Pentingnya Orang Tua Mempertimbangkan Guru Privat untuk Anak

Pentingnya Orang Tua Mempertimbangkan Guru Privat untuk Anak

Apakah Anda sedang bingung mempertimbangkan memberi les tambahan untuk anak di rumah? Seberapa penting kah guru privat bagi anak? Yuk, cari tau di artikel ini!

Dewasa ini, kemampuan akademik anak merupakan tolak ukur yang penting dalam kehidupannya. Persaingan semakin ketat untuk bisa diterima di sekolah dan universitas ternama. Bahkan, akan lebih baik jika anak Anda memiliki sederet prestasi lainnya disamping prestasi akademik. Salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk memfasilitasi kegiatan belajar dan berkembangnya seorang anak adalah dengan mempekerjakan guru privat. Apa saja keunggulan dari guru privat? Simak selengkapnya di artikel ini.

 

Waktu belajar yang fleksibel

manfaat guru privat bagi anak

Siswa dapat mengatur jam belajar sendiri. (Sumber: flickr.com)

Berbeda dari kursus lainnya, mendatangkan guru privat memungkinkan anak Anda untuk mengatur jadwal belajarnya sendiri. Ia bisa menentukan hari di mana pelajaran di sekolah tidak terlalu berat untuk belajar privat di rumah. Jam belajarnya pun dapat disesuaikan. Jadi, mereka tidak perlu terburu-buru pulang dari sekolah agar bisa sampai di tempat kursus tepat waktu.

 

Pendekatan lebih personal

Dengan sistem belajar privat, guru dapat melakukan pendekatan yang lebih personal pada siswanya. Cara mengajar, kecepatan menjelaskan, dan hal-hal lainnya akan bisa disesuaikan dengan preferensi siswa. Dengan demikian, anak akan lebih mudah memahami pelajaran.

Baca juga: Menjelang UTBK, Ini Cara Membuat Anak Fokus Belajar

 

Orang tua dapat memantau secara langsung

Jika anak Anda belajar di tempat kursus, orang tua akan sulit untuk mengawasi apakah anaknya benar-benar belajar dengan baik. Lain halnya dengan belajar privat. Orang tua bisa memantau kegiatan belajar anak-anaknya secara langsung. Dengan begitu, uang yang dikeluarkan oleh orang tua dalam memfasilitasi kegiatan belajar anak-anaknya tidak sia-sia.

 

Suasana belajar lebih nyaman 

manfaat guru privat bagi anak

Suasana belajar yang nyaman. (Sumber: ehardhat.com)

Selain waktu belajarnya fleksibel, tempat belajar privat juga tidak terpaku pada sebuah ruangan tertutup. Anak dapat belajar di taman, di ruang tamu, atau tempat-tempat lain yang dirasa kondusif. Tempat belajar yang tidak membosankan akan membuat anak lebih nyaman dalam belajar. Ia akan lebih betah berlama-lama belajar.

Baca juga: 5 Tips Belajar Efektif dan Hemat Untuk Anak, Apa Saja Ya?

 

Guru lebih fokus pada Anak

Biasanya kegiatan belajar privat terjadi antara seorang siswa dan satu orang guru. Oleh sebab itu, guru menjadi sangat fokus dalam memperhatikan kemajuan siswanya. Perhatian akan ditujukan secara penuh kepada satu siswa saja. Hal ini memungkinkan hasil dari proses belajar yang lebih baik.

 

Anak lebih leluasa bertanya 

manfaat guru privat bagi anak

Siswa bebas mengajukan pertanyaan. (Sumber: speech4hearing.com)

Kadang kala, anak malu untuk bertanya kepada guru saat berada di dalam kelas besar. Bisa juga mereka ingin bertanya tetapi tidak mendapatkan giliran. Dengan belajar secara privat, anak akan lebih percaya diri dan leluasa untuk bertanya. Sebagai hasilnya, anak jadi benar-benar memahami suatu pelajaran.

 

Belajar hingga tuntas dan benar-benar paham

Anak dapat mempelajari suatu materi hingga tuntas bersama guru privatnya. Sejak awal belajar, guru dapat langsung fokus pada materi yang kurang dipahami oleh siswa. Ia tidak perlu mengulang lagi semua yang sudah dipelajari sebelumnya di sekolah. Guru pun jadi memiliki lebih banyak waktu untuk menjelaskan hal-hal yang masih belum dimengerti dengan baik oleh siswa.

Itu dia beberapa manfaat guru privat bagi anak. Kini, mencari guru privat yang berkualitas tidak lagi sulit. Temukan guru privat yang sesuai kriteria Anda dengan mengklik link ini. Proses pemesanan dan pembayarannya sangat mudah, lho! 

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Ruangguru