Daya Usaha: Pengertian, Rumus dan Contoh Soal | Fisika Kelas 11


Daya usaha fisika kelas 11

Apa sih yang dimaksud dengan Daya Usaha? Simak dulu pengertian, rumus, hingga contoh soalnya berikut ini. Dijamin langsung paham!

---

Guys… kamu sering gak sih perhatiin lampu? Dan pernah gak kepikiran, kenapa ya tiap lampu terangnya gak sama? Hmmm menarik. Hal ini disebabkan karena setiap lampu memiliki daya yang berbeda-beda. Hah, daya itu apa? Daya ini adalah besar usaha per satuan waktu atau laju dimana usaha dilakukan.

Jadi, bisa dikatakan materi ini merupakan kelanjutan dari pembahasan kita sebelumnya tentang usaha. Sebelum lebih lanjut, mungkin buat kamu yang binggung kenapa ya ada hubungan dengan usaha? Bisa baca terlebih dahulu di artikel ini. Daya (lambangnya P) dihitung dengan membagi usaha (W) yang dilakukan terhadap selang waktu (t) lamanya melakukan usaha.

Rumus daya

Keterangan:

  • P = Daya (J/s atau Watt )
  • W = Usaha (Joule [ J ] )
  • t = Waktu (sekon [ s ] )
  • F = Gaya (Newton [ N ] )
  • ∆x = Jarak (Meter [ m ] )
  • v = Kecepatan (Meter / Sekon [ m/s ] )

Dengan berdasarkan persamaan fisika di atas, maka bisa disimpulkan bahwa semakin besar laju usaha, maka semakin besar pula laju daya. Sedangkan jika semakin lama waktunya maka laju daya akan semakin kecil.  

Nah, balik lagi nih ke kasus lampu tadi. Misalnya bola lampu 30 W berarti lampu melakukan usaha dengan laju 30 Joule tiap sekon. Dalam satu sekon yang sama, bola lampu 60 W mampu melakukan usaha 60 Joule. Oleh karena dalam 1 sekon bola lampu 60 W melakukan usaha lebih besar dari pada bola lampu 30 W, maka kita nyatakan lampu 60 W memiliki daya yang lebih besar dari pada lampu 30 W. Bagaimana kita membuktikan pernyataan tersebut? Gampang banget, dekatkan kedua lampu kemudian nyalakan, maka lampu 60 W berpijar lebih terang dari pada lampu 30 W.

konsep daya

Loh, kok bisa lampu 30 Watt melakukan usaha dengan laju 30 Joule tiap sekon. Aduhhh, makin binggung nih !!!! Nah, kamu harus tau nih kenapa satuan daya itu Watt dan juga kenapa 30 Watt itu sama dengan laju 30 Joule tiap sekon.

Daya usaha

Gimana, sudah paham belum soal konsep daya? Ternyata gak seribet yang dipikirin ya xixix. Sekarang biar lebih mantepp pemahaan konsep daya, coba kita aplikasikan langsung rumus tadi kedalam soal nih.

Contoh soal daya usaha (1)

Nah biar makin paham kita coba satu soal lagi ya,

Contoh soal daya usaha (1)

Oke, sampai sini sudah lebih paham kan tentang Daya usaha? Nah intinya, daya adalah besarnya usaha yang dilakukan persatuan waktu. Hmmm… Menarik ya belajar Fisika, bisa kita lihat contohnya dalam kehidupan sehari-hari juga!  Kalian harus sering akses di ruangbelajar ya, karena bakal banyak banget materi yang akan dibahas, see youu xixiix.

ruangbelajar

Referensi :

Giancoli, Douglas C. 2014. FISIKA : Prinsip dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kanginan, Marthen. 2013. FISIKA Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Penerbit Erlangga

 

Beri Komentar