18 Contoh Teks Pidato beserta Struktur, Tujuan & Jenis | Bahasa Indonesia Kelas 9

Contoh Teks Pidato

Artikel Bahasa Indonesia kelas 9 ini menyajikan beragam contoh teks pidato beserta struktur, tujuan, dan jenisnya. Yuk, disimak!

 

Hai, gengs! Saat melihat gambar di atas, apa sih yang ada di benak kamu? Yup, benar gambar di atas merupakan ilustrasi orang berpidato.

Kegiatan berpidato seringkali kita temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya di sekolah, pada kegiatan keagamaan, maupun kegiatan lain di lingkungan tempat tinggal. Melalui artikel ini, kita akan belajar pengertian, tujuan, struktur, dan jenis-jenis pidato. Yuk, simak bersama!

 

Pengertian Pidato

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Dengan demikian, pidato merupakan teks yang memuat ungkapan pikiran, gagasan, pendapat, serta pengetahuan seseorang terhadap suatu hal yang akan disampaikan di depan umum.

Orang  yang berpidato disebut orator. Dalam berpidato, orator akan menyampaikan isi pidato sesuai tema yang telah ditentukan. Contohnya kamu dapat menyampaikan pidato bertema kesehatan pada  kegiatan donor darah atau menyampaikan pidato dengan tema semangat nasionalisme dalam peringatan  HUT Kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Membahas Teks Pidato: Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur, dan Metodenya

 

Tujuan Pidato

Berdasarkan isi dan penyampaiannya tujuan pidato, yakni sebagai berikut.

1. Sambutan atau sapaan

Bertujuan untuk menyapa para tamu yang hadir dalam sebuah kegiatan, contohnya pidato peresmian sebuah gedung atau pidato pembukaan sebuah acara.

2. Informatif

Bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak mengenai suatu peristiwa atau fenomena,  contohnya konferensi pers.

3. Persuasif

Bertujuan memengaruhi atau mengajak khalayak untuk melakukan sesuatu,  contohnya pidato tentang pentingnya vaksinasi Covid-19.

4. Rekreatif

Bertujuan menghibur khalayak  melalui lelucon atau humor.

Baca Juga: Contoh-Contoh Teks Laporan Percobaan Singkat beserta Strukturnya

 

Struktur Teks Pidato

Struktur teks pidato terdiri dari tiga bagian, yaitu pembukaan, isi, dan penutup. Nah, berikut penjelasan lengkapnya, ya!

struktur teks pidato

 

Contoh Teks Pidato

Setelah mengetahui pengertian, tujuan, dan struktur teks pidato, biar semakin paham, yuk simak beberapa contoh teks pidato dalam berbagai tema berikut ini!

 

1. Contoh teks pidato tentang kebersihan

Selamat pagi/siang/malam.

Semoga kita semua berada dalam lindungan Tuhan. Aamiin.

Marilah kita ucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan rahmat-Nya kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat.

Pada kesempatan hari ini, izinkan saya menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan kelas.

Rasulullah SAW bersabda, “Annadhofatu minal iman.” Artinya, kebersihan adalah sebagian dari iman. Oleh karena itu, iman tidak hanya beribadah saja, tetapi juga menjaga kebersihan jika kita kotor maka ibadah kita tidak akan diterima.

Saya mengharap kesadaran teman-teman untuk melakukan tugas piket agar kelas kita menjadi bersih. Bukankah bila kelas bersih membuat kalian nyaman belajar? Mari kita selalu menjaga  kebersihan kelas.

Ayo kita bekerja sama dan saling bergotong-royong saat piket sehingga kelas selalu bersih dan nyaman.

Demikian pidato dari saya. Kalau ada kesalahan kata, mohon dimaklumi dan dimaafkan.

Terima kasih.

 

2. Contoh teks pidato tentang Covid-19

Selamat pagi/siang/malam semuanya.

Mari kita mengucap puji syukur kepada Tuhan sehingga saya dan kawan-kawan masih bisa berada di sini dalam keadaan sehat.

Di Indonesia pandemi Covid-19 belum berakhir. Semakin hari, angka korban positif dan kematian semakin meningkat. Oleh sebab itu, tidak pernah bosan bagi saya untuk mengajak kawan-kawan menaati protokol kesehatan sebagaimana telah disarankan para  pakar kesehatan dan tenaga medis. 

Marilah kita senantiasa menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak untuk menekan penyebaran Covid-19. Protokol kesehatan ini penting, selain untuk menjaga diri sendiri, kepatuhan ini dapat menjaga keluarga dan orang di sekitar kita.

Sekian yang ingin saya sampaikan. Biarlah ini menjadi perhatian kita semua.

Semoga sehat selalu.

 

3. Contoh teks pidato perpisahan sekolah

Salam sejahtera, teman-teman semuanya.

Hadirin sekalian, marilah kita bersyukur kepada Tuhan Maha Esa karena atas izinnya kita bisa berkumpul pada acara perpisahan ini dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun.

Tidak terasa waktu berlalu dengan cepat hingga hari ini menjadi hari terakhir kita berkumpul sebagai siswa SD/SMP/SMA di sekolah kita tercinta. Kini, kita sedang bersiap-siap menuju perjalanan kehidupan yang baru. 

Meski demikian, perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya. Marilah kita selalu ingat pada pelajaran-pelajaran di sekolah agar jadi pedoman seumur hidup. 

Kita semua tahu di mana ada perjumpaan, pasti ada perpisahan. Semoga perpisahan ini tidak mengakhiri pertemanan kita semua. 

Selanjutnya, saya, mewakili teman-teman ingin berterima kasih kepada guru-guru dan staf yang sudah membina kami selama bersekolah di sini. Semoga Allah membalas semua kebaikan dan ilmu yang diberikan kepada saya dan teman-teman.

Semoga kita selalu berada di jalan-Nya dan semua cita-cita kita tercapai. Aamiin.

 

4. Contoh teks pidato tentang globalisasi dalam bahasa Inggris

Good morning.

Nowadays, we live in the globalization era and this world is absolutely affected by that. What is the meaning of globalization? Although, it is a term we all often heard about.

Globalization is a process of transformation of local or regional phenomena into global or international phenomena. Not only the economy, globalization includes the transformation of technology, socio-culture, and political forces.

Living in this era, there are many challenges we have now. We shouldn’t deny that globalization is related to competition and ability to survive. Although it brings us benefits, globalization also has disadvantages. We just have to be careful choosing which effect is good for us.

Thank you very much.

 

5. Contoh teks pidato tentang lingkungan

Selamat pagi/siang/malam semuanya

Para hadirin yang saya hormati, marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua.

Selain menyambung tali silaturahmi, kita berkumpul di sini sekaligus akan membahas mengenai kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan harus kita rawat dan jaga. Dengan lingkungan yang bersih, suasana pun akan nyaman dan meningkatkan kualitas hidup kita bersama. Selain itu, bencana seperti banjir pun bisa terhindarkan.

Oleh karena itu, hal pertama yang bisa kita lakukan dalam menjaga lingkungan sekitar adalah dengan gotong royong. Kita bisa gotong royong untuk membersihkan gorong-gorong, menyiapkan tempat sampah di setiap rumah, dan mulai memilah mana sampah yang bisa diolah kembali dan tidak. 

Kesadaran membuang sampah pada tempatnya harus kita pupuk sejak dini. Selain itu, kerja bakti rutin setiap bulan sebaiknya kita galakkan. 

Sekian pidato dari saya. Mohon maaf jika banyak kekurangan dan kesalahan.

Terima kasih.

Baca Juga: Yuk, Kita Belajar Cara Menganalisis Teks Pidato!

 

6. Contoh teks pidato persuasif tentang menjaga kebersihan sungai

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua.

Bapak dan Ibu tamu undangan serta para hadirin yang saya hormati, marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat-Nya kepada kita semua.

Hadirin sekalian, kehidupan orang Banjar di Kalimantan Selatan lekat dengan budaya sungai, sebagaimana tergambar pada permukiman tradisional Banjar yang berada di pinggiran sungai dan aktivitas pasar terapung (floating market).

Permukiman tradisional orang Banjar dapat ditemui di daerah yang dilewati oleh sungai besar maupun kecil. Di antara sekian banyak sungai itu, daerah aliran sungai terpenting dalam sejarah Banjar adalah Sungai Tabalong dan Sungai Martapura. Konsentrasi permukiman penduduk terdapat di sepanjang sungai itu mulai dari Tabalong, Kelua, Alabio, Sungai Banar, Amuntai, Babirik, Nagara, Muara Rampiau, Muara Bahan sampai dengan Banjarmasin (Saleh, 1986).

Pada permukiman di tepian sungai, antara rumah satu dengan yang lain dihubungkan dengan titian, dan setiap rumah memiliki batang, yaitu sejenis rakit yang ditempatkan di sungai depan rumah yang berfungsi sebagai tempat mandi, cuci, dan jamban (MCK), serta sekaligus tempat menambatkan jukung.

Karena sungai bagi masyarakat Banjar, khususnya yang tinggal di tepian sepanjang sungai, tidak hanya sebagai tempat arus transportasi atau mobilisasi manusia, tetapi tempat pemasaran komoditas perdagangan dan pemenuhan kebutuhan rumah tangga, seperti air minum, mandi, dan lain-lain.

Oleh karena itu sungai perlu dijaga kebersihannya, yaitu tidak membuang sampah ke sungai, dan tidak membuat MCK di pinggiran sungai yang menyumbang tercemarnya air sungai. Pencemaran tidak hanya bakteri koli, berbagai limbah yang secara langsung maupun tidak langsung dapat membahayakan kesehatan bagi masyarakat, sebab pemenuhan kebutuhan rumah tangga seperti air minum bersumber pada air sungai.

Bagi mereka yang tinggal di bantaran sungai diharapkan membuat kamar mandi permanen agar tinja sebagai biang bakteri koli tidak merembes ke sungai dan tidak membuang sampah pada aliran sungai. Marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita, khususnya menjaga kebersihan air sungai dengan menghindari kebiasaan membuang sampah, termasuk kebiasaan buang air besar di sungai, dengan membuat jamban di rumah.

Jadi, mari kita jaga kebersihan sungai kita, karena dengan sungai yang
bersih, hidup menjadi sehat!

Demikianlah yang saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika ada tutur kata yang salah, saya mohon maaf. Sekian terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

7. Contoh teks pidato persuasif tentang budaya bersih

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Kepada yang terhormat Bapak Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Permata dan Bapak Ibu Tutor, serta teman-teman semua yang saya cintai.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul pada siang hari ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup.

Maka dari itu, perkenankanlah saya menyampaikan sedikit ulasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan PKBM kita dan menjadikan budaya bersih dalam kehidupan sehari-hari.

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting guna menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat akan meminimalisir penyebaran penyakit dan akan memberikan kenyamanan saat berada di lingkungan tersebut.

Oleh karena itu, lingkungan juga merupakan faktor pendorong keberhasilan proses belajar-mengajar di kelas. Warga belajar dan tutor akan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif karena didukung oleh keadaan lingkungan yang nyaman.

Marilah kita sebagai warga belajar Paket B dapat menjaga kebersihan lingkungan PKBM dimulai dari diri sendiri, seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan barang-barang di laci karena dapat menjadi sarang nyamuk. Dengan demikian, menjaga kebersihan lingkungan menjadi sangat penting guna menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.

Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga warga PKBM Permata kita semua dapat menjadi partisipan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan dan budaya bersih.

Terima kasih atas perhatian yang hadirin berikan, apabila ada salah kata ataupun hal-hal kurang berkenan, saya mohon maaf. Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga: Contoh-Contoh Teks Diskusi, Lengkap berdasarkan Strukturnya!

 

8. Contoh teks pidato persuasif tentang menabung

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam sejahtera untuk Bapak/Ibu Guru, teman-teman sekalian, dan hadirin yang saya hormati.

Hari ini, saya ingin berbicara tentang suatu kebiasaan yang sederhana namun memiliki dampak besar dalam kehidupan kita, yaitu menabung. Menabung adalah tindakan bijaksana yang tidak hanya berdampak pada diri kita sendiri, tetapi juga pada masa depan yang lebih baik.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan ini, kita sering dihadapkan pada berbagai kebutuhan dan impian. Mulai dari pendidikan yang lebih tinggi, memiliki tempat tinggal yang layak, hingga merencanakan pensiun yang nyaman. Semua itu memerlukan persiapan yang matang, dan menabung adalah salah satu cara untuk mewujudkannya.

Dengan menabung, kita memiliki landasan yang kuat untuk menghadapi masa depan. Ketika kita mengalokasikan sebagian dari pendapatan kita untuk ditabung, kita sedang membangun pondasi keuangan yang kokoh. Ini akan memberikan perlindungan dalam situasi darurat dan memberi kita kebebasan finansial untuk mencapai impian kita.

Menabung juga mengajarkan kita tentang disiplin dan pengaturan keuangan. Kita belajar untuk hidup di bawah batas pengeluaran yang telah ditetapkan dan menghindari utang yang tidak perlu. Kelebihan pengeluaran yang seringkali menjerat banyak orang dapat dihindari dengan kebiasaan menabung yang baik.

Saya mengajak kita semua, mulai dari diri sendiri, untuk mengambil langkah kecil ini menuju perubahan positif. Mari alokasikan sebagian kecil dari uang saku atau penghasilan kita untuk ditabung. Setiap rupiah yang kita sisihkan akan membawa kita lebih dekat pada impian kita.

Dalam menghadapi tantangan keuangan dan ketidakpastian masa depan, menabung adalah sahabat setia yang akan selalu mendukung kita. Jadikan menabung sebagai gaya hidup yang melekat dalam diri kita, agar kita tidak hanya menjalani hari ini, tetapi juga mempersiapkan masa depan dengan penuh keyakinan.

Terima kasih atas perhatian Anda. Marilah kita bersama-sama menjadikan menabung sebagai langkah awal menuju kesuksesan dan kesejahteraan. Semoga kita semua bisa meraih impian kita. Terima kasih.

Sekian pidato dari saya, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

9. Contoh teks pidato islami tentang Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Saudara-saudara yang saya muliakan, Bapak Ketua Majelis Ta’lim Nurul Hidayah, para Bapak dan Ibu RT 12 RW 5, serta teman-teman yang saya cintai.

Marilah kita mulai perjumpaan kita ini dengan pujian kepada Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, atas segala rahmat dan hidayah-Nya, kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul dalam keadaan sehat dan penuh berkah seperti hari ini.

Hari ini, di tengah-tengah rangkaian kegiatan kita, marilah kita mengarahkan pandangan dan hati kita untuk sejenak merenungkan tentang satu sosok yang telah menjadi cahaya bagi seluruh alam, yaitu Nabi Besar Muhammad Rasulullah ﷺ.

Dalam hidupnya, Nabi Muhammad ﷺ adalah teladan utama yang tak hanya membawa risalah Ilahi, tetapi juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Beliau adalah perwujudan cinta dan rahmat, pedoman hidup yang mengajarkan kita untuk saling mencintai, menghormati, dan membantu sesama manusia.

Seiring dengan peringatan Maulid Nabi ini, kita diingatkan untuk menghidupkan ajaran-ajaran mulia beliau dalam setiap aspek kehidupan kita. Seperti Nabi Muhammad ﷺ yang peduli terhadap kebersihan, kita pun diajak untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat kita berada. Kita dapat mengambil inspirasi dari beliau dalam menjadikan lingkungan kita bersih, sehat, dan nyaman, sehingga kita pun dapat mencerminkan ciri-ciri keteladanan beliau.

Selain itu, dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, Nabi Muhammad ﷺ selalu mendorong umatnya untuk mencari ilmu dari buaian hingga liang lahat. Oleh karena itu, marilah kita juga mengambil semangat tersebut untuk terus belajar dan berusaha mencapai prestasi dalam dunia pendidikan, seperti yang kita lakukan di Majelis Ta’lim Nurul Hidayah ini.

Sebagai warga RT 12 RW 5, marilah kita menjadikan momentum ini sebagai panggilan untuk meningkatkan kualitas diri kita dalam bingkai ajaran Islam. Mari kita ciptakan lingkungan belajar yang penuh dengan semangat cinta kasih, saling membantu, dan saling menginspirasi, sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhammad ﷺ.

Saudara-saudara yang saya cintai, mari kita peringati Maulid Nabi ini dengan meneladani akhlak dan keteladanan beliau dalam segala aspek kehidupan kita. Semoga kita mampu menjadikan ajaran beliau sebagai pedoman dalam menghadapi setiap tantangan, serta mampu menyebarkan cahaya kasih sayang kepada seluruh alam.

Akhir kata, saya sampaikan terima kasih atas perhatian dan kesempatan ini. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan berkah-Nya kepada kita semua.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

10. Contoh teks pidato islami tentang manfaat sedekah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Hormat saya kepada para Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.

Alhamdulillah, dalam kebersamaan ini, mari kita haturkan puji dan syukur kepada Allah SWT, Sang Pemberi segala karunia, yang telah memberi kita kesempatan untuk berkumpul dalam momen yang penuh berkah.

Pada kesempatan ini, izinkan saya untuk berbicara tentang sebuah perbuatan yang diiringi oleh kebaikan tanpa batas, yakni sedekah. Dalam agama Islam, sedekah memiliki posisi yang sangat mulia dan memberikan manfaat luar biasa, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga bagi yang memberi.

Sedekah merupakan tindakan sukarela untuk memberikan sebagian harta kita kepada yang membutuhkan, tanpa mengharapkan imbalan dari siapapun selain keridhaan Allah SWT. Rasulullah Muhammad ﷺ bersabda bahwa sedekah adalah sebagai pembersih harta, sebagaimana air menghapuskan kotoran.

Manfaat pertama yang bisa kita rasakan dari sedekah adalah memurnikan hati dan menjaga keikhlasan dalam berbuat kebaikan. Ketika kita memberikan dengan ikhlas, kita menunjukkan bahwa harta dunia tidaklah menjadi prioritas utama dalam hidup kita, dan kita berupaya mendekatkan diri kepada Allah dengan perbuatan baik ini.

Selain itu, sedekah juga memiliki dampak sosial yang besar. Melalui sedekah, kita membantu mereka yang kurang beruntung, meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan, dan mempererat tali ukhuwah Islamiyah. Kita membangun relasi saling peduli dan membantu memenuhi kebutuhan dasar sesama manusia.

Namun, jangan pernah merasa bahwa sedekah akan mengurangi harta kita. Sebaliknya, Allah SWT berjanji dalam Al-Quran bahwa Dia akan melipatgandakan balasan bagi orang-orang yang bersedekah dengan tulus. Sedekah bukan hanya memberi manfaat di dunia, tetapi juga di akhirat nanti.

Saudara-saudara yang saya cintai, mari kita terus menjaga semangat kebaikan ini. Jadikan sedekah sebagai amalan rutin dalam hidup kita. Tidak perlu menunggu memiliki banyak harta untuk bersedekah, karena setiap jumlah yang kita berikan dengan ikhlas akan memberikan dampak besar.

Saat kita bersedekah, kita bukan hanya memberikan materi, tetapi juga menyebarkan cahaya harapan kepada mereka yang membutuhkan. Semoga kita semua bisa menjadi pelaku sedekah yang gigih, menjadikan amal ini sebagai jembatan yang menghubungkan kita dengan ridha Allah SWT.

Terima kasih atas perhatian Anda semua. Mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan dalam penyampaian saya. Semoga Allah senantiasa memberikan kita kemampuan dan keikhlasan untuk bersedekah.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

11. Contoh teks pidato islami tentang manfaat belajar

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Hormat  saya  kepada para Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.

Di tengah-tengah kehadiran kita pada hari ini, mari bersama-sama kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT atas nikmat-Nya yang melimpah. Dengan karunia-Nya, kita dapat berkumpul di sini untuk saling berbagi pengetahuan dan inspirasi.

Pada kesempatan ini, saya ingin mengajak kita semua untuk merenungkan tentang pentingnya belajar. Belajar adalah cahaya yang membimbing kita melalui kegelapan ketidaktahuan, dan ia adalah kunci untuk membuka pintu masa depan yang lebih cerah.

Sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk mencari ilmu dari buaian hingga liang lahat. Nabi Muhammad ﷺ bersabda bahwa “Mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap Muslim.” Ini menunjukkan betapa pentingnya pendidikan dalam agama kita. Ilmu pengetahuan adalah perbendaharaan yang tak ternilai, yang memungkinkan kita untuk menggali potensi diri, memahami dunia, dan mengabdi kepada Allah swt. dengan lebih baik.

Belajar bukanlah sekadar proses mendapatkan nilai atau sertifikat. Ia adalah perjalanan yang membentuk karakter dan kepribadian kita. Dalam belajar, kita tidak hanya mengumpulkan fakta, tetapi juga mengasah kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan kemandirian. Semua ini akan membekali kita untuk menghadapi tantangan hidup dengan lebih percaya diri.

Teman-teman, melalui pendidikan, kita menerima warisan dari generasi-generasi sebelum kita. Kita juga memiliki tanggung jawab untuk meneruskan warisan ini kepada generasi mendatang. Dengan belajar, kita menjadi agen perubahan yang membentuk masa depan yang lebih baik.

Teman-teman yang saya cintai, di dunia yang terus berkembang ini, belajar tidak pernah berakhir. Ia adalah proses yang berkelanjutan, yang melibatkan kesungguhan dan dedikasi. Mari kita manfaatkan setiap kesempatan belajar yang ada di sekolah ini dengan sebaik-baiknya. Jangan biarkan apapun menghalangi kita untuk mendapatkan pengetahuan.

Sebagai penutup, saya ingin mengingatkan kita bahwa belajar adalah amal ibadah. Dengan belajar, kita semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT karena ilmu adalah cahaya dari-Nya. Marilah kita berkomitmen untuk terus belajar, tidak hanya untuk diri kita sendiri, tetapi juga untuk berkontribusi kepada masyarakat dan agama kita.

Terima kasih atas perhatian yang Anda berikan. Mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan dalam penyampaian saya. Semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan dan rahmat-Nya dalam perjalanan kita menuntut ilmu.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga: Cara Menulis Daftar Pustaka yang Benar | Bahasa Indonesia Kelas 9 

 

12. Contoh teks pidato persuasif tentang kemerdekaan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Kepada Bapak Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Permata, para Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya hormati dan cintai.

Hari ini, dalam semangat kebersamaan kita, mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Kita berkumpul di sini untuk merenungkan makna dan pentingnya kemerdekaan yang telah kita raih.

Sejarah mencatat perjuangan panjang dan berat para pahlawan kita dalam merebut kemerdekaan dari cengkeraman penjajahan. Mereka telah mengorbankan nyawa dan pengorbanan besar demi cita-cita negara yang bebas dan berdaulat. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan meneruskan semangat perjuangan mereka.

Kemerdekaan adalah harta yang tak ternilai bagi suatu bangsa. Ia memberikan kita hak untuk menentukan nasib sendiri, mengembangkan potensi, dan mewujudkan cita-cita. Namun, kemerdekaan juga membawa tanggung jawab besar. Tanggung jawab untuk menjaga keutuhan negara, memajukan bangsa, dan menciptakan masyarakat yang adil dan makmur.

Teman-teman, sebagai anggota PKBM Permata, kita memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam membangun bangsa. Salah satu caranya adalah dengan mendukung pembelajaran yang bermutu dan memajukan pendidikan. Pendidikan adalah kunci untuk melahirkan generasi yang cerdas, kreatif, dan berdaya saing tinggi.

Seiring dengan semangat kemerdekaan, marilah kita menghormati jasa-jasa para pahlawan dengan terus berjuang untuk memajukan bangsa. Marilah kita bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan, serta berkontribusi dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh negeri kita tercinta.

Akhir kata, saya mengajak kita semua untuk merenungkan makna kemerdekaan dan meneguhkan tekad untuk terus berusaha dan berjuang demi Indonesia yang lebih baik. Terima kasih atas perhatian yang telah Anda berikan. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

13. Contoh teks pidato persuasif tentang mencintai budaya Indonesia

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk Bapak/Ibu Guru, teman-teman sekalian, dan hadirin yang saya hormati.

Hari ini, mari kita berbicara tentang suatu hal yang begitu bernilai dan mendalam bagi kita sebagai bangsa, yaitu cinta terhadap budaya Indonesia. Sebagai anak bangsa, memiliki kecintaan terhadap budaya kita adalah suatu keharusan, karena budaya adalah warisan berharga yang menghubungkan kita dengan sejarah dan identitas kita.

Budaya Indonesia begitu kaya dan beragam. Berbagai suku, bahasa, adat istiadat, tarian, musik, dan kuliner menghiasi negeri kita yang indah ini. Namun, dengan semakin berkembangnya zaman, kita terkadang lupa untuk menghargai dan mencintai kekayaan budaya ini.

Mengapa cinta terhadap budaya begitu penting? Karena budaya adalah cerminan jati diri kita sebagai bangsa. Ia memperkuat persatuan dan keberagaman yang menjadi ciri khas Indonesia. Dengan mencintai budaya, kita juga ikut menjaga agar warisan leluhur tetap hidup dan dikenal oleh generasi mendatang.

Budaya juga memiliki peran besar dalam mendukung pariwisata dan ekonomi lokal. Keindahan seni dan budaya Indonesia mampu menarik perhatian dunia. Dengan mempromosikan dan menjaga budaya kita, kita tidak hanya mengangkat martabat bangsa, tetapi juga membantu menciptakan lapangan kerja dan menggerakkan perekonomian.

Tentu, untuk mencintai budaya, kita perlu mengenalnya terlebih dahulu. Mari aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan budaya, belajar tentang adat istiadat, menghargai seni dan musik tradisional, serta menikmati kelezatan kuliner khas daerah.

Teman-teman, cinta terhadap budaya Indonesia adalah investasi bagi masa depan bangsa. Mari kita tingkatkan kesadaran dan mengajak orang lain untuk turut mencintai budaya kita. Sebab, ketika kita mencintai budaya, kita memperkuat identitas kita sebagai bangsa yang berbudaya.

Terima kasih atas perhatian Anda. Mari kita bersama-sama menjaga, merawat, dan mencintai budaya Indonesia agar tetap bercahaya di tengah zaman yang terus berubah. Semoga kita semua menjadi pelaku yang aktif dalam mempertahankan dan mengembangkan kekayaan budaya kita.

Sekian pidato dari saya, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

14. Contoh teks pidato persuasif tentang meneladani sikap pahlawan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk Bapak/Ibu Guru, teman-teman sekalian, dan hadirin yang saya hormati.

Hari ini, mari kita bicarakan tentang satu hal yang luar biasa, yang menginspirasi dan memberi semangat pada jiwa kita sebagai generasi penerus bangsa. Kita akan membahas tentang bagaimana kita dapat meneladani sikap pahlawan Indonesia.

Pahlawan-pahlawan Indonesia adalah sosok-sosok yang berjuang tanpa pamrih demi kemerdekaan dan kehormatan bangsa ini. Mereka mengorbankan segalanya untuk masa depan yang lebih baik. Kita memiliki tugas moral untuk meneruskan semangat perjuangan mereka dengan meneladani sikap-sikap mulia yang mereka tunjukkan.

Salah satu sikap pahlawan yang harus kita teladani adalah ketulusan dan pengorbanan. Mereka tidak ragu untuk berkorban demi kepentingan yang lebih besar. Kita dapat mengaplikasikan sikap ini dalam kehidupan sehari-hari dengan memberikan bantuan kepada sesama, tanpa mengharapkan imbalan. Sekecil apapun tindakan tersebut, bisa membawa perubahan positif bagi orang lain.

Sikap kedua yang bisa kita teladani adalah semangat pantang menyerah. Pahlawan-pahlawan kita menghadapi berbagai tantangan dan rintangan yang sulit, namun mereka tidak pernah menyerah. Begitu pula dalam kehidupan kita, kita akan dihadapkan pada kesulitan, tetapi dengan semangat yang kuat, kita bisa mengatasi semua hambatan.

Tidak kalah pentingnya, pahlawan-pahlawan kita memiliki semangat persatuan dan kebersamaan. Mereka bersatu padu, meskipun berasal dari berbagai suku dan latar belakang. Dalam masyarakat yang semakin beragam, kita bisa mengambil pelajaran ini dan memupuk rasa persatuan serta menghormati perbedaan satu sama lain.

Teman-teman, menjadikan sikap pahlawan sebagai teladan adalah tugas yang mulia. Kita tidak perlu menunggu momen besar untuk berbuat baik. Dalam tindakan sederhana sehari-hari, kita bisa menjadi pahlawan bagi diri kita sendiri dan orang lain.

Terima kasih atas perhatian Anda. Marilah kita menjadikan semangat dan sikap pahlawan sebagai bagian dari diri kita. Dengan begitu, kita dapat mewujudkan cita-cita dan membangun masa depan yang lebih baik bagi bangsa ini.

Sekian pidato dari saya, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

15. Contoh teks pidato pendidikan tentang menghormati guru

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk Bapak/Ibu Guru, teman-teman sekalian, dan hadirin yang saya hormati.

Hari ini, saya ingin mengajak kita semua untuk merenungkan sebuah sosok yang memiliki peran luar biasa dalam pembentukan karakter dan ilmu pengetahuan kita. Sosok tersebut adalah para guru. Mari kita berbicara tentang pentingnya menghormati guru dan mengapresiasi peran mereka dalam hidup kita.

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang membimbing kita melewati lorong kegelapan menuju cahaya pengetahuan. Mereka berusaha keras untuk memberikan ilmu, keterampilan, dan nilai-nilai yang akan membentuk masa depan kita. Menghormati guru bukan hanya tanggung jawab kita, tetapi juga merupakan bentuk penghargaan atas dedikasi mereka.

Sikap menghormati guru bisa tercermin dalam tindakan sederhana seperti mendengarkan dengan penuh perhatian saat mereka mengajar, bertanya dengan sopan saat ada hal yang tidak dipahami, serta mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh sebagai bentuk apresiasi terhadap waktu dan usaha yang telah mereka investasikan dalam pendidikan kita.

Selain itu, kita juga bisa menghormati guru dengan menghargai pendapat mereka, menghormati ruang kelas sebagai tempat belajar yang suci, serta menghormati waktu yang telah ditentukan untuk proses belajar-mengajar. Dengan sikap menghormati ini, kita tidak hanya membantu menciptakan lingkungan belajar yang positif, tetapi juga menunjukkan rasa terima kasih kita kepada mereka.

Teman-teman, mari kita mengambil contoh dari para pahlawan dalam bidang pendidikan ini. Mereka telah memberikan yang terbaik untuk mengubah hidup kita melalui ilmu dan pengajaran. Kita bisa menghormati guru dengan menjadi murid yang berdedikasi, tanggap, dan hormat terhadap mereka.

Terima kasih atas perhatian Anda. Mari kita semua bersama-sama berkomitmen untuk menghormati guru-guru kita. Dengan cara ini, kita turut berkontribusi dalam mewujudkan pendidikan yang lebih baik dan masa depan yang lebih cerah.

Sekian pidato dari saya, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

16. Contoh teks pidato pendidikan tentang menghormati orang tua

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk Bapak/Ibu Guru, teman-teman sekalian, dan hadirin yang saya hormati.

Pada kesempatan kali ini, izinkanlah saya berbicara tentang salah satu nilai yang penuh kebijaksanaan dan kebaikan, yaitu menghormati orang tua. Sebagai generasi penerus bangsa, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan memuliakan mereka yang telah memberi kita kehidupan dan cinta sejati.

Orang tua adalah pahlawan sejati dalam kehidupan kita. Mereka telah mengorbankan banyak hal untuk mendidik dan membimbing kita menjadi individu yang baik. Menghormati orang tua bukan hanya suatu kewajiban, tetapi juga suatu tindakan yang penuh makna dan berkah.

Salah satu cara menghormati orang tua adalah dengan mendengarkan mereka. Menghabiskan waktu untuk mendengar cerita, nasihat, atau pengalaman hidup mereka adalah bentuk penghargaan yang luar biasa. Meskipun zaman terus berubah, pengalaman dan kebijaksanaan mereka tetap berharga.

Selain itu, kita juga bisa menghormati orang tua dengan menunjukkan rasa terima kasih. Mengucapkan terima kasih untuk segala upaya mereka, walaupun dalam bentuk yang sederhana, adalah cara untuk menghargai perjuangan dan kasih sayang yang telah mereka berikan.

Tidak kalah penting, kita perlu meresapi nilai-nilai dan pelajaran yang telah mereka ajarkan. Nilai-nilai seperti kesederhanaan, kerja keras, dan kejujuran merupakan warisan berharga yang patut kita pelajari dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Teman-teman, menghormati orang tua adalah sebuah sikap yang mengakar dalam budaya kita. Saat kita menghormati orang tua, kita juga turut memelihara hubungan harmonis dalam keluarga. Ini adalah investasi berharga untuk masa depan keluarga kita dan generasi mendatang.

Terima kasih atas perhatian Anda. Marilah kita semua terus menghormati orang tua kita dengan tulus dan penuh rasa kasih sayang. Dengan cara ini, kita turut menjaga warisan nilai-nilai luhur yang telah ditanamkan oleh mereka.

Sekian pidato dari saya, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

17. Contoh teks pidato tentang toleransi

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk Bapak/Ibu Guru, teman-teman sekalian, dan hadirin yang saya hormati.

Pada kesempatan kali ini, mari kita bahas satu nilai mendasar yang menjadi landasan harmoni dan kedamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu toleransi. Toleransi adalah sikap terbuka dan menghormati perbedaan di antara kita sebagai sesama manusia.

Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman suku, agama, budaya, dan bahasa. Keberagaman ini adalah anugerah yang perlu kita jaga dan rawat bersama. Toleransi adalah kunci untuk menjaga keharmonisan di tengah perbedaan yang ada.

Salah satu aspek penting dari toleransi adalah saling menghormati agama dan kepercayaan. Kita hidup di negara dengan beragam keyakinan, dan menghargai perbedaan ini adalah pondasi bagi masyarakat yang inklusif dan damai. Mari jadikan agama sebagai sumber inspirasi untuk berbuat baik dan berkontribusi positif bagi bangsa dan negara.

Toleransi juga mencakup penghargaan terhadap perbedaan budaya dan adat istiadat. Mari kita belajar dari kekayaan budaya masing-masing dan merayakan perbedaan ini sebagai harta yang memperkaya bangsa kita. Dengan saling belajar dan memahami, kita bisa membina hubungan yang harmonis.

Teman-teman, toleransi bukan hanya soal menghormati perbedaan, tetapi juga tentang menghargai kesamaan sebagai manusia. Setiap individu memiliki hak untuk dihormati dan diperlakukan dengan baik, tanpa memandang suku, agama, ras, atau latar belakang.

Dalam dunia yang semakin kompleks dan terkoneksi, toleransi adalah pondasi bagi perdamaian global. Dengan menjunjung nilai-nilai toleransi, kita bisa berkontribusi dalam menciptakan dunia yang lebih aman dan bersatu.

Terima kasih atas perhatian Anda. Marilah kita menjadi agen perubahan dengan mempraktikkan toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, kita membangun masyarakat yang harmonis dan penuh rasa kasih sayang.

Sekian pidato dari saya, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga: 15 Contoh Teks Inspiratif Singkat berdasarkan Strukturnya | Bahasa Indonesia Kelas 9 

 

18. Contoh teks pidato tentang bahaya merokok

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk Bapak/Ibu Guru, teman-teman sekalian, dan hadirin yang saya hormati.

Hari ini, saya ingin mengajak kita untuk berbicara tentang masalah serius yang sangat relevan dengan kesehatan kita, yaitu bahaya merokok. Merokok adalah kebiasaan yang telah merenggut banyak nyawa dan kualitas hidup. Sebagai generasi muda yang cerdas, mari kita bersama-sama menyadari dan menghindari bahaya merokok.

Merokok bukan hanya berdampak buruk pada kesehatan perokok aktif, tetapi juga berbahaya bagi mereka di sekitar. Asap rokok mengandung berbagai zat beracun yang bisa menyebabkan penyakit serius seperti kanker, gangguan pernapasan, dan penyakit jantung. Selain itu, merokok juga dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan tubuh, serta mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan.

Mengapa kita harus menghindari merokok? Karena kesehatan adalah aset paling berharga dalam hidup kita. Menghabiskan uang untuk rokok hanya akan merugikan kita sendiri dan bahkan merugikan orang yang kita cintai. Alih-alih menghabiskan uang untuk kebiasaan yang merusak kesehatan, lebih baik kita gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dan membantu masa depan kita.

Saya ingin mengajak kita semua untuk berkomitmen untuk menjauhkan diri dari rokok. Jika ada teman-teman yang merokok, marilah kita dukung mereka untuk berhenti dan menjalani hidup sehat. Kita bisa membangun lingkungan yang bebas asap rokok, demi kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik.

Terima kasih atas perhatian Anda. Marilah kita bersama-sama menjaga kesehatan dan mewujudkan generasi yang lebih kuat dan cerdas dengan menjauhi bahaya merokok.

Sekian pidato dari saya, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah beberapa kumpulan contoh teks pidato beserta pengertian, tujuan, dan strukturnya yang bisa kamu jadikan bahan referensi. Kalau kamu masih bingung, kamu bisa lho akses ke Ruangguru Privat untuk cari guru les yang sesuai dengan kebutuhanmu. Belajar akan lebih mudah dan menyenangkan!

IDN CTA Blog ruangguru privat

Referensi:

Buku Sekolah Elektronik Kemendikbud Ristek Bahasa Indonesia SMP Kelas IX [daring]. Tautan: Buku Sekolah Elektronik (kemdikbud.go.id) diakses pada 17 Juni 2022.

10 Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema [daring]. Tautan: 10 Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema – seruni.id diakses pada 17 Juni 2022.

9 Contoh Pidato Singkat Untuk Beragam Tema Paling. Lengkap Dari Pendidikan, Agama, Hingga Covid-19! [daring]. Tautan: 9 Contoh Pidato Singkat untuk Beragam Tema Paling Lengkap (99.co) diakses pada 17 Juni 2022.

Pidato Persuasif. Modul Bahasa Indonesia Paket B [Daring]. Tautan: https://repositori.kemdikbud.go.id/18566/1/Modul%20Lingkungan%20Bersih%20Masyarakat%20Sehat(1).pdf (Diakses pada 20 September 2022)

 

Artikel ini terakhir diperbarui oleh Laras Sekar Seruni pada 25 Agustus 2023.

Dinda Silviana Dewi