Mengenal Keberagaman Flora & Fauna di Indonesia | IPS Terpadu Kelas 5

keanekaragaman flora dan fauna di indonesia

Made dan Puti sedang bersantai di taman sambil membahas tentang persebaran flora dan fauna di Indonesia. Yuk, kita simak ceritanya di artikel IPS Terpadu Kelas 5!

--

Puti menunggu teman-temannya datang sambil duduk santai di taman. Tiba-tiba, ia mendengar teriakan Made yang berlari menghampiri sambil memanggil namanya.

“Puti! Puti!”

“Aduh, ada apa sih, Made? Kenapa teriak-teriak?”

Made memperlihatkan foto di tangannya ke Puti. “Liat, deh! Aku nemu foto dino, loh!”

Dino? Ini kan komodo!”

“Oh, ini namanya komodo, ya? Kok aku gak pernah liat komodo di sekitar sini, sih? Aku kan mau liat aslinya.”

Komodo itu berasal dari Nusa Tenggara Timur, jadi gak ada di daerah lain, Made,” jelas Puti. “Gak cuma komodo, loh! Masih banyak binatang, bahkan tumbuhan lain yang hanya bisa dilihat di beberapa daerah saja. Contohnya seperti pohon sagu dari Papua.”

“Kenapa bisa gitu sih, Put?”

“Itu karena persebaran flora dan fauna di Indonesia sangat beragam.”

“Persebaran flora dan fauna? Maksudnya gimana, sih?” tanya Made bingung.

“Sini, aku bantu jelasin. Sebelumnya, kamu udah tau arti flora dan fauna belum?”

Made menggelengkan kepalanya. “Belum!”

Flora itu tumbuhan, sedangkan fauna itu hewan. Nah, persebaran flora dan fauna di Indonesia itu terbagi menjadi tiga wilayah, loh.”

Baca Juga: Kenali Kondisi Geografis Pulau-Pulau di Indonesia, Yuk!

wilayah persebaran flora dan fauna di Indonesia

“Kita mulai bahas dari flora dulu, ya. Flora di setiap wilayah Indonesia itu sangat beragam karena dipengaruhi oleh kondisi alamnya. Makanya, persebaran flora di tiap wilayah memiliki ciri-ciri dan contoh yang beragam,” jelas Puti.

Emang ciri-ciri dan contohnya gimana, Put?”

“Misalnya flora dari Papua, yang merupakan wilayah timur. Salah satu cirinya adalah memiliki daun yang sejajar, contohnya pohon sagu. Tapi masih banyak lagi, Made! Coba lihat, deh” seru Puti.

persebaran flora di Indonesia

“Kalau persebaran faunanya gimana?” tanya Made.

Persebaran fauna di Indonesia juga sangat beragam. Di setiap wilayahnya, persebaran fauna memiliki ciri-ciri dan contoh yang beragam juga. Misalnya fauna dari wilayah tengah, salah satu cirinya terdapat hewan reptil yang khas, contohnya adalah komodo dari Nusa Tenggara Timur. Kalau dari wilayah lain, seperti ini, Made!”

Baca Juga: Mengenal Keanekaragaman Flora & Fauna di Dunia

persebaran-fauna-indonesia

“Wah, sekarang aku jadi paham tentang persebaran flora dan fauna di Indonesia. Ternyata banyak dan beragam, ya!” ucap Made.

“Bener! Oh iya, teman-teman yang lain mana, ya? Kok gak dateng-dateng, sih?”

“Aduh, aku lupa! Tadi kata Dafa, kumpulnya jadi di bukit belakang sekolah, Puti. Makanya aku diminta jemput kamu.”

“Ya ampun, kenapa gak bilang dari tadi, sih? Ya udah, yuk kita ke bukit belakang sekolah sekarang!”

Puti dan Made pun pergi dari taman untuk menghampiri teman-temannya.

Ceritanya seru, kan? Kalian bisa melihat lebih banyak materi dan kisah Made, Puti, dan teman-teman lainnya di ruangbelajar pada aplikasi ruangguru, loh. Yuk, belajar bersama Dafa, Lulu, dan teman-temannya!

New call-to-action

 

Materi oleh: Bagja Riyanto

Disunting oleh: Agung Aksara Putra

 

Profile

Salsabila Perdita Putri