PDSS: Jadwal & Langkah-Langkah Cara Pengisian pada SNMPTN 2021

Shabrina Alfari Jan 19, 2021 • 3 min read



PDSS SNMPTN 2021

Mau mendaftar SNMPTN? Nah, penting banget ini untuk kamu mengetahui jadwal dan langkah pengisian PDSS pada SNMPTN 2021.

---

Proses pendaftaran SNMPTN 2021 telah dimulai! Jadwal registrasi akun LTMPT untuk SNMPTN sendiri telah dimulai sejak tanggal 4 Januari 2021 hingga 1 Februari 2021. Dilanjutkan dengan penetapan siswa eligible oleh sekolah. Nah, proses lainnya yang tidak kalah penting adalah pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).

PDSS adalah basis data yang berisi rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible untuk mendaftar. Pengisian PDSS ini dilakukan oleh sekolah, bukan siswa. Maka dari itu, kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab sekolah. PDSS sendiri mengakomodasi kurikulum nasional 2006 KTSP dan kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS). Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak diperbolehkan untuk mengisi PDSS.

Jadwal PDSS 2021

Proses pengisian PDSS 2021 sudah dimulai sejak 11 Januari 2021 hingga tanggal 8 Februari 2021.

Langkah-Langkah Cara Pengisian PDSS 2021

  1. Login pada laman https://pdss.ltmpt.ac.id menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal LTMPT. Bagi yang belum memiliki akun LTMPT, maka diimbau untuk melakukan registrasi akun terlebih dahulu
  2. Cek informasi sekolah (profil, data sekolah dan jurusan). Halaman profil sekolah berisikan informasi sekolah dan kepala sekolah yang sifatnya tidak dapat diubah. Untuk halaman sekolah dan jurusan, akan tertera jurusan dari IPA, IPS hingga Bahasa beserta dengan kuotanya. LTMPT juga akan membuat per jurusan pada SMK, lengkap dengan jumlah kuotanya
  3. Finalisasi data sekolah
  4. Pemeringkatan siswa eligible. Isikan data siswa yang eligible per jurusan dan urutkan data siswa yang juga akan menjadi urutan ranking dari siswa tersebut
  5. Finalisasi siswa eligible. Finalisasi ranking siswa eligible merupakan tahapan akhir dari penetapan siswa eligible oleh sekolah. Finalisasi data siswa bisa dilakukan jika sekolah sudah yakin data ranking siswa eligible setiap jurusan sudah benar.
  6. Pengisian nilai siswa eligible
  7. Finalisasi nilai

Syarat Peserta SNMPTN 2021

  1. Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2021 yang memiliki prestasi akademik unggul
  2. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN
  3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di PDSS
  4. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai 5 yang telah diisikan di PDSS oleh pihak sekolah
  5. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio
  6. Peserta dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN
  7. Jika memilih dua program studi, salah satunya harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya
  8. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi manapun
  9. Disarankan untuk tidak lintas minat (tergantung pada ketentuan PTN yang dituju)
  10. Memiliki akun LTMPT untuk mengikuti seleksi masuk PTN, baik itu SNMPTN, UTBK, atau SBMPTN

Sudah cukup jelas ‘kan? Apabila masih ada hal yang belum kamu pahami atau ingin ditanyakan, sebaiknya langsung liat pengumuman resmi dari LTMPT atau berdiskusi dengan pihak sekolah. Jangan lupa untuk terus semangat mempersiapkan ujian seleksi masuk PTN di ruangbelajar.

ruangbelajar

Referensi:

7 Langkah Pengisian PDSS SNMPTN 2021. Kompas.com [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/edu/read/2021/01/12/104208471/7-langkah-pengisian-pdss-snmptn-2021?page=all (Diakses: 13 Januari 2021)

Panduan Cara Mengisi PDSS di LTMPT, Jadwal Dimulai 11 Januari – 8 Februari. Tirto.id [daring]. Tautan: https://tirto.id/panduan-cara-mengisi-pdss-di-ltmpt-jadwal-dimulai-11-januari-8-feb-f84n (Diakses: 13 Januari 2021)

Beri Komentar