Macam-Macam Sandi Pramuka & Contohnya yang Sering Digunakan

sandi SemaphoreSandi digunakan untuk mengirim pesan rahasia di mana hanya pengirim dan penerima yang tahu isinya. Ternyata dalam pramuka, sandi memiliki banyak macam. Yuk, cari tahu!

--

Saat membahas tentang sandi, seringkali kita menghubungkannya dengan perang. Pada zaman perang dunia, sandi menjadi salah satu unsur yang penting dalam menyampaikan informasi atau menyusun strategi. Biasanya, sandi dipakai oleh mata-mata yang dikirim oleh suatu negara.

Tapi, tidak hanya perang saja loh yang menggunakan sandi untuk berkomunikasi. Kegiatan pramuka juga identik dengan sandi. kamu tahu nggak sih, apa itu sandi?

 

Pengertian Sandi

Sandi adalah sebuah cara untuk mengirim pesan rahasia di mana cuma pengirim dan penerima yang tahu isi pesannya. Karena isi pesan yang dikirim lewat sandi bersifat rahasia, maka tidak ada bentuk baku dari sandi. Hal paling penting dari sandi adalah kesepakatan antara pengirim dan penerima.

Selain itu, sandi juga sering digunakan sebagai teka-teki, lho! Saat digunakan sebagai teka-teki, biasanya pengirim sandi akan melengkapinya dengan “kunci” yang bisa dipakai untuk memecahkan teka-teki tersebut.

Sandi juga banyak macamnya. Di pramuka sendiri, sandi dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu morse, semaphore, kotak, dan tabel huruf. Dari masing-masing jenis tersebut, dikembangkan lagi menjadi beberapa sandi turunannya. Yuk, kita bahas satu per satu jenis-jenis sandi dalam pramuka!

 

Macam-Macam Sandi Pramuka

 

1. Sandi Morse

Sandi morse banyak digunakan untuk komunikasi radio kapal pada zaman perang dunia kedua, perang Vietnam, dan perang Korea. Pesan yang disampaikan sandi morse berbentuk titik dan garis untuk mewakili huruf, angka, dan tanda baca. Garis dan titik yang tersusun nantinya akan membentuk kombinasi pesan yang ingin disampaikan kepada penerima. 

macam-macam sandi morse

Contoh sandi morse (gambar: gramedia.com)

Baca Juga: Sejarah Sandi Morse, Rumus, dan Cara Menghafalnya dengan Mudah

Namun, seiring berjalannya waktu, sandi morse mengalami pengembangan menjadi beberapa sandi turunannya, seperti berikut ini:

 

a. Sandi Rumput

Secara garis besar, sandi rumput merupakan kombinasi dari garis pendek dan garis tinggi, sehingga apabila garis-garis tersebut disusun akan menyerupai gambar rumput. Oleh karena itulah, sandi ini disebut sebagai sandi rumput.

Kunci:

titik (.) digambarkan sebagai rumput yang pendek

strip (-) digambarkan sebagai rumput yang tinggi

Contoh:

Pramuka = (P).--. (R).-. (A).- (M)-- (U)..- (K)-.- (A).-

sandi rumput pramukaContoh sandi rumput (gambar: Ensiklopedia Penggalang)

 

b. Sandi Batang

Pada sandi batang, penulisan titik digantikan dengan kotak tipis, sedangkan penulisan strip digantikan oleh kotak tebal.

Contoh:

Pramuka = (P).--. (R).-. (A).- (M)-- (U)..- (K)-.- (A).-

sandi batang pramuka

Contoh sandi batang (gambar: Ensiklopedia Penggalang)

 

c. Sandi Kimia

Sandi kimia memiliki ciri khas pada penulisan hurufnya, yaitu seperti susunan unsur, molekul, atau senyawa zat kimia. Misalnya, H2O = air, CO2 = karbondioksida, dan sebagainya. 

Dalam menulis sandi kimia, sandi morsenya kita ubah ke bentuk unsur, molekul, atau senyawa kimia. Penulisan titik dalam sandi kimia diwakili oleh huruf hidup (vokal), sedangkan strip diwakili oleh huruf mati (konsonan).

Sementara untuk pemisah, bisa menggunakan tanda (, + - : x). Nah, kalau ada dua huruf atau lebih yang sama, maka bisa digantikan dengan angka. Jumlah angkanya juga harus disesuaikan dengan jumlah huruf tersebut, ya.

Contoh:

PRAMUKA = .--. / .-. / .- / -- / ..- / -.- / .-

= OCCA+EPI-OH+HH+OOC+KOC+AK

= OC2A+EPI-OH+H2+O2C+KOC+AK

 

2. Sandi Semaphore

Semaphore merupakan sebuah metode untuk mengirimkan sinyal atau pesan menggunakan alat-alat sederhana, seperti bendera, batang, bahkan tangan kosong. Metode semaphore dilakukan dengan mengulurkan kedua tangan membentuk posisi tertentu sesuai formasi yang sudah ditentukan sebelumnya.

sandi semaphore pramuka

Contoh sandi semaphore (gambar: freepik.com)

Baca Juga: Semaphore: Pengertian, Manfaat, Sejarah, dan Gerakannya

Alat-alat seperti bendera, batang, atau lainnya digunakan untuk memperjelas arah gerakan tangan saat menyampaikan pesan. Sandi semaphore ini juga dikembangkan menjadi beberapa jenis sandi lainnya, seperti:

 

a. Sandi Tari

Sandi tari dilakukan tanpa menggunakan bendera. Penyampaian pesan melalui sandi tari dilakukan dengan tangan kosong namun ditambahkan dengan gerakan kaki untuk mengecoh penerjemah.

Contoh:

sandi tari pramuka

Contoh sandi tari (gambar: Ensiklopedia Penggalang)

 

b. Sandi Jarum Jam

Gerakan sandi jarum jam sama dengan semaphore, namun dengan catatan bahwa jarum jam adalah pengganti lengan pembawa bendera semaphore.

Contoh: 

PRAMUKA

Jika mengikuti arah/posisi tangan pada sandi semaphore, maka:

P = posisi tangan kanan berada di angka 9 pada jarum jam, dan posisi tangan kiri berada di angka 12 pada jarum jam, sehingga bisa ditulis 09.00

R = posisi tangan kanan berada di angka 9 pada jarum jam, dan posisi tangan kiri berada di angka 3 pada jarum jam, sehingga bisa ditulis 03.45

A = posisi tangan kanan berada di angka 8 pada jarum jam, dan posisi tangan kiri berada di angka 6 pada jarum jam, sehingga bisa ditulis 07.30

M = posisi tangan kanan berada di angka 8 pada jarum jam, dan posisi tangan kiri berada di angka 3 pada jarum jam, sehingga bisa ditulis 07.15

U = posisi tangan kanan berada di angka 10 pada jarum jam, dan posisi tangan kiri berada di angka 2 pada jarum jam, sehingga bisa ditulis 10.10

K = posisi tangan kanan berada di angka 8 pada jarum jam, dan posisi tangan kiri berada di angka 12 pada jarum jam, sehingga bisa ditulis 08.00

A = posisi tangan kanan berada di angka 7/8 pada jarum jam, dan posisi tangan kiri berada di angka 6 pada jarum jam, sehingga bisa ditulis 07.30

Jadi, sandi jarum jam PRAMUKA bisa kita tulis: 09.00 – 03.45 – 07.30 – 07.15 – 10.10 – 08.00.

 

c. Sandi Matematika

Sandi matematika memiliki prinsip yang sama dengan sandi jarum jam. Tapi, huruf sandi matematika ditulis menggunakan angka atau pecahan. Untuk menuliskan angka atau bilangan, kita bisa menggunakan tanda kurung, misalnya 14 ditulis (14). 

Huruf A sampai G ditulis menggunakan angka 1 sampai 7. Huruf H ditulis ½ karena posisi tangan ada pada angka 1 dan 2, begitupun seterusnya. Sementara itu, untuk menuliskan tanda pemisah antar karakternya, biasanya digunakan simbol-simbol operasi matematika, seperti (+ - ÷ ×). Tidak ada aturan khusus untuk pemilihan penggunaan simbol-simbol tersebut. Berikut tabel kunci sandi matematika:

sandi matematika pramuka

Kunci sandi matematika (gambar: Buku Kumpulan Sandi-Sandi Pramuka)

Contoh: PRAMUKA

P = 2/4

R = 2/6

A = 1

M = 1/6

U = 3/5

K = 1/4

A = 1

Sehingga, kalau ditulis menggunakan sandi matematika hasilnya menjadi 

2/4 + 2/6 × 1 - 1/6 + 3/5 ÷ 1/4 + 1

Baca Juga: Sejarah Perkembangan Pramuka di Indonesia

 

3. Sandi Kotak

Sandi kotak merupakan sandi yang ditulis dengan kotak. Sandi ini juga terbagi menjadi beberapa turunan, yaitu:

 

a. Sandi Kotak 1

Sandi kotak 1 merupakan sandi yang terdiri atas palang-palang atau kotak dan sudut-sudut dengan kunci khusus. Penulisan sandi kotak 1 terdiri dari dua huruf alfabet dan titik dalam satu kotak. Selain itu, sandi kotak 1 terdiri dari dua jenis kotak, yaitu menyilang dan vertikal-horizontal.

sandi kotak 1Kunci sandi kotak 1 (gambar: kumparan.com)

Contoh: PRAMUKA

Jika ditulis menggunakan sandi kotak 1, maka:

contoh sandi kotak 1Contoh sandi kotak 1 (gambar: Ensiklopedia Penggalang)


b. Sandi Kotak 2

 

Rumus sandi kotak 2 tidak jauh berbeda dengan sandi kotak 1. Bedanya, jika pada sandi kotak 1, terdiri dari dua huruf alfabet dan titik dalam satu kotak, maka pada sandi kotak 2, terdapat tiga huruf alfabet dalam satu kotak vertikal-horizontal. Dalam sandi kotak 2 tidak digunakan titik kecuali jika memang dibutuhkan.

Selain itu, pada sandi kotak 2 hanya berisi satu kotak yang berbentuk vertikal-horizontal yang kemudian dibagi menjadi sembilan bagian yang masing-masing berisi tiga huruf di dalamnya.

sandi kotak 2

Kunci sandi kotak 2 (gambar: Adya Rosyada Yonas)

Contoh: PRAMUKA

Jika ditulis menggunakan sandi kotak 2, maka:

contoh sandi kotak 2Contoh sandi kotak 2 (gambar: Ensiklopedia Penggalang)

 

c. Sandi Kotak 3

Sandi kotak 3 adalah sandi kotak yang bentuknya seperti perpaduan antara kotak vertikal-horizontal dan kotak segi empat belah ketupat yang setiap huruf alfabetnya menyebar. Berikut kunci sandi kotak 3:

kunci sandi kotak 3Kunci sandi kotak 3 (gambar: Ensiklopedia Penggalang)

Contoh: PRAMUKA

Jika ditulis menggunakan sandi kotak 3, maka:

contoh sandi kotak 3-1Contoh sandi kotak 3 (gambar: Adya Rosyada Yonas)

 

4. Sandi Huruf

Seperti sandi-sandi lainnya, sandi huruf pramuka juga bisa dibedakan menjadi beberapa kategori berdasarkan kuncinya, di antaranya:

 

a. Sandi AN

Metode dalam penggunaan sandi AN yaitu mengklasifikasikan masing-masing huruf abjad sebagai pengganti huruf lainnya. Huruf A - M digantikan oleh huruf N - Z secara berurutan. Kunci dalam membaca sandi AN, yaitu A = N.

Kunci:

kunci sandi ANKunci sandi AN (gambar: Ensiklopedia Penggalang)

Contoh: PRAMUKA

P = C

R =  E

A = N

M = Z

U = H

K = X

A = N

Sehingga, kalau ditulis menggunakan sandi AN menjadi PRAMUKA  = CENZHXN.

 

b. Sandi AZ

Konsep sandi AZ tidak jauh berbeda dengan sandi AN. Sandi AZ mengganti huruf yang kita inginkan dengan huruf pasangannya (atas/bawahnya). Kunci dalam membaca sandi AZ, yaitu A = Z.

Kunci:

kunci sandi AZKunci sandi AZ (gambar: Ensiklopedia Penggalang)

Contoh: PRAMUKA

P = K

R = I

A = Z

M = N

U = F

K = P

A = Z

Sehingga, kalau ditulis menggunakan sandi AN menjadi PRAMUKA  = KIZNFPZ.

 

c. Sandi AND

Sandi AND cukup berbeda dengan sandi AN maupun sandi AZ. Dalam sandi ini, huruf AND berperan sebagai komponen penyusun kata. Namun, susunan huruf AND dalam kalimat pesannya tidak perlu dibaca, sehingga huruf lainnya bisa membentuk sebuah kata atau kalimat. Bingung ya? Langsung aja perhatikan contoh berikut!

Contoh:

ANDA KANDU ANDA DANDA DANDI SANDI NANDI = AKU ADA DI SINI

 

5. Sandi Angka

Sandi angka kerap disebut juga sebagai sandi nomor. Sandi angka dianggap sebagai sandi dasar dalam ilmu kepramukaan. Sesuai namanya, sandi angka menerapkan penomoran pada setiap alfabet dengan menggunakan angka.

Misalnya menggunakan angka 1 untuk menggantikan huruf A, angka 2 untuk huruf B, 3 untuk huruf C, dan seterusnya hingga 25 untuk huruf Z.

 

sandi angka

Kunci sandi angka (gambar: pramukaria.id)

Contoh: PRAMUKA

P = 16

R = 18

A = 1

M = 13

U = 21

K = 11

A = 1

Sehingga, kalau ditulis menggunakan sandi AN menjadi PRAMUKA  = 16 - 18 - 1 - 13 - 21 - 11 - 1.

Nah, itu dia macam-macam sandi pramuka dan turunannya. Ternyata sandi pramuka itu ada buaanyaaak banget jenisnya, ya! Nggak cuma saat pramuka aja, kamu juga bisa loh iseng-iseng menerapkan penggunaan sandi ini sebagai alat komunikasi dengan teman atau di kehidupan sehari-hari kamu yang lain. Bikin username Twitter pake sandi morse, misalnya. Hihihihi...

Seru ya bisa belajar banyak hal! Yuk, gali lagi ilmu pengetahuanmu dengan belajar asik di ruangbelajar

ruangbelajar

 

Referensi:

Kariyawan, Angga Agus. 2015. Ensiklopedia Penggalang: Materi Kepramukaan Lengkap untuk Penggalang.

Kwartir Cabang Lampung Timur. 2017. Buku Kumpulan Sandi-Sandi Pramuka.

Nanda, Galang Kris. 2021. Sejarah Sandi Morse, Rumus, dan Cara Menghafalnya dengan Mudah. diakses dari https://www.ruangguru.com/blog/penemu-dan-rumus-sandi-morse pada 11 Agustus 2022

Swawikanti. Kenya. 2021. Semaphore: Pengertian. Manfaat, Sejarah, dan Gerakannya. diakses dari https://www.ruangguru.com/blog/semaphore pada 11 Agustus 2022

Profile

Adya Rosyada Yonas

I draw when I get bored.