Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Prioritaskan 7 Hal Berikut!

prioritas dalam memilih jurusan

Masih galau memilih jurusan kuliah? Agar kamu nggak salah pilih, yuk ketahui 7 hal yang harus kamu prioritaskan berikut ini!

--

 

“Bingung banget memilih jurusan apa ya kuliah nanti?”

Lagi galau pilih jurusan? Kira-kira, jurusan apa ya yang tepat? Sering sekali pertanyaan ini muncul dari siswa-siswi SMA yang ingin melanjutkan kuliah. Memang tidak mudah sih, terkadang ada yang sudah punya niat kuat untuk masuk suatu jurusan. Tapi ternyata, setelah masuk malah menyesal karena merasa salah pilih jurusan. Nah, solusinya kamu harus tahu prioritas apa saja untuk menentukan jurusan. Yuk, simak artikel berikut ya!

1. Cari Tahu Passion Kamu

Apa sih yang paling kamu sukai dan minati selama di sekolah? Nah, hal tersebut dapat kamu gunakan sebagai kunci awal untuk tahu ke arah mana minat kamu. Misalnya, pelajaran favorit kamu apa? Kamu suka sekali dengan pelajaran IPA dan suka hitungan, kamu bisa lebih mengarah ke jurusan Kedokteran, Sains, Pertanian, Biokimia, Biologi, Matematika dan lain-lain.

Kamu lebih suka menghafal dan pelajaran sosial, bisa memilih jurusan Komunikasi, Sosiologi, Kriminologi, dan sebagainya. Dengan mengetahui itu, kamu sudah sedikit menjawab kegalauan tentang jurusan yang kamu inginkan. Jangan sampai kamu memilih jurusan yang ternyata nggak kamu banget!

mengenal passion saat memilih jurusan

Cari tahu passion kamu (Sumber: merdeka.com)

2. Motivasi Diri

Sudah tahu belum cita-cita dan harapan kamu di masa depan? Motivasi dapat diartikan bahwa kamu mengetahui tujuan utama setelah kamu masuk jurusan itu. Tanpa adanya motivasi yang jelas, kamu tidak akan nyaman menjalani dunia perkuliahan. Nantinya, malah akan berdampak ke nilai IPK kamu juga. Jadi, usahakan kamu punya motivasi diri mengapa memilih jurusan itu ya. 

Misalnya, kamu ingin menjadi ahli komputer, ahli keuangan, atau ingin menyembuhkan orang yang sakit, dan sebagainya. Motivasi ini akan menjadi penyemangat kamu di masa-masa sulit, sehingga kamu nggak gampang menyerah.

Baca juga: 9 Cara Belajar Efektif untuk Kamu yang Gap Year

3. Potensi

"Aku kayaknya nggak jago apa-apa deh."

Eits, jangan pernah berpikiran seperti itu ya. Setiap orang pasti memiliki potensinya masing-masing, termasuk kamu. Hanya saja, mungkin kamu belum menyadarinya sekarang. Padahal, kemampuan tersebut dapat menjadi prioritas memilih jurusan yang tepat. So, penting banget nih untuk kamu menggali potensi diri kamu.

Caranya banyak, bisa dengan bertanya ke orang terdekat, menjalani hobi, atau bahkan melihat nilai kamu. Misalnya, nilai kamu lebih bagus di pelajaran IPS, maka kamu bisa memilih jurusan di rumpun Soshum. Atau jika potensi kamu lebih ke menggambar dan seni, kamu bisa memilih jurusan sastra, desain, dan sebagainya.

melihat potensi diri

Cari tahu di mana potensi kamu (Sumber: telegraph.co.uk)

4. Kepribadian

Setiap orang memiliki kepribadian yang bebeda-beda. Apa sih kaitan kepribadian dengan prioritas memilih jurusan? Ternyata ada kaitannya, lho! Dengan mengetahui kepribadian diri kamu sendiri, memilih jurusan akan lebih mudah.

Menurut John Holland, kepribadian dapat dikelompokkan menjadi enam. Keenam kelompok kepribadian itu, yaitu: kepribadian realistic (realistis), thinkers (pemikir), creators (berjiwa seni), helpers (penolong), persuaders (menguasai orang lain), dan organizers (terorganisir). Enam kepribadian tersebut bisa kamu cocokkan dengan tipe jurusan yang akan kamu pilih, sesuai atau tidak. Jika kamu adalah orang yang terorganisir, mungkin kamu bisa memilih jurusan seperti Manajemen.

Baca juga: Mau Lintas Jurusan? Ini 5 Persiapan yang Perlu Kamu Lakukan!

5. Konsultasi Berdasarkan Pengalaman

Malu bertanya sesat di jalan, lho. Ungkapkan kebingungan kamu dengan mencoba konsultasi dengan guru bimbingan konseling, orang tua, dan kakak kelas. Kamu dapat bertanya tentang pengalaman mereka memilih suatu jurusan sampai dengan prospek pekerjaan setelah lulus. Bertanya langsung secara real dengan ahlinya atau yang sudah punya pengalaman akan memberikan kamu gambaran pasti tentang pilihan jurusan.

peluang kerja jurusan

Cari tahu peluang kerja di masa depan (Sumber: startupdaily.net)

6. Peluang Kerja di Masa Depan

Melihat peluang para lulusan dari sebuah jurusan di masa depan juga sangat penting dalam memilih jurusan. Coba cari tahu, apakah jurusan incaran kamu memiliki peluang kerja yang menjanjikan di masa depan atau tidak. Jangan sampai kamu memilih jurusan yang lulusannya memiliki daya serap rendah di dunia kerja ya. Hal ini bisa menyulitkan kamu setelah lulus nanti.

Contohnya, jurusan IT saat ini bisa jadi peluang yang menjanjikan, lho. Banyak sekali dibangun perusahaan baru berbasis teknologi. Untuk itu, coba seimbangkan kemampuan kamu dengan peluang kerja di masa depan ya!

7. Biaya

Dari semua hal di atas, jangan lupa untuk memprioritaskan masalah biaya. Bila kemampuan biaya yang orang tua kamu miliki tidak sebanding dengan jurusan yang kamu inginkan. Maka, perkuliahan kamu bisa menjadi kendala nantinya. Meskipun kamu dapat mencari beasiswa, tetapi tidak semua anak bisa mendapatkan beasiswa dengan mudah. Oleh karena itu, semaksimal mungkin sesuaikan keinginan kamu dengan biaya orang tua juga ya.

Ingat, asal-asalan memilih jurusan malah akan membuat kenyamanan berkuliah hilang. Pikirkan secara matang dan ikuti kata hatimu. Nah, setelah membaca artikel ini, kira-kira sudah ada yang tahu akan memilih jurusan apa? Jangan lupa untuk persiapkan diri dari sekarang agar bisa masuk ke jurusan impian bersama ruangbelajar!

New Call-to-action

Sumber foto:

Passion [daring]. Tautan: https://www.merdeka.com/jateng/passion-adalah-gairah-besar-untuk-mencapai-tujuan-ketahui-cara-mengembangkannya-kln.html (Diakses: 7 Oktober 2021)

Potensi diri [daring]. Tautan: https://www.telegraph.co.uk/education/2017/02/07/serious-improving-social-mobility-universities-must-lend-expertise/(Diakses: 7 Oktober 2021)

Peluang kerja di masa depan [daring]. Tautan: https://www.startupdaily.net/2019/09/budding-founders-can-get-a-virtual-taste-of-startups-as-an-online-intern/(Diakses: 7 Oktober 2021)

Profile

Ruangguru