Pengertian Ide Pokok Bacaan & Cara Menentukannya dalam Paragraf | Bahasa Indonesia Kelas 12

pengertian ide pokok dan cara menentukannya dalam paragraf

Apa itu ide pokok bacaan? Bagaimana cara menentukan ide pokok dalam sebuah paragraf? Yuk, cari tahu lewat artikel Bahasa Indonesia kelas 12 ini!

 

Baru delapan detik sejak orang itu menduduki kursi yang terlalu keras itu. Hening. Sebelah tangan menopang dagu. Matanya berkedip beberapa kali. Wajahnya menunjukkan ekspresi bingung.

Di depannya, ada laptop yang menunjukkan artikel mengenai fungsi ide pokok bacaan.

Dia scroll mouse. Wajahnya ke layar, tapi pandangannya tidak fokus.

Tangan kanannya kini menggenggam gelas. Menuangnya ke tenggorokan yang sebenarnya tidak haus itu. Tumit kakinya mengetuk-ngetuk lantai. Tangannya pindah lagi ke sisi kanan meja. Sedikit di belakang mouse. Matanya terpejam. Di kepalanya terdengar beat lagu favoritnya belakangan ini. Tangannya bekerjasama dengan kaki, membuat sebuah irama.

Dia membuka mata.

Tangannya meraih handphone.

Lalu, dengan secepat kilat membuka Instagram.

Pupil matanya kini terbuka lebar. Dia menekan layar handphone-nya dua kali. Memunculkan tanda love di atas foto seseorang.

Dia diam di sana. Sampai satu jam lebih. Meninggalkan laptop dan artikel yang baru ia baca dua paragraf itu.

Orang itu, bisa jadi siapa saja. Bisa jadi teman sekelas kamu. Atau bisa jadi kamu sendiri. Ya, kita seringkali tidak fokus ketika dihadapkan pada sebuah artikel atau bacaan. Entah kenapa tangan kita ingin bergerak mengambil sesuatu. Pikiran kita ke mana-mana. Dan hasilnya, artikel tadi tidak terbaca dengan baik.

Microsoft bahkan membuat penelitian tentang fokus, atau yang lebih dikenal dengan attention span ini. Hasilnya, rentang fokus kita pada suatu hal, saat ini hanya berkisar selama 8 detik. Ini jauh turun sejak tahun 2000 yang mencapai 12 detik.

Bahkan, kita tidak lebih fokus dari ikan mas koki yang rentang fokusnya mencapai 9 detik.

Baca Juga: Apa Itu Kalimat Efektif? Berikut Pengertian, Syarat, dan Contohnya

Ketidakfokusan ini, ditambah penyajian berita saat ini yang cenderung umpan klik (clickbait), tentu akan menambah kegagapan kita dalam menanggapi suatu artikel atau bacaan. Kasarnya, udah kitanya nggak fokus dan “malas” baca, eh artikelnya nggak nyambung judul sama isinya.

Oleh karena itu, diperlukan kemampuan untuk menemukan ide pokok dari suatu teks atau bacaan. Terus apa manfaat mengetahui ide pokok dari teks? Supaya kita tahu sebenarnya apa, sih, inti dari bacaan itu? Apa gagasan utama atau ide pokoknya? Supaya selesai baca, nggak main share di grup Whatsapp sambil bilang,

“ADA ANAK DIKUTUK JADI IKAN PARI KARENA DURHAKA!”

 

Pengertian Ide Pokok Bacaan

Well, sebelum kita membahas cara menentukan ide pokok bacaan, kita perlu mengetahui apa yang dimaksud ide pokok. Ide pokok adalah ide atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Makanya, nama lain ide pokok adalah gagasan utama. Ide pokok terdapat di kalimat utama dan setiap satu paragraf hanya ada satu ide pokok.

Satu hal yang perlu kamu ingat adalah, kalimat utama ≠ kalimat pertama. Kalimat utama bisa ada di kalimat pertama, bisa pada kalimat terakhir, atau bahkan kalimat pertama dan terakhir.

cara menentukan ide pokok paragraf

Belajar cara menentukan ide pokok bacaan dari sebuah paragraf, yuk! (Sumber: Unsplash.com)

 

Ciri-Ciri Ide Pokok

Untuk menemukan ide pokok dalam sebuah paragraf, lebih mudah jika kamu mengetahui ciri-ciri ide pokok itu sendiri. Ada apa aja, ya?

  1. Mengandung inti permasalahan dari sebuah paragraf.
  2. Memiliki kalimat pendukung atau kalimat penjelas.
  3. Ide pokok dinyatakan secara jelas (tidak berbelit-belit).
  4. Hanya ada satu ide pokok dalam sebuah paragraf.

 

Fungsi Ide Pokok

Apa manfaat mengetahui ide pokok dari teks? Kamu harus ingat ya, nama lain ide pokok adalah gagasan pokok suatu paragraf. Jadi, fungsi ide pokok bacaan tentunya untuk menjelaskan inti dari suatu paragraf/bacaan. Manfaat mengetahui ide pokok dari teks ini, ketika kamu membaca sebuah paragraf, kamu akan mengerti inti dari informasi yang ingin disampaikan.

Baca Juga: Membahas Paragraf mulai dari Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur, Syarat, Jenis, dan Contohnya

 

Cara Menemukan Ide Pokok dalam Paragraf

Sebenarnya, cara menentukan ide pokok bacaan itu nggak sulit-sulit amat, kok. Asal kamu tahu aja caranya. Nah, berikut akan dikasih tau nih cara menentukan ide pokok bacaan.

 

1. Baca seluruh paragraf dengan cermat

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat ingin menemukan ide pokok dalam paragraf adalah membaca paragraf tersebut. Kamu perlu dengan cermat dalam membaca sebuah paragraf. Maka, berkonsentrasilah dengan baik.

 

2. Cermati kalimat pertama hingga akhir

Paragraf yang terdiri dari beberapa kalimat harus kamu cermati ketika membacanya. Jangan sampai ada yang terlewat kalimat dalam paragraf tersebut sampai kamu lupa membacanya.

 

3. Baca tiap kalimatnya

Dalam suatu paragraf, ide pokok bisa terletak di awal, di akhir, atau di awal dan akhir paragraf. Kembali lagi, pastikan tidak ada kalimat yang terlewat ya.

 

4. Tandai ide pokok

Setelah menemukan ide pokok di paragraf tersebut, langsung kamu tandai. Hal ini untuk meminimalisir lupa yang bisa saja terjadi.

 

5. Tandai info penting

Jika ada info penting dalam paragraf tersebut, tidak ada salahnya untuk menandai. Biasanya akan ditanyakan dalam soal-soal di nomor selanjutnya yang menggunakan paragraf yang sama.

Baca Juga: Penggunaan Tanda Baca, Fungsi, dan Contohnya, Lengkap!

cara menentukan ide pokok dalam paragraf

 

Contoh Menemukan Ide Pokok Bacaan

Oke, setelah mengetahui kelima langkah cara menentukan ide pokok bacaan, kita akan langsung melihat ke contoh ide pokok paragraf.

 

Contoh Ide Pokok 1

Coba perhatikan paragraf berikut:

Orang yang akan pensiun tidak perlu stres. Pensiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memiliki beban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres.

Pada paragraf di atas, ide pokoknya adalah pada kalimat pertama, yaitu “Tidak perlu stres saat menghadapi pensiun”.

Kenapa?

Kalau kita analisis kalimat-kalimat lain, fungsi mereka hanya sebagai penjelas dari kalimat utama (kalimat pertama). Misalnya, pada kalimat ”Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memiliki beban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai”. Kalimat ini mengacu kepada kalimat utama. Tugas dari kalimat ini adalah memberikan “alasan” dari “Mengapa orang yang pension tidak perlu stres.”

Sekarang kita coba ke contoh ide pokok bacaan lainnya ya.

 

Contoh Ide Pokok 2

Bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangerang Selatan menimbulkan berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang akan timbul sesudah bencana adalah diare, tifus, leptospirosis dan demam berdarah. Masalah kesehatan pada korban dan masyarkat di sekitar lokasi lokasi bencana harus segera diantisipasi. Beberapa penyakit itu muncul karena lingkungan kotor dan sumber air bersih yang tercemar lumpur.

Pada paragraf ini, ide pokoknya adalah “Bencana banjir menimbulkan berbagai penyakit”

Ada yang tahu kenapa?

Ya, seperti yang bisa kita lihat di atas, kalimat lain dalam paragraf ini hanya “menjelaskan” penyakit-penyakitnya. Pada kalimat dua, misalnya. Kalimat tersebut berisi contoh dari penyakit yang ditimbulkan. Di sisi lain, kalimat terakhir menjelaskan penyebab dari munculnya penyakit tersebut.

Jadi, sudah mulai bisa menemukan ide pokok bacaan?

Baca Juga: Membahas Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Editorial secara Lengkap!

Gimana, sudah paham kan tentang fungsi ide pokok bacaan dan 5 langkah menentukan ide pokok dalam paragraf dengan mudah? Mulai sekarang, coba terapkan langkah-langkah ini dan cari ide pokok dari bacaanmu ya. Kalau kamu ingin mempelajari materi seperti ini dengan lebih dalam sambil menonton video animasi, lengkap dengan infografik dan latihan soal, tonton aja di ruangbelajar!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Darmawati, Uti dan Y. Budiarti. 2014. Bahasa Indonesia untuk SMK/MAK Muatan Nasional. Jakarta: Intan Pariwara.

Sumber Gambar:

Foto ‘Open Book Lot’. Fotografer: Patrick Tomasso [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/Oaqk7qqNh_c (Diakses pada 11 Oktober 2022).

 

Artikel ini telah diperbarui pada 24 Januari 2024.

Kresnoadi