Memahami Jenis-Jenis Buku Nonfiksi dan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 12

jenis-jenis buku non fiksi dan contohnya

Buku nonfiksi itu ada banyak jenisnya. Bisakah kamu menyebutkan salah satunya? Buat yang belum tahu, yuk simak pembahasan mengenai jenis-jenis buku nonfiksi disertai contohnya di artikel Bahasa Indonesia kelas 12 berikut!

 

Siapa diantara kamu yang gemar membaca buku? Buku jenis apa nih yang paling kamu suka?

Nah ngomong-ngomong soal buku, di sini kita akan membahas tentang jenis-jenis buku nonfiksi dan contohnya. Pastinya, diantara kamu pernah dong membaca buku nonfiksi. Hmm, atau mungkin, ada yang belum tahu nih apa itu buku nonfiksi?

Tenang, yuk kita bahas secara lengkap, mulai dari pengertian buku nonfiksi, ciri-ciri, jenis, hingga contohnya!

 

Pengertian Buku Nonfiksi

Pertama-tama, apa sih buku nonfiksi itu? Jadi, buku nonfiksi adalah karangan yang di buat berdasarkan hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari, atau bisa juga kita sebut dengan fakta.

Isi buku nonfiksi merupakan bentuk cerita nyata atau cerita kehidupan setiap hari yang dituliskan menjadi sebuah cerita. Biasanya, cerita-cerita nonfiksi melihat sebuah momentum atau kejadian yang penting dan menarik, kemudian diangkat kembali dengan menonjolkan nilai-nilai penting di dalamnya.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Resensi Buku Fiksi dan Nonfiksi serta Strukturnya

 

Ciri-Ciri Buku Nonfiksi

Berikut ciri-ciri buku nonfiksi yang bisa kamu perhatikan, ketika ingin mengidentifikasinya:

1. Ditulis menggunakan bahasa formal

Buku nonfiksi berisi kejadian nyata (sebenarnya) dan bersifat informatif. Oleh karena itu, buku nonfiksi harus menggunakan bahasa formal, agar informasinya dapat diterima oleh pembaca.

2. Ditulis berdasarkan fakta

Dalam buku nonfiksi, penulis membutuhkan pengamatan dan data sebagai bahan penulisannya. Selain itu, buku ini juga melibatkan kajian ilmiah dan riset yang memadai. Jadi, informasinya dapat bersifat objektif dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

3. Menggunakan bahasa denotatif

Buku nonfiksi akan menggunakan bahasa denotatif atau bermakna sebenarnya, tanpa menggunakan bahasa kiasan. Jadi, pembaca dapat langsung memahami maksud dari isi buku. Oleh karena itu, buku nonfiksi sering dijadikan sumber informasi oleh para pembaca.

4. Memberikan referensi atau ide baru

Karena isinya yang berdasarkan riset dan fakta, buku nonfiksi sering dijadikan sumber referensi atau ide baru bagi penulis lain untuk membuat suatu karangan/tulisan.

 

Jenis-Jenis Buku Nonfiksi

Untuk kamu ketahui nih guys, buku nonfiksi itu dikelompokkan menjadi beberapa jenis menurut isinya, jenis-jenisnya yaitu:

1. Buku Biografi

Pertama adalah buku biografi. Buku biografi adalah buku yang berisi riwayat hidup seseorang. Bisa riwayat hidup tentang pahlawan, tokoh-tokoh berpengaruh, idola, atau orang terkenal lainnya.

Buku biografi ditulis untuk mendokumentasikan peristiwa penting yang dialami oleh seseorang tersebut. Tentunya, tujuan dari penulisan buku biografi adalah untuk menginspirasi para pembacanya.

Beberapa rekomendasi contoh buku biografi, di antaranya ada Kisah Epik Sukarno, Buya Hamka: Sebuah Novel Biografi, Gus! Sketsa Seorang Guru Bangsa, Jenderal Soedirman Teladan dari Pemimpin yang Bersahaja, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Teks Biografi: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur & Contoh

jenis-jenis buku nonfiksi

Contoh buku biografi Bacharuddin Jusuf Habibie. (Sumber: bukabuku.com)

 

2. Buku Autobiografi

Mirip dengan buku biografi, kalau buku autobiografi adalah buku yang berisi kisah serta perjalanan hidup dari penulisnya sendiri. Tujuan dari penulisan buku autobiografi, yaitu untuk menunjukkan riwayat hidup penulis kepada para pembacanya.

Nah, contoh buku autobiografi, antara lain ada Autobiografi Mahatma Gandhi, Autobiografi Tan Malaka: Dari Penjara Ke Penjara, An Autobiography karya Agatha Christie, Autobiografi Alex Ferguson, dan lain sebagainya.

buku autobiografi mahatma gandhi

Contoh buku autobiografi karya Mahatma Gandhi. (Sumber: gramedia.com)

 

3. Buku Literatur

Ketiga ada buku literatur. Buku literatur adalah buku yang digunakan sebagai rujukan kajian keilmuan. Buku literatur sering disebut diktat atau buku kuliah.

Biasanya, buku literatur sering ditulis berdasarkan penelitian. Maka dari itu, buku ini sudah jelas memiliki kadar keilmiahan yang sangat tinggi. Jadi, buku literatur ini sering ditulis oleh dosen atau peneliti.

Contoh buku nonfiksi yang berupa literatur, antara lain yaitu majalah ilmiah, skripsi, disertasi, tesis, jurnal, laporan penelitian, makalah seminar, dan lain sebagainya.

buku literatur-1.jpg

Contoh buku literatur. (Sumber: https://amazon.in/)

 

4. Buku Motivasi

Keempat ada buku motivasi. Buku motivasi adalah buku yang berisi kajian psikologis untuk membangkitkan gairah atau semangat bagi para pembacanya. Buku motivasi dapat disusun berdasarkan kajian keagamaan atau moral.

Biasanya, buku ini sering ditulis oleh entrepreneur. Tulisan-tulisannya merupakan kiat-kiat membagi semangat, setelah para entrepreneur ini mencapai satu titik keberhasilan setelah melewati proses yang panjang. Dengan membaca buku motivasi, pembaca diharapkan mendapat energi baru untuk meneruskan hidup dan semangat untuk terus berkarya.

Contoh buku motivasi populer, di antaranya Think and Grow Rich karya Napoleon Hill, The Power of Habit karya Charles Duhigg, Becoming karya Michelle Obama, Atomic Habit karya James Clear, Seni Bersikap Bodo Amat karya Mark Manson, dan masih banyak lagi.

jenis-jenis buku nonfiksi

Sebuah buku motivasi karya Merry Riana. (Sumber: https://goodreads.com/)

 

5. Buku Pendamping

Kelima ada buku pendamping. Buku pendamping adalah buku yang memiliki fungsi untuk mendampingi buku utama. Biasanya, buku pendamping disebut pula buku pengayaan. Jadi, buku pendamping ditulis setelah ada buku utama.

Contohnya, buku pelajaran untuk anak sekolah. Kajian buku pelajaran itu masih bersifat umum. Jadi, buku pelajaran memerlukan buku pendamping untuk menjelaskan buku utama karena ada beberapa bagian dari buku utama yang tidak dijelaskan secara lengkap dalam buku utama.

Baca Juga: Perbedaan Buku Fiksi & Nonfiksi: Pengertian, Ciri, Jenis, Contoh

jenis-jenis buku nonfiksi

Sebuah buku pendamping. (Sumber: http://bukuerlangga.co.id)

 

6. Buku Kesehatan

Sama seperti judulnya, buku kesehatan adalah buku-buku yang memuat informasi mengenai dunia kesehatan, baik itu secara spesifik, maupun secara umum. Itulah sebabnya, buku kesehatan harus ditulis oleh seorang dokter, atau orang-orang yang ahli di bidangnya.

Buku kesehatan bisa digunakan sebagai rujukan oleh orang yang bergelut di dunia kesehatan juga, atau sebagai informasi bagi masyarakat luas. Contoh buku kesehatan, di antaranya 250++ Tanya Jawab Seputar Kanker Jawaban Para Ahli, Tentang Tubuhmu karya dr. Gia Pratama, Breath karya James Nestor, Keajaiban Air Mineral bagi Kesehatan, dan lain sebagainya.

buku kesehatan berjudul tentang tubuhmu karya dokter gia pratama

Buku kesehatan berjudul Tentang Tubuhmu karya dr. Gia Pratama. (Sumber: gramedia.com)

 

7. Buku Ensiklopedia

Ensiklopedia adalah jenis buku yang berisi informasi secara komprehensif mengenai cabang ilmu pengetahuan tertentu. Biasanya, ensiklopedia akan disertai gambar agar menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Buku ini juga disusun dalam beberapa bagian topik, dimana setiap topiknya, akan urut berdasarkan abjad. Ensiklopedia digunakan sebagai sumber informasi untuk menambah pengetahuan kita.

Beberapa contoh ensiklopedia yang bisa kamu baca, Ensiklopedia Pendidikan Indonesia, Ensiklopedia Fauna Dunia, Ensiklopedia Dunia Hewan, Ensiklopedia Geografi, Ensiklopedia Sejarah Nasional dan Dunia, serta masih banyak lagi.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Artikel Singkat dan Menarik dalam Berbagai Tema

ensiklopedia alam semesta

Contoh Ensiklopedia tentang alam semesta. (Sumber: gramedia.com)

 

Unsur-Unsur Buku Nonfiksi

Buku nonfiksi terdiri dari beberapa unsur, yakni:

1. Judul

Judul buku akan menggambarkan isi buku secara ringkas. Judul buku diletakkan pada sampul buku, dibuat semenarik mungkin, namun tetap menggunakan bahasa yang formal.

2. Nama Penulis

Nama penulis adalah nama pengarang yang menyampaikan hasil karyanya dalam buku nonfiksi.

3. Nama Penerbit

Nah, kalau nama penerbit adalah perusahaan atau instansi yang mengedit, membuat desain cover dan layout, mencetak, hingga mengedarkan buku.

4. Tebal Halaman/Jumlah Bab

Berisi jumlah halaman dan bab yang ada dalam buku nonfiksi.

5. Isi Buku

Berisi informasi yang dibahas dalam buku nonfiksi.

6. Penutup

Berisi kesimpulan dari topik yang dibahas oleh penulis. Biasanya, penulis juga akan mencantumkan referensi/bahan rujukan, glosarium, hingga biodata dari penulis.

Itu dia tadi penjelasan tentang jenis-jenis buku nonfiksi beserta contohnya. Bagaimana, sudah paham kan apa yang dimaksud buku nonfiksi dan apa saja jenis-jenisnya? Nah, sekarang kamu bisa mulai mencari buku-buku tersebut untuk dibaca, atau dijadikan referensi.

Buat kamu yang ingin mengerti lebih tentang pelajaran bahasa Indonesia, kamu bisa nonton video belajar animasi yang tersedia di produk ruangbelajarKalian bisa belajar sambil melihat berbagai animasi sesuai materi yang dijelaskan tutor.

CTA ruangbelajar

Referensi:

https://www.gramedia.com/literasi/contoh-buku-non-fiksi/ (Diakses pada 27 Mei 2024)

https://deepublishstore.com/blog/unsur-buku-fiksi-dan-non-fiksi/#Unsur_Buku_Non_Fiksi (Diakses pada 27 Mei 2024)

https://www.gramedia.com/literasi/cerita-nonfiksi/ (Diakses pada 27 Mei 2024)

Sumber Gambar:

https://www.freepik.com/free-vector/hand-drawn-flat-design-poetry-illustration_23832498.htm#fromView=search&page=7&position=2&uuid=4755ff82-a6b8-4b74-b707-59c5b728a5bd (Diakses pada 27 Mei 2024)

Fahri Abdillah