Mengenal Matahari dan Lapisannya | IPA Terpadu Kelas 6

matahari dan lapisannya

Pagi itu, Lulu dan Cika terlibat diskusi seru tentang Matahari dan lapisannya. Memangnya ada apa saja sih lapisan-lapisan matahari itu? Yuk, kita bahas di artikel ini!

--

Selesai upacara bendera, Cika merasa kepanasan karena Matahari yang semakin terik. Ia pun menutup sebagian wajahnya dengan tangan. Melihat Cika yang kurang nyaman tersebut, Lulu berinisiatif mengajaknya berteduh ke pinggir lapangan.

“Apa Matahari nggak capek ya, bersinar sangat terik pagi ini?” celetuk Cika.

“Hihihi, pasti nggak capek dong, Cika! Matahari kan terus bersinar sepanjang hari, baik siang maupun malam," balas Lulu.

Wah, sebenarnya Matahari itu apa sih?" tanya Cika penasaran.

“Kalau yang aku tau… Matahari itu adalah sebuah bintang yang menjadi pusat Tata Surya kita, Cik. Matahari disebut sebagai bintang karena bisa memancarkan cahayanya sendiri.

ciri ciri matahari

Oh, ya? Bagaimana Matahari bisa memancarkan cahayanya sendiri, Lu?” sahut Cika kebingungan.

“Matahari itu tersusun dari gas-gas hidrogen yang saling bereaksi, sehingga memancarkan energi cahaya dan panas,” lanjut Lulu, “Lalu, kalau kita mau mengenal Matahari lebih dalam lagi, kita bisa mulai dari mengetahui empat lapisannya!”

Baca juga: Macam-Macam Benda Langit di Sistem Tata Surya

“Aku pikir tadi aku sudah mengenal apa itu Matahari. Ternyata Matahari ada lapisannya juga, ya! Apa saja itu?” 

“Kalau kita mulai dari urutan lapisan Matahari yang terdalam, ada inti Matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona,” 

“Coba jelaskan satu per satu dong, Lu!” 

Oke, aku mulai dari lapisan paling dalam ya, yaitu inti Matahari. Lapisan ini menjadi pusat reaksi gas-gas hidrogen yang terjadi pada Matahari. Akibatnya, suhu lapisan inti Matahari ini panas banget, bisa mencapai 15 juta ºC! Selanjutnya, ada lapisan fotosfer yang merupakan bagian permukaan Matahari. Suhu permukaan ini nggak sepanas suhu intinya, yaitu 6000 ºC. Kemudian setelah fotosfer, ada lapisan kromosfer yang merupakan atmosfer Matahari. Kamu sudah tau belum apa itu atmosfer Matahari?”.

Cika menggeleng, lalu bersiap menyimak penjelasan Lulu lagi 

Atmosfer Matahari adalah lapisan gas bagian luar yang menyelimuti Matahari. Suhu atmosfer Matahari sendiri mencapai 6000- 20.000 ºC, Cik.” 

”Setelah itu, gimana dengan lapisan Matahari berikutnya?”

“Berikutnya adalah lapisan Matahari yang terakhir, yaitu korona.  Korona merupakan lapisan paling luar Matahari. Korona ini hampir nggak kelihatan loh! Tapi korona bisa terlihat saat gerhana Matahari total, yang berbentuk seperti mahkota berwarna keabuan. Suhu dari lapisan korona ini lebih tinggi dari suhu lapisan sebelumnya, bisa mencapai 1 juta °C,” Lulu menutup penjelasannya.

lapisan-lapisan matahari

Wah, penjelasanmu gampang untuk dimengerti, Lu!  Sekarang aku jadi tau kalau Matahari adalah bintang, dan punya beberapa lapisan. Terima kasih, Lulu!” 

“Sama-sama, Cika!” balas Lulu, “Sekarang, ayo kita masuk ke kelas! Pelajaran sudah mau dimulai, jangan sampai terlambat.”

Ayo!” sambut Cika.

Baca juga: Cari Tahu tentang Rotasi dan Revolusi Bumi, Yuk!

Nah, kalau Cika sudah berhasil memahami tentang Matahari, bagaimana dengan kalian? Coba tes pemahaman kalian dengan menjawab pertanyaan ini yuk! Jangan lupa tulis jawabannya di kolom komentar, ya!

latihan soal lapisan matahari

Seru kan mengenal Matahari dan lapisan-lapisannya bersama Cika dan Lulu? Setelah ini, kalian bisa belajar lebih banyak lagi tentang Tata Surya bersama Cika, Lulu, dan teman-temannya, loh! Caranya, kalian bisa menggunakan aplikasi ruangguru dan berlangganan ruangbelajar. Yuk, segera download aplikasinya!

New call-to-action

Materi oleh: Nunuk Ika Lestari

Disunting oleh: Permata Hisra Marota

Profile

Rias Hada Firdausya

Aku cinta IPA dan bahagia karena Bahasa Indonesia, kalian bisa panggil aku Riashada!