Mengenal Jenis-Jenis Teks Eksposisi dan Contohnya | Bahasa Indonesia Kelas 10

jenis teks eksposisi

Yuk, kita cari tau apa saja jenis-jenis teks eksposisi dan beberapa contohnya secara lengkap di artikel ini!

--

Kamu tahu apa itu teks eskposisi? Teks eksposisi adalah teks yang berfungsi untuk mengungkapkan gagasan, atau mengusulkan sesuatu berdasarkan argumentasi yang kuat. Teks ini hanya memiliki satu argumentasi. Tidak seperti teks negosiasi yang berisi dua argumentasi.

ciri-ciri teks eksposisi

 

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Jenis jenis teks eksposisi antara lain adalah sebagai berikut:

1. Eksposisi definisi 

Jenis teks eksposisi definisi akan memaparkan definisi atau pengertian suatu topik tertentu.

2. Eksposisi proses 

Teks eksposisi proses akan berisi tahapan-tahapan atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir.

3. Eksposisi ilustrasi 

Jenis teks eksposisi ilustrasi memberikan gambaran atau penjelasan yang sederhana mengenai suatu topik dengan topik lainnya yang mempunyai kesamaan sifat atau kemiripan.

4. Eksposisi pertentangan

Teks eksposisi pertentangan berisi hal pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.

5. Eksposisi laporan

Teks eksposisi laporan akan memberikan laporan dari sebuah peristiwa atau penelitian tertentu.

6. Eksposisi perbandingan 

Jenis teks eksposisi yang satu ini berisi ide atau gagasan utamanya dipaparkan dengan cara membandingkan suatu hal dengan yang lain.

Tiap jenis teks tentu mempunyai tujuannya masing-masing ya. Nah, teks eksposisi bertujuan untuk menjelaskan suatu informasi yang bersifat informatif sehingga pengetahuan pembaca sendiri bertambah.

struktur teks eksposisi

 

Contoh Teks Eksposisi

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Tesis:

Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor terpenting untuk menciptakan kenyamanan, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekitar. Setiap sekolah selalu mengajarkan anak didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Bahkan, kebersihan sekolah banyak dilombakan untuk menarik minat sekolah agar mereka peduli kebersihan. Cara untuk menjaga kebersihan sekolah, di antaranya membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain.

Argumentasi: 

Pembagian piket kelas menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas. Seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis. Selain itu, setiap hari jumat selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan "Jum'at Bersih". Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan murid dan guru juga bisa semakin akrab dengan adanya kerja sama.

Penegasan Ulang: 

Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses belajar mengajar. Kebersihan lingkungan sekolah akan lebih menjamin kebersihan seseorang dan menyehatkan. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan, kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan sekolah tetap sehat terawat secara berkesinambungan. 

Baca juga: Contoh Teks Eksposisi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaannya

Sudah semakin paham kan  mengenai jenis-jenis teks eskposisi? Apalagi disertai contoh teks nya juga, nih. Jadi, semakin lengkap. Rajin-rajinlah membaca agar kamu bisa semakin paham ya! Mau lebih paham lagi? Yuk, belajar dengan video animasi di ruangbelajar. Ada latihan soal dan rangkumannya juga, lho!

ruangbelajar

Referensi:
Zabadi, Fairul dan Sutejo. 2015. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Artikel diperbarui 2 Desember 2020

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru