Operasi Hitung Bilangan Bulat Besar | Matematika Kelas 4

Operasi Hitung Bilangan Bulat Besar

Kali ini, Puti dan Cika akan mengerjakan tugas mengenai operasi hitung bilangan bulat besar. Kira-kira mereka bisa gak, ya? Yuk, kita simak ceritanya di pelajaran Matematika kelas 4 ini!

--

Cika dan Puti sedang mengerjakan tugas bersama di ruang tamu. Namun, tiba-tiba Puti melihat Cika terlihat kebingungan dan berhenti mengerjakan PRnya.

“Kenapa berhenti Cika?” tanya Puti.

“Ini Puti, aku gak tau cara ngerjain ketiga soal ini,” jawabnya dengan malu-malu.

“Coba sini aku liat!” ucap Puti sambil melihat isi buku yang dipegang Cika.

Operasi Hitung Bilangan Bulat Besar

 

“Gimana, kamu tau gak cara menyelesaikan soal nomor 1 ini?” tanya Cika.

Tau, gini caranya! Untuk menyelesaikan soal ini, kita harus pahami maksud soalnya dulu dengan menentukan kata kunci dari setiap soal. Selanjutnya tinggal kita selesaikan  dengan operasi hitung yang sesuai,” jelas Puti.

Hmm, kata kunci dari soal nomor 1 ini apa, ya?”

“Di soal pertama ini kata kuncinya adalah ‘total’. Kata ‘total’ menyatakan operasi hitung penjumlahan. Berarti, untuk soal pertama ini bisa kita selesaikan dengan penjumlahan.”

“Berarti kata kunci untuk soal nomor duanya ‘selisih’, ya?” simpul Cika.

“Iya, kata kuncinya ‘selisih’, berarti menyatakan operasi hitung pengurangan. Jadi, soal yang kedua diselesaikan dengan pengurangan.”

“Tapi kalau dilihat angkanya, ini kan bilangan bulat besar. 1.200.000.000 dan 3.300.000.000 punya banyak angka nolnya. Aku takut gak teliti saat menjumlahkan dan mengurangkannya.”

Baca Juga: Cara Menentukan Nilai Bilangan Bulat Besar

“Tenang, pada bilangan bulat besar, kita bisa menuliskan ribu, juta, miliar, atau triliun tanpa harus menulis angka nol yang banyak. Coba sekarang kita hitung angkanya saja!” jelas Puti.

Operasi Hitung Bilangan Bulat Besar - 02

 

Wah, soal nomor 1 selesai! Kalau soal nomor 2 dan 3 gimana?” Cika kembali bertanya.

“Ingat yang tadi aku bilang, ya! Kalau menyelesaikan soal cerita, kita tentukan dulu kata kuncinya! Di soal nomor dua ini, karena yang diketahui pada soal adalah ‘dana per bulan’, berarti kata kuncinya adalah ‘setiap tahunnya’, artinya untuk menentukan anggaran dana setiap tahunnya kita perlu melakukan operasi hitung perkalian.” jawab Puti.

“Berarti kalau soal nomor 3, diketahuinya itu ‘dana per lima hari’. Berarti kata kuncinya adalah per harinya, artinya untuk menentukan dana makan siang setiap harinya kita perlu melakukan operasi hitung pembagian.” ucap Cika.

“Benar sekali! Yuk, kita coba selesaikan soalnya!”

Operasi Hitung Bilangan Bulat Besar - 03

 

Puti dan Cika tersenyum lega ketika selesai mengerjakan ketiga soal di bukunya masing-masing.

“Selesai deh PRnya!” ucap Puti.

Baca Juga: Cara Membandingkan Bilangan Bulat Besar

Wah, sekarang aku sudah paham tentang operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembambagian pada bilangan bulat besar! Makasih, Puti!”

“Sama-sama!” seru Puti, “Seru ya, kalau ngerjain PR bareng-bareng kayak gini. Besok kita kerjain bareng lagi, yuk!” Cika menganggukan kepalanya dengan semangat, “Ayo!”

Nah, Cika dan Puti sudah coba latihan soalnya, sekarang giliran kalian yang jawab soal ini, ya! Jangan lupa tulis jawabanmu di kolom komentar!

Operasi Hitung Bilangan Bulat Besar - 04

 

Kalian bisa melihat materi dan cerita mereka yang lainnya di ruangbelajar. Yuk, kita belajar sambil berpetualang bersama Dafa, Lulu, dan teman-temannya! 

New call-to-action

Materi oleh: Hana Wibawanty Baihaki

Disunting oleh: Usu Sri Malati

Profile

Salsabila Perdita Putri