Belajar dari Fiki Naki, Sepenting Itukah Bahasa Asing?

Ringgana Wandy Wiguna Feb 12, 2021 • 6 min read


Fakta_seru_-_Belajar_Bahasa-01

Artikel ini akan membahas bagaimana pentingnya belajar banyak bahasa dan keuntungan dari banyak menguasai bahasa selain bahasa Indonesia.

---

Globalisasi sudah menyentuh keseluruhan aspek kehidupan manusia seperti belanja, transportasi, komunikasi, bahkan di setiap hembusan nafas kita sepertinya sudah tersentuh globalisasi deh. Buktinya, setiap kita bangun tidur sampai kita tidur lagi kita langsung cek hape kan? ayo jujur hehehe. 

Nah, tanpa kita sadari ada salah satu hal yang penting juga kita perhatikan ketika kita sudah tahu bahwa kita sedang berada pada kecepatan arus globalisasi. Apa hayo kebutuhan yang harus kita perhatikan pada zaman sekarang ini? Aku kasih klu nih, klu-nya youtuber yang kontennya “Ome-Tv” dan statistik subscriber-nya cepat banget naik? Yups, Fiki Naki adalah youtuber dari Indonesia yang berhasil melejit karena ketangkasannya dalam menguasai berbagai bahasa asing.

Ada yang bilang kalau statistik subscriber-nya itu biasa saja, tapi ada juga yang bilang bahwa itu keren sekaligus bingung karena bisa sangat cepat sekali naik. Konten yang dibawakan hanya sekedar mengobrol dengan orang luar Indonesia yang memiliki bahasa yang berbeda dengan bahasa kita di Indonesia. Namun, karena kecakapan dalam berbahasa asing membuat banyak sekali orang yang tertarik dengan konten yang dibawakan oleh Fiki Naki.

Kenapa si bisa begitu? Nah, jawabannya itu akan berkaitan dengan salah satu kebutuhan kita sekarang di dalam perkembangan globalisasi yang sangat cepat ini. Artikel ini akan membahas bagaimana pentingnya belajar banyak bahasa dan keuntungan dari banyak menguasai bahasa selain bahasa Indonesia.

Oke, kita akan membahas konten yang dibawakan oleh Fiki Naki. Pertama, kita melihat pembukaan yang dilakukan oleh Fiki Naki di setiap videonya. Ia selalu menggunakan dua bahasa, yakni Indonesia dan Inggris. Selanjutnya dia akan menggunakan bahasa keduanya yakni bahasa Inggris untuk mengobrol dengan orang luar negeri. 

Pertanyaannya, kalau kita gak bisa bahasa Inggris, kita gak bisa kan ngobrol sama orang luar yang berbahasa Inggris juga? Tentunya gak bisa dong. Nah, itu adalah kelebihan pertama kalau kita bisa berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Jadi, kita bisa deh ngobrol sama orang asing.

Kedua, Kok bisa ya dapat atensi lebih dari khalayak? Nah ini karena selain Fiki Naki bisa berbahasa Inggris, dia bisa juga berbahasa Rumania dan Rusia. Jadi, kalau dia mendapat teman mengobrol di OmeTv orang sekitar Rusia atau pecahan dari Uni Soviet, dia mencoba mengganti bahasa Inggrisnya dengan bahasa Rusia. Kok bisa? Ya bisa dong, karena Fiki Naki adalah orang yang suka belajar bahasa. 

Jadi, dia melatih bahasanya itu lewat orang-orang yang dia temui di OmeTv. Dia belajar bahasa Rusia dan langsung mempraktekannya di dalam percakapan dia dengan orang luar negeri. Bisa loh belajar bahasa Inggris atau bahasa lainnya lewat cara yang dilakukan oleh Fiki Naki. Karena, belajar bahasa itu yang paling penting adalah mempraktekan bahasa tersebut. 

Baca Juga: Perbedaan Kurikulum Cambridge dengan Kurikulum Indonesia

Kenapa yok harus dipraktekan? Karena ketika mempraktekan, akhirnya mau tidak mau mengingat apa yang sudah kita pelajari. Dari mempraktekan juga kita akan membiasakan diri untuk berani berbicara dan terus merasa kurang lho. Merasa kurang dalam berbahasa adalah suatu hal yang sangat baik. Karena setelah itu pasti kita akan memperbaikinya.

Gak usah takut salah ya, kalau salah berarti kita harus terus belajar lagi hingga nanti menjadi fasih. Penyakit orang Indonesia itu adalah malu untuk mempraktekan bahasa asing karena mereka sering ditertawakan, dianggap sok-sokan, atau banyak faktor lainnya. 

Hal tersebut adalah salah satu penghambat kurangnya pendidikan terkait bahasa asing di Indonesia ini. Orang Indonesia cenderung malu dan takut dibicarakan oleh orang lain ketika menggunakan bahasa asing terutama Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. 

Harus kita terima juga bahwa pada perkembangan zaman sekarang ini, bahasa menjadi suatu hal yang harus kita pelajari juga. Aku yakin juga kalau Fiki Naki malu untuk belajar bahasa, dia tidak akan seterkenal sekarang? Bener gak?

Dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa kalian dapatkan ketika bisa berbahasa asing:

1. Bisa Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri

Beasiswa luar negeri adalah beasiswa yang diberikan kepada masyarakat Indonesia untuk dapat berkesempatan kuliah di luar negeri. Tentunya dong kalau beasiswa harus memenuhi kriteria yang diberikan oleh pemberi beasiswa. Nah, banyak sekali beasiswa yang mencantumkan nilai rata-rata TOEFL English dari calon penerima beasiswa. Nah, kalau mau dapat, berarti kamu harus mahir Bahasa Inggris. Tapi ada juga beasiswa yang datang dari berbagai negara yang mengharuskan calon penerima beasiswa lolos tes bahasa di negara tersebut.

 

2. Bisa Keliling Dunia

"Apaan si yang penting punya uang dan bisa berangkat ke sana" eits perkataan seperti itu memang gak salah tapi kurang tepat. Jadi, kalau kamu mau keliling dunia dengan keterbatasan bahasa kamu, apa kamu bisa nyaman bepergian? 

Sumber: bisniswisata.co.id

Mari kita ilustrasikan, si A orang Indonesia sedang liburan ke Inggris. Namun, dia tidak bisa berbahasa Inggris dan hanya bisa berbahasa Indonesia. Sedangkan, si B adalah orang Indonesia yang sedang liburan di Washington DC, dia bisa berbahasa Inggris. Nah, keduanya terpisah dengan kelompok mereka dan alat telekomunikasi, dan mereka tertinggal dari salah satu anggota kelompok mereka. Siapa yang akan lebih tenang? Tentunya si B karena dia akan mudah untuk meminta bantuan kepada masyarakat sekitar.

Berbeda dengan si A yang kesulitan untuk membaca tulisan di sekitar, berbicara dengan warga lokal, dan bahkan dia akan kesulitan untuk meminta bantuan. Jadi, paling mudah untuk kita ambil keuntungan berbahasa ketika keliling dunia adalah seperti ilustrasi di atas.

3. Mudah untuk Meniti Karir

Sumber: borobudur-training.com

Ketika kita memiliki kemampuan bahasa asing, berarti kita memiliki privilege yang besar untuk dapat melakukan banyak hal lagi. Globalisasi sekarang ini membuat batas suatu negara menjadi kabur dan salah satu tandanya adalah dengan adanya pasar bebas. Pasar bebas ini mengharuskan setiap aktor berhubungan langsung dengan seluruh dunia. Nah, coba kalau kamu ada di sebuah perusahaan dan perusahaan itu memiliki kolega perusahaan luar negeri? Tentunya kita harus mempergunakan bahasa Internasional yaitu bahasa Inggris. Kita akan mendapatkan keuntungan mudah meniti karir ketika kita memiliki kemahiran bahasa.

Nah, jadi banyak kan kelebihan ketika kita memiliki ketangkasan dalam berbahasa? Kita bisa terkenal, bisa mudah melakukan kegiatan tertentu, bahkan kita bisa memiliki banyak sekali teman seperti Fiki Naki. Untuk mencapai ketangkasan berbahasa yang harus dilakukan adalah belajar. Belajar adalah hal yang paling utama untuk mencapai sesuatu. Belajar sekarang dapat dimana saja ya teman-teman. 

Dengan adanya kemajuan teknologi memudahkan kita untuk mengakses banyak hal seperti belajar. Ruangguru memiliki produk untuk meningkatkan ketangkasan belajar berbahasa Inggris yaitu English Academy. English Academy menggunakan kurikulum Cambridge dengan pengajar Internasional dan lokal yang berpengalaman. Yuk bergabung dengan Ruangguru!!!


New call-to-action

Referensi:

Aldama, F. F. (2018). The Effect Of Using English to Indonesian position Beside of Science Knowledge Development. Universitas Sebelas Maret.

Susanthi, I. G. (2021). Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, Vol. 1 , 64 - 70.

 

Sumber Gambar:

Meniti Karir, https://borobudur-training.com/pelatihan-jenjang-karir/

Keliling dunia, http://bisniswisata.co.id/mau-keliling-dunia-gratis-begini-caranya/

Beri Komentar