10 Contoh Teks Laporan Percobaan Singkat & Strukturnya | Bahasa Indonesia Kelas 9

Contoh Teks Laporan Percobaan dan Strukturnya

Pada artikel sebelumnya, kamu telah mengenal pengertian, tujuan, struktur, hingga kaidah kebahasaan dari sebuah teks laporan percobaan. Agar lebih jelas, yuk kenali contoh-contoh teks laporan percobaan di artikel Bahasa Indonesia kelas 10 berikut!

--

Pernahkah kamu melakukan pengamatan atau eksperimen terhadap suatu objek? Jika pernah, maka kamu sebagai peneliti pasti mendapatkan informasi baru mengenai objek tersebut. Objek yang dapat kamu amati antara lain, makhluk hidup, seperti hewan dan tumbuhan atau benda mati, seperti sepeda atau  makanan. Nah, informasi yang akan kamu laporkan merupakan penilaian dari hasil pengamatan dan analisis dari objek yang telah kamu teliti.

Ketika melaporkan suatu hasil pengamatan, peneliti harus menyajikan informasi secara objektif atau apa adanya, tanpa menambah atau mengurangi, ya. Misalnya, kamu  melakukan pengamatan membuat minuman dari campuran coca-cola dan sprite, setelah dicampur ternyata hasilnya nggak seenak yang kamu kira, maka kamu harus melaporkannya secara objektif. Nah, hasil pengamatan tersebut kemudian  kamu tuangkan dalam bentuk tulisan laporan percobaan. 

 

Pengertian Teks Laporan Percobaan

Lalu, apa sih teks laporan percobaan itu? Teks laporan percobaan merupakan teks yang berisi hasil suatu percobaan yang dilakukan oleh peneliti. Teks laporan percobaan bertujuan untuk menginformasikan hasil pengujian sebuah teori. 

Baca Juga: Pembahasan Lengkap Teks Laporan Percobaan: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, Struktur, dan Kaidah Kebahasaannya

 

Struktur Teks Laporan Percobaan

Sebelum membuat sebuah teks laporan percobaan, kamu perlu tahu dulu nih tentang struktur teks laporan percobaannya. Kira-kira apa saja, ya?

1. Pernyataan Umum

Berisi paparan atau klasifikasi yang membahas secara umum tentang objek percobaan. Pada bagian ini berisi tujuan, pengertian atau landasan teori, dan latar belakang.

2. Uraian

Berisi poin-poin laporan yang disusun dengan rinci bagian per bagian. Dalam uraian memuat alat dan bahan, langkah-langkah atau prosedur kerja, dan hasil percobaan serta simpulan.

Struktur teks laporan percobaan

Baca Juga: Membahas Teks Pidato: Pengertian, Tujuan, Struktur & Metodenya

 

Contoh Teks Laporan Percobaan

Oke, setelah kamu mengetahui pengertian dan struktur teks laporan percobaan, berikutnya, yuk kita simak beberapa contoh teks laporan percobaan yang bisa kamu jadikan referensi.

 

1. Contoh Teks Laporan Percobaan Mengetahui Kadar Vitamin C pada Makan/Minuman

Mengetahui Kadar Vitamin C pada Makan/Minuman

Tujuan: 

Mengetahui kadar kandungan vitamin C yang terdapat dalam sampel makanan/minuman yang diuji

Alat dan bahan:

  • jeruk nipis,
  • jambu merah,
  • tomat,
  • air,
  • amilum iodida (betadine),
  • vitamin C tablet,
  • minuman sari buah,
  • pipet tetes,
  • tabung reaksi, dan
  • mortar dan penumbuknya.

Langkah-langkah:

  1. Ambil ekstrak dari setiap buah yang sudah disediakan seperti jeruk nipis, jambu merah, dan tomat.
  2. Larutkan vitamin C di wadah yang berbeda.
  3. Setiap tabung reaksi diisi dengan amilum iodida sebanyak 1 ml lalu diberi tetes demi tetes ekstrak atau larutan bahan makanan tadi
  4. Catat berapa tetes yang diperlukan agar larutan amilum iodida menjadi jernih.

Hasil percobaan:

Diketahui bahwa semakin banyak jumlah tetesan yang diperlukan maka semakin sedikit kandungan vitamin C pada bahan makanan tersebut.

Kesimpulan:
Berdasarkan percobaan beberapa bahan makanan yang dicurigai mengandung Vitamin C, diketahui bahwa kandungan vitamin C buah jambu biji merah paling tinggi di antara bahan makanan lain. Selain itu, diketahui bahwa kadar vitamin C dalam minuman sari buah yang dinyatakan mengandung 100% vitamin C, ternyata kadar vitamin C-nya hanya 11,8% atau tidak sesuai dengan informasi nilai gizi yang tercantum pada kemasan produk.

Jadi, lebih baik mengonsumsi bahan makanan alami yang mengandung vitamin C, seperti jeruk nipis, tomat, dan jambu biji merah daripada bahan makanan yang telah tercampur dengan zat adiktif /buatan.

 

2. Contoh Laporan Percobaan Menguji Kandungan Boraks dalam Makanan

Menguji Kandungan Boraks dalam Makanan

Tujuan: 

Boraks merupakan kandungan garam natrium karbonat dekahidrat (Na2B4O7.10H2O) yang sering digunakan dalam bahan industri non pangan seperti industri kertas, gelas, pengawet kayu, antiseptik dan masih banyak lagi. Boraks termasuk bahan beracun dan sangat berbahaya bagi manusia jika dikonsumsi.

Alat dan bahan:

  • Pipet tetes
  • Air kunyit
  • Mie
  • Pisau
  • Sampel bakso
  • Kerupuk
  • Boraks

Langkah-langkah:

  1. Bakso dilumatkan lalu di angin-anginkan sebentar.
  2. Tetesi bakso dengan air kunyit.
  3. Tunggu beberapa saat, kurang lebih 5 menit.
  4. Amatilah perubahan warnanya. 
  5. Lakukan juga cara yang sama terhadap makanan yang diduga mengandung boraks.

Hasil percobaan:

Bahan makanan jika ditetesi dengan air kunyit akan mengalami perubahan warna menjadi merah kecoklatan itu menandakan bahan makanan tersebut mengandung boraks.

Kesimpulan:

Bahan makanan jika ditetesi dengan air kunyit akan mengalami perubahan warna menjadi merah kecoklatan itu menandakan bahan makanan tersebut mengandung boraks. Makanan akan berubah menjadi merah kecoklatan jika ditetesi air kunyit karena kunyit mengandung kurkumin, sedangkan boraks mempunyai sifat basa yang efeknya jika boraks kita campur dengan kurkumin maka akan menghasilkan senyawa baru yang biasa disebut dengan boro kurkumin yang mempunyai warna merah kecokelatan.

 

3. Contoh Laporan Percobaan Membuat Tinta Tak Terlihat

Membuat Tinta Tak Terlihat

Tujuan:

Untuk membuat tinta pulpen agar tidak terlihat.

Alat dan bahan:

  • lemon,
  • air,
  • sendok,
  • mangkuk,
  • cotton bud,
  • kertas putih,
  • lampu bohlam.

Langkah-langkah:

  1. Peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air ke dalam mangkuk tersebut.
  2. Kemudian aduk air dan jus lemon dengan menggunakan sendok.
  3. Celupkan cotton bud ke dalam campuran dan tulis pesan diatas kertas putih.
  4. Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat.
  5. Untuk membaca pesan tersebut dapat dilakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dengan mendekatkannya ke bola lampu.

Hasil percobaan:

Setelah langkah di atas selesai kamu lakukan, kamu berhasil membuat tinta rahasia yang tidak terlihat. Kamu dapat menyampaikan pesan rahasia ini kepada teman-temanmu dengan cara menggunakan tinta yang tidak terlihat ini. Ini merupakan salah satu contoh reaksi kimia.

Kesimpulan:

Jus lemon merupakan  senyawa organik yang bisa teroksidasi dan berubah warna menjadi coklat ketika dipanaskan. Bahan yang diencerkan ini membuat pesan sulit untuk dibaca. Dengan demikian, tidak seorang pun menyadari keberadaan tulisan itu sampai dengan tulisan tersebut dipanaskan dengan cara mendekatkannya kepada bola lampu.

Zat lain yang bisa bekerja dengan cara yang sama, diantaranya  jus jeruk, madu, susu, jus bawang, cuka, dan anggur. Tinta tidak terlihat juga dapat dibuat dengan menggunakan reaksi kimia atau melihat cairan tertentu.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks Pidato beserta Struktur, Tujuan & Jenisnya

 

4. Contoh Laporan Percobaan Membuat Telur Asin

Percobaan Membuat Telur Asin

Tujuan:

Telur asin merupakan  telur yang terbuat dari telur bebek yang sudah melalui proses pengasinan terlebih dahulu. Telur asin mengandung banyak vitamin dan gizi sehingga mengonsumsi telur asin memiliki manfaat  bagi tubuh. Manfaat mengonsumsi telur asin, diantaranya menjaga sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi penglihatan. Proses pembuatan telur asin sangat mudah dan sederhana serta dilakukan dengan cara tradisional. 

Alat dan bahan:

  • telur bebek,
  • abu gosok,
  • tanah liat,
  • garam,
  • ampelas.

Langkah-langkah:

  1. Cuci telur bebek hingga bersih.
  2. Amplas kulit telur sampai tipis.
  3. Campurkan abu gosok, tanah liat, dan garam hingga merat.
  4. Lapisi telur yang sudah diamplas menggunakan bahan campuran tadi.
  5. Diamkan telur pada suhu ruang selama 20 hari atau 3 minggu. 

Hasil percobaan:

Telur bebek yang dibuat melewati proses pengasinan seperti di atas menghasilkan telur asin yang sempurna dan lezat sehingga sangat cocok dikonsumsi bersama nasi putih. Telur asin dapat dijadikan alternatif varian olahan telur bebek.

Kesimpulan:

Pembuatan telur asin di atas menghasilkan kandungan gizi yang cukup lengkap dan cocok dikonsumsi oleh segala usia. Namun, bagi penderita darah tinggi tidak disarankan mengonsumsi telur asin secara berlebihan karena kandungan garamnya yang sangat tinggi. Meskipun kandungan gizinya lengkap, tetapi telur asin tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah banyak.

 

5. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Milkshake Keju Cheddar

Membuat Milkshake Keju Cheddar

Tujuan:

Mengetahui apakah keju cheddar yang dibeli di minimarket terdekat dapat diolah sendiri menjadi minuman susu rasa keju sehingga tidak perlu membeli bubuk perasa keju buatan pabrik.

Alat dan bahan:

  • setengah keju kemasan kraft cheddar,
  • susu UHT plain 500 ml,
  • air mendidih 100 ml,
  • 4 sendok makan gula pasir,
  • 1 buah mangkuk,
  • 1 buah sendok.

Langkah-langkah:

  1. Potong keju kraft cheddar kecil-kecil sampai halus.
  2. Simpan keju pada mangkuk.
  3. Tuang air panas ke dalam mangkuk.
  4. Potong keju sampai menjadi kecil.
  5. Setelah itu, masukkan 4 sendok makan gula ke dalam mangkuk lalu aduk hingga rata.
  6. Adonan keju cair yang sudah diberikan gula tuangkan ke dalam susu.
  7. Aduk susu merata sehingga warna susu berubah menjadi putih kekuningan.

Hasil percobaan:

Susu cair berasa tawar berhasil mempunyai rasa susu keju yang manis, rasanya tidak seperti menggunakan perasa makanan buatan. Namun, gulanya terlalu banyak sehingga susu keju terlalu manis.

Kesimpulan:

Milkshake susu keju manis dapat dibuat sendiri tanpa menggunakan bubuk perasa keju buatan yang menyisakan rasa artifisial atau buatan di lidah. Kamu bisa menggunakan keju cheddar asli untuk memberi cita rasa keju dan gula untuk memberi rasa manis. Selain itu, jika terlalu manis kamu dapat mengurangi kadar gula pada milkshake tersebut.

 

6. Contoh Teks Laporan Percobaan Pelangi dalam Gelas

Membuat Pelangi dalam Gelas

Tujuan:

Untuk mengetahui proses terjadinya pelangi.

Alat dan bahan:

  • air,
  • kaca,
  • gunting,
  • senter,
  • ruangan gelap.

Langkah-langkah:

  1. Simpan gelas berisi air di atas meja dan letakkan kaca ke dalam gelas secara serong.
  2. Tutup semua tirai dan lubang yang memungkinkan cahaya masuk, buatlah ruangan benar-benar gelap.
  3. Sorot cahaya senter pada kaca di dalam gelas.
  4. Perhatikan pelangi yang muncul dari sudut kaca.
  5. Sesuaikan sudut kaca semaumu.

Hasil percobaan:

Muncul pelangi pada sudut kaca. Pelangi terbentuk ketika cahaya lampu senter dibiaskan saat melewati air di dalam gelas. Sumber cahaya buatan merupakan sumber cahaya yang memancarkan cahaya karena dibuat manusia, misalnya lampu senter. Cahaya memiliki sifat-sifat gelombang, diantaranya merambat lurus, menembus benda bening, dan dapat dibiaskan. Senter yang dinyalakan di tempat gelap akan tampak garis lurus cahaya. Hal ini menunjukkan bahwa cahaya yang dihasilkan lampu senter tersebut merambat lurus. 

Kesimpulan:

Dari percobaan membuat pelangi dengan senter dan gelas berisi air, kamu mempelajari bahwa pelangi terjadi karena pembiasan cahaya yang terjadi melalui tetesan air. Hal ini dibuktikan lewat terbentuknya berkas pelangi ketika sinar dari senter menyentuh permukaan kaca yang diletakkan serong pada gelas berisi air.

 

7. Contoh Laporan Percobaan Membuat Sabun Mandi

Membuat Sabun Mandi

Tujuan: 

Tujuan dari pembuatan sabun dengan menggunakan lidah buaya ini adalah untuk menambah wawasan tentang cara membuat sabun dan belajar mengenai pentingnya keamanan dari sabun itu sendiri.

Alat dan bahan:

  • lidah buaya,
  • pewangi,
  • sendok sayur,
  • air,
  • pisau,
  • saringan,
  • panci.

Langkah-langkah:

  1. Cuci terlebih dahulu lidah buaya sampai benar-benar bersih.
  2. Kemudian potong lidah buaya dengan potongan kecil-kecil.
  3. Lalu peras lidah buaya yang sudah dipotong tersebut hingga seratnya keluar.
  4. Tambahkan sedikit air dan pewangi secukupnya saja.
  5. Aduklah sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Setelah campuran tersebut mengembang, tambahkan sabun cair. Cairan tersebut sudah bisa untuk digunakan (jika ingin sabun cair)
  7. Jika kamu ingin membuat sabun batangan, maka simpanlah kedalam lemari pendingin.
  8. Setelah membuka keluarkan sabun tersebut dari dalam lemari pendingin, dan sabun lidah buaya siap untuk digunakan.

Hasil:

Sabun mandi yang terbuat dari lidah buaya telah berhasil dibuat. 

Kesimpulan:

Sabun terbukti sangat bermanfaat bagi tubuh dan kulit. Hal itu dikarenakan kandungan dan manfaat dari lidah buaya sangat banyak sekali. Sabun lidah buaya sangat ramah lingkungan dan sangat mudah untuk dibuat. Selain itu juga terbukti bermanfaat bagi tubuh karena membuat kulit menjadi lebih segar.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Cerpen Singkat dan Menarik beserta Strukturnya

 

8. Contoh Laporan Percobaan Membuat Baterai Alami dari Kentang

Membuat Baterai Alami dari Kentang

Tujuan:

Sebagai alternatif jika energi dalam sebuah baterai habis ketika mati lampu dan untuk menambah pengetahuan

Alat dan bahan

  • kentang,
  • kabel,
  • lempengan tembaga,
  • lempengan seng,
  • penjepit buaya.

Langkah-langkah:

  1. Tancapkan lempengan tembaga dan seng pada kentang dengan jarak 1 cm.
  2. Jepit kabel pada setiap lempengan tersebut, lalu hubungkan dengan lampu.
  3. Perhatikan lampu tersebut, apakah menyala dengan baik atau tidak. Jika belum menyala, kamu bisa membaliknya.
  4. Setelah dicoba dan masih belum menyala, tambahkan kentang untuk menghasilkan arus listrik yang besar.

Hasil Percobaan:

Dengan adanya langkah pembuatan baterai alami ini, maka kamu bisa membuat salah satu energi alternatif yang dapat digunakan pada situasi tertentu.

Kesimpulan:

Lampu bisa menyala karena adanya arus listrik yang mengalir. Getah kentang akan mempengaruhi logam kimiawi seperti halnya larutan elektrolit dalam aki.

 

9. Contoh Laporan Percobaan pada Perkecambahan Kacang Hijau

Pengamatan Perkecambahan Kacang Hijau

Tujuan:

Mengamati proses perkecambahan kacang hijau di tempat gelap dan tempat terang

Alat dan bahan:

  • biji kacang hijau,
  • beberapa lembar kapas,
  • dua gelas plastik atau cawan,
  • air.

Langkah-langkah:

  1. Celupkan kapas ke dalam air.
  2. Masukkan kapas ke dalam dua gelas plastik atau cawan berbeda.
  3. Letakkan biji kacang hijau di atas kapas yang sudah berada di dalam gelas atau cawan.
  4. Tempatkan gelas atau cawan pertama di tempat gelap dan cawan kedua di tempat terang.
  5. Siram biji kacang hijau secara teratur.
  6. Amati proses perkecambahan hingga pertumbuhan.

Hasil percobaan:

laporan percobaan menanam kacang hijau

Kesimpulan:

Perkecambahan kacang hijau di tempat gelap lebih cepat dibandingkan perkecambahan di tempat terang. Sebab, ada hormon auksin yang berperan dalam proses pembesaran sel dan pemanjangan sel akan terurai dan rusak apabila terpapar cahaya matahari. Jadi, kacang hijau yang berada di tempat gelap lebih cepat panjang dibandingkan kacang hijau di tempat yang terang.

 

10. Contoh Teks Laporan Percobaan Pengamatan Tumbuhan Toge

Pengamatan Tumbuhan Toge

Tujuan:

Mengetahui proses pertumbuhan toge di berbagai kondisi.

Alat dan bahan:

  • biji kacang hijau,
  • beberapa lembar kapas,
  • 4 buah gelas,
  • air,
  • penggaris.

Langkah-langkah:

  1. Siapkan empat buah gelas.
  2. Masukkan kapas dan air ke dalam gelas.
  3. Letakkan biji kacang hijau di atas kapas.
  4. Tempelkan label nama pada masing-masing cawan dengan ketentuan
  • Gelas A di tempat cahaya cukup dengan air cukup
  • Gelas B di tempat cahaya kurang dengan air cukup
  • Gelas C di tempat cahaya cukup dengan air kurang
  • Gelas D di tempat cahaya kurang dengan air kurang
  1. Amati perkembangan kacang hijau setiap hari selama 6 hari.

Hasil percobaan:

laporan percobaan menanam toge

Kesimpulan:

Pertumbuhan toge membutuhkan air dan cahaya yang cukup. Toge yang diletakkan di tempat gelap mengalami pertumbuhan lebih cepat dibandingkan toge di tempat terang. Hal tersebut disebabkan karena kerusakan hormon auksin akibat cahaya, sehingga pertumbuhan panjang toge di tempat terang kurang maksimal. Selain itu, toge yang kekurangan air pertumbuhannya lebih lambat dibandingkan toge yang diberi air secara cukup.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks Diskusi, Lengkap Berdasarkan Strukturnya

 

Nah, sekarang kamu sudah lebih paham ‘kan apa itu teks laporan percobaan? Setelah mengetahui  contoh laporan percobaan dan strukturnya, yuk, lakukan sebuah pengamatan di rumah bersama teman atau orang tuamu dan coba buat laporan percobaan, ya. Jika kamu ingin belajar lebih lanjut, kamu bisa langsung cek video belajar beranimasi mengenai Laporan Percobaan di ruangbelajar. Cus dicek! Sampai jumpa!

New call-to-action

Referensi:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Trianto, Agus, Titik Hartiati, dan E Kosasih. 2018. Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas IX, Jakarta: Kemendikbud

Profile

Nurul Hidayah

Foodie's girl who loves to write and share about anything~