Ini Perbedaan SNBP dan SNBT sebagai Jalur Masuk PTN 2023!

SNBP dan SNBT, nama baru SNMPTN dan SBMPTN

Apa itu SNBP dan SNBT? SNBP dan SNBT adalah nama baru dari SNMPTN dan SBMPTN. Yuk, cari tahu perbedaan SNBP dan SNBT berdasarkan ketentuan, jadwal, dan daya tampunya berikut ini!

Hah, SNMPTN dan SBMPTN berubah nama? Yap, bener banget. Kemendikbudristek telah resmi mengganti nama seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mulai tahun 2023 menjadi SNBP dan SNBT. Hingga tahun 2022 kemarin, mungkin kamu masih akrab dengan nama SNMPTN dan SBMPTN. Namun, mulai tahun depan nama tersebut sudah tidak digunakan lagi, guys.

Terus diganti jadi apa?

Berdasarkan Permendikbud Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Sarjana, ada istilah baru untuk seleksi masuk PTN. Di Permendikbud tersebut tertulis, bahwa penerimaan mahasiswa baru akan dilakukan melalui 3 skema, yaitu:

  1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 
  2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)
  3. Seleksi secara Mandiri oleh PTN

SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) merupakan istilah baru untuk jalur tanpa tes yang sebelumnya bernama SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi). Sedangkan, SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) merupakan istilah baru pengganti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).  

Wah, masih asing nih di telinga aku!

Nah, supaya kamu lebih akrab dengan istilah-istilah baru ini, yuk kita bahas apa itu SNBP dan SBNT, sekaligus perbedaannya dengan SNMPTN dan SBMPTN terdahulu.

Baca Juga: Perubahan Seleksi Masuk PTN 2023 untuk SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri 

 

Pengertian SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi)

SNBP adalah singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, merupakan proses seleksi berdasarkan nilai rapor, portofolio dan prestasi lainnya. Proses seleksinya ini sebelumnya lebih kamu kenal dengan nama SNMPTN.

 

Pengertian SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes)

Sementara itu, SNBT adalah singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes, merupakan seleksi yang dilakukan berdasarkan hasil nilai Tes Skolastik yang berbasis komputer. Proses seleksi ini sebelumnya kamu kenal dengan sebutan SBMPTN. Materi yang akan diujikan pada SNBT adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Literasi yang terdiri dari tujuh subtes, antara lain:

  • Kemampuan Penalaran Umum
  • Kemampuan Kuantitatif
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum
  • Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis
  • Penalaran Matematika
  • Literasi Bahasa Indonesia
  • Literasi Bahasa Inggris

Selain kedua jalur seleksi masuk PTN ini, masih ada jalur Seleksi Mandiri oleh PTN yang aturannya ditetapkan oleh masing-masing PTN.

 

Perbedaan Ketentuan SNBP dengan SNMPTN

SNBP adalah tes yang dilaksanakan berdasarkan prestasi. Prestasi ini dapat berupa prestasi akademik dan/atau nonakademik. Pada SNMPTN sebelumnya, seleksi dilakukan dengan mempertimbangkan nilai-nilai sesuai rumpun ilmu yang dipelajari di jenjang Sekolah Menengah.

Berbeda dengan SNMPTN sebelumnya, SNBP akan mempertimbangkan prestasi berdasarkan dua komponen penilaian yaitu:

1. Minimal 50% rerata nilai rapor keseluruhan

Komponen penilaian pertama adalah rata-rata nilai rapor seluruh mata pelajaran paling sedikit 50% dari bobot penilaian.

2. Maksimal 50% komponen penggali minat dan bakat

Maksudnya apa tuh komponen penggali minat dan bakat? Jadi, komponen kedua ini akan menghitung nilai rapor dari paling banyak dua mata pelajaran pendukung program studi yang dituju, portofolio, dan/atau prestasi lainnya dengan paling banyak 50% dari bobot penilaian.

Nah, komposisi persentase komponen pertama dan kedua di atas dapat diatur oleh masing-masing PTN dengan total 100%. Selain itu, prestasi yang termasuk ke dalam komponen kedua juga ditetapkan oleh masing-masing PTN. Sementara portofolio, dikhususkan untuk program studi Seni dan Olahraga sama seperti SNMPTN sebelumnya.

 

Psst, mau belajar UTBK-SNTB dengan fokus dan terarah? Yuk, ikutan Paket SNBT Master! Klik di bawah ini untuk daftar ya!  

IDN CTA Blog Paket SNBT Master Ruangguru 2023

 

Perbedaan Ketentuan SNBT dengan SBMPTN

SNBT adalah tes yang dilakukan dengan menggunakan tes terstandar berbasis komputer. Perbedaan terbesar dari SNBT dibandikan dengan SBMPTN adalah tidak adanya tes mata pelajaran atau yang sebelumnya disebut dengan TKA.

SNBT akan melaksanakan dua tes saja, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Literasi yang terdiri dari Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis, Penalaran Matematika, Literasi dalam Bahasa Indonesia, dan Literasi dalam Bahasa Inggris.

Baca Juga: Contoh Soal Tes Skolastik UTBK/SNBT 2023 Lengkap dengan Pembahasannya

SNBT dan SNBP

Jalur masuk PTN Tahun 2023 berdasarkan Permendikbudristek No. 48 Tahun 2022. (Sumber: instagram.com/snpmb_bp3)

 

Daya Tampung SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri

Terus gimana dengan daya tampungnya? Berubah juga nggak?

Ok, next kita bahas daya tampung. Berdasarkan Permendikbud, kuota daya tampung SNBP untuk setiap program studi di PTN ditetapkan minimal 20%. Namun, apabila kuota atau daya tampung di SNBP tidak terpenuhi, maka daya tampungnya bisa dialihkan ke SNBT.

Daya tampung SNBT untuk setiap program studi di PTN selain PTN Badan Hukum (PTN-BH) ditetapkan minimal 40%. Sementara itu, daya tampung untuk program studi di PTN Badan Hukum ditetapkan minimal 30%. Apabila daya tampung SNBT tidak terpenuhi, maka dapat dialihkan ke Seleksi Mandiri oleh PTN.

Last but not least, daya tampung untuk Seleksi Mandiri oleh PTN ditetapkan dengan maksimal sebesar 30% untuk PTN, sedangkan PTN-BH memilki kuota maksimal 50%.

 

Ketentuan Jadwal SNBT, SNBP, dan Seleksi Mandiri

Hah, emang udah ada jadwalnya?

Jadwal pasti pelaksanaan seleksi masuk PTN tahun 2023 memang belum ada guys. Tapi di dalam Permendikbud kita bisa lihat perkiraannya.

1. Ketentuan Jadwal SNBP

Pelaksanaan dan pengumuman hasil SNBP dilakukan sebelum pelaksanaan SNBT. Mirip seperti SNMPTN sebelumnya, proses seleksi ini akan menjadi yang pertama digelar sebelum proses seleksi lainnya. Seleksi ini akan dimulai dengan pendaftaran hingga seleksi prestasi.

2. Ketentuan Jadwal SNBT

Pelaksanaan SBNT dilakukan pada semester akhir tahun ajaran berjalan, sebelum pengumuman kelulusan pendidikan menengah sampai dengan setelah pengumuman kelulusan pendidikan menengah. Seleksi akan dimulai dengan pendaftaran hingga pelaksanaan tes. Pengumuman hasil seleksi SNBT dilakukan setelah pengumuman kelulusan pendidikan menengah.

 

 

3. Ketentuan Jadwal Seleksi Mandiri

Seleksi Mandiri oleh PTN adalah seleksi yang paling akhir dilakukan. Seleksi Mandiri dilaksanakan setelah pengumuman SNBT. Pengumuman hasil Seleksi Mandiri adalah paling lambat pada akhir bulan Juli. Apabila kuota daya tampung belum terpenuhi pada waktu tersebut, maka PTN bisa memperpanjang gelombang Seleksi Mandiri hingga tanggal 15 Agustus.

 

SNPMB BP3 Sebagai Penyelenggara Resmi Menggantikan LTMPT

Perubahan lainnya yang penting untuk kamu ketahui adalah SNPMB BP3 sebagai pelaksana resmi penerimaan mahasiswa baru PTN mulai tahun ini. SNPMB adalah singkatan dari Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru. SNPMB BP3 menggantikan tugas yang sebelumnya dilaksanakan oleh LTMPT, guys.

Supaya kamu up-to-date dengan info-info terkini, kamu bisa follow berbagai media sosial resmi dari Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) BP3 berikut ini:

  • Instagram SNPMB BP3: @snpmb_bp3
  • Twitter SNPMB BP3: @snpmb_bp3
  • Tiktok SNPMB BP3: @snpmb_bp3
  • Facebook SNPMB BP3: snpmb.bp3
  • YouTube SNPMB BP3: snpmb-bppp

Baca Juga: 100 Sekolah Terbaik di Indonesia dan Provinsi Berdasarkan Nilai UTBK

Gimana guys, semoga kamu sudah paham ya mengenai apa itu SNBT dan SNBP, syarat, serta perbedaannya dengan SNMPTN dan SBMPTN sebelumnya. Kalau masih punya pertanyaan, kamu bisa langsung mengunjungi media sosial resmi BP3 atau tulis di kolom komentar, ya.

Hawa-hawa seleksi masuk PTN semakin hangat nih, ayo mulai kejar lagi persiapanmu dengan baik. Susun strategi optimalmu bareng beragam program intensif yang ada di Ruangguru, yuk! Kamu bisa baca-baca informasi lebih lengkapnya di artikel ‘Strategi Jitu Lolos Tes Skolastik UTBK/SNBT 2023 dengan Program Intensif Ruangguru‘, atau langsung saja klik banner di bawah ini!

IDN CTA Blog Paket SNBT Master Ruangguru 2023

Referensi:

Salinan Permendikbud Nomor 48 Tahun 2022 [daring]. Tautan: https://simpananubk.pusmendik.kemdikbud.go.id/index.php/s/98bRwdHmxPS6NwP?dir=undefined&openfile=380567 (Diakses: 27 September 2022)

Instagram resmi SNPMB BP3 [daring]. Tautan: https://www.instagram.com/snpmb_bp3/ (Diakses: 27 September 2022)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D