Hubungan Pelaku Kegiatan Ekonomi dan Peranannya | Ekonomi Kelas 10

Kresnoadi Agu 25, 2021 • 6 min read


pelaku kegiatan ekonomi

Artikel ini membahas mengenai empat sektor pelaku kegiatan ekonomi, serta hubungannya dalam diagram circular flow.

-- 

Dalam sebuah perekonomian, kamu pasti mengenal istilah konsumen dan produsen. Orang yang menggunakan suatu barang/jasa, dan yang menyediakan barang/jasa. Mereka kita sebut sebagai pelaku ekonomi, yaitu orang/lembaga/instansi pemerintahan yang melakukan kegiatan ekonomi. Di dalam ekonomi yang lebih luas, pelaku kegiatan ekonomi tidak hanya sebatas konsumen dan produsen, atau penjual dan pembeli aja. Tetapi, lebih dari itu, termasuk pemerintah dan masyarakat luar negeri.

Nah, di artikel ini, kita akan mengetahui siapa saja para pelaku kegiatan ekonomi dan hubungannya secara jelas, lengkap dengan ilustrasi diagram circular flow-nya. Yuk, langsung aja kita simak!

 

Pelaku Kegiatan Ekonomi

Secara garis besar, pelaku kegiatan ekonomi dapat kita kategorikan menjadi empat sektor besar, yaitu:

4 sektor pelaku kegiatan ekonomi

 

Secara sederhana, kita bisa dapatkan pengertian dari Rumah Tangga Konsumen (RTK) sebagai pelaku kegiatan konsumsi, Rumah Tangga Produsen (RTP) sebagai pelaku kegiatan produksi, Rumah Tangga Negara (RTN) sebagai pengambil kebijakan kepemerintahan, dan Rumah Tangga Masyarakat Luar Negeri (RTMLN) sebagai pelaku kegiatan ekspor-impor.

Tentunya, untuk bisa mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai kegiatan dari masing-masing pelaku ekonomi yang luas ini, dibutuhkan suatu model sederhana, dong. Nah, oleh karena itu, kita harus menggunakan circular flow diagram (lingkaran kegiatan ekonomi).

Sebelum kita membahas mengenai circular flow diagram ini, kita harus mengelompokkan pasar menjadi dua kelompok besar; 1) pasar barang dan jasa, 2) pasar faktor produksi (pasar tenaga kerja & pasar uang).

Apa pengertian dari keduanya?

Pasar barang dan jasa atau juga bisa disebut pasar output, merupakan pertemuan antara permintaan dan penawaran akan barang dan jasa. Ini artinya, konsumen langsung mendapatkan barang/jasa yang bisa langsung digunakan (barang dan jasa akhir). Contohnya, pasar yang menjual berbagai ikan.

pasar barang dan jasa.jpeg

Contoh pasar barang dan jasa. (sumber: www.pexels.com)

Di sisi lain, pasar faktor produksi atau pasar input adalah pasar tenaga kerja dan pasar uang. Nah, pasar tenaga kerja adalah pertemuan antara permintaan dan penawaran akan tenaga kerja. Biasanya berasal dari perusahaan dan pemerintah. Pada perekonomian yang terbuka, permintaan dan penawaran tenaga kerja juga bisa didapatkan dari negara lain. Contohnya, tenaga kerja asing.

Baca juga: Peranan Pasar dalam Ekonomi

Pasar uang adalah interaksi antara permintaan dan penawaran akan uang. Uang di sini, bukan berarti uang secara fisik ya, tetapi hak dalam penggunaan uang. Penawaran uang bisa berasal dari berbagai pihak yang mau menunda penggunaan uangnya, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Contohnya adalah orang yang menabungkan uangnya ke dalam bank. Nantinya, uang kita yang ada di bank akan “diputar”, diberikan kepada pihak lain yang ingin menarik uang. Sebagai gantinya, kita akan mendapatkan balasan berupa bunga bank.

Setelah bisa memahami masing-masing kelompok, kita akan mulai pembahasan soal circular flow diagram.

circular flow diagram

 

Penjelasan Dua Sektor (RTK dan RTP)

Sektor RTK (konsumen) membeli barang/jasa dari sektor RTP (produsen). Di sisi lain, RTP akan menerima uang dari RTK. Artinya, di sini RTK berperan sebagai pembeli barang/jasa dan RTP penjual. Pada arus ini, RTP menetapkan harga produknya berdasarkan biaya tenaga kerja dan kemampuan yang dimilikinya. Sementara harga yang muncul di pasar barang ditentukan oleh pertemuan antara permintaan RTK dan penawaran RTP. Transaksi barang dan jasa terjadi di pasar barang atau pasar output.

Tentunya untuk mendapatkan barang dan jasa, RTK butuh pemasukan, dong? Nah, pendapatan yang didapat RTK ini diperoleh dari penjualan faktor produksi yang dia punya. Sektor RTK menawarkan faktor produksi kepada sektor RTP. Sebagai gantinya, RTP akan memberikan balas jasa. Artinya, di sini RTK berperan sebagai pemilik faktor produksi dan RTP pengguna faktor produksi. Transaksinya dilakukan di pasar faktor produksi atau pasar input.

Penjelasan Tiga Sektor (RTK, RTP, dan RTN)

RTN (pemerintah) mendapatkan penghasilan dari pajak dan menggunakannya untuk membiayai pengeluaran pemerintah guna menjalankan pemerintahan dan melayani masyarakat. Selain itu, negara juga harus membelanjakan anggaran belanja negara, seperti membayar faktor produksi, memberi subsidi ke RTK dan RTP, memberi fasilitas untuk penyelenggara negara, fasilitas pendidikan, kesehatan, dan keamanan. Negara juga berperan dalam menyediakan fasilitas ekonomi, seperti jalan raya, bandara, pelabuhan dan sebagainya yang bertujuan untuk memudahkan berlangsungnya kegiatan ekonomi.

Penjelasan Empat Sektor (RTK, RTP, RTN, dan RTMLN)

Kegiatan yang bisa dilakukan oleh RTMLN adalah mengekspor barang dan jasa. Contohnya, Thailand yang mengekspor beras, ubi kayu, atau barang lainnya ke Indonesia. Atau Korea dan China yang mengekspor barang elektronik ke negara lain. Selain melakukan ekspor, masyarakat luar negeri juga akan melakukan impor barang dan jasa, ya. Tujuannya untuk memenuhi pasokan kebutuhan negara tersebut. Kemudian, RTMLN juga akan melakukan ekspor dan impor faktor produksi. Bedanya apa dengan barang dan jasa? Nah, kalau faktor produksi ini contohnya seperti tenaga kerja dan penanaman modal (investasi).   

 

Oke, itulah penjelasan mengenai pelaku kegiatan ekonomi serta bagaimana arus uang dan barang dalam perekonomian (circular flow diagram). Gimana, sudah paham kan, teman-teman? Kalau kamu ingin mengetahui materi seperti ini dalam bentuk video pembelajaran beranimasi, lengkap dengan latihan soal dan rangkuman menarik, tonton aja di ruangbelajar!

New Call-to-action

Referensi:

Alam S., (2016) Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Sumber foto:

Onojeguo, C. (2017) Woman Standing in Front of Assorted Fruits Displayed [Daring]. Tautan: https://www.pexels.com/photo/adult-booth-business-buy-375896/ (Diakses: 2 Desember 2020)

 

Artikel diperbarui pada 25 Agustus 2021.

Profile

Kresnoadi

Pembuat cerita. | http://www.keriba-keribo.com/

Beri Komentar