.go.id/.

Terus, kalau nggak mau kuliah di perguruan tinggi wilayah Jawa Barat gimana dong? Tenang saja. masih ada beasiswa lain yang cocok untuk kamu. Cek informasi selengkapnya disini.

---

Saat ini banyak lembaga yang menyelenggarakan beasiswa untuk membantu biaya pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Meskipun begitu, bukan berarti kesempatanmu untuk bisa lolos seleksi semakin besar ya. Justru bisa jadi semakin banyak pelajar yang berjuang untuk mendapatkan beasiswa bantuan biaya kuliah. Untuk itu, kamu juga harus memiliki nilai tambah agar bisa bersaing.

Bagaimana caranya? Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, salah satunya yaitu dengan meningkatkan skill yang seringkali dibutuhkan untuk syarat pendaftaran beasiswa. Salah satunya bahasa Inggris. Yuk, tingkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan belajar di English Academy.

New call-to-action

Profile

Sofia Nur Fauziah

Beri Komentar