Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial: Dunia Kuliah & Prospek Kerjanya

Jurusan Kesejahteraan Sosial

Masuk ke jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial bakal belajar apa sih? Yuk, simak penjelasan lengkapnya mulai dari pengertian, mata kuliah, prospek kerja, dan pilihan kampusnya.

Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Saat mendengarnya, apa sih yang ada di benakmu? Apakah bersosialisasi dengan banyak orang? Yuk, simak apa itu jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial dan seluk beluknya di artikel ini.

 

Pengertian Ilmu Kesejahteraan Sosial

Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial merupakan ilmu terapan yang mengkaji cara dan langkah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kebijakan. Tujuannya, untuk mengurangi tingkat kemiskinan, meningkatkan kesehatan, mengelola fasilitas kesejahteraan, lembaga medis, hingga membenahi sistem hukum dan sistem sosial yang bermasalah.

Mahasiswa jurusan ini juga akan belajar upaya-upaya pemberdayaan lembaga kesejahteraan sosial, komunitas UKM, dan pengembangan keterampilan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan sosial bukan hanya bagi penyandang cacat ataupun manula yang membutuhkan, tetapi setiap individu dan seluruh lapisan masyarakat.

 

Ilmu Kesejahteraan Sosial vs Sosiologi

“Duh, aku masih suka ketuker nih kak sama jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Sosiologi. Bedanya apa sih?”

Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial masuk dalam rumpun Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Prodi ini masih saudara dengan jurusan Sosiologi, lho, guys. Memang, jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial merupakan turunan dari jurusan Sosiologi. Namun, keduanya memiliki perbedaan.

Jika kamu masuk ke jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, kamu akan mempelajari cara dan langkah yang bisa diaplikasikan langsung dalam menangani permasalahan sosial. Sementara di jurusan Sosiologi, kamu akan fokus mempelajari fenomena-fenomena sosial dengan berbagai teori sosial sebagai kerangka berpikirnya.

Baca Juga: Jurusan Jurnalistik: Serunya Belajar Menjadi Jurnalis Profesional

 

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Saat mempelajari Ilmu Kesejahteraan Sosial, nanti akan berkaitan erat dengan berbagai ilmu lainnya seperti Psikologi, Ekonomi, Sosial, Politik, Sosiologi, Antropologi, dan lain-lain. Dengan berbagai ilmu tersebut, kamu akan berupaya menemukan solusi dari segala permasalahan kesejahteraan masyarakat.

Tak hanya permasalahan ekonomi, mahasiswa juga diajak berpikir cara memperbaiki kesejahteraan mental masyarakat, hubungan interpersonal keluarga, pemberdayaan komunitas dan organisasi masyarakat, dan sebagainya. Meski terlihat rumit, tapi sangat seru lho, teman-teman. Kita bisa belajar banyak dari pengalaman hidup orang lain. 

Oh iya, di beberapa kampus jurusan Kesejahteraan Sosial juga disebut dengan jurusan Sosiatri dan jurusan Pekerja Sosial. Kamu jangan sampai bingung, ya. Meskipun namanya berbeda, tapi secara umum ilmu yang didapatkan tetap sama. 

mata kuliah Jurusan Kesejahteraan Sosial

 

Keahlian yang Wajib Dimiliki

Supaya kamu bisa kuliah di jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial dengan baik dan lancar, kamu bisa lho meningkatkan beberapa keahlian berikut ini.

  1. Kemampuan komunikasi
  2. Kemampuan advokasi
  3. Kemampuan analisa
  4. Teliti
  5. Kemampuan melakukan observasi
  6. Kemampuan berpikir logis
  7. Kemampuan memecahkan masalah
  8. Peka dan Empati

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Soal pekerjaan yang bisa kamu dapatkan saat lulus dari jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, tentu bermacam-macam. Hal ini sesuai dengan kemampuan dan pengalaman kamu di bidang kesejahteraan sosial. Beberapa pekerjaan yang bisa kamu kembangkan usai lulus adalah berikut ini.

  • Peneliti sosial
  • Pekerja sosial
  • Analis kebijakan sosial
  • Ahli sosial dan pengembangan masyarakat
  • Akademisi
  • Pengajar
  • Wirausaha

Sementara itu, kamu juga bisa lho melanjutkan studi ke jenjang Pascasarjana (S2) untuk mendalami Ilmu Kesejahteraan Sosial. Nantinya, kamu bisa bekerja sebagai dosen, akademisi, hingga peneliti kesejahteraan sosial usai lulus program S2.

 

Kampus dengan jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial ada di universitas mana saja ya? Nggak perlu bingung, teman, karena jurusan ini banyak dimiliki universitas dan kampus ternama di Indonesia. Setiap perguruan tinggi tersebut menawarkan jenjang pendidikan Ilmu Kesejahteraan Sosial yang berbeda-beda, yakni D-III, D-IV, dan S-1. Selain itu, mereka juga memiliki kebijakan masing-masing untuk gelar lulusannya, misalnya S.Sos dan S.Kesos. Berikut kampus-kampus dengan Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial.

D-III Jurusan Pekerja Sosial

  • Akademi Pekerjaan Sosial Kupang

D-IV Jurusan Pekerjaan Sosial

  • Politeknik Kesejahteraan Sosial

S-1 Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

  • Universitas Sumatera Utara
  • Universitas Halu Oleo
  • Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • Universitas Bengkulu
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Pasundan
  • Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Universitas Muhammadiyah Malang

Sepertinya seru ya kuliah di jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Apapun pilihan jurusanmu, semoga kamu menyukainya ya agar selalu betah. Bagi kamu yang ingin memperdalam materi, yuk akses ruangbelajar. Gudangnya materi belajar yang mudah dipahami.

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Referensi:

Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial [daring]. Tautan: https://www.gramedia.com/pendidikan/jurusan-ilmu-kesejahteraan-sosial/ diakses pada 17 Juli 2022.

 

Dinda Silviana Dewi