Kembali Dibuka, Pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi oleh Pertamina Foundation. Raih Kesempatanmu Sekarang Juga!

Pojok_Kampus_-_Beasiswa_Sobat_Bumi_2021-01

Artikel ini meneruskan informasi beasiswa yang diselenggarakan oleh PT Pertamina (Persero) dan Pertamina Foundation bagi mahasiswa aktif. Beasiswa ini dapat diikuti oleh mahasiswa S1 dan Diploma yang berkuliah di universitas mitra beasiswa. 

---

Dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia menuju Indonesia maju dan sejahtera, PT Pertamina (Persero) dan Pertamina Foundation membentuk sebuah komitmen yang direalisasikan melalui PFPrestasi. Salah satu bentuk dukungan tersebut, yaitu memajukan kualitas di bidang pendidikan, dengan memberikan beasiswa bagi mahasiswa S1 dan Diploma (D3) yang berkuliah di universitas mitra beasiswa. Supaya seluruh pelajar meraih kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini, Pertamina Foundation membagi program beasiswa kedalam 4 kategori. 

Wah, keren banget ‘kan? Ini sih siapa aja bisa daftar nih! Yuk, simak penjelasan mengenai keempat kategori beasiswa tersebut. 

  • Beasiswa Pertamina Sobat Bumi S-1 Reguler

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi merupakan beasiswa prestasi yang membuka kesempatan bagi mahasiswa S1 yang cerdas, kreatif, serta peduli lingkungan. Beasiswa ini dapat diikuti oleh mahasiswa dari berbagai program studi di perguruan tinggi mitra sebagai berikut:

  1. Universitas Sumatera Utara

  2. Universitas Sriwijaya

  3. Universitas Indonesia

  4. Institut Teknologi Bandung

  5. Institut Pertanian Bogor

  6. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

  7. Universitas Gadjah Mada

  8. Universitas Diponegoro

  9. Universitas Sebelas Maret

  10. Universitas Airlangga

  11. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

  12. Universitas Brawijaya

  13. Universitas Hasanuddin

  14. Universitas Pattimura

  15. Universitas Cenderawasih

Komponen bantuan beasiswa yang diberikan meliputi:

  1. Bantuan biaya pendidikan merupakan bantuan untuk pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) perguruan tinggi (termasuk pembayaran praktikum, buku dan pembinaan mahasiswa)

  2. Bantuan biaya hidup, merupakan bantuan pendukung untuk kegiatan pendidikan. Pemberian bantuan biaya hidup melekat dengan bantuan biaya pendidikan. Dalam hal mahasiswa/ mahasiswi mengajukan cuti kuliah sehingga tidak mendapatkan pembiayaan beasiswa pendidikan maka biaya hidup juga akan dihentikan sampai mahasiswa menyelesaikan cutinya

  3. Bantuan kegiatan Aksi Sobat Bumi. Penerima beasiswa diwajibkan untuk aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial, pelestarian lingkungan dan berkontribusi positif terhadap perbaikan lingkungan sekitar. Diberikan bantuan yang bersifat stimulan dengan besaran disesuaikan kemampuan Pertamina Foundation untuk kegiatan green living dan environmental sustainability yang dapat dilakukan secara perseorangan maupun berkelompok

  4. Training Capacity Building. Penerima beasiswa akan mendapatkan training pengembangan individual yang dikoordinir oleh Pertamina Foundation mengenai pengetahuan, motivasi, ketrampilan, maupun pengembangan organisasi seperti pengembangan jaringan, leadership, dan lain lain.

  5. Gathering Sobat Bumi (atau kegiatan sejenisnya). Penerima beasiswa wajib mengikuti kegiatan yang berupa orientasi/ pengenalan beasiswa dan sobat bumi, kegiatan aksi sobat bumi, dan team building.

kegiatan aksi beasiswa sobat bumi pertamina

(Sumber: pertamina.com)

 

  • Beasiswa Pertamina Afirmasi

Beasiswa ini diberikan bagi pelajar/mahasiswa/masyarakat yang memiliki prestasi, potensi, perhatian khusus, kawasan tertentu, dan atau kebijakan khusus dari Donatur /Yayasan. 

Mitra Kampus Beasiswa Pertamina Afirmasi 2021:

  1. Universitas Syiah Kuala
  2. Universitas Riau
  3. STAI Tuanku Tambusai
  4. Universitas Pasir Pengaraian
  5. STAI Sultan Syarif Hasyim Siak
  6. Universitas Islam Riau
  7. Institut Teknologi Sumatera
  8. Universitas Pertamina
  9. Universitas Singaperbangsa
  10. Universitas PGRI Ronggolawe
  11. Universitas Sunan Bonang
  12. Universitas Udayana
  13. STT Migas Balikpapan
  14. Institut Teknologi Kalimantan
  15. Universitas Mulawarman
  16. Universitas Borneo Tarakan

Komponen dari Program Beasiswa Pertamina IIT Tingkat SLTA, terdiri dari:

  1. Bantuan biaya hidup/uang saku dan Pengasuhan
  2. Bantuan SPP/Pendidikan
  3. Bantuan Akomodasi
  4. Bantuan Kepulangan Tamat SLTA
  5. Bantuan Persiapan Kuliah/Kerja
  6. Bantuan Pengelolaan Administrasi Beasiswa
  7. Bantuan Peningkatan Kapasitas Sekolah Guru dan Pengasuh
  • Beasiswa Pertamina Vokasi

Apresiasi yang diberikan kepada mahasiswa yang terampil, dan kreatif yang sedang menempuh studi diploma di kampus mitra kerjasama Pertamina Foundation.

Mitra Kampus Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Vokasi 2021:

  1. Politeknik Negeri Fak-Fak
  2. Politeknik Negeri Kupang
  3. Akamigas Balongan
  4. Politeknik Negeri Cilacap
  5. Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong

Komponen Beasiswa:

  1. Bantuan biaya hidup, disalurkan langsung melalui rekening penerima beasiswa
  2. Bantuan biaya pendidikan dengan besaran seperti pada pokok surat untuk Semester genap 2019/2021 dan Semester ganjil 2020/2021 akan disalurkan langsung melalui rekening penerima beasiswa
  3. Bantuan Biaya Praktek Kerja per semester
  4. Capacity Building
  5. Bantuan Aksi Sobat Bumi

kegiatan penerima beasiswa sobat bumi pertamina

(Sumber: beasiswa.pertaminafoundation.org)

 

  • Beasiswa Pertamina Peduli

Beasiswa Pertamina Peduli adalah beasiswa yang diberikan bagi pelajar/ mahasiswa/ masyarakat/ penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus yang direkomendasikan pihak sekolah/perguruan tinggi, dinas, atau pihak berwenang yang diutamakan berasal dari keluarga kurang mampu.

Wah, lengkap sekali ya jenis-jenis beasiswa yang ditawarkan! Tapi kamu perlu membaca informasinya secara teliti nih, karena disetiap jenis beasiswa yang ditawarkan memiliki persyaratannya masing-masing. Secara umum, persyaratannya adalah sebagai berikut.

Persyaratan Umum:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Mahasiswa Aktif
  3. IP atau IPK sampai semester 2 adalah ≥ 3,0 skala 4,0
  4. Aktif ikut organisasi/ kegiatan sosial kemasyarakatan/ lingkungan hidup
  5. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun
  6. Tidak pernah terlibat penyalahgunaan obat terlarang/ narkoba, dan kegiatan tindak kriminal lainnya
  7. Membuat karya tulis, dengan tema: “Berbagi Pengalamanku dalam Aksi Solidaritas Covid-19, dan Rencana Aksi Recovery Covid-19” dengan ketentuan minimal 3 halaman quarto spasi 1,5
  8. Kuliah di kampus mitra Pertamina Foundation

Pendaftaran beasiswa ini dilakukan secara online melalui website: https://beasiswa.pertaminafoundation.org/public/. Peserta perlu membuat akun terlebih dahulu. Setelah memasukkan data-data yang dibutuhkan, masukkan kode aktivasi yang telah dikirimkan ke email masing-masing dan lanjutkan dengan login menggunakan email dan password yang telah dibuat. Dengan begitu, peserta dapat mendaftar jenis beasiswa yang sesuai. Lebih baik, lakukan pendaftaran sesegera mungkin ya, karena pendaftarannya hanya dibuka hingga 18 April 2021

penerima beasiswa sobat bumi pertamina

(Sumber: kastara.id)

 

Kontak yang Dapat Dihubungi

E-mail: info@pertaminafoundation.org

beasiswa@pertaminafoundation.org 

Instagram: @pertamina.foundation

Sumber Informasi Resmi: https://beasiswa.pertaminafoundation.org

Mumpung sudah ada kesempatan, mending dimanfaatkan sebaik mungkin nih! Persiapkan segala persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan. Bila perlu, mungkin bisa membuat reminder di smartphone kamu supaya tidak ketinggalan deadline pendaftarannya. Selain itu, kamu juga bisa menambah wawasan pengetahuan kamu dengan belajar di ruangbelajar. Semoga kamu bisa meraih kesempatannya ya!  

New call-to-action

Profile

Anak Agung Sagung Esya Maharani

Beri Komentar