Serunya Sistem Pendidikan di Finlandia: Nggak Ada PR dan Ujian

sistem pendidikan Finlandia

Selain terkenal dengan fenomena auroranya yang super cantik, Finlandia juga terkenal dengan sistem pendidikannya yang unik. Memang seperti apa sih sistem pendidikan Finlandia? Yuk simak baik-baik artikelnya!

--

Pendidikan merupakan salah satu pilar bagi kesejahteraan masyarakat Finlandia. Pendidikan di Finlandia mulai dari pra-sekolah hingga pendidikan tinggi tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Finlandia memiliki sistem pendidikan yang cukup berbeda dengan negara-negara lain. Keunikan sistem pendidikan Finlandia yaitu tidak adanya pekerjaan rumah (PR) dan ujian bagi para siswa di sekolah. Sebaliknya, sekolah-sekolah di Finlandia lebih fokus mendengarkan keinginan murid dan menganggap mereka sebagai rekan diskusi yang setara. Tujuan pemerintah memberlakukan sistem ini adalah untuk membuat siswa bisa lebih bahagia dan menghargai potensi diri sendiri.

Kalau nggak ada PR dan ujian, terus penilaian kompetensinya gimana ya? Jadi, siswa di Finlandia dinilai berdasarkan kemampuan individu dan kriteria evaluasi yang ditentukan oleh guru mereka sendiri, guys. Tapi, tentu saja di bawah pengawasan Kementerian Pendidikan setempat. 

Fokus utama pemerintah Finlandia menerapkan sistem tersebut yaitu:

1. Ingin menjadikan sekolah sebagai ruang yang aman dan setara bagi anak-anak yang belajar dari lingkungan.

2. Ingin menciptakan kesetaraan sosial, harmoni, dan kebahagiaan bagi para siswa, sehingga memudahkan mereka untuk belajar.

3. Ingin menciptakan lingkungan belajar yang fun sehingga anak bisa mencintai yang mereka pelajari

Baca Juga: 9 Fakta Mengejutkan Sekolah Korea yang Belum Kamu Ketahui

Kepedulian Finlandia pada pendidikan sudah muncul sejak tahun 1860, saat mereka masih menjadi bagian dari kerajaan Rusia. Finlandia percaya bahwa membangun pendidikan suatu negara sama dengan membangun peradaban masa depan untuk mereka. 

Sejak tahun 1980-an, sekolah-sekolah di Finlandia sudah menerapkan fasilitas makan gratis, akses kesehatan terutama kesehatan mental melalui konseling psikologis untuk memahami keinginan dan kebutuhan para siswa. Pada tahun 2021, berdasarkan Education Rankings by Country yang dikeluarkan oleh World Population Review, Finlandia menempati posisi ketiga negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Sementara di posisi pertama dan kedua ditempati oleh Cina dan Hongkong.

Selain itu, siswa di Finlandia juga diberikan kehidupan yang seimbang antara waktu belajar dan waktu luang, sehingga memungkinkan mereka untuk lebih terlibat dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Nah, budaya keseimbangan ini kemudian berlanjut di dunia kerja, sehingga Finlandia juga dikenal dengan negara yang menjunjung tinggi work-life balance.

syarat guru di Finlandia

Berdasarkan laporan World Economic Forum, 80 persen guru pendidikan dasar juga berpartisipasi dalam pengembangan profesional berkelanjutan. Dengan kata lain, pemerintah Finlandia ingin para guru mendalami ilmu pengajaran yang terus berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman.

 

Sekolah Memiliki Otonomi Penuh

Bagi masyarakat Finlandia, profesi guru sangatlah dihargai. Mereka berpendidikan tinggi dan sangat dipercaya untuk melakukan yang terbaik bagi setiap siswa. 

Sekolah juga diberikan otonomi yang besar untuk menentukan pembelajaran bagi siswa. Selain itu, sekolah juga bebas untuk memberikan materi yang akan diajarkan, bebas memilih metode pembelajaran, cara pemberian nilai, hingga cara penentuan kelulusan anak. Semua keputusan berada pada guru. 

Guru di Finlandia membutuhkan waktu 5 tahun belajar khusus, training ketat, dan setiap tahunnya harus mengikuti pelatihan lagi untuk terus update sama ilmu-ilmu dan cara belajar yang relevan.

Sekolah di Finlandia tidak dikontrol secara ketat oleh pemerintah pusat. Walaupun begitu, kebijakan ini sebenarnya diatur oleh pemerintah pusat. Sistem ini bisa sukses di Finlandia tidak lepas dari budaya mereka yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi terhadap pemerintahnya. 

Pendidikan anak usia dini di Finlandia adalah tentang bermain dan berinteraksi sosial. Mereka ingin menanamkan konsep belajar adalah bermain, sehingga dapat menumbuhkan rasa cinta anak pada belajar. Anak usia dini juga dinilai merupakan awal yang kuat untuk mendorong pengembangan keterampilan kognitif, sosial, bahasa, berhitung, hingga termotivasi untuk terus belajar.

Selain memiliki waktu di sekolah yang relatif pendek dan tidak ada tes standarisasi, perguruan tinggi di Finlandia juga gratis bagi siswa yang berasal dari negara-negara anggota Uni Eropa, Wilayah Ekonomi Eropa, dan Swiss.

Baca Juga: Bagaimana Sistem Pendidikan Indonesia Dibanding Negara Lain?

sistem pendidikan Finlandia terbaik

Jadi nggak heran ya guys kenapa Finlandia disebut sebagai salah satu negara role model dalam penerapan sistem pendidikan terbaik di dunia. Hal ini tentu juga didukung oleh kriteria masyarakat Finlandia yang cenderung homogen. Beda banget sama Indonesia yang sangat heterogen, hehehe. Selain itu, tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap pemerintah juga turut berperan penting dalam mensukseskan sistem pendidikan ini. 

Baca Juga: 9 Negara dengan Sistem Pendidikan dan Sekolah “Teraneh”

 

Preschool Baru Mulai di Usia 7 Tahun

Menariknya lagi, usia anak masuk pendidikan dini di Finlandia dimulai saat mereka berumur 7 tahun. Kalau di Indonesia, anak mulai masuk pendidikan dini di usia sekitar 4-5 tahun. Cukup lumayan juga yah, selisihnya. Selain bisa dibilang terlambat, preschool di Finlandia juga penuh dengan kegiatan sosial, guys. Para siswa hanya bermain bersama teman-teman.

Seperti yang sudah kita bahas tadi, tujuan dari sistem pendidikan ini adalah untuk mematangkan kondisi otak sebelum akhirnya diberikan materi-materi yang bersifat kognitif di sekolah nanti.

Memasukkan anak ke preschool hukumnya juga wajib bagi masyarakat Finlandia. Kenapa? Karena saat dari preschool anak sudah diajak bermain sambil belajar, kondisi psikologis mereka akan bahagia. Nah, dampaknya ini bisa terasa sampai dewasa. Anak jadi suka belajar dan melek literasi. Makanya itu, nggak heran kalau berdasarkan PISA 2019, Finlandia menjadi satu-satunya negara di mana siswa memiliki kemampuan membaca yang tinggi serta kepuasan hidup yang tinggi.

Kalau belajar dikemas dengan seru seperti bermain, akhirnya bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap belajar. Belajar jadi menyenangkan deh. Nah, kalau kamu pengen belajar ditemani dengan video-video animasi yang menyenangkan, yuk berlangganan ruangbelajar sekarang juga!

New call-to-action

 

Referensi:

Finland Toolbox. (2022). The Finnish Education System & Education Services and Solutions. Diakses dari https://toolbox.finland.fi/themes/education-and-know-how/the-finnish-education-system-education-services-and-solutions/ pada 13 September 2022

Ministry of Education and Culture. The Finnish education system. Diakses dari https://okm.fi/en/education-system pada 13 September 2022

Profile

Adya Rosyada Yonas

I draw when I get bored.