Dibuka untuk Mahasiswa PTN & PTS Indonesia: Beasiswa BUMI, Dapat Uang Saku per Bulan!

Sofia Nur Fauziah Mar 9, 2021 • 5 min read



PK_-_BUMI_Scholarship-01

Kamu mahasiswa PTN atau PTS di Indonesia yang sedang mencari informasi beasiswa? Yuk daftar Beasiswa Unggulan Muda Indonesia dan dapatkan uang saku per bulan. 

---

Tidak terasa sudah setahun ya sejak pemerintah mengumumkan kasus pertama Covid-19 di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama, dampak dari pandemi sangat dirasakan oleh pejuang di sektor pendidikan. Kalau kamu, sekarang sudah enjoy mengikuti pembelajaran secara daring atau masih merasa jenuh nih?

Tau nggak sih, kalau perasaan jenuh tersebut terus diratapi, kamu justru bisa kehilangan semangat untuk berprestasi. Daripada merugikan diri sendiri, lebih baik kamu belajar menerima keadaan dan menyibukkan diri dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Nah, salah satu hal bermanfaat yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjadi seorang pemburu beasiswa. Bagi kamu yang masih kuliah, saat ini Yayasan BUMI sedang membuka pendaftaran beasiswa, lho

BUMI (Beasiswa Unggulan Muda Indonesia) adalah Non Government Organization yang bergerak di bidang pendidikan. Komitmennya dibuktikan dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa S1 dari PTN dan PTS di seluruh Indonesia untuk mendaftar BUMI Scholarship Batch 2. Beasiswa ini dibagi menjadi beasiswa prestasi akademik dan non-akademik. So, bagi kamu yang merasa eligible, simak cakupan, persyaratan, dan timeline pendaftarannya berikut ini, yuk.

Cakupan Beasiswa:

  1. Uang saku sebesar Rp600.000 per bulan selama satu semester.
  2. BUMI Training Motivation Program (BTMP).
  3. Program online mentoring.
  4. Peningkatan prestasi.

Persyaratan Peserta Beasiswa:

1. Academic Achievement Track (Beasiswa Jalur Prestasi)
  • Mahasiswa aktif PTN atau PTS di Indonesia.
  • Semester 3 - 5.
  • IPK minimal 3.25.
  • Aktif di organisasi atau komunitas.
  • Sertifikat kejuaraan/penghargaan.

2. Non-academic Achievement Track (Beasiswa Jalur Seni, Olahraga, Bakat)
  • Mahasiswa aktif PTN atau PTS di Indonesia.
  • Semester 3 - 6.
  • IPK minimal 3.00.
  • Sertifikat keahlian/kejuaraan/penghargaan seni, olahraga, dan bakat.

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan:

  1. Mengisi formulir pendaftaran.
  2. Melampirkan Curriculum Vitae.
  3. KHS/Transkrip kumulatif.
  4. Surat keterangan aktif kuliah/KRS semester ini.
  5. Surat aktif organisasi.
  6. Sertifikat penghargaan/prestasi.

Timeline Pendaftaran Beasiswa:

Tanggal

Keterangan

1 - 17 Maret 2021

Pendaftaran 

18 - 28 Maret 2021

Seleksi Berkas

29 Maret 2021

Pengumuman 50 orang terpilih

30 Maret 2021

Seleksi Esai 

1 April 2021

Pengumuman 25 orang terpilih

2 - 3 April 2021

Wawancara individu

4 April 2021

Forum Grup Diskusi

7 April 2021

Pengumuman penerima BUMI Scholarship Batch 2

10 April 2021

Pertemuan perdana penerima BUMI Scholarship Batch 2

 

BUMI Scholarship 2021 (Sumber: nstagram.com/bumischolar/)

Wah, ternyata persyaratan BUMI Scholarship cukup mudah ya. Hanya saja, mungkin kamu membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengurus surat-surat yang harus dikeluarkan oleh pihak kampus. Nah mumpung waktumu sekarang lebih fleksibel, jangan ditunda lagi ya untuk mengurus surat-surat tersebut. Kamu harus ingat bahwa deadline pendaftarannya sebentar lagi. Jangan sampai terlewat hanya karena kamu malas mengurus berkas dokumen tersebut.

Setelah selesai mengurus semua dokumen yang dibutuhkan, kamu bisa langsung mendaftar beasiswa ini melalui Formulir Pendaftaran BUMI Scholarship. Oh iya, pendaftaran beasiswa ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Jadi kamu harus berhati-hati ya, apabila ada pihak-pihak yang menawarkan untuk mengurus pendaftaran beasiswa ini dengan membayar sejumlah biaya. 

 

Informasi dan Kontak :

Instagram : @bumischolar

E-mail : bumischolar@gmail.com

Youtube : BUMI Scholar

Website : https://bumischolar.or.id/

Kalau masih terbatas dalam prestasi akademik maupun non-akademik, kamu bisa melampirkan sertifikat keikutsertaan lomba, kegiatan volunteer, dan sebagainya. Tidak ada salahnya ‘kan untuk mencoba, siapa tau ini adalah jalan kamu untuk memperoleh beasiswa. Nah, bagi yang merasa belum memiliki prestasi di bidang akademik maupun non-akademik, tidak perlu berkecil hati ya.

Berhubung BUMI Scholarship saat ini adalah batch kedua, tidak menutup kemungkinan akan dibuka pendaftaran batch selanjutnya. So, kamu bisa banget mempersiapkan diri dari sekarang dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti Olimpiade Mahasiswa, Lomba Cerdas Cermat, atau bahkan lomba tentang bahasa seperti debat bahasa Inggris. Oh iya, untuk debat bahasa Inggris kamu bisa lho melatih kemampuan speaking dengan tutor yang interaktif di English Academy

New call-to-action

Beri Komentar