20 Contoh Teks Diskusi Lengkap dengan Strukturnya | Bahasa Indonesia Kelas 9

Contoh Teks Diskusi

Yuk, kita belajar mengenai contoh teks diskusi berdasarkan strukturnya dalam artikel Bahasa Indonesia kelas 9 ini!

 

Berdiskusi merupakan salah satu cara yang digunakan seseorang untuk menyelesaikan masalah. Pasti kamu pernah berdiskusi, ‘kan? Misalnya saja, saat berada di kelas, guru memintamu dan murid lain untuk membentuk kelompok guna bertukar pikiran atau argumen untuk memperoleh solusi dari suatu permasalahan.

Nah, secara tidak langsung sesi ini dapat mengajarkan para siswa memahami perbedaan pendapat, loh! Namun, tahukah kamu bahwa diskusi dapat berjalan lancar dengan adanya teks diskusi?

Ketika melakukan diskusi dalam sebuah kelompok, para anggota tentu saja akan melempar gagasan atau pendapat. Pada sesi diskusi formal, pendapat atau gagasan ini akan dituliskan dalam narasi teks diskusi. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, baca pembahasan tentang contoh teks diskusi beserta strukturnya berikut ini!

 

Pengertian Teks Diskusi

Teks diskusi adalah narasi pendapat atau gagasan yang dikemukakan dalam membahas suatu permasalahan. Pada umumnya, pendapat ini akan ditulis dengan bahasa yang lugas. Hal ini karena teks diskusi hanya dikemukakan dalam sesi diskusi formal, contohnya saat rapat OSIS, rapat di lingkungan RT, dan sebagainya.

 

Tujuan Teks Diskusi

Apa tujuan teks diskusi? Saat sedang berdiskusi bersama teman-teman, pasti akan ada pendapat yang berbeda. Sebagian orang setuju dan mendukung gagasan tertentu. Namun, sebagian orang yang merasa gagasan itu bertentangan akan menolaknya.

Dengan menggunakan teks diskusi, para anggota kelompok dapat menguji pokok permasalahan menggunakan argumen yang telah disusun. Selain itu, para anggota kelompok tersebut juga mampu meyakinkan orang lain melalui penyampaian argumennya.

Baca Juga: Pengertian Teks Diskusi hingga Struktur dan Kaidah Kebahasaannya

 

 

 

Struktur Teks Diskusi

Dalam  menyusun teks diskusi, kamu harus memahami dulu strukturnya, ya! Teks diskusi memiliki tiga struktur  sebagai berikut:

 

1. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan, penulis bisa memaparkan fenomena permasalahan yang akan dibahas selama diskusi. Misalnya saja, pengurangan sampah plastik di kawasan sekolah. Dengan topik tersebut, penulis akan menyampaikan gambaran masalah sesuai dengan isu utama.

 

2. Isi

Dalam bagian isi terdapat rangkaian argumen. Penulis akan memaparkan latar belakang mengapa topik tersebut penting diangkat dalam diskusi dan mencari solusinya. Isi atau rangkaian argumen berisi struktur yang berkaitan dengan pernyataan logis dari berbagai pihak. Argumen yang ada bisa mendukung topik utama atau sebaliknya.

Lebih lanjut, isi teks diskusi tidak harus memiliki dua pandangan pro ataupun kontra. Bisa jadi, karena permasalahan yang diangkat berkaitan dengan fenomena yang dirasakan semua anggota diskusi, argumennya akan cenderung pro. Contohnya, fenomena plastik yang sudah sangat mencemari lingkungan perlu mendapat dukungan semua pihak untuk mengurangi konsumsi plastik dan mengolah limbahnya.

 

3. Kesimpulan atau Saran

Kesimpulan teks diskusi merupakan rekapitulasi hasil, rekomendasi, atau saran dari permasalahan yang sudah dibahas. Kesimpulan teks diskusi sebaiknya berisi jalan tengah permasalahan. Bagian ini pun akan jadi bagian akhir dari diskusi yang menyimpulkan keseluruhan argumen setiap orang yang terlibat dalam diskusi. Adapun poin penting dari kesimpulan teks diskusi antara lain

  • memuat simpulan argumen dari sisi pro dan kontra,
  • memperlihatkan evaluasi argumen yang paling efektif, dan
  • memuat rekomendasi atau jalan tengah yang tidak memihak terhadap persoalan yang dibahas.

 

Contoh: Sampah plastik harus dibuang dalam tempat sampah khusus untuk memudahkan pengelolaan limbah, pembatasan penggunaan plastik sebagai kantong makanan atau minuman di kantin, dan penerapan penggunaan ulang plastik.

Struktur Teks Diskusi

 

Contoh Teks Diskusi Berdasarkan Strukturnya

Untuk lebih memahami penyusunan teks diskusi, berikut ada beberapa contoh teks diskusi berbagai macam tema lengkap dengan strukturnya.

 

1. Contoh Teks Diskusi tentang Pendidikan

Seragam Sekolah, Perlukah Dihapus?

Pendahuluan

Mantan Mendiknas (Menteri Pendidikan Nasional) terdahulu, Bambang Sudibyo, punya rencana menghapus seragam sekolah. Artinya, tidak ada lagi ketentuan siswa SD sampai SMA wajib berseragam. Kita masih menunggu, apakah rencana tersebut akan menjadi kenyataan dan ditaati sekolah-sekolah? Mengingat seragam sekolah adalah sebuah identitas, baik dari sisi jenjang pendidikan maupun identitas sekolah.

Isi (Rangkaian Argumen)

Penghapusan seragam sekolah dimaksudkan untuk menghilangkan perbedaan antara siswa yang satu dengan yang lain. Seorang siswa tidak bisa bergaya dengan label senioritas dan memamerkan baju-baju mewahnya di sekolah. Di sekolah tertentu, siswa dikenai hukuman apabila melanggar ketentuan seragam sekolahnya.

Kebijakan Mendiknas untuk menghapus seragam sekolah patut dipertimbangkan. Namun, kebijakan ini dapat memberikan dampak negatif terhadap siswa. Misalnya, akan terjadi perang pamer kekayaan. Siswa dari keluarga kaya akan berpotensi memamerkan pakaian mewahnya sehingga menimbulkan kecemburuan siswa lain.

Kesimpulan

Penggunaan seragam sekolah berkaitan dengan kedisiplinan. Hal ini karena disiplin di sekolah tidak diajarkan secara formal seperti di dalam pendidikan militer, tetapi ditempatkan pada kerangka pola dan perilaku masyarakat secara lebih luas. Disiplin haruslah dimulai dari tingkat paling dasar, yakni rumah tangga. Artinya, orang tua dan anggota keluarga harus menjadi garda terdepan keteladanan bagi siswa untuk bersikap disiplin bagi diri sendiri dan orang lain. Disiplin harus dilakukan sebagai tanggung jawab, bukan sebagai indoktrinasi. Disiplin bukanlah sekadar formalitas melalui seragam sekolah karena seragam sekolah bukanlah unsur elementer dalam sistem pendidikan nasional.

 

2. Contoh Teks Diskusi tentang Pengelolaan Pangan 

Haruskah Surplus Pangan Didayagunakan? 

Pendahuluan

Kebutuhan dasar manusia terdiri atas kebutuhan pangan, sandang, dan papan. Itu artinya, sebelum memenuhi kebutuhan yang lain, ketiga kebutuhan ini, yaitu kebutuhan makanan, pakaian, dan tempat tinggal harus dipenuhi lebih dulu. Sayangnya, kebutuhan dasar saja masih menjadi masalah yang sampai saat ini tidaklah mudah untuk dipecahkan, terutama terkait dengan kebutuhan pangan. 

Isi (Rangkaian Argumen)

FAO (Food and Agriculture Organization) sebagai organisasi pangan internasional mencatat bahwa angka malnutrisi di dunia masih tinggi, termasuk di Indonesia. Setidaknya pada tahun 2016 sebanyak 19,4 juta penduduk Indonesia tercatat mengalami malnutrisi. 

Pada waktu yang bersamaan, Indonesia menjadi negara dengan pembuang makanan kedua terbanyak di dunia. Makanan-makanan yang dibuang tersebut berasal dari sisa makanan pesta, acara perusahaan atau perkantoran, restoran, bahkan sisa makanan rumah tangga. Apakah sisa makanan ini sebegitu tidak berharganya sehingga harus dibiarkan membusuk begitu saja di tempat sampah? Apakah ada cara lain untuk memberdayakannya?

Sebuah organisasi nirlaba telah berupaya memberikan solusi bagi permasalahan terkait pembuangan sisa makanan ini. Dengan slogan zero food waste dan zero hunger tampak jelas visi dan misi yang diusungnya. Mereka mengajak berbagai pihak untuk mendonasikan surplus dan sisa makanan “tak tersentuh” untuk disalurkan pada kelompok-kelompok yang membutuhkan, mulai dari para pengungsi sampai kaum marginal. 

Dengan pendekatan 3R yang diterapkan, yakni re-distribute, re-process, dan re-cycle atau penyaluran kembali, pemrosesan kembali, dan daur ulang, organisasi ini berkontribusi untuk menciptakan wajah Indonesia menjadi lebih baik.

Organisasi ini tidak bekerja sendiri, mereka bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mendapatkan suplai surplus makanan “tak tersentuh”, makanan yang tidak diproduksi secara sempurna. Bahkan, sisa sampah organik yang disalurkan kepada orang yang membutuhkan ataupun didaur ulang sebagai makanan hewan. 

Itu artinya, semakin banyak makanan yang dikelola oleh organisasi ini, maka semakin banyak pula orang-orang yang telah terbuka keinginannya untuk turut berkontribusi. Hal ini tentu saja membawa dampak positif terhadap lingkungan sosial.

Selain bekerjasama dengan organisasi sejenis, kita juga bisa memulai dari diri sendiri. Setidaknya terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi pembuangan makanan, antara lain dengan mengambil dan memesan makanan sesuai porsi yang diperlukan dan mengubah  pola pikir bahwa makanan yang dipesan untuk memenuhi kebutuhan bukanlah sekadar pemenuhan keinginan. 

Kesadaran semacam ini akan membawa dampak positif terhadap lingkungan fisik karena mengurangi pembuangan sampah makanan. Sayangnya, tidak semua pihak sadar dengan fenomena ini. Masih ada saja pihak yang menyepelekan fenomena “kelebihan makanan” . Di samping itu, sifat impulsif terhadap makanan juga menjadi faktor penyumbang sampah makanan terbesar dalam hal ini. 

Di sisi lain, sempitnya pola pikir dan anggapan bahwa memisahkan surplus makanan itu merepotkan dan tidak etis serta menurunkan gengsi juga memberikan kontribusi terhadap jumlah sampah makanan. Kalaupun surplus makanan itu disalurkan, sistem distribusi yang tidak efisien dapat membuat makanan menjadi busuk juga. 

Kesimpulan

Memberdayakan surplus makanan tidaklah sulit jika sudah muncul kesadaran dari diri sendiri. Justru dengan diri sendiri yang memulai diharapkan akan menularkannya pada orang-orang di sekitar kita hingga dapat bekerja sama dengan pihak-pihak yang mengurusi hal ini. Pada akhirnya ini merupakan proses pembentukan pola pikir yang masih harus terus dilaksanakan untuk mengubah wajah Indonesia menjadi lebih baik dalam melihat dan menyikapi makanan.

Baca Juga: Pengertian Teks Pidato, Tujuan, Struktur & Metodenya

 

3. Contoh Teks Diskusi tentang Olahraga

Anak Harus Olahraga

Pendahuluan

Anak-anak di hampir seluruh dunia, terutama di kota-kota besar, kini semakin gemuk dan semakin diperburuk dengan gaya hidup yang tidak sehat. Lalu, bagaimana kita dapat mengatasinya? Cara terbaik adalah dengan bermain olahraga bagi anak-anak semua usia. Beraktivitas melalui permainan olahraga akan menjaga anak-anak tetap kuat, bugar, dan sehat.

Isi (Rangkaian Argumen)

Pertumbuhan fisik memerlukan banyak latihan gerak setiap hari dan cara terbaik melakukannya adalah dengan berolahraga. Para ilmuwan sudah menunjukkan bahwa anak yang berolahraga memiliki sedikit masalah kesehatan dibanding anak-anak yang hanya duduk di rumah dan banyak menonton televisi atau bermain video gim.

Ada banyak jenis permainan olahraga yang dapat dimainkan anak-anak, mulai dari yang tradisional, seperti galasin dan lompat tali, hingga yang umum seperti sepak bola, futsal, bulu tangkis, voli, senam, dan bola basket. Syukurlah  kita tinggal di Indonesia sehingga dapat memainkan semua jenis olahraga tersebut sepanjang tahun. Jadi, tidak masalah jenis olahraga mana yang kamu sukai atau di mana kamu tinggal sebab selalu ada jenis olahraga bagi siapa saja. Tidak ada alasan untuk mengeluh karena merasa bosan.

Selain itu, bermain olahraga dalam tim sangat baik bagi anak-anak sebab dapat memperbanyak pertemanan. Mereka juga belajar bagaimana bekerja sama dalam satu tim dan saling membantu. Anak-anak yang tidak berolahraga tentu saja tidak memiliki kesempatan untuk bersenang-senang dan memiliki banyak teman. Ini menyedihkan.

Kesimpulan

Sangat jelas bahwa semua anak sebaiknya harus bermain olahraga. Olahraga membantu mereka memiliki teman baru, menjaga kebugaran dan kesehatan, serta belajar bagaimana bekerja sama dengan orang lain. Selain bermanfaat, bermain olahraga juga sangat menyenangkan karena dapat mengusir rasa bosan dan suntuk di rumah.

 

4. Contoh Teks Diskusi tentang Sampah

Sampah: Isu Nomor Satu

Pendahuluan

Sampah menjadi salah satu masalah yang sangat meresahkan karena memberikan banyak dampak buruk terhadap lingkungan. Sampah yang dibiarkan menumpuk bisa menjadi sumber penyakit dan bahkan menyebabkan banjir. Hal ini pun tak lepas dari permasalahan penanggulangan sampah yang kurang tepat. Sebenarnya, pemecahan masalah mengenai sampah pun sudah jadi perdebatan sejak dulu.

Isi (Rangkaian Argumen)

Sebagian orang beranggapan bahwa sampah adalah sesuatu yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Oleh karena itu, sampah seharusnya dimusnahkan dengan cara dibakar.  Namun bagi mereka yang mencintai alam, cara tersebut tidak menjadi sebuah solusi, tetapi justru mendatangkan bencana baru.  Sampah yang dibakar akan menghasilkan polusi udara dan bisa merusak lapisan ozon.

Orang yang mencintai lingkungan tentunya lebih memilih penyelesaian yang lebih ramah lingkungan, seperti dekomposisi dan daur ulang sampah. Contohnya adalah dengan menjadikan daun kering, batang pohon, dan sampah sejenisnya sebagai pupuk kompos, sedangkan sampah anorganik didaur ulang.

Kesimpulan

Pada dasarnya, sampah bisa diolah dan dimanfaatkan kembali. Pengolahan dan penanganan sampah yang ramah lingkungan merupakan cara paling tepat dan ampuh untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang ada.

Baca Juga: Contoh Teks Laporan Percobaan Singkat & Strukturnya

 

5. Contoh Teks Diskusi tentang Manfaat Gadget 

Pentingkah Anak Membawa HP?

Pendahuluan

Gawai (gadget) adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mempermudah manusia dalam urusan berkomunikasi. Tidak hanya komunikasi saja, tetapi smartphone juga digunakan untuk membantu keperluan manusia lainnya. Hampir setiap orang memiliki HP, termasuk anak kecil sekalipun.

Isi (Rangkaian Argumen)

Pihak yang mendukung atau pihak yang pro terhadap pemberian HP kepada anak-anak menganggap bahwa dengan adanya alat komunikasi ini, orang tua menjadi lebih mudah dalam memantau dan mengawasi kondisi anaknya kapan pun dan di mana pun. Selain itu, adanya HP atau smartphone membuat anak lebih mudah mengakses informasi-informasi yang mereka butuhkan dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah.

Sementara itu, pihak yang kontra atau pihak yang menentang pemberian HP untuk anak-anak beralasan bahwa belum saatnya anak=anak diberi teknologi yang canggih ini. Hal ini karena tidak semua informasi di internet itu baik. Banyak pula konten berbahaya yang tidak boleh diakses oleh anak-anak. Selain itu, pemberian  HP kepada anak-anak membuat mereka menjadi pribadi yang pasif dan susah bergaul dengan lingkungan sekitar karena lebih asyik bermain gim di HP-nya.

Kesimpulan

Pemberian HP untuk anak-anak sebenarnya tidak wajib. Namun, jika memang sangat diperlukan, orang tua harus memberikan pengawasan ketat kepada anaknya. Orang tua harus mengetahui apa saja yang diakses oleh anaknya dan selalu mengingatkan hal baik yang boleh diakses dan hal buruk yang tidak boleh diakses agar tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.

 

6. Contoh Teks Diskusi tentang Penggunaan Internet

Perlukah Mengawasi Anak Saat Jelajahi Internet?

Pendahuluan

Internet telah banyak membantu manusia dalam segala unsur kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet, apa pun dapat kita lakukan, baik hal positif maupun hal negatif. Sebagai media komunikasi, internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.

Isi (Rangkaian Argumen)

Banyak siswa yang mendapatkan ilmu dengan bantuan internet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun kini terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet. Tidak dapatdimungkiri bahwa internet memberikan pengaruh kepada pelajar. Ada pengaruh positif, tetapi ada juga pengaruh negatif internet, bagaikan mata uang dengan dua sisi, bergantung pada bagaimana kita menerima, memanfaatkan, dan menghadapinya.

Namun, tidak sedikit pula pengaruh negatif yang ditimbulkan internet. Beberapa berita, baik televisi maupun koran, melansir adanya penculikan anak atau kasus pelarian anak di bawah umur yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring sosial di internet. Sifat anak yang mudah percaya pada siapa pun memungkinkan terjadinya hal tersebut.

Kesimpulan

Semua pihak, baik orang tua, guru, pemerintah maupun siswa, diharapkan mencegah dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari internet bersama-sama. Pemerintah diharapkan dapat memblokir situs-situs yang tidak baik. Orang tua juga diharapkan dapat lebih memperhatikan anaknya agar anak dapat terus terpantau dan tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik.

 

7. Contoh Teks Diskusi tentang Lingkungan

Pembangkit Listrik Berbasis Sampah

Pendahuluan

Pembangkit Listrik Berbasis Sampah atau PLTSa adalah pengolah sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan yang memenuhi baku mutu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan dapat mengurangi volume sampah secara signifikan serta teruji. Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan.

Melihat sampah yang terus menumpuk, pemerintah berupaya untuk mengubah sampah menjadi sumber energi melalui pembangunan PLTSa. Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan meningkatkan peran listrik nasional berbasis energi terbarukan.

Hal ini juga dilakukan untuk memenuhi kesepakatan dalam Konferensi Paris (COP21) pada akhir 2015 silam di mana negara-negara anggota sepakat untuk mengurangi emisi karbon.

Isi (Rangkaian Argumen)

Namun, upaya ini tidak berjalan mulus. Pengurangan volume sampah, emisi karbon, hingga pemanfaatan energi terbarukan dari proses pengolahan sampah belum cukup. Pembangunan PLTSa ini menuai pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat.

Masyarakat menilai, adanya PLTSa ini mengancam lingkungan dan nyawa manusia. Pasalnya, PLTSa menggunakan incinerator yang berpotensi memperparah polusi udara dan menghasilkan zat beracun berupa dioxin. Dalam keadaan terburuk, dioxin dapat membahayakan sistem saraf hingga menyebabkan kanker.

Kontra lainnya adalah tidak siapnya lahan, tidak ada rencana induk persampahan, prosedur kebijakan dan mekanisme lelang yang tidak transparan, biaya pembangunan dan beban tipping fee tinggi, hingga pengalaman buruk yang pernah terjadi di negara lain.

Kesimpulan

Dengan begitu, pembangunan PLTSa sebagai upaya pemerintah dalam mengurangi volume sampah, emisi karbon, dan pemanfaatan sampah sebagai sumber energi memperoleh banyak penolakan dari masyarakat. Maka dari itu, sebaiknya diadakan kajian lebih lanjut mengenai pembangunan PLTSa di Indonesia.

Intermezo! Punya soal sulit? roboguru jawabannya! Kamu bisa mendapatkan pembahasan soal gratis dan otomatis lebih mudah di aplikasi roboguru.

IDN CTA Blog Roboguru Ruangguru 2022

 

8. Contoh Teks Diskusi tentang Peredaran Ganja Medis

Ganja untuk Pengobatan

Pendahuluan

Masyarakat pernah digegerkan dengan kasus penangkapan Fidelis Ari Sudarwoto karena kedapatan menanam ganja di rumahnya. Saat ditangkap, ia beralasan menanam ganja untuk pengobatan istrinya yang mengidap suatu penyakit yang belum bisa disembuhkan dengan berbagai metode pengobatan.

Isi (Rangkaian Argumen)

Menurut sejarah, ganja sebenarnya sudah dijadikan obat sejak 3000 tahun lalu. Bahkan, fakta ini sudah ditunjang oleh beberapa penelitian. Beberapa hasil studi juga mengungkapkan ganja dapat menjadi alternatif pengobatan di dunia medis.

Hingga saat ini, penggunaan ganja sebagai kepentingan medis masih menjadi perdebatan. Mereka beranggapan bahwa ganja termasuk jenis narkoba yang berbahaya untuk digunakan. Argumen ini juga didukung oleh beberapa hasil studi yang menyatakan bahwa pemakaian ganja dapat menimbulkan kerusakan mental dan memicu kanker.

Kesimpulan

Dari banyak studi yang ada, penggunaan ganja pada manusia memang memiliki dampak positif sekaligus negatif, terutama bagi kesehatan tubuh. Walaupun ganja bermanfaat bagi kepentingan medis, namun bukan berarti penggunaannya bisa dilegalkan.

Pasalnya, hal ini telah diatur dalam undang-undang. Apabila ganja digunakan walaupun dalam kebutuhan medis, maka akan melanggar hukum undang-undang di Indonesia. Maka dari itu, diperlukan penelitian lebih lanjut akan hal ini. Khususnya tentang dampak pemakaian ganja sebagai kebutuhan medis.

 

9. Contoh Teks Diskusi tentang Kesehatan

Mengonsumsi Teh

Pendahuluan

Ada sebagian orang yang menjadikan minum teh sebagai kebiasaan sehari-harinya. Misalnya, setiap sarapan harus disertai teh. Teh sejak 5000 tahun lalu sudah mulai dikonsumsi dan dikenal memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat teh adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi, teh ternyata juga memiliki dampak buruk.

Isi (Rangkaian Argumen)

Kandungan polyfenol dalam teh dikenal ampuh sebagai antioksidan. Selain itu, teh juga mengandung vitamin C dan E yang bisa menjaga kesehatan jantung. Kandungan betakaroten, kafein, dan fluor dalam teh dapat mencegah timbulnya karies pada gigi.

Tapi, jika teh dikonsumsi secara berlebihan bisa berdampak kurang baik juga pada kesehatan. Kafein yang berlebih dapat menghambat penyerapan makanan oleh tubuh. Selain itu juga bisa menjadikan ketergantungan sehingga badan kurang berstamina saat tidak meminumnya.

Kafein juga kurang baik bagi ibu yang sedang menyusui. Zat ini berdampak pada penurunan kualitas ASI. Bahkan, kandungan mineral dalam kafein yang dikonsumsi secara berlebih bisa berpotensi menyebabkan batu ginjal.

Kesimpulan

Maka dari itu, mengonsumsi teh tidak perlu berlebihan. Ada baiknya memberikan batasan dalam meminum teh. Dalam sehari maksimal minum teh adalah 5 cangkir ukuran 200 ml. Untuk merasakan manfaat teh, lebih baik diseduh dengan air yang tidak terlalu banyak dan hindari penambahan gula. Usahakan juga jangan mengonsumsi teh dalam keadaan perut kosong karena dapat memicu naiknya asam lambung.

 

10. Contoh Teks Diskusi tentang Media Sosial

Bijak Bermedia Sosial

Pendahuluan

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran media sosial membantu manusia untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi tentang segala hal. Sifatnya yang cepat dan tidak terbatas jarak-lah yang menjadikan media sosial banyak disenangi. Apalagi saat ini pilihan media sosial sangat beragam.

Isi (Rangkaian Argumen)

Media sosial membuat kita lebih mudah mendapatkan berbagai macam informasi. Mulai dari berita terkini, tips dan trik, hiburan, hingga memudahkan kita menyebarkan kreativitas. Kita juga jadi lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang yang secara jarak terpisah jauh.

Walaupun begitu, media sosial bisa juga berdampak buruk. Terlalu sering berselancar di media sosial berpotensi menjauhkan orang-orang yang seharusnya dekat. Misalnya, saat berkumpul dengan keluarga secara tatap muka, malah lebih banyak memegang gadget untuk mengakses media sosial masing-masing. Akhirnya kualitas obrolan langsung menjadi berkurang.

Kesimpulan

Nah, maka dari itu, kita harus pandai untuk membatasi diri. Jangan sampai terlena dengan kelebihan yang ditawarkan oleh media sosial hingga akhirnya abai dengan kehidupan nyata. Ada baiknya untuk membatasi waktu yang dihabiskan dalam bermain media sosial. Sebagai manusia, kita harus bijak dalam menggunakan media sosial.

Baca Juga: Unsur-Unsur Kebahasaan Teks Diskusi

 

11. Contoh Teks Diskusi tentang Teknologi

Pengaruh Positif dan Negatif Internet bagi Pelajar

Pendahuluan

Perkembangan internet yang kian cepat tentunya sangat merubah pola kehidupan menusia, termasuk pelajar. Adanya internet bagi para pelajar, mampu memberikan sisi positif maupun negatif. Contohnya, kemudahan komunikasi, mengakses informasi, hiburan, sampai sarana belajar.

Isi (Rangkaian Argumen)

Pengaruh positif internet dalam kegiatan pembelajaran, di antaranya:

  • Memudahkan akses informasi dan komunikasi, sehingga siswa bisa mencari sumber referensi tambahan selain di sekolah.
  • Memudahkan komunikasi, sehingga pengumpulan dan pengerjaan tugas sekolah juga jauh lebih mudah.
  • Dengan mengenal internet sejak sekolah, siswa diharapkan tidak akan menjadi orang yang gagap teknologi, dan bisa bersaing di era globalisasi saat ini.

 

Sedangkan, pengaruh negatif internet dalam kegiatan pembelajaran di antaranya:

  • Terbukanya akses informasi melalui internet bisa disalahgunakan siswa untuk mengakses konten yang tidak seharusnya.
  • Kecanduan gawai yang berefek pada produktivitas dan interaksi siswa dengan lingkungan sosial.

 

Kesimpulan

Internet memang diciptakan untuk memudahkan mobilitas kegiatan manusia, terutama bagi pelajar. Namun, jika digunakan secara tidak bijak, akan menimbulkan dampak negatif bagi siswa. Oleh karena itu, penggunaan internet bagi siswa juga perlu pengawasan orang tua, serta tahu batasannya.

 

12. Contoh Teks Diskusi tentang Teknologi Transportasi

Dampak Transportasi bagi Kehidupan Sehari-hari

Pendahuluan

Di zaman modern ini, transportasi telah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Tranportasi memiliki peran yang sangat penting karena telah membantu manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. Kini, banyak orang juga sudah dapat memanfaatkan transportasi umum yang semakin berkembang dan mudah diakses. Tidak dapat dipungkiri, transportasi memberikan kemudahan bagi manusia dalam menjalankan rutinitas mereka sehari-hari. Namun, kemudahan tersebut juga memiliki dampak positif dan negatif.

Isi (Rangkaian Argumen)

Transportasi memberikan banyak pengaruh positif, termasuk kemudahan bagi manusia untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Orang yang bekerja di lokasi yang jauh dari rumah, biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan perjalanan. Beberapa dari mereka bahkan harus menyewa tempat tinggal sementara. Dengan adanya transportasi ini, masyarakat tidak perlu lagi direpotkan dengan hal-hal seperti itu.

Transportasi juga dapat meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat. Dalam hal ini, transportasi dapat membawa atau mengirim barang dari lokasi yang dekat maupun jauh. Selain itu, ada banyak anak sekolah yang sekarang bisa menggunakan transportasi umum untuk pergi ke sekolah dengan biaya yang lebih murah.

Di samping manfaat positif yang dihasilkan oleh kemajuan teknologi transportasi saat ini, ada juga dampak negatif yang dimilikinya. Salah satunya kemacetan di jalan. Hal ini bisa disebabkan oleh perilaku pengguna jalan yang melanggar aturan lalu lintas, seperti supir angkutan yang berhenti sembarangan untuk menunggu penumpang.

Dampak negatif lain dari adanya transportasi adalah kecelakaan. Banyak pengguna jalan yang tidak mengikuti aturan, seperti menerobos lampu merah dan palang pintu kereta api. Selain itu, ada juga anak-anak di bawah umur yang mengendarai kendaraan bermotor. Hal ini dapat membahayakan keselamatan mereka karena kurangnya pengalaman dan kematangan mental.

Simpulan

Agar terhindar dari pengaruh negatif dari adanya transportasi, diharapkan semua pihak seperti orang tua, pengguna jalan, maupun pengendara bisa bekerja sama intuk mencegahnya. Anak-anak yang belum cukup umur seharusnya tidak diperbolehkan mengendarai kendaraan bermotor, sedangkan para orang tua harus meningkatkan pengawasan terhadap anak-anak mereka agar tidak mengendarai kendaraan tersebut. Selain itu, pemerintah diharapkan dapat menegakkan aturan lalu lintas dengan tegas untuk meminimalkan dampak negatif dari transportasi.

 

13. Contoh Teks Diskusi tentang Teknologi di Era Globalisasi

Kemajuan Teknologi di Era Globalisasi

Pendahuluan

Di era globalisasi saat ini, kemajuan teknologi berkembang dengan sangat cepat. Banyak negara maju maupun berkembang yang saling berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi yang canggih. Adanya teknologi saat ini, berpengaruh besar terhadap kehidupan manusia. Tak bisa dipungkiri, banyak orang bergantung pada teknologi di kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu, kita perlu memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi secara tepat dan bijaksana.

Isi (Rangkaian Argumen)

Salah satu contoh teknologi yang tidak bisa lepas dari genggaman kita adalah gadget. Dengan adanya gadget, manusia dapat lebih mudah mengakses informasi, melakukan transaksi secara online, bahkan berkomunikasi dengan orang lain di lokasi yang berbeda. Di bidang pendidikan sendiri, teknologi dimanfaatkan untuk media pembelajaran. Dengan adanya teknologi dan internet, para siswa jadi lebih mudah untuk mengakses informasi, belajar di mana pun, dan kapan pun.

Berbeda halnya dengan zaman dulu, ketika teknologi belum secanggih sekarang, banyak orang yang kesulitan dalam berkomunikasi. Kita harus menulis surat terlebih dahulu, lalu mengirimkannya ke kantor pos. Tidak hanya itu, kita juga perlu bersusah payah memasarkan barang dagangan di pasar agar laku terjual.

Kesimpulan

Dari sini dapat disimpulkan, perkembangan teknologi yang cukup pesat di era globalisasi saat ini sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Baik itu dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan bidang lainnya. Kita juga dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi dengan baik dan bijak, seperti tidak berlebihan dalam menggunakan teknologi agar tidak menjadi negatif untuk diri kita, maupun orang lain.

 

14. Contoh Teks Diskusi tentang Kenakalan Remaja

Isu Kenakalan Remaja

Pendahuluan

Remaja memegang peranan penting dalam perkembangan bangsa. Hal ini karena remaja merupakan generasi penerus yang akan membawa perubahan bagi masa depan bangsa. Namun, saat ini, permasalahan terkait remaja menjadi salah satu isu sosial yang harus dihadapi. Semakin berkembangnya budaya barat (westernisasi) membuat lingkungan yang bebas bagi remaja.

Oleh karena itu, isu kenakalan remaja harus diperhatikan oleh masyarakat luas. Tidak hanya keluarga sebagai lingkungan pertama dan utama dalam mendidik anak, tetapi sekolah dan masyarakat juga harus ikut berperan aktif dalam menangani masalah kenakalan remaja ini.

Isi (Rangkaian Argumen)

Masalah kenakalan remaja akan berdampak buruk bagi berbagai kelompok. Mulai dari keluarga, sekolah, sampai masyarakat. Di lingkungan keluarga sendiri, para remaja ini bisa saja menyakiti hati orang tua mereka, bolos sekolah, sampai melakukan kegiatan yang negatif.

Sementara itu, dampak kenakalan remaja di lingkungan sekolah, mereka bisa mempengaruhi teman sepermainannya dan menunjukan perilaku yang tidak sesuai dengan sistem yang ada di sekolah. Hal ini dapat merugikan sekolah, serta memberikan reputasi buruk bagi remaja dan sekolah.

Kenakalan remaja juga berdampak ke masyarakat. Karena seharusnya remaja dapat membantu masyarakat melakukan kegiatan positif. Namun, jika remaja terlibat dalam perilaku negatif, hal ini akan menimbulkan masalah dan merepotkan masyarakat.

Kesimpulan

Dampak buruk dari kenakalan remaja di atas harus dicegah dan dihindari. Sebagai salah satu bagian dari masyarakat, alangkah baiknya permasalahan tentang kenakalan remaja ini diatasi bersama. Oleh karena itu, harus dilakukan kerjasama antar pemerintah dengan masyarakat. Sebagai contoh, pemerintah dapat melakukan penyuluhan kepada orang tua tentang cara mendidik anak. Sehingga dengan adanya penyuluhan ini Anda dapat mengatasi persoalan kenakalan remaja.

 

15. Contoh Teks Diskusi tentang Narkoba

Bahaya Narkoba bagi Generasi Muda

Pendahuluan

Narkoba adalah zat dan obat berbahaya yang bersifat adiktif. Narkoba dapat memberikan banyak dampak buruk bagi kesehatan penggunanya. Dampak buruk tersebut bisa semakin parah jika narkoba dikonsumsi dalam jangka panjang dan jumlah yang besar.

Isi (Rangkaian Argumen)

Dampak buruk narkoba bagi kesehatan, di antaranya:

  • Kerusakan saraf dan otak,
  • Kerusakan paru-paru,
  • Mengalami mual dan muntah,
  • Menurunkan nafsu makan dan berat badan,
  • Disfungsi organ reproduksi, dsb.

 

Namun, sebenarnya penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan menimbulkan efek negatif jika dilakukan sesuai dengan aturan yang benar. Bahkan, zat-zat psikotropika dapat digunakan untuk tujuan pengobatan yang sah.

Kesimpulan

Setelah menyadari dampak buruk yang ditimbulkan oleh narkoba, disarankan untuk menghindari penggunaan obat-obatan terlarang tersebut. Selain itu, tetap berhati-hati dalam bergaul agar tidak terjebak dalam pergaulan bebas.

Baca Juga: Penyampaian Gagasan dan Tanggapan dalam Diskusi

 

16. Contoh Teks Diskusi tentang Perlunya Literasi Politik untuk Remaja

Perlunya Literasi Politik untuk Remaja

Pendahuluan
Literasi politik menjadi suatu keharusan, terutama untuk remaja yang merupakan pilar masa depan bangsa. Dalam diskusi ini, kita akan mengevaluasi perlunya literasi politik bagi remaja sebagai langkah penting dalam membentuk kritis, partisipatif, dan bertanggung jawab terhadap dunia politik.

Isi (Rangkaian Argumen)
Pentingnya literasi politik bagi remaja dapat dilihat dari kemampuan mereka dalam mengakses dan menganalisis informasi politik. Melalui pemahaman yang baik, remaja dapat mengembangkan pikiran kritis terhadap isu-isu politik yang kompleks dan seringkali kontroversial.

Selain itu, literasi politik membekali remaja dengan pengetahuan tentang hak dan kewajiban dalam sistem demokrasi. Mereka menjadi lebih sadar akan peran mereka dalam memilih pemimpin, memberikan suara, dan berpartisipasi aktif dalam proses politik. Dengan literasi politik, remaja dapat menjadi agen perubahan yang memiliki pandangan yang matang terhadap tatanan sosial dan politik.

Namun, tantangan muncul dalam bentuk penyebaran informasi palsu atau hoaks. Oleh karena itu, literasi politik juga mencakup kemampuan memfilter dan memverifikasi informasi, sehingga remaja dapat membuat keputusan politik berdasarkan fakta yang akurat.

Kesimpulan
Literasi politik bagi remaja tidak hanya tentang pemahaman konsep-konsep politik, tetapi juga mengenai bagaimana mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dengan meningkatnya literasi politik, kita dapat membentuk generasi muda yang cerdas, kritis, dan aktif dalam membentuk arah masa depan politik negara. Oleh karena itu, penguatan literasi politik harus menjadi prioritas dalam pendidikan remaja untuk menciptakan masyarakat yang lebih demokratis dan sadar akan hak-hak serta tanggung jawab mereka.

 

17. Contoh Teks Diskusi tentang Pentingnya Pemahaman Kesehatan Reproduksi bagi Remaja

Pentingnya Pemahaman Kesehatan Reproduksi bagi Remaja

Pendahuluan
Kesehatan reproduksi merupakan aspek penting dalam kehidupan remaja yang sering kali dihadapi dengan tantangan dan pertanyaan. Dalam diskusi ini, kita akan membahas mengapa pemahaman kesehatan reproduksi sangat vital bagi remaja sebagai langkah menuju hidup sehat dan bertanggung jawab.

Isi (Rangkaian Argumen)
Pentingnya pemahaman kesehatan reproduksi bagi remaja terletak pada fakta bahwa mereka berada pada fase perkembangan yang krusial. Pemahaman ini membantu mereka menjalani perubahan fisik dan emosional dengan lebih baik, menghindari risiko kesehatan yang mungkin timbul, dan membuat keputusan yang cerdas terkait hubungan dan seksualitas.

Melalui literasi kesehatan reproduksi, remaja dapat memahami pentingnya perlindungan diri dari penyakit menular seksual (PMS) dan kehamilan yang tidak direncanakan. Edukasi ini juga memberikan pemahaman tentang penggunaan alat kontrasepsi yang tepat dan konsisten, serta pentingnya kesehatan reproduksi dalam merencanakan masa depan.

Namun, tantangan muncul dalam bentuk stigma sosial dan kurangnya akses terhadap informasi yang akurat. Oleh karena itu, perlu ada upaya lebih lanjut dalam memberikan akses mudah dan aman terhadap informasi kesehatan reproduksi, serta mengurangi stigma yang mungkin menghambat remaja untuk mencari pengetahuan lebih lanjut.

Kesimpulan
Pemahaman kesehatan reproduksi bukan hanya tentang pencegahan, melainkan juga tentang memberdayakan remaja untuk membuat keputusan yang sehat dan bijak terkait dengan tubuh dan hubungan mereka.

Dengan meningkatnya literasi kesehatan reproduksi, kita dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan remaja yang bertanggung jawab, sehat, dan bermartabat.

Pendidikan kesehatan reproduksi perlu diperkuat sebagai bagian integral dari kurikulum pendidikan untuk memastikan bahwa setiap remaja memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola kesehatan reproduksinya dengan baik.

 

18. Contoh Teks Diskusi tentang Mencegah Penyimpangan Sosial bagi Remaja

Mencegah Penyimpangan Sosial bagi Remana

Pendahuluan
Penyimpangan sosial menjadi perhatian serius di kalangan remaja yang dapat berdampak buruk pada perkembangan mereka. Dalam diskusi ini, kita akan membahas mengapa pencegahan penyimpangan sosial sangat penting bagi remaja sebagai langkah untuk membangun masyarakat yang lebih aman dan beradab.

Isi (Rangkaian Argumen)
Mencegah penyimpangan sosial pada remaja penting karena fase perkembangan mereka yang rentan terhadap pengaruh luar. Edukasi yang kuat tentang nilai-nilai moral dan etika sosial dapat membantu remaja memahami konsekuensi dari perilaku menyimpang, seperti kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, dan perilaku kriminal.

Selain itu, pembangunan keterampilan sosial dan emosional juga berperan kunci dalam pencegahan penyimpangan sosial. Remaja yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, memiliki harga diri yang kuat, dan dapat menangani tekanan emosional, cenderung lebih mampu menghindari perilaku menyimpang.

Namun, tantangan dalam pencegahan penyimpangan sosial melibatkan faktor lingkungan dan sosial. Dukungan keluarga, sekolah, dan komunitas memainkan peran penting dalam membentuk perilaku remaja. Oleh karena itu, perlu adanya sinergi di antara berbagai pihak untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan positif remaja.

Kesimpulan
Pencegahan penyimpangan sosial pada remaja bukan hanya tanggung jawab individu, tetapi juga tanggung jawab bersama keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Dengan memberikan pendekatan holistik, melibatkan remaja dalam kegiatan positif, dan menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan mereka, kita dapat membentuk generasi yang lebih bertanggung jawab, berdaya, dan dapat menghindari perilaku menyimpang yang merugikan diri mereka dan masyarakat.

Membangun pemahaman dan kesadaran tentang konsekuensi dari penyimpangan sosial perlu diintegrasikan ke dalam program pendidikan dan sosialisasi remaja.

 

19. Contoh Teks Diskusi tentang Reklamasi di Pantai Jakarta

Reklamasi di Pantai Jakarta

Pendahuluan
Rencana reklamasi di Pantai Jakarta menjadi fokus perdebatan yang memicu kekhawatiran dan pertanyaan serius. Dalam diskusi ini, kita akan mengevaluasi isu-isu terkait reklamasi di Pantai Jakarta, mengapa hal ini menjadi perhatian masyarakat, dan bagaimana solusi dapat diupayakan.

Isi (Rangkaian Argumen)
Reklamasi di Pantai Jakarta menimbulkan keprihatinan utama terhadap kerusakan lingkungan, khususnya dampak terhadap ekosistem laut dan kehidupan nelayan. Pentingnya literasi lingkungan terletak pada pemahaman kita terhadap dampak reklamasi pada keseimbangan ekosistem dan keberlanjutan lingkungan.

Dampak reklamasi tidak hanya terbatas pada kerusakan ekosistem, tetapi juga melibatkan aspek-aspek sosial dan ekonomi. Pemahaman mendalam tentang dampak ini menjadi kunci untuk mencari solusi yang adil dan berkelanjutan, mengintegrasikan kepentingan pembangunan dengan pelestarian lingkungan.

Tantangan terbesar adalah kurangnya keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan. Oleh karena itu, perlu ada transparansi dan partisipasi aktif masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan proyek reklamasi ini.

Kesimpulan
Diskusi mengenai reklamasi di Pantai Jakarta harus mencakup pemahaman yang komprehensif tentang dampaknya. Literasi lingkungan menjadi kunci untuk membentuk opini yang terinformasi dan memastikan bahwa solusi yang diusulkan mengintegrasikan kebutuhan pembangunan dengan perlindungan lingkungan.

Dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan, kita dapat mencapai keseimbangan yang lebih baik antara pembangunan dan keberlanjutan lingkungan.

Baca Juga: Pengertian Teks Laporan Percobaan, Ciri, Struktur & Kebahasaannya

 

20. Contoh Teks Diskusi tentang Deforestasi di Hutan Kalimantan

Deforestasi di Hutan Kalimantan

Pendahuluan
Deforestasi di hutan Kalimantan menjadi sorotan global yang menimbulkan keprihatinan mendalam. Dalam diskusi ini, kita akan membahas mengapa deforestasi di hutan Kalimantan menjadi isu yang mendesak, dampaknya, serta upaya yang dapat diambil untuk menjaga keberlanjutan hutan ini.

Isi (Rangkaian Argumen)
Deforestasi di Hutan Kalimantan memiliki dampak signifikan terhadap keanekaragaman hayati dan keseimbangan ekosistem. Pentingnya literasi lingkungan terletak pada pemahaman kita tentang konsekuensi jangka panjang, termasuk hilangnya habitat bagi berbagai spesies, perubahan iklim, dan meningkatnya risiko bencana alam.

Dalam upaya mengatasi deforestasi, penting untuk memahami penyebab utama di balik praktik ini, seperti perambahan lahan untuk pertanian dan industri. Dengan pemahaman yang mendalam, kita dapat mencari solusi yang berkelanjutan, seperti pengelolaan hutan yang bijaksana, promosi penggunaan sumber daya alam secara bertanggung jawab, dan pelestarian kawasan hutan kritis.

Tantangan utama dalam mengatasi deforestasi adalah keseimbangan antara kebutuhan pembangunan dan pelestarian hutan. Oleh karena itu, perlunya keterlibatan aktif pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam merumuskan kebijakan yang mendukung keberlanjutan hutan Kalimantan.

Kesimpulan
Diskusi mengenai deforestasi di hutan Kalimantan harus membawa pemahaman tentang tanggung jawab bersama dalam menjaga hutan yang merupakan aset berharga bagi kehidupan di planet ini.

Dengan meningkatkan literasi lingkungan, kita dapat berpartisipasi dalam upaya pelestarian, mendukung kebijakan yang berkelanjutan, dan mendorong praktik-praktik yang mempertahankan kelestarian hutan Kalimantan untuk generasi mendatang.

Setelah membaca contoh teks diskusi beserta strukturnya ini, kamu sudah paham kan jika diminta untuk memaparkan argumen tentang permasalahan yang saat ini sedang hangat? Yuk, baca materi lain di ruangbelajar bersama Ruangguru!

Ruangbelajar

 

Referensi:

Trianto, A. dkk. 2018. Bahasa Indonesia Kelas IX. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Waluyo, N. S. D. 2022.

Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya. [daring]. Tautan: Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya (detik.com) diakses pada 20 Maret 2022.

Utama, Christantio. 2022. 5 Contoh Teks Diskusi Singkat Berbagai Tema dan Strukturnya yang Benar. [daring]. Tautan: 5 Contoh Teks Diskusi Singkat Berbagai Tema dan Strukturnya yang Benar | Rumah123.com diakses pada 20 Maret 2022.

Artikel ini telah diperbarui pada 22 Februari 2023, kemudian diperbarui lagi pada 31 Januari 2024.

Dinda Silviana Dewi