Sejarah Sandi Morse, Rumus, dan Cara Menghafalnya dengan Mudah

Galang Kris Nanda Nov 21, 2021 • 6 min read


Samuel FB Morse - Sandi Morse

Penggunaan sandi morse memudahkan pengiriman pesan melalui telegraf dan radio, dengan kombinasi pesan titik dan garis. Walau zaman sudah semakin modern, penggunaan sandi morse masih banyak digunakan.

--

Siapa hayo yang sering menggunakan kode untuk berkomunikasi untuk sang gebetan? Ternyata, penggunaan sebuah kode untuk komunikasi telah lama digunakan, lho! Salah satunya adalah sandi morse. Sandi morse ini sebenarnya bukan untuk terlihat misterius, apalagi membuat orang penasaran, ya. 

Kalau kamu pernah ikut pramuka waktu sekolah, pasti udah nggak asing dengan sandi morse. Sandi morse adalah metode penyampaian pesan lewat bentuk atau syarat, titik dan garis untuk mewakili huruf, angka, dan tanda baca. Jadi, garis dan titik ini nantinya akan membentuk kombinasi sesuai pesan yang ingin disampaikan.

Baca juga: Benarkah Guglielmo Marconi Penem​​u Radio yang Sebenarnya?

Sejarah Sandi Morse

Samuel FB Morse

Samuel F.B. Morse dan telegraf (sumber: britannica.com)

Sandi Morse ditemukan oleh seorang seniman Amerika Serikat pada Tahun 1833, bernama Samuel F.B. Morse. Pada awalnya, sandi morse digunakan pada telegraf untuk memudahkan penyampaian pesan. Pengiriman pesan sebelumnya yang menggunakan sebuah kompas penunjuk angka dan huruf di telegraf dinilai tidak praktis.

Sandi morse dianggap lebih efektif karena bisa ditransmisikan ke dalam bentuk detak sinyal elektrik di telegraf, ataupun sinyal mekanik, serta bisa juga dalam bentuk visual, seperti cahaya. Jadi selain melalui telegraf, sandi morse banyak digunakan di berbagai media lain seperti senter, asap, dan lainnya. 

Namun sandi morse temuan samuel ini masih dirasa kurang praktis untuk digunakan dalam skala internasional, maka pada tahun 1851 sebuah konferensi di Eropa tepatnya di Berlin merumuskan ulang rumus sandi morse dan kita gunakan sampai sekarang formulanya. 

Dalam rumusan baru ini semua panjang garisnya sama dan nggak ada spasi penghubung dalam rumusan satu karakter. Jadi, jauh lebih mudah untuk diingat.

Perbedaan Sandi Morse Amerika Serikat dan Internasional, Beserta Artinya

Nah, penggunaan sandi morse banyak dipakai untuk komunikasi radio pada kapal waktu perang dunia kedua, perang Vietnam, dan perang Korea. Beberapa radio amatir waktu tahun 1990 masih banyak yang memakai sandi morse. Sampai sekarang, kalau ada keadaan darurat atau bencana, sandi morse juga masih digunakan, yang paling sering adalah ...---... yang artinya SOS.

Cara Menghafal Sandi Morse dengan Cepat

Kayaknya menghafal sandi morse persatu karakter cukup sulit ya? Tapi tenang aja, ada cara mudahnya, kok. Yuk, kita coba pelajari rumusnya!

Pertama, kamu harus ingat simbol huruf vokalnya nih, seperti A, I, U, E, dan O. Nah, tanamkan dalam pikiran kalau bertemu huruf vokal A, I, U, dan E, berarti melambangkan titik, sedangkan O adalah garis. 

Kedua, kamu harus menghafal kata-kata unik di bawah ini, di mana huruf awalnya melambangkan huruf yang akan diubah ke dalam sandi morse:

A: Ano ._

B: Bonaparte -…

C: Coba-coba -.-.

D:Dominan -..

E: Egg .

F: Father Johan ..-.

G: Golongan –.

H: Himalaya ….

I: Islam ..

J: Jago Loro .—

K: Komando -.-

L: Lemonade .- ..

M: Motor —

N: Notes -.

O: Otomo —

P: Pertolongan .–.

Q: Qomokaro –.-

R: Rasohe .-.

S: Sahara …

T: Tong –

U: Unesco ..-

V: Versikaro …-

W:Winoto .–

X: Xoxendero -..-

Y: Yosimoto -.–

Z: Zoroaster –.    

Kita ambil contoh misalnya huruf ‘Q’, kata uniknya adalah ‘qomokaro’. Jika kita lihat huruf vokalnya dari depan, maka akan tersisa ‘OOAO’. Ingat huruf vokal selain ‘O’ adalah titik dan ‘O’ adalah garis, berarti ‘Q‘ adalah ‘--.-‘ dalam bentuk sandi morse. Bisa juga coba huruf lain dengan rumus ini, mudah bukan?

quiz

quiz time (Sumber: tenor.com)

Sekarang kita main tebak-tebakan yuk guys. Coba nih apa arti dari sandi morse di bawah ini?

.- -.- ..- / ... . -... . -. .- .-. -. -.-- .- / ... ..- -.- .- / ... .- -- .- / -.- .- -- ..-

  1. Aku sebenarnya sedang sibuk memikirkanmu
  2. Aku sebenarnya adalah pahlawan bertopeng
  3. Aku sebenarnya suka sama kamu

- --- .-.. --- -. --. / .- -.- ..- / -.. .- .-.. .- -- / -... .- .... .- -.-- .-

  1. Tolong buka pintu sekarang
  2. Tolong aku dalam bahaya
  3. Tolong aku sedang kesulitan

-. . -. . -.- / -. .- .. -.- / --. . - . -.-

  1. Nenek naik getek
  2. Nenek naik becak
  3. Nenek naik mobil

Ingin lebih banyak memecahkan berbagai kebingungan? Ternyata banyak rumus lain lho yang bisa memecahkan beragam persoalan, yuk coba belajar bersama kami di ruangbelajar. Jangankan memecahkan kode morse, memecahkan rumus matematika yang njelimet sekalipun jadi lebih mudah kok!

New Call-to-action

Referensi:

Rafferty, J.P. (2020) ‘Morse Code’, Encyclopedia Britannica, 18 September 2020 [online]. Tautan: https://www.britannica.com/topic/Morse-Code (diakses 3 November 2021)

Akmal. (2020) ‘Cara Mudah Menghafal Morse, Yang Mengaku Anak Pramuka Wajib Tau nih!’, Sijai, 31 Mei 2020 [online]. Tautan: sijai.com/cara-mudah-menghafal-morse/ (diakses 4 November 2021)

Sumber foto:

Encyclopædia Britannica. (2021) Samuel F.B. Morse with a model of the telegraph, engraving [online]. Tautan: https://www.britannica.com/biography/Samuel-F-B-Morse#/media/1/393059/143675 (diakses 3 November 2021)

Encyclopædia Britannica. (2020) American patterns dots International Morse Code letters [online]. Tautan: https://www.britannica.com/topic/Morse-Code#/media/1/393067/61523 (diakses 3 November 2021)

Wheel Of Fortune Wof GIF by lrducky1331 [online] tautan: tenor.com/view/wheel-of-fortune-wof-wheel-game-show-jeopardy-gif-18418456 (diakses 3 november 2021)

Profile

Galang Kris Nanda

Beri Komentar