Info Beasiswa S1 Universitas Pertahanan (Unhan) 2022, Gratis Kuliah dan Asrama

Info Beasiswa Universitas Pertahanan (Unhan)

Simak informasi beasiswa S1 Universitas Pertahanan (Unhan) berikut ini, gratis biaya pendidikan dan asrama. Ditutup pada 14 Maret 2022.

Apakah kamu tertarik untuk lanjut ke perguruan tinggi dengan studi militer? Informasi beasiswa S1 Universitas Pertahanan (Unhan) berikut ini bisa jadi referensi bagi kamu yang sedang mencari informasi kuliah di bidang militer. Pasalnya, Universitas Pertahanan menawarkan program beasiswa dengan biaya pendidikan dan tempat tinggal di asrama gratis. Yuk, simak informasinya!

Universitas Pertahanan, atau disingkat Unhan, merupakan perguruan tinggi yang khusus mempelajari studi pertahanan hingga setingkat magister atau S2. Tak hanya para perwira TNI, masyarakat sipil juga dapat mendaftar kuliah di kampus ini untuk memperdalam Ilmu Pertahanan dari sudut pandang militer, politik, ekonomi, dan sosial budaya.

Kampus ini berdiri atas Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 tanggal 7 Februari 2022. Pada bidang akademik, Unhan dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau sekarang Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Namun secara fungsional, Unhan dibina oleh Kementerian Pertahanan.

Saat ini, Universitas Pertahanan membuka program beasiswa jenjang S1 bagi para lulusan SMA/SMK sederajat yang berminat. Adapun program ini ditujukan untuk S1 Kampus Bela Negara di Kompleks IPSC Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Mahasiswa akan tinggal di asrama dan gratis biaya perkuliahan selama menempuh pendidikan di Unhan. Jika lulus, mahasiswa akan mengabdi sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Baca juga: 15 Sekolah Kedinasan di Indonesia, Bisa Kamu Jadikan Pilihan!

 

Syarat Umum Beasiswa S1 Universitas Pertahanan

 

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna.

3. Berijazah SMA/setingkat jurusan IPA dan SMK/Setingkat sesuai jurusan prodi yang dioperasionalkan dan lulusan tahun 2021 dan 2022.

4. Tidak pernah tinggal kelas selama di SMA/SMK/setingkat.

5. Nilai rapor SMA/setingkat semester 1-5 masing-masing semester, nilai rata-rata 85, sedangkan untuk nilai rapor SMK/sederajat semester 1-5 sesuai struktur kurikulum SMK pusat keunggulan rata-rata 85, dan diprioritaskan bagi siswa yang masuk 10 (sepuluh) besar terbaik pada semester 5.

6. Memiliki Intelligence Quotient (IQ) minimal 120 dengan melampirkan bukti nilai hasil tes.

7. Berusia maksimal 20 tahun saat masuk pendidikan.

8. Memiliki tinggi badan minimal laki-laki 160 cm dan perempuan 155 cm, serta berat badan proporsional.

9. Lulus seleksi administrasi, kesehatan, kesehatan jiwa, pemeriksaan psikologi, mental ideologi, dan wawancara yang dilaksanakan oleh Universitas Pertahanan RI.

10. Mampu mengoperasikan komputer (aplikasi office dan internet).

11. Bersedia ditempatkan di mana saja sebagai Komponen Cadangan dan Kader Intelektual Bela Negara apabila sewaktu-waktu negara membutuhkan.

12. Bersedia menandatangani surat perjanjian kontrak belajar dan surat pernyataan kesanggupan mengembalikan biaya pendidikan bila mengundurkan diri.

13. Bersedia menandatangani surat pernyataan sanggup menjadi TNI dan ikatan dinas minimal 10 tahun. Persetujuan orang tua/wali, bersedia tinggal di asrama dan sanggup mematuhi peraturan Universitas Pertahanan RI.

14. Daftar konversi nilai dan ijazah yang dilegalisir oleh Kemendikbud untuk sekolah SMA/SMK/setingkat luar negeri atau dinas pendidikan setempat bagi calon mahasiswa yang berasal dari SMA/SMK/setingkat yang berasal dari SMA/SMK/setingkat berlatar belakang international school di dalam negeri.

15. Bersedia untuk tidak menikah dan tidak hamil selama mengikuti pendidikan.

16. Tidak sedang menerima beasiswa lain dan tidak akan menerima beasiswa lain selama mengikuti pendidikan.

17. Program studi pilihan/yang dipilih oleh calon mahasiswa, apabila tidak terpenuhi maka wajib menerima program studi pilihan yang ditentukan oleh Unhan RI sesuai dengan kebutuhan.

Pengumuman beasiswa Unhan 2022.

(Pengumuman Beasiswa Unhan 2022. Sumber: www.idu.ac.id)

 

Syarat Khusus Beasiswa S1 Universitas Pertahanan

Ketika mendaftar beasiswa ini, terdapat beberapa pilihan jurusan dengan syarat khusus berupa nilai rapor minimal di mata pelajaran tertentu. Berikut ini rinciannya.

1. Jurusan Kedokteran diharuskan memiliki nilai rapor semester 5 untuk Biologi dan Matematika minimal 90.

2. Jurusan Farmasi dengan nilai rapor semester 5 untuk Biologi, Kimia, dan Matematika minimal 90.

3. Jurusan Matematika dengan nilai rapor semester 5 untuk Matematika dan Fisika minimal 90.

4. Jurusan Kimia dengan nilai rapor semester 5 untuk Kimia dan Matematika minimal 90.

5. Jurusan Fisika dengan nilai rapor untuk semester 5 untuk Fisika dan Matematika minimal 90.

6. Jurusan Biologi memiliki nilai rapor semester 5 untuk Biologi dan Matematika minimal 90.

7. Jurusan Teknik Informatika memiliki nilai rapor semester 5 untuk Fisika dan Matematika minimal 90.

8. Jurusan Teknik Elektro dengan nilai rapor semester 5 untuk Fisika dan Matematika minimal 90.

9. Jurusan Teknik Mesin memiliki nilai rapor semester 5 untuk Fisika dan Matematika minimal 90.

10. Jurusan Teknik Sipil dengan nilai rapor semester 5 untuk Fisika dan Matematika minimal 90.

11. Lulusan SMK/setingkat wajib memiliki nilai rapor semester 5 untuk pelajaran sesuai struktur kurikulum SMK pusat keunggulan, meliputi: Matematika, Kejuruan, Projek Kreatif dan Kewirausahaan, Praktik Kerja Lapangan minimal 90. Persyaratan khusus SMK/Setingkat hanya berlaku untuk Fakultas Farmasi Militer dan Fakultas Teknik Militer.

Jika kamu memenuhi syarat umum dan syarat khusus yang telah ditetapkan tersebut, kamu bisa mendaftar beasiswa S1 Universitas Pertahanan. Ingat, pendaftaran hanya dibuka hingga 14 Maret 2022. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa cek di laman resmi Unhan melalui https://www.idu.ac.id. Yuk, siapkan nilai sejak dini dengan belajar mandiri di Ruangguru Privat bersama Ruangguru!

IDN CTA Blog ruangguru privat

Referensi:

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Beasiswa S1 (Sarjana) [daring]. Tautan: Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Beasiswa S1 (Sarjana) (idu.ac.id) diakses pada 2 Maret 2022.

Unhan RI Buka Pendaftaran Beasiswa Jenjang S1 2022, Simak Persyaratannya [daring]. Tautan: Unhan RI Buka Pendaftaran Beasiswa Jenjang S1 2022, Simak Persyaratannya (kontan.co.id) diakses pada 2 Maret 2022.

Dinda Silviana Dewi