Cara Login ruangkelas via Aplikasi dan Website

Kenya Swawikanti Des 30, 2020 • 5 min read


Cara Login ruangkelas

Artikel ini menjelaskan mengenai cara login ke ruangkelas baik melalui aplikasi ruangguru, maupun melalui website ruangkelas. Simak dengan seksama, yuk!

---

Mau login ke ruangkelas tapi bingung gimana caranya? Tenang, kawan! Nih, aku jelasin caranya. 

Login ke ruangkelas bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui aplikasi ruangguru atau melalui website ruangkelas. Kita bahas satu per satu, ya.

Login Melalui Aplikasi Ruangguru

1. Buka aplikasi ruangguru.

2. Jika sudah memiliki akun, kamu bisa langsung login dengan memilih tab “Masuk” dan mengisikan email serta kata sandi yang kamu gunakan untuk membuat akun. Jika belum memiliki akun, kamu harus mendaftar akun terlebih dahulu dengan memilih tab “Daftar” dan mengisikan data diri kamu sesuai dengan yang dibutuhkan di form pendaftaran. Data diri yang dibutuhkan antara lain:

  • Nama lengkap
  • Email (jangan sampai lupa karena akan berguna untuk login dan lain-lain)
  • Nomor handphone (tidak perlu menuliskan angka 0)
  • Pilih jenjang pendidikan kamu sekarang (jenjang nantinya dapat diatur ulang)
  • Kata sandi (jangan sampai lupa karena akan berguna untuk login dan lain-lain)
  • Jangan lupa untuk mengisi kotak centang (checklist)

Kamu juga bisa mendaftar menggunakan akun Facebook atau Google kamu, tapi kamu harus hafal username dan kata sandi dari akun Facebook atau Google kamu, ya!

halaman login ruangguru

3. Selanjutnya, isikan informasi seputar rumah dan sekolah kamu. Jangan lupa, isikan juga nomor WhatsApp orang tua kamu.

data sekolah dan rumah

4. Setelah sampai di home ruangguru, scroll ke bawah, dan pilih ruangkelas.

menu ruangkelas via app

5. Jika kamu adalah pengguna baru ruangguru, maka ruangkelas kamu masih kosong karena belum bergabung ke kelas manapun. Untuk bergabung ke kelas, pilih "Gabung Kelas Baru" dan masukkan kode kelas yang kamu dapatkan dari guru kamu. Pada saat memasukkan kode kelas, jangan sampai ada huruf atau angka yang tertukar dan pastikan menggunakan huruf kapital semua, ya!

gabung kelas baru via app

Sudah paham kan, cara login melalui aplikasi ruangguru? Sekarang, kita bahas cara login melalui website ruangkelas, yuk!

Baca juga: Cara Daftar Akun ruangkelas Lewat Website dan Aplikasi

Login Melalui Website ruangkelas

1. Buka website ruangkelas dengan mengetikkan kelas.ruangguru.com di browser kamu.

2. Sama halnya dengan login melalui aplikasi ruangguru, apabila kamu sudah memiliki akun, kamu bisa langsung login dengan memilih tab “Masuk” dan mengisikan email serta kata sandi yang kamu gunakan untuk membuat akun. Jika belum memiliki akun, kamu harus mendaftar akun terlebih dahulu dengan memilih tab “Daftar” dan mengisikan data diri kamu sesuai dengan yang dibutuhkan di form pendaftaran.

halaman login ruangkelas

3. Pilih “Masuk Sebagai Siswa”.

masuk ruangkelas

4. Nah, sekarang kamu sudah sampai di tampilan awal halaman ruangkelas. Selanjutnya, kamu bisa melengkapi profil kamu melalui menu profile yang ada di pojok kanan atas. Klik anak panah ke bawah (dropdown menu), lalu pilih "Lihat Akun".

menu profile

5. Pilih "Edit Profil" untuk melengkapi profil kamu atau "Ubah Kata Sandi" untuk mengubah kata sandi akun kamu.

edit profil

6. Karena kamu baru membuat akun, berarti kamu belum bergabung ke kelas manapun. Untuk bergabung ke kelas, pilih "Gabung Kelas Baru" dan masukkan kode kelas yang kamu dapatkan dari guru kamu. Ingat, ketika memasukkan kode kelas, jangan sampai ada huruf atau angka yang tertukar dan pastikan menggunakan huruf kapital semua, ya!

gabung kelas baru

Nah, itu tadi penjelasan lengkap mengenai cara login ke ruangkelas, baik melalui aplikasi ruangguru, maupun melalui website ruangkelas. Silahkan dicoba, ya. Kalau masih bingung atau ada yang ingin ditanyakan, kamu bisa chat langsung ke WhatsApp ruangkelas di nomor +62 815-1989-0000.

Tetap sehat dan tetap semangat belajar menggunakan ruangkelas. Cobain sekarang, yuk!

ruangkelas untuk murid

Profile

Kenya Swawikanti

A full-time cat person who likes spicy food a bit more than Oreo cheesecake and chocolate ice cream. You can call me Kenya or Kay. Nice to meet you!

Beri Komentar