Kuliah Jurusan Marketing Seperti Bright, Ini yang Bakal Kamu Pelajari

Hani Ammariah Feb 20, 2021 • 4 min read



jurusan marketing1

Artikel ini memberikan informasi mengenai jurusan Marketing, mulai dari mata kuliah yang dipelajari, kampus, serta prospek kerja bagi para lulusannya.

--

Saat ini, banyak orang masih salah kaprah mengenai bidang marketing. Mereka menganggap kalo marketing itu pekerjaannya menjual produk, kayak sales. Padahal, sales dan marketing adalah dua hal yang berbeda, loh! Yaaa… meskipun, keduanya memang saling berhubungan. Sebenarnya, banyak hal yang dilakukan di bidang ini, jauh lebih kompleks dari sekedar menjual produk aja

Di dunia pekerjaan pun, marketing menjadi salah satu bagian terpenting di perusahaan. Makanya, dibutuhkan para ahli dan lulusan di bidangnya. Nah, kali ini, kita bakal bahas seluk beluk mengenai jurusan marketing. Mulai dari hal-hal yang dipelajari, perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini, sampai prospek kerja bagi para lulusannya. 

Oh iya, ngomong-ngomong jurusan Marketing, kamu tau nggak nih kalo teman belajar kita, Bright Vachirawit juga kuliah di jurusan ini, loh! Yap! Bright ambil jurusan Marketing di Bangkok University. Waduh, siapa nih yang mau nyusul Bright untuk ambil jurusan Marketing di tahun ini? Huehehehehe… Oke, daripada kebanyakan basa-basi, langsung aja yuk kita simak penjelasan berikut!

 

Jurusan Marketing dan Hal yang Dipelajari

Jurusan marketing atau yang juga biasa dikenal sebagai jurusan Pemasaran merupakan program studi yang mempelajari segala hal tentang proses pemasaran barang dan jasa. Di sini, kamu bakal belajar cara membuat strategi pemasaran, mencari tau kebutuhan konsumen di pasaran, mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan produk, serta melakukan evaluasi proses pemasaran.  

Intinya, di jurusan marketing, kamu akan lebih melakukan analisis terkait kondisi pasar, serta mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal ini bertujuan supaya strategi penjualan yang kamu buat tepat sasaran. 

Tuh, jadi beda ya guys dengan sales. Marketing lebih ke penentuan ide, konsep, dan strategi dalam hal promosi agar konsumen tertarik membeli barang yang kita jual, sedangkan sales akan melayani konsumen secara langsung agar mau membeli barang. 

Nah, ada beberapa mata kuliah yang bakal kamu pelajari di jurusan ini, nih. Tentunya, nggak jauh-jauh dari pemasaran produk dan konsumen, ya.

mata kuliah yang dipelajari jurusan marketing

 

Oh iya, kalo di Indonesia sendiri, jurusan marketing memang udah banyak tersedia di beberapa perguruan tinggi ternama, lho! Beberapa ada yang masuk dalam program diploma (D3 dan D4) Manajemen Pemasaran, seperti di Universitas Negeri Jakarta, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Solo, Telkom University, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Pilih S1 atau D4? Pertimbangkan Hal-hal Berikut ini!

Sementara itu, untuk program sarjana (S1), kebanyakan masuk sebagai konsentrasi atau peminatan dari jurusan Manajemen. Jadi, kalo kamu mau ambil jurusan Marketing di S1, kamu bisa pilih jurusan Manajemen dulu. Nanti, setelah masuk, biasanya ada pilihan penjurusan ke Manajemen Pemasaran. Perguruan tinggi yang menyediakan antara lain ada Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, dan lain sebagainya.

Prospek Kerja Jurusan Marketing

Di awal, udah disebutkan ya kalo marketing menjadi bagian terpenting dalam suatu perusahaan. Apapun bidang perusahaannya, pasti punya yang namanya tim marketing. Oleh karena itu, para lulusan marketing memiliki peluang yang cukup besar serta prospek yang bagus di dunia kerja nantinya. 

Kamu bisa bekerja di badan pemerintahan milik negara atau perusahaan swasta. Bahkan, kalo kamu tertarik untuk membangun usaha sendiri, ilmu-ilmu di jurusan Marketing cukup membantumu dalam mengembangkan bisnis yang kamu punya, lho!

prospek karir jurusan marketing

Baca juga: 5 Skill yang Wajib Kamu Punya Sebelum Jadi Mahasiswa

Oke guys, itu dia informasi mengenai jurusan Marketing yang bisa jadi bahan pertimbanganmu saat memilih jurusan di kuliah nanti. Jurusan ini, tentunya akan sangat cocok buat kamu yang kreatif dan tertarik untuk terjun ke dunia bisnis. Nah, dilihat dari peluang dan prospek kerja yang menjanjikan, jurusan Marketing pasti akan banyak diminati. Oleh karena itu, bagi kamu yang berencana untuk ambil jurusan ini, yuk, persiapkan diri semaksimal mungkin supaya bisa bersaing di tes masuk perguruan tinggi nantinya. 

Selain rajin mengikuti pembelajaran dari sekolah, kamu juga bisa coba belajar tambahan di ruangbelajar, nih. Materinya lengkap dan udah tersusun rapi berdasarkan topik dan subtopiknya. Ada latihan soal dan pembahasannya juga lagi. Eits, satu lagi, ada Bright, teman belajar yang akan menemani kamu supaya semakin semangat belajar, loh! Yuk, yuk, buruan gabung dan belajar bersama Bright sekarang juga!

ruangbelajar

Referensi:

Manajemen Pemasaran (Marketing) [Daring]. Tautan: https://rencanamu.id/cari-jurusan/ekonomi-bisnis/manajemen-pemasaran-marketing- (Diakses pada 20 Februari 2021)

Perbedaan Sales dan Marketing yang Perlu Diketahui Pengusaha [Daring]. Tautan: https://bit.ly/2NJXv7H (Diakses pada 20 Februari 2021)

Beri Komentar