Dapatkan Uang Saku dan Pelatihan Soft Skill Gratis dengan Beasiswa VDMS, Mahasiswa Wajib Daftar!

Sofia Nur Fauziah Feb 17, 2021 • 5 min read



PK_-_Van_Deventer-Maas_Indonesia-01

Mau dapat uang saku dan pelatihan soft skill gratis? Yuk, simak informasi tentang Beasiswa Van Deventer-Maas Stichting berikut ini. 

---

Memasuki awal perkuliahan semester 2, kampusmu masih menerapkan sistem daring atau sudah tatap muka nih? Apapun itu, pastikan kamu tetap bisa produktif ya. Nah mumpung masih awal kuliah, semangatmu pasti masih berkobar dong. Daripada terbuang sia-sia, lebih baik ikut bersaing yuk untuk mendapatkan Beasiswa Van Deventer-Maas Stichting (VDMS). 

Wah itu beasiswa apa memangnya? Jadi, beasiswa ini diselenggarakan oleh Van Deventer-Maas Stichting (VDMS). VDMS merupakan yayasan non-profit yang berfokus untuk mendukung pendidikan pemuda di Indonesia agar menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Setiap tahunnya, VDMS menyediakan 800 beasiswa untuk mahasiswa Indonesia yang berasal dari latar belakang keluarga sederhana.

Selain beasiswa, VDMS juga menyediakan pelatihan untuk mengasah kemampuan pribadi, sosial, dan intelektual agar peserta siap untuk memasuki dunia kerja. Hayo, siapa yang semakin bersemangat untuk mendaftar Beasiswa VDMS? Sebelum itu, simak informasi selengkapnya mengenai cakupan, persyaratan, dan berkas yang dibutuhkan berikut ini. 

Cakupan Beasiswa :

  1. Rp650.000 akan dibayarkan secara langsung ke rekening penerima beasiswa setiap bulan di tanggal yang sama (tidak termasuk Sabtu/Minggu dan Hari Libur Nasional).
  2. Bonus TOEFL sekali (jika ada) dan bonus kelulusan (ujian) tepat waktu.
  3. Bebas untuk mengikuti Capacity Building (akan dipilih), yang diselenggarakan oleh Van Deventer-Maas Indonesia.

Persyaratan Beasiswa :

  1. Mahasiswa S1 tahun ke 1 - 3 dan D3 tahun ke 1 - 2.
  2. Berusia tidak lebih dari 27 tahun.
  3. Kekurangan finansial (tercantum dalam SKTM dan / atau Surat Rekomendasi kondisi keuangan yang diterbitkan oleh Universitas).
  4. Memiliki IPK ≥ 3.00.
  5. Disiplin Ilmu : Akuntansi, Pertanian, Perikanan, Peternakan, Arsitektur, Seni dan Budaya, Biologi, Kimia, Komunikasi, Ekonomi, Pendidikan, Teknik, Bahasa Inggris, Manajemen Keuangan, Kehutanan, Geografi, Sosiologi, Antropologi, Kesehatan/Obat, Sejarah, Teknologi/TIK, Manajemen, Matematika, Fisika, Statistika, Teknik/Teknologi.
  6. Aktif berorganisasi dan/atau komunitas sosial.
  7. Mahir bahasa Inggris menjadi keunggulan.
  8. Tidak menerima beasiswa lain.

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan :

  1. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan atau surat rekomendasi yang menyatakan kondisi keuangan keluarga dari sekolah/universitas (Rektor/Dekan/Kepala Departemen Program Studi)
  2. Transkrip akademik terakhir / IPK (≥ 3.00).
  3. Surat keterangan penghasilan orang tua/wali (untuk institusi/swasta) setidaknya 2 bulan terakhir.
  4. Surat keterangan bekerja & penghasilan orang tua/wali (untuk Pengusaha) ditandatangani dan di segel dengan materai 6.000, dan disahkan oleh Kelurahan.
  5. Fotokopi kartu identitas (KTM dan KTP).
  6. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  7. Fotokopi Buku Rekening Bank (halaman depan buku) - hanya untuk peserta yang terpilih.
  8. Tagihan listrik (minimal tagihan 2 bulan terakhir).
  9. Esai yang menceritakan tentang kehidupan kamu (termasuk keluarga, kegiatan belajar dan sosial), mengapa VDMS harus memilih kamu sebagai penerima beasiswa, dan apa yang akan kamu lakukan untuk kehidupan sosial setelah menerima beasiswa. Esai minimal 1.5 halaman kertas A4, dengan font Times New Roman, ukuran 11, dan spasi 1.

Catatan :

  1. Beasiswa akan diberikan sejak tahun kedua sampai akhir masa studi sesuai standar pendidikan.
  2. Peserta yang dinyatakan lulus harus mempertahankan IPK minimal 3.00, tidak mengajukan cuti kuliah, dan mengkonfirmasi penerimaan dana dan rutin memberikan laporan.
  3. Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan melalui e-mail. Pastikan juga nomor handphone yang dicantumkan selalu aktif. Apabila saat pengumuman, panitia kesulitan menghubungi kamu. Maka Beasiswa VDMS akan diberikan kepada peserta lain. 
  4. Pastikan kamu telah memiliki foto masing-masing dokumen persyaratan sebagai backup sebelum berkas hard copy dikumpulkan ke pihak universitas.

workshop beasiswa VDMS

Citizenship Workshop Salatiga 2017 (Sumber : http://vandeventermaas.or.id/id/capacitybuilding)

Oh iya, Elizabeth Maas dan Coen van Deventer adalah pemilik dari Yayasan VDMS. Mereka belum pernah dikaruniai anak sejak menikah. Oleh sebab itu, mereka memutuskan untuk fokus pada pengembangan potensi masyarakat Indonesia. Salah satu usaha yang dilakukan yaitu dengan menyelenggarakan Beasiswa VDMS. 

Pendaftaran Beasiswa VDMS dibuka pada 10 Februari 2021 hingga 10 Maret 2021. Kamu dapat mendaftar beasiswa ini melalui website http://vas.vdms-scholarship.org/ers/. Pendaftaran hanya bisa dilakukan pada hari kerja (Senin - Jumat). Ingat ya, dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa ini cukup banyak. So, kamu jangan lupa download Document Checklist untuk memastikan kelengkapan berkas dokumen.  

Informasi dan Kontak :

Telepon :  +62274-51040

Fax : +62274-556549

E-mail : info@vandeventermaas.or.id

Partner University : http://vandeventermaas.or.id/partner/

Website : http://vandeventermaas.or.id/ers/

Alamat : Jl. Purwanggan No. 9 Kelurahan Purwokinanti, Kecamatan Pakualaman D.I. Yogyakarta 55112

Beasiswa VDMS untuk mahasiswa, ‘kan? Lalu bagi yang masih sekolah bagaimana? Ssst, kamu bisa kok memasukkan beasiswa ini ke dalam scholarship wishlist. Sekarang kamu fokus terlebih dahulu untuk belajar lebih giat dengan ruangbelajarplus, agar nantinya bisa kuliah di universitas partner Beasiswa VDMS. 

New call-to-action

Beri Komentar