Cara Menyampaikan Larangan (Expressing Prohibition) | Bahasa Inggris Kelas 11

Showing Prohibition

Bagaimana ya, cara mengungkapkan larangan dalam Bahasa Inggris? Yuk, pelajari expression of showing prohibition melalui artikel ini!

--

 

Jasmine        : *walking down the sidewalk*

Repairman   : Stop! You can't walk through this sidewalk. Please, go to the other side.

Coba perhatikan contoh percakapan di atas! Kamu pernah nggak, mengalami kejadian seperti di atas? Lagi enak-enak jalan di trotoar, eh, tiba-tiba dihentikan sama petugas perbaikan jalan dan dilarang untuk melewati jalan tersebut karena jalannya sedang diperbaiki. Akhirnya, mau tidak mau kita harus pindah ke sisi jalan yang lain, deh.

Nah, kejadian seperti di atas termasuk ke dalam expression of showing prohibition. Showing prohibition adalah ungkapan untuk menunjukkan larangan dalam Bahasa Inggris. Sesuai namanya, fungsi dari ungkapan ini adalah untuk melarang seseorang melakukan suatu kegiatan.

Misalnya seperti pada percakapan di atas, Jasmine dilarang untuk berjalan melalui trotoar karena trotoar tersebut sedang diperbaiki. Contoh lainnya yaitu pada gambar di bawah ini. Gambar di bawah ini menunjukkan larangan untuk berenang di pantai.

no swimming sign

Contoh larangan dalam Bahasa Inggris (Sumber: unsplash.com)

Ada beberapa macam modals dan kata-kata yang bisa kamu pakai untuk menunjukkan larangan dalam Bahasa Inggris. Wah, ada apa aja, ya? Yuk, kita bahas satu per satu!

Must not (Mustn’t)

Kata must not atau bisa juga disingkat mustn’t umumnya digunakan pada tanda pemberitahuan publik mengenai hukum atau aturan yang berlaku, namun bisa juga digunakan dalam percakapan sehari-hari yang bersifat informal. Contohnya, “You must not speak when the teacher is explaining.” artinya “Kamu tidak boleh berbicara saat guru sedang menjelaskan.”

Do not (Don’t)

Do not atau biasa disingkat don’t biasa digunakan dalam kalimat sehari-hari yang bersifat informal, tapi bisa juga digunakan dalam kondisi formal. Contohnya, “Don’t be noisy!” artinya “Jangan berisik!”

Be + prohibited

Be + prohibited biasa digunakan untuk menyampaikan larangan yang merupakan peraturan dan bersifat formal. Contohnya, “It is strictly prohibited to use any electronic device on board.” artinya “Penggunaan perangkat elektronik apapun sangat dilarang dalam pesawat.”

Be + forbidden

Sama dengan prohibited, be + forbidden juga biasa digunakan untuk menyampaikan larangan yang merupakan peraturan dan bersifat formal. Contohnya, “It is forbidden to smoke in this room.” artinya “Dilarang merokok di ruangan ini.”

Baca juga: Cara Menyampaikan Opini dalam Bahasa Inggris

Expression of Showing Prohibition

Not allowed + to

Be + not allowed juga biasa digunakan untuk menyampaikan larangan yang merupakan peraturan dan bersifat formal. Tapi, berbeda dengan prohibited dan forbidden yang artinya 'dilarang', not allowed artinya adalah 'tidak diizinkan'. Contohnya, “You are not allowed to bring your pet into the hotel rooms.” artinya “Kamu tidak diizinkan untuk membawa hewan peliharaan ke dalam kamar hotel.”

Not permitted + to

Sama dengan not allowed, be + not permitted juga bermakna ‘tidak diizinkan’ dan digunakan untuk menyampaikan larangan yang merupakan peraturan dan bersifat formal. Contohnya, “Walking on the grass is not permitted.” artinya “Berjalan di atas rumput tidak diizinkan.”

Cannot (Can’t)

Kata cannot atau biasa disingkat can’t biasa digunakan untuk menyampaikan sesuatu yang bertentangan dengan aturan yang berlaku. Contohnya, “You can’t park your car here.” artinya “Kamu tidak dapat memarkir mobilmu di sini.”

Be + against the law

Be + against the law yang bermakna ‘melanggar hukum’ biasa digunakan untuk menyampaikan larangan yang bersumber dari peraturan resmi atau hukum di suatu wilayah tertentu dan bersifat formal. Contohnya, “Copying other’s work without permission is against the law.” artinya “Menyalin pekerjaan orang lain tanpa izin itu melanggar hukum.”

Sekarang, kita coba tes kemampuan pemahaman kita dengan mengerjakan contoh soal, yuk!

Contoh Soal

Mrs. Gemilang      :  Where are you going, dear?

Tasya                    :  I’m going to Glow Department Store with Brenda, Mom.

Mrs. Gemilang      :  Okay. Take care of yourself, and you mustn’t be home late. You still have to attend a math

                                extra class tomorrow, right?

Tasya                    :  Yes, Mom. Thank you.

 

 

Pembahasan:

Dari dialog di atas, Mrs. Gemilang mengatakan “You mustn’t be home late.” artinya “Kamu tidak boleh terlambat tiba di rumah”. Kata mustn’t (tidak boleh) yang terdapat pada kalimat tersebut mengindikasikan larangan (prohibition).

Nah, itu tadi pembahasan tentang expression of showing prohibition. Sekarang, kamu pasti sudah bisa kan, membuat kalimat larangan dalam Bahasa Inggris? Jangan malas berlatih, ya! Biar latihan dan belajarmu semakin seru, yuk langganan ruangbelajar! Kamu bisa belajar melalui video beranimasi, mengerjakan latihan soal, dan mengulang materi melalui rangkumannya, lho!New Call-to-action

Sumber Gambar:

Gambar ‘Swimming Prohibited’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/YsH0vEa4tXk (Diakses: 3 November 2021)

 

Artikel ini telah diperbarui pada 3 November 2021.

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru