Alexander Graham Bell dan Penemu Telepon ‘Lainnya’

Anggraeni Puspitasari Agu 30, 2021 • 6 min read


alexander graham bell penemu telepon?

Memang, pemegang paten telepon adalah Alexander Graham Bell. Namun, di balik ceritanya, ada juga penemu telepon lainnya’, seperti Antonio Meucci dan Elisha Gray yang tidak kalah berjasa.

--

 

adele-hello"Halo", "hello", sapaan umum di telepon. (Sumber: tenor @thekimbos)

Hello, it's me

I was wondering if after all these years you'd like to meet..

Sabar, bestie, masih pandemi. Rasa kangen kamu sama teman-teman masih bisa disampaikan lewat telepon, kok! Btw, kalau nggak ada teknologi seperti telepon, komunikasi kita nggak akan bisa semudah ini! (sungkem sama penemu telepon).

Baca juga: Mau Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi, Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Sudah tahu belum siapa penemu telepon? Seperti apa, sih, cerita penemuan salah satu teknologi terpenting umat manusia ini? Mari, mari, kulik informasi berikut ini sama-sama!

Pemegang paten penemu telepon, Alexander Graham Bell

“Alexander Graham Bell adalah penemu telepon..”, mungkin itu adalah kalimat yang pernah kamu baca atau tahu, entah dari buku, informasi di internet, atau sumber ilmu lainnya. Ya, benar, sih, Pak Bell ini adalah pemegang panten telepon yang didaftarkan di kantor paten Amerika Serikat. Tapi, ceritanya tidak sesederhana itu.

Biografi singkat Alexander Graham Bell

Alexander Graham Bell adalah seorang migran dan ilmuwan yang tinggal di Amerika Serikat. Bell lahir di Edinburgh, Skotlandia, pada 3 Maret 1847. Pada tahun 1870, keluarganya pindah ke Kanada, lalu setahun kemudian, ia bermigrasi ke Amerika Serikat. Selain dikenal sebagai penemu telepon, Bell juga berkontribusi atas penemuan teknologi lainnya, seperti fotofon dan grafofon.

Bell juga merupakan salah satu pendiri dari perusahaan telekomunikasi AT&T yang semula diberi nama Bell Telephone Company. Atas jasa dan kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan, Bell diberikan penghargaan Hall of Fame for Great Americans pada 1950.

Perangkat telepon pertama

Ingat dengan alat komunikasi zaman dulu yang disebut dengan telegraf? Alat komunikasi ini menggunakan kode morse sebagai pesan komunikasi dua arah jarak jauh. Dari penemuan ini, Bell melakukan penelitian untuk menemukan cara berkomunikasi yang lebih mudah. Penemuan telepon beranjak dari konsep ini, gengs.

Kapan telepon ditemukan? Hmm. Jujur ini agak panjang ceritanya, gengs

Sekitar tahun 1875, Bell membuat sebuah alat yang dapat mengubah listrik menjadi suara. Bersama dengan asistennya, Thomas Watson, Bell melakukan percobaan atas perangkat telepon pertama yang ia kembangkan. Di tahun yang sama, ternyata ada juga ilmuwan lain bernama Elisha Gray yang mengembangkan perangkat serupa. Meski begitu, paten atas perangkat telepon diberikan pada Alexander Graham Bell pada 7 Maret 1876. 

sketsa perangkat telepon milik alexander graham bellSketsa perangkat telepon temuan Bell (Sumber: Britannica)

Alexander Graham Bell dan Thomas Watson terus melakukan perbaikan dan mengembangkan perangkat telepon awal ini agar dapat digunakan oleh banyak orang. Hasil penemuan ini dipamerkan pada The Centennial Exposition di Philadelphia pada Juni, 1876. Setahun kemudian, telepon berhasil digunakan secara pasaran untuk pertama kalinya oleh perusahaan pembuat alarm pencurian.

Kontribusi Antonio Meucci dan Elisha Gray

Seperti yang sudah dituliskan di atas, bahwa Elisha Gray dan Alexander Graham Bell ternyata mengembangkan perangkat telepon di tahun yang sama. Tepat pada 14 Februari 1876, pengacara Bell merupakan pendaftar kelima di hari itu yang mengajukan paten ke kantor hak paten Amerika Serikat. Sementara itu, Gray merupakan pendaftar ke-39 pada hari itu. Bell akhirnya berhasil mendapatkan hak paten telepon dengan nomor 174,465.

Sejarah perkembangan perangkat telepon juga tidak terlepas dari ilmuwan Italia, Antonio Meucci. Meucci ternyata telah mengembangkan perangkat telegraf bersuara sejak 1850-an. Tahun ini bisa dikatakan menjadi awal momen kapan telepon ditemukan. Perangkat tersebut diberi nama telettrofono yang digunakan untuk berkomunikasi dari satu ruang ke ruang lain di rumahnya kala itu. Pada tahun 1871, ia mengajukan hak paten untuk perangkat tersebut, yang kemudian tidak dapat ia perpanjang kembali. Baru pada tahun 2002, The United States House of Representatives mengakui kontribusi Meucci terhadap perkembangan teknologi perangkat telepon.

evolusi teleponPerkembangan telepon (Sumber: gulfnews.com)

Elisha Gray mengembangkan beberapa teknologi penting lainnya, seperti ​​telautograph. Perangkat kerja ini merupakan awalan dari mesin fax atau faksimile yang dapat mengirim dan menerima pesan dalam bentuk gambar.

Lalu, apa jawaban yang benar untuk siapa penemu telepon? Baik Antonio Meucci, Elisha Gray, atau Alexander Graham Bell masing-masing memiliki kontribusinya sendiri terhadap perkembangan penemuan perangkat telepon. Atas konstribusi pengetahuan dan keingintahuan mereka lah, cara komunikasi kita sekarang menjadi jauh lebih mudah. 

Kamu juga ingin nggak jadi seperti mereka? Memberikan dampak positif dan manfaat terhadap kehidupan manusia, jadi berdaya untuk dirinya dan sesama? Rajin-rajin belajar dan jangan lelah dalam menuntut ilmu, ya! Belajarnya ditemani ruangbelajar, ya! Sung dibuka dong aplikasi belajar favoritmu itu :)

New call-to-action

Referensi:

Hochfelder, David. Alexander Graham Bell | American Inventor. Britannica [daring]. Tautan: https://www.britannica.com/biography/Alexander-Graham-Bell (Diakses 28 Agustus 2021)

Alexander Graham Bell. History [daring]. Tautan: https://www.history.com/topics/inventions/alexander-graham-bell#section_3 (Diakses 28 Agustus 2021)

Borth, David E. Telephone. Britannica [daring]. Tautan: https://www.britannica.com/technology/telephone/ (Diakses 28 Agustus 2021)

Zaenudin, Ahmad. 10 Maret 1876 Benarkah Alexander Graham Bell Menemukan Telepon? Tirto [daring]. Tautan: https://tirto.id/benarkah-alexander-graham-bell-menemukan-telepon-cFCX (Diakses 28 Agustus 2021)

Who is credited with inventing the telephone? Library of Congress [daring]. Tautan: https://www.loc.gov/everyday-mysteries/technology/item/who-is-credited-with-inventing-the-telephone/ (Diakses 28 Agustus 2021)

Elisha Gray. Ohio History Central [daring]. Tautan: https://ohiohistorycentral.org/w/Elisha_Gray (Diakses 30 Agustus 2021)

Sumber foto:

telephone: Alexander Graham Bell's sketch of a telephone. Encyclopædia Britannica [daring]. Tautan: https://www.britannica.com/biography/Alexander-Graham-Bell#/media/1/59564/120543

Hilotin, Jay. A brief history of the telephone. Gulf News [daring]. Tautan: https://imagevars.gulfnews.com/2020/10/26/Phone-history_175662507e8_original-ratio.jpg 

Profile

Anggraeni Puspitasari

Beri Komentar