Kompetisi Sains Ruangguru 2022: Yuk, Daftar & Raih Total Hadiah Ratusan Juta!

Kompetisi Sains Ruangguru 2022

Sudah tahu tentang Kompetisi Sains Ruangguru (KSR)? Yuk, ikutan dan menangkan total hadiah hingga ratusan juta rupiah! Simak syarat dan ketentuannya berikut.

--

Tahun ini, Ruangguru membuka kesempatan bagi siswa di seluruh Indonesia untuk mengikuti ajang Kompetisi Sains Ruangguru (KSR) 2022. Yuk, jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengajak para murid Bapak/Ibu guru yang menyukai tantangan. Eits, ini bukan sembarang tantangan loh, karena total hadiah yang diperebutkan mencapai hingga ratusan juta rupiah! Banyak banget, kan? Berikut informasi lengkap mengenai syarat dan ketentuannya!

 

Tentang Kompetisi Sains Ruangguru 2022

Kompetisi Sains Ruangguru 2022 adalah ajang adu ilmu di bidang Sains untuk para siswa di tingkat SD/Sederajat, SMP/MTS, dan SMA/MA dari seluruh Indonesia. Pendaftaran KSR dilaksanakan mulai tanggal 29 Agustus 2022 - 21 September 2022.

Nah, dalam kompetisi ini, ada beberapa tahap yang harus dilewati oleh peserta, di antaranya Technical briefing & Coaching Clinic, Regional Round, Bedah Soal, Pengumuman Regional Round, Technical Briefing & Coaching Clinic National Round, hingga National Round.

 

Bidang Sains yang Dilombakan

Peserta Kompetisi Sains Ruangguru 2022 dapat mengikuti perlombaan di bidang sains menyesuaikan jenjangnya. Berikut rinciannya:

  • SD/Sederajat: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  • SMP/MTs: Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
  • SMA/MA: Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Geografi, dan Ekonomi

Masing-masing peserta hanya diperbolehkan memilih satu dari bidang-bidang tersebut, ya. Jadi, pikirkan baik-baik kekuatan siswa Bapak/Ibu guru terletak di bidang sains mana, nih.

Baca Juga: 5 Hal Menarik bisa Guru Ajarkan untuk Siswa di Kelas!

 

Persyaratan Umum Peserta Kompetisi Sains Ruangguru 2022

Siapa saja sih yang berhak mengikuti Kompetisi Sains Ruangguru 2022 ini? Simak baik-baik persyaratannya berikut:

  1. Seluruh peserta didik SD/Sederajat (kelas 4, 5 dan 6), SMP/MTS (kelas 7, 8, dan 9), dan SMA (kelas 10, 11, dan 12) pada tahun ajaran 2022/2023 di seluruh Indonesia.
  2. Peserta mendapatkan persetujuan atau izin untuk mengikuti KSR 2022 dari orang tua/wali.
  3. Peserta hanya diperbolehkan untuk mengikuti satu dari beberapa bidang yang dilombakan menyesuaikan jenjang pada KSR 2022.

 

Cara Pendaftaran

Ada dua cara pendaftaran yang perlu diperhatikan.

1. Cara pendaftaran untuk sekolah

Pendaftaran ini berlaku untuk sekolah yang ada pada kategori di bawah ini.

  • Sekolah undangan
  • Sekolah pilihan Dinas Pendidikan
  • Sekolah umum

Alur pendaftaran:

  1. Pihak sekolah wajib mendaftarkan siswa untuk menjadi peserta Kompetisi Sains Ruangguru. Sekolah dapat mendaftarkan siswa sebanyak-sebanyaknya.
  2. Sekolah dapat mempersiapkan data siswa dan mengisi formulir pendaftaran melalui bit.ly/ksr2022sekolah.
  3. Setelah melakukan registrasi sekolah, pihak sekolah mengarahkan guru pendamping untuk masuk ke grup telegram Guru Pendamping dan setiap peserta untuk masuk ke grup telegram Peserta.
  4. Mohon pastikan form diisi dengan data siswa maupun data sekolah dan guru pendamping dengan benar.

 

2. Cara pendaftaran untuk individu

Pendaftaran ini ditujukan untuk siswa secara individu. Peserta hanya dapat mendaftar secara pribadi jika sekolah tidak terdaftar sebagai peserta Kompetisi Sains Ruangguru 2022. Namun, jika sekolah ternyata terdaftar peserta dan siswa sudah terlanjur mendaftar secara pribadi, maka sekolah tetap harus mendata dan mendaftarkan siswa yang bersangkutan.

Alur pendaftaran:

  1. Kunjungi laman ruangguru.com/event/kompetisi-sains, pilih jenjang SD, SMP atau SMA dan klik tombol ‘Daftarkan Dirimu’ pada laman website.
  2. Isi form pendaftaran KSR 2022 dalam aplikasi/web Ruangguru. Untuk melakukan pendaftaran siswa harus melakukan log-in dengan akun Ruangguru*. Bagi peserta yang belum memiliki akun Ruangguru mohon untuk membuat akun terlebih dahulu**.
  3. Jangan lupa untuk mengunggah foto twibbon pada sosial media peserta (link: bit.ly/twibbonksr2022) kemudian mengisi formulir dengan lengkap dan benar.
  4. Setelah mengisi form, peserta wajib untuk masuk grup telegram Peserta.

 

*Pastikan email yang kamu gunakan aktif dan belum pernah unsubscribe email dari ruangguru.
**Peserta dapat mengikuti cara membuat akun di bagian Tutorial Registrasi Akun Ruangguru.

Tata cara membuat foto Twibbon KSR 2022:

1. Klik link twibbonize di bawah sesuai jenjang dan bidangmu masing-masing. 

2. Upload foto peserta yang paling menarik dengan klik button “Pilih Foto”.

3. Sesuaikan foto pada frame.

4. Klik “Selanjutnya” dan klik “unduh” agar foto dapat tersimpan di HP.

5. Unggah foto twibbon yang sudah di-download pada media sosial peserta dan jangan lupa tambahkan hashtag #KSR2022 #aduilmu dan #KompetisiSainsRuangguru.

6. Persiapkan diri baik-baik dan selamat bergabung di Kompetisi Sains Ruangguru!


Baca Juga: 4 Standar Kompetensi Guru yang Harus Pengajar Miliki

 

Tahap Pelaksanaan Kompetisi Sains Ruangguru 2022

Ada tiga tahap pelaksanaan Kompetisi Sains Ruangguru 2022 yang perlu diperhatikan, yaitu:

Tahapan Pendaftaran Kompetisi Sains Ruangguru 2022

 

1. Tahap pendaftaran

Tahap pendaftaran berlangsung pada 29 Agustus - 21 September 2022. Pendaftaran ini dilakukan baik berdasarkan jalur sekolah maupun individu. Selanjutnya, pada 24 September 2022, peserta akan melaksanakan Technical Briefing & Coaching Clinic untuk persiapan menuju Regional Round.

2. Regional Round

Tahap seleksi regional berlangsung pada 1 - 2 Oktober 2022. Dalam tahap ini, peserta akan disaring untuk melaju ke tahap nasional. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam Regional Round:

  • Peserta yang telah mendaftar mengerjakan satu kali Tes Seleksi Regional pada aplikasi ruanguji Ruangguru.
  • Regional round peserta jenjang SMA/MA dilaksanakan pada 1 Oktober 2022, sedangkan regional round peserta jenjang SD/Sederajat dan SMP/MTs dilaksanakan pada 2 Oktober 2022. 
  • Bedah soal dilaksanakan pada 8 Oktober 2022.
  • Pengumuman pemenang yang lolos ke tahap National Round diberitahukan pada 9 Oktober 2022.

Seleksi Peserta ke National Round

  • Total 100 peserta/bidang.
  • Kuota setiap bidang mencakup 34 peserta dengan nilai tertinggi dari setiap provinsi dan 66 peserta diambil dari peringkat teratas nasional.
  • Ketentuan khusus, maksimal 2 peserta/sekolah dengan maksimal 10 peserta/provinsi.

3. National Round

Tahap seleksi nasional akan berlangsung pada 15 - 30 Oktober 2022. Secara lebih rinci, tahap ini terbagi menjadi tiga langkah.

  • 15 Oktober 2022 : Technical Briefing & Coaching Clinic
  • 22 Oktober 2022 : Tes National Round jenjang SMA/MA
  • 23 Oktober 2022 : Tes National Round jenjang SD & SMP
  • 30 Oktober 2022 : Pengumuman National Round 

 

Kenapa Harus Ikutan Kompetisi Sains Ruangguru 2022?

Kompetisi Sains Ruangguru adalah ajang uji kemampuan bagi seluruh siswa di Indonesia di bidang Sains. Para peserta juga bisa dapet banyak teman baru di acara ini, lho! Selain itu, jangan lewatkan beragam hadiah yang ditawarkan untuk para pemenang.

Hadiah Kompetisi Sains Ruangguru 2022

 

Wah, makin tertarik untuk mengikuti ajang perlombaan ini, bukan? Yuk, daftarkan sekolah Bapak/Ibu guru di Kompetisi Sains Ruangguru 2022 sekarang, ya! Semangat berjuang dan semoga berhasil!

Kompetisi Sains Ruangguru 2022

Profile

Ruangguru

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.